Menyalibkan manusia lama kotbah

1,064 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,064
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
76
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Menyalibkan manusia lama kotbah

  1. 1. MENYALIBKAN MANUSIA LAMA
  2. 2. MANUSIA MAHLUK PEMBELAJAR • Belajar dari melihat • Belajar dari mendengar • Belajar dari meniru
  3. 3. PERBUATAN DOSA ITU MEMBAWA KORBAN 21:9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. 21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.“ (Kejadian 21 : 9 – 10)
  4. 4. PENDERITAAN KORBAN 21:15 Ketika air yang di kirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak, 21:16 dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring. (Kejadian 21 : 15 – 16)
  5. 5. ALLAH PEDULI KEPADA KORBAN 21:17 Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring. 21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar." 21:19 Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum. (Kejadian 21 : 17 – 19)
  6. 6. PENGALAMAN IMAN PEMAZMUR 86:5 Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu. 86:6 Pasanglah telinga kepada doaku, ya TUHAN, dan perhatikanlah suara permohonanku. 86:7 Pada hari kesesakanku aku berseru kepada-Mu, sebab Engkau menjawab aku. 86:8 Tidak ada seperti Engkau di antara para allah, ya Tuhan, dan tidak ada seperti apa yang Kaubuat.
  7. 7. JANGAN SUKA BIKIN DOSA KARENA AKAN BAWA KORBAN 6:1 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? 6:2 Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? (Roma 6:1-2)
  8. 8. CARA MENUMBANGKAN POHON Tradisi Penduduk Primitif Solomon • Pohon yang biasa gampang ditebang dengan kapak. • Pohon besar sekali dengan akar yang sangat kuat? • Beberapa orang akan naik sampai ke atas pohon. • Semua penduduk berkumpul di bawah pohon untuk meneriaki pohon sekuat-kuatnya berjam-jam selama 40 hari! • Daun pohon mengering, dahan rontok, pohon mati
  9. 9. DOSA DALAM KEKERASAN VERBAL • Mengapa harus berteriak ketika bertengkar ? • Teriak biasanya dilakukan kalau jaraknya jauh • Mengapa pilihannya kata-kata kasar dan kotor. • Tujuannya adalah umtuk menumbangkan, merontokkan, menjatuhkan, mematikan.
  10. 10. BERITA INJIL TUHAN YESUS 10:28 Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. (Matius 10 : 28)
  11. 11. KESAKSIAN SUSTER MARIETHA • Umurku 37 th. Tiga tahun yang lalu saya divonis oleh dokter di RS Panti Rapih Yogya bahwa saya menderita Kanker Payudara stadium 1B. • Selama 1 tahun lebih saya berusaha minum obat-obatan tradisionil dan teh hijau, tapi setelah 1 thn saya check kembali ke Panti Rapih stadium bertambah menjadi 2B, kemudian oleh seorang ibu di Semarang, saya dianjurkan ke Romo Yohanes Indrakusuma di Cikanyere, Puncak, Jawa Barat untuk didoakan
  12. 12. • Pada waktu tangan Romo Yohanes menumpangkan tangan diatas kepala saya, dia berkata "Suster, pasti meyimpan dendam yang sudah lama kepada seseorang dihati suster.“ • Mendengar itu saya menangis tersedu-sedu dan saya katakan kepada romo: "Benar Romo, saya memang membenci ayah saya sejak saya di SMP, karena ayah saya telah menghianati ibu, 2 kakak saya dan saya. Kami diusir dari rumah kami, kemudian ayah dan seorang wanita menempati rumah yang sudah bertahun-tahun kami tempati itu. Sejak itu ibu saya sakit-sakitan dan akhirnya meninggalkan kami selama-lamanya. Sejak itu saya memendam kebencian terhadap ayah.“ •
  13. 13. • Setelah itu saya minta izin cuti selama 6 bulan untuk menengok dan merawat ayah, karena saya dengar dari saudara ayah kalau ayah terkena stroke. Selama 6 bulan itu saya merawat ayah dengan cinta kasih yang tulus. Selama bersama ayah saya tidak minum obat apapun. • Setelah selesai masa cuti, sebelum kembali ke Kupang, saya ke RS Panti Rapih di Yogya untuk check up, Dr yang merawat saya sangat heran dia bertanya " Suster minum obat apa selama ini?" Saya jawab kalau tidak minum apa-apa, saya balik bertanya ada apa dokter? Dr menjawab dari hasil pemeriksaan baik darah maupun USG semuanya NEGATIVE. Langsung saya jawab obatnya PENGAMPUNAN.
  14. 14. AKU RINDU MENYALIBKAN MANUSIA LAMA

×