Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

jendela utama corel draw x4

1,694 views

Published on

di sekolah ku memakai corel draw x4 .. sedikit penjelasannya

Published in: Education
  • Be the first to comment

jendela utama corel draw x4

  1. 1. Kelompok 5 Anggota : 1. Lailyanasari Oktaviani (17) 2. Muhammad Tri Hartono (18) 3. Nicky Mutiara Chintiya (19) 4. Nova Yurista Santi (20)
  2. 2. Jendela Utama Corel Draw X4
  3. 3. Penjelasan Title bar merupakan area yang menampilkan nama file CorelDraw yang sedang aktif. Menu bar adalah barisan menu yang menampilkan perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mengolah objek. Menu terdiri dari : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Text. Masing-masing menu mempunyai submenu dan perintah. •File, merupakan perintah-perintah yang berhubungan dengan file (berkas)
  4. 4. •Edit, merupakan perintah perintah untuk penyuntingan atau perubahan. •View, merupakan perintah-perintah untuk pengaturan layar tampilan.
  5. 5. • Layout, merupakan perintah-perintah untuk pengaturan lembar kerja. • Arrange, merupakan perintah-perintah untuk pengaturan objek.
  6. 6. • Effects, merupakan perintah-perintah untuk memberi efek pada objek. • Text, merupakan perintah perintah untuk penyuntingan atau perubahan tulisan.
  7. 7. Toolbar Standard, adalah kumpulan dari ikon-ikon yang mewakili perintah-perintah untuk pengolahan layar utama. Misalnya membuat lembar kerja baru, membuka lembar kerja yang telah disimpan, mencetak lembar kerja dan lain-lain.
  8. 8. Toolbox, adalah kumpulan tombol yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi objek. Secara default toolbox terletak disebelah kiri lembar kerja. Dengan fasilitas toolbox siswa dapat memodifikasi objek, memberikan efek-efek tertentu, dan sebagainya.
  9. 9. Property bar, adalah baris yang sifatnya unik, yang mana tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada di dalamnya akan menyesuaikan dengan ikon yang sedang aktif pada toolbox. Misalnya, jika ikon pada toolbox yang aktif adalah zoom tool, maka property bar akan menampilkan ikon-ikon yang berhubungan dengan zoom tool. Pengguna akan lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.
  10. 10. Status bar, adalah batang jendela yang terletak di bagian paling bawah area program CorelDRAW X4. Status Bar berisi informasi mengenai objek (teks) seperti ukuran, bentuk, warna, outline, format gambar, jenis huruf dan ukurannya. Sebagai contoh, saat Anda menekan Text Tool di dalam Toolbox, Status Bar secara otomatis menginformasikan mengenai jenis huruf, ukuran dan warna yang dipakai
  11. 11. Docker, adalah kotak dialog berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur sebuah objek. Secara default, posisi Docker terletak di sisi kanan area kerja. Namun, Anda bisa memindahkan posisinya dengan cara menggesernya (drag). Saat pertama kali menginstal CorelDRAW X4, hanya ada dua Docker yang ditampilkan yaitu: Hints dan Object Manager. Selain Hints dan Object Manager, masih ada beberapa Docker lainnya yang dapat Anda tampilkan. Sebagai contoh, untuk memunculkan Transformation Docker, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah: klik Window pada Menu Bar → Dockers → Transformations → Position.
  12. 12. Navigator, adalah sebuah tombol kecil berbentuk kaca pembesar yang terletak si sudut kanan bawah jendela Drawing Window. Saat tombol Navigator ditekan, akan muncul jendela kecil yang akan memperlihatkan keseluruhan objek (baik yang ada di Drawing Page maupun di area Drawing Window). Tekan dan geser kursor secara vertikal dan horizontal, kemudian lepaskan di tempat objek yang ingin Anda tuju.
  13. 13. Drawing Page, adalah adalah sebuah area kerja utama di dalam Corel Draw X4 di mana kita dapat mendesain suatu objek di dalamnya dan merupakan area cetak suatu desain.
  14. 14. Color Palette, adalah kumpulan warna di dalam sebuah bar dan terletak di tepi sebelah kanan. Secara default, mode warna yang ditampilkan dalam Color Palette adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow and Black ). Namun, Anda bisa merubah atau menambah mode warna tersebut dengan mode warna lainnya. Sebagai contoh, Anda ingin menambahkan mode warna RGB (Red, Green and Blue) menjadi Color Palette. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: klik menu Window → Color Palettes → Default RGB Palette. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan posisi Color Palette ke posisi yang Anda inginkan.
  15. 15. Dokument Navigator, adalah suatu tombol navigasi yang berfungsi untuk menambahkan dan mengurangi jumlah halaman atau berpindah antar halaman pada satu dokumen.
  16. 16. Rulers, adalah alat ukur yang berupa penggaris untuk menunjukkan ukuran suatu objek atau dokumen, serta tata letak suatu desain
  17. 17. Drawing Window, adalah area putih di luar Drawing Page (Kanvas Kerja) yang dibatasi oleh Scroll Bars di sisi kanan dan bawah.Di area ini, Anda dapat menempatkan objek apa saja yang diperlukan untuk bahan desain. Objek-objek yang berada di area Drawing Window tidak akan tercetak, kecuali Anda memasukannya terlebih dulu ke dalam Drawing Page.

×