Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Ayu Puspita 
Purborani 
Hesti Pratiwi 
Laura Wini 
Febrin 
Siti Awaliah 
Rohmah 
R. BimoWahyu 
Wibowo
PASAR INPUT 
ATAU 
PASAR FAKTOR 
PRODUKSI
PENGERTIAN PASAR 
INPUT 
Pasar input adalah pasar yang menyediakan faktor produksi. 
Ciri-ciri: 
1) Berwujud kegiatan, tid...
JENIS-JENIS PASAR 
INPUT 
1. Pasar Sumber Daya Alam / Tanah 
Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang 
terkan...
Bergesernya kurva DD ke D’D’ dan D”D” maka 
harga/sewa tanah akan mengalami kenaikan.
2. Pasar Tenaga Kerja 
Pasar tenaga kerja merupakan aktivitas dari pelaku 
yang tujuannya mempertemukan para pencari kerja...
Kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan laju 
pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran bergeser ...
PERMINTAAN TENAGA 
KERJA 
Permintaan tenaga kerja 
datang dari rumah tangga 
produksi. Faktor – faktor yang 
memengaruhi p...
3. Pasar Modal 
Pasar modal adalah tempat jual beli dana dan inventasi 
jangka panjang. Permintaan modal datang dari pengu...
Diharapkan dengan investasi , permintaan dan penawaran 
akan barang modal mengalami penigkatan, sehingga 
kurva permintaan...
4. Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan 
Pengusaha mempunyai peranan yang sangat menentukan, 
yaitu mengorganisasi faktor p...
Pasar Input
Pasar Input
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pasar Input

4,834 views

Published on

this document is made to complete task of Introduction to Economics, Faculty of Economic, State University of Jakarta.

Published in: Education
  • Login to see the comments

Pasar Input

  1. 1. Ayu Puspita Purborani Hesti Pratiwi Laura Wini Febrin Siti Awaliah Rohmah R. BimoWahyu Wibowo
  2. 2. PASAR INPUT ATAU PASAR FAKTOR PRODUKSI
  3. 3. PENGERTIAN PASAR INPUT Pasar input adalah pasar yang menyediakan faktor produksi. Ciri-ciri: 1) Berwujud kegiatan, tidak berwujud fisik. 2) Permintaan dan penawaran dilakukan dalam jumlah besar. 3) Jenis permintaan dan penawaran sesuai dengan produksi yang dihasilkan.
  4. 4. JENIS-JENIS PASAR INPUT 1. Pasar Sumber Daya Alam / Tanah Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources). Jumlah tanah adalah tetap atau penawarannya tetap, maka kurva penawaran tanah bersifat inelastis sempurna (berbentuk garis lurus), sedangkan permintaan akan tanah terus bertambah, sehingga harga tanah akan semakin meningkat.
  5. 5. Bergesernya kurva DD ke D’D’ dan D”D” maka harga/sewa tanah akan mengalami kenaikan.
  6. 6. 2. Pasar Tenaga Kerja Pasar tenaga kerja merupakan aktivitas dari pelaku yang tujuannya mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Pelaku – pelaku dalam pasar tenaga kerja antara lain penjual tenaga kerja, pembeli tenaga kerja, dan pengelola atau penyelenggara bursa.
  7. 7. Kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan menjadi S’ S’. Seiring dengan ditemukannya teknologi baru, pada kurva permintaan tenaga kerja pertambahan penawarannya lebih besar daripada permintaan, sehingga upah (wage) yang diberikan mengalami penurunan dariWmenjadiW1.
  8. 8. PERMINTAAN TENAGA KERJA Permintaan tenaga kerja datang dari rumah tangga produksi. Faktor – faktor yang memengaruhi permintaan tenaga kerja antara lain: 1) Perubahan tingkat upah 2) Perubahan permintaan pasar terhadap hasil–hasil produksi 3) Harga barang-barang modal. PENAWARAN TENAGA KERJA Penawaran tenaga kerja datang dari masyarakat. KESEIMBANGAN PASAR TENAGA KERJA Keseimbangan pasar tenaga kerja terjadi apabila pada saat suatu tingkat upah, pencari kerja menerima pekerjaan dan pengusaha bersedia mempekerjakan tenaga kerja tersebut.
  9. 9. 3. Pasar Modal Pasar modal adalah tempat jual beli dana dan inventasi jangka panjang. Permintaan modal datang dari pengusaha dan penawaran datang dari pemilik modal. Balas jasa yang diterima pemilik modal adalah bunga. Tinggi rendahnya tingkat bunga modal dipengaruhi oleh faktor – faktor berikut:  Permintaan dan penawaran modal dalam masyarakat.  Kemunginan resiko hilangnya modal yang dipinjam.  Kondisi perekonomian.  Campur tangan pemerintah dalam penetapan tingkat bunga.
  10. 10. Diharapkan dengan investasi , permintaan dan penawaran akan barang modal mengalami penigkatan, sehingga kurva permintaan (D) dan kurva penawaran (S) bergeser ke kanan.
  11. 11. 4. Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan Pengusaha mempunyai peranan yang sangat menentukan, yaitu mengorganisasi faktor produksi alam, tenaga kerja dan modal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seorang pengusaha adalah orang yang mampu memanfaatkan faktor – faktor produksi tersebut agar dapat mengendalikan perusahaan dengan baik, mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi, memperoleh keuntungan, dan berani menghadapi resiko.

×