Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
TUGAS PRAKTEK I
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
PEMBUATAN PROGRAM PADA JAVA
(NEATBEANS)
DISUSUN OLEH :
Pungkas Subarkah
13....
SOAL / KASUS
Bagaimana caranya membuat program pada java netbeans dengan satu kelas utama dan
mempunyai new class(class ba...
LANDASAN TEORI
 Definisi PemrogramanBerorientasiObjek
Pemrograman berorientasi objek adalah sebuah konsep pemrograman unt...
 PengertianObjek dan Kelas
Kelas adalah sebuah file yang berisi kode program, sedangkan objek tidak dapat kita lihat
bent...
ALGORITMA DAN PEMBAHASAN
 Nama Project : Tugas PBO1aku
 Class yang terdiri dari :
 Kelas Utama
 Pembagian
 Penguranga...
LISTING PROGRAM DAN RUN PROGRAM
 Class Utama :
 Class Pengurangan :
 Class Perkalian :
 Hasil run program :
KESIMPULAN
Dari hasil praktikum diatas dapat disimpulkan bahwa :
 Inssert code memudahkan kita dalam mengakses suatu gett...
DAFTAR PUSTAKA
Rist,Robert dan Robert Terwilliger.1993.Object Oriented Programming in Eiffel.
Shalahuddin,M. Dan Rosa A.S....
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Tugas Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek

3,879 views

Published on

iniloh praktikum pertama saya :D

Published in: Education
  • Be the first to comment

Tugas Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek

  1. 1. TUGAS PRAKTEK I PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PEMBUATAN PROGRAM PADA JAVA (NEATBEANS) DISUSUN OLEH : Pungkas Subarkah 13.12.0029 SI 13 B LABORATORIUM DATA & JARINGAN SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM PURWOKERTO Jl. Let. Jend. Pol. Sumarto Purwokerto 2013
  2. 2. SOAL / KASUS Bagaimana caranya membuat program pada java netbeans dengan satu kelas utama dan mempunyai new class(class baru) diantaranya class pengurangan, class pekalian dan clas pembagian ?
  3. 3. LANDASAN TEORI  Definisi PemrogramanBerorientasiObjek Pemrograman berorientasi objek adalah sebuah konsep pemrograman untuk membuat kode program yang lebih terstruktur , terkelompok, berdasarkan objek – objek yang terlihat sehingga bagian bagiannya dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi lain.  Syarat Umum pada pemrograman berorientasiobjek Syarat Umum yan mendukung pemrograman berorientasi objek adalah sebagai berikut : a) Enkapsulasi (encapsulation) b) Pewarisan (inheritance) c) Polimorfismme(polymorphim)  Ragambahasa pada pemrogramanberorientasiobjek Berikut ini beberapa contoh ragam bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek : a) Bahasa Pemrograman Smaltalk Smaltalk merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk mendukung pemrograman berorientasi objek mulai tahun 1978. b) Bahasa Pemrograman Eiffel Eiffel merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk pemrograman berorientasi objek mulai tahun 1985 oleh Bertrand Meyer and Compiler Eiffel selesei dibuat tahun 1987. c) Bahasa Pemrograman C++ Bahasa pemrograman C++ merupakan pengembangan lebih lanjut dari bahasa pemrograman C mendukung pemrograman berorientasi objek . d) Bahasa Pemrograman (web) PHP PHP pertama kali dibuat oleh seorang perekayasa perangkat lunak (software Enginering) yang bernama Rasmus Lerdoff. PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk pemrograman web. e) Bahasa Pemrograman Java Bahasa pemrograman java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek murni karena semua kode programnya dibungkus dalam kelas.
  4. 4.  PengertianObjek dan Kelas Kelas adalah sebuah file yang berisi kode program, sedangkan objek tidak dapat kita lihat bentuknya karena objek dijalankan di dalam proses komputer mengeksekusi program berorientasi objek. Obejek adalah elemen pada saat runtime yang akan diciptakan , dimanipulasi, dan dihancurkan saat eksekusi sehingga sebuah objek hanya ada saat program dieksekusi.
  5. 5. ALGORITMA DAN PEMBAHASAN  Nama Project : Tugas PBO1aku  Class yang terdiri dari :  Kelas Utama  Pembagian  Pengurangan  Perkalian  Kelas Utama menjadi kelas induk atau main program yang digunakan untuk menginialisasian dari 3 class turunan diantaranya sebagai berikut :  Class Pembagian : Class pembagian menggunakan objek bagi.  Class Pengurangan : Class pengurangan menggunakan objel urang.  Class Peerkalian : Class perkalian menggunakan objek lain.  Class Pembagian menggunakan type data double dengan nama variabel a,b dan hasil.  Class Pengurangan menggunakan type data double dengan nama variabel d,e dan hasil.  Class Perkalian menggunakan type data double dengan nama variael i,p dan hasil.
  6. 6. LISTING PROGRAM DAN RUN PROGRAM  Class Utama :
  7. 7.  Class Pengurangan :
  8. 8.  Class Perkalian :  Hasil run program :
  9. 9. KESIMPULAN Dari hasil praktikum diatas dapat disimpulkan bahwa :  Inssert code memudahkan kita dalam mengakses suatu getter dan setter ataupun konstruktor.  Kelas utama hanya digunakan untuk memanggil subclass/class turunannya.  Kelas utama menggunakan method Prosedure ditandai dengan (void).
  10. 10. DAFTAR PUSTAKA Rist,Robert dan Robert Terwilliger.1993.Object Oriented Programming in Eiffel. Shalahuddin,M. Dan Rosa A.S.2007.Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java : dari Nol Menjadi Andal.Bandung : Informatika.

×