Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Syirik

1,075 views

Published on

  • Be the first to comment

Syirik

  1. 1. Afnan Rizki .P
  2. 2. Kata syirik mempunyai arti menyekutukan Tuhan dengan makhluk yang di ciptakan- nya, baik secara langsung maupun tidak langsung,secara nyata atau tidak nyata. Dalam al-Quran kata syirik tidak mesti berarti beriman kepada dua atau lebih tuhan. Kata syirik dalam al-Quran juga bisa bermakna menggantikan allah dengan suatu lainnya, karena semua makhluk diperintah untuk beribadah kepada allah semata, maka menggantikan allah dengan sesuatu atau seseorang berati menyakini ada sekutu bagi allah.
  3. 3. Syirik Syirik jali/besar Syirik khafi/ kecil
  4. 4. -Syirik kecil/khafi: Yaitu syirik tersembunyi, karena syirik ini melakukan suatu perbuatan khususnya yang berkaitan dengan amalan-amalan keagamaan, bukan atas dasar ikhlas untuk mencari ridha dari allah, melainkan karena tujuan-tujuan lain yang bersifat keduniaan. Maka dari itu syirik kecil ini juga sering disebut sebagai syirik riya. Riya dikategorikan sebagai syirik berdasarkan hadits Nabi yang mengatakan bahwa syirik tersembunyi adalah seseorang melakukan suatu pekerjaan itu untuk dilihat dan dipuji oleh orang lain. Demikian juga hadits lain yang menyatakan ’’Barang yang mendirikan sholat karena ingin mendapatkan pujian dari orang lain, maka orang tersebut telah berbuat syirik kepada allah’’. Contoh: -Bernazar kepada selain allah -Menyembelih hewan atau mempersembahkan korban bukan kepada allah SWT -Sihir -Menggunakan mantra-mantra untuk menolak kejahatan -Bersumpah kepada selain allah -Menggunakan ayat-ayat Al-Quran sebagai jimat
  5. 5. -Syirik Besar: Yaitu syirik yang dilakukan terang-terangan. Maksudnya adalah syirik yang telah menyekutukan allah, contohnya seperti menyembah kepada selain allah. Dalam al-Quran syirik besar ini sering sekali disoroti khususnya dalam bentuk berhala. Syirik dalam bentuk berhala ini sebenarnya muncul di kalangan umat manusia. Contoh: -Menyembah kepada matahari, bulan, atau bintang -Menyembah kepada patung atuu benda yang di buat manusia -Mempertuhankan isa ai-masih -Meminta pertolongan dan keselamatan pada pohon besar,tempat kramat, nyi roro kidul -Meminta pertolongan kepada orang saleh yang sudah meninggal dunia
  6. 6. Syirik kepada allah dibagi menjadi dua macam, yaitu: -Syirik dalam masalah uluhiyah, yaitu perasaan akan adanya kekuasaan lain selain kekuasaan allah di belakang sebab-sebab dan sunah-sunah alam. -Syirik dikatakan serupa (semakna) dengan thaghut, karena syirik merupakan suatu perbuatan yang serupa dengan thaghut yaitu sama-sama melakukan perbuatan yang menyimpang dari ketentuan allah atau menyekutukan allah dengan makhluk lainnya baik secara langsung maupun tidak lansung.

×