Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengertian bpjs

2,077 views

Published on

PENGERTIAN Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS)

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengertian bpjs

  1. 1. PENGERTIAN BPJS
  2. 2. APA ITU BPJS ? Badan penyelenggara jaminan sosial ( BPJS) adallah badan hukum publik yang di bentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS terdiri dari BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.
  3. 3. APA ITU BPJS KESEHATAN ? Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan adallah badan hukum yang di bentuk untuk menyelenggarakan progam jaminan kesehatan
  4. 4. SEJARAH SINGKAT BPJS Sejarah singkat BPJS Kesehatan[sunting| sunting sumber] 1968- Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang secara jelas mengatur pemeliharaan kesehatan bagi Pegawai Negeri dan Penerima Pensiun (PNS dan ABRI) beserta anggota keluarganya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 230 Tahun 1968. Menteri Kesehatan membentuk Badan Khusus di lingkungan Departemen Kesehatan RI yaitu Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK), dimana oleh Menteri Kesehatan RI pada waktu itu (Prof. Dr. G.A. Siwabessy) dinyatakan sebagai cikal-bakal Asuransi Kesehatan Nasional.
  5. 5. 1984 - Untuk lebih meningkatkan program jaminan pemeliharaan kesehatan bagi peserta dan agar dapat dikelola secara profesional, Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1984 tentang Pemeliharaan Kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil,Penerima Pensiun (PNS, ABRI dan Pejabat Negara) beserta anggota keluarganya. Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1984, status badan penyelenggara diubah menjadi Perusahaan Umum Husada Bhakti. 1991 - Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1991, kepesertaan program jaminan pemeliharaan kesehatan yang dikelola Perum Husada Bhakti ditambah dengan Veteran dan Perintis Kemerdekaan beserta anggota keluarganya. Disamping itu, perusahaan diijinkan memperluas jangkauan kepesertaannya ke badan usaha dan badan lainnya sebagai peserta sukarela.
  6. 6. MAMFAAT JAMINAN KESEHATAN Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional mencakup pelayanan kesehatan dan Manfaat non medis sepeti akomodasi dan ambulans, Kebutuhan beberapa Alat Bantu kesehatan pasca tindakan medis bagi peserta JKN masih dibatasi, Beberapa gangguan Kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan juga tidak dijamin oleh JKN.

×