HARGA LANGGANAN: Rp 29.000/BULAN ● BERLANGGANAN/PENGADUAN/SIRKULASI: (031) 8479 555 ALAMAT REDAKSI/IKLAN: JL. RUNGKUT INDU...
surya.co.id | surabaya.tribunnews.comSURYALINES| KAMIS, 6 JUNI 2013teroris. Bagi saya, deradikalisasiharus dimulai dari or...
surya.co.id | surabaya.tribunnews.comROADTOELECTION KAMIS, 6 JUNI 2013 |SURABAYA, SURYA - Keluargabesar Partai Bulan Binta...
Surya BizSurabaya, surya - Per-ekonomian dan perdagang-an di Jatim yang terus stabil,merupakan peluang pasaruntuk penjuala...
4 surya.co.id | surabaya.tribunnews.comFINANCE KAMIS, 6 JUNI 2013 |DITEMANI be-berapa staf danHumas Pertami-na, Direktur U...
5surya.co.id | surabaya.tribunnews.comJAWATIMUR| KAMIS, 6 JUNI 2013LAMONGAN, SURYA -Ajudan Wakil Bupati, Sekwan,seorang st...
HALAMAN  | | KAMIS, 6 JUNI 2013Jawa TimurJEMBER, surya - PerusahaanDaerah Perkebunan (PDP) Ka-hyangan terancam kehilanganp...
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Epaper edisi 6 juni 2013
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Epaper edisi 6 juni 2013

4,603 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,603
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1,033
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Epaper edisi 6 juni 2013

  1. 1. HARGA LANGGANAN: Rp 29.000/BULAN ● BERLANGGANAN/PENGADUAN/SIRKULASI: (031) 8479 555 ALAMAT REDAKSI/IKLAN: JL. RUNGKUT INDUSTRI III NO. 68 & 70 SIER SURABAYA (031) 8419 000THE BESTOF JAVA NEWSPAPERINDONESIA PRINTMEDIA AWARD(IPMA) 2013JOMBANG, SURYA - Rabu(5/6) pagi, Nyono Suharlimemberikan suaranya denganwajah sumringah. Calon bupa-ti Jombang yang berpasangandengan Mundjidah Wahab iniberangkat ke tempat pemu-ngutan suara dengan sebuahkeyakinan, menang.Ia optimistis mengunggulidua pasangan lainnya. BahkanNyono berani mematok keme-nangan sedikitnya 55 persen.“Berdasarkan survei yangkami lakukan, hingga kemarinNEWS ANALYSISNOOR HUDA ISMAILDIREKTUR EKSEKUTIF YAYASANPRASASTI PERDAMAIANTUBUH kecil bocah itu ha-nya berbalut kaos dalamberwarna putih meskipanas menyengat di Desa Teng-gulun, Kecamatan Solokuro, La-mongan, Rabu (5/6). Suaranyaserak. “Abi (bapak), Abi, mintauang untuk beli jajan,” ujar Tho-riq Amin kepada bapaknya.Thoriq (7) adalah anakkandung Ali Fauzi, mantaninstruktur pembuat bomkelompok Jemaah Islamiyah(JI). Paman Thoriq adalahRangkullahAnak-anakMerekaSEBENARNYA kaumradikal yang nekatmelakukan penge-boman bisa dice-gah dengan dera-dikalisasi. Sayang,pemerintah tidakbegitu memerhatikandetail deradikalisasi ini.Alhasil, penumpasan orangyang dianggap teroris,berbuahdendam dan memunculkan aksiteror lain.Contoh kelalaian negara ada-lah mereka tidak merangkul ke-luarga para mujahid dan mantanAnakku TidakAkan Jadi TerorisPengakuan Para Mujahid di JatimKenalkan Anak pada Dunia Luar■■LAMONGAN, SURYA - Para mujahid (pe-juang Islam) di Jawa Timur merasa tertekandengan stigma di masyarakat bahwa semuamujahid adalah teroris. Itu yang mereka ala-mi setiap kali ada serangan bom di Tanah Air,tak terkecuali saat terjadi bom bunuh diriMapolres Poso beberapahari lalu.“Setiap ada bom me-ledak, pandangan ma-syarakat mengarah ke kami, para mujahidini. Meskipun kami tidak terlibat, tuduhansebagai pelaku teror telanjur melekat. Tidakterkecuali ketika bom bunuh diri meledak diMapolres Poso,” kata Ali Fauzi, adik terpi-dana mati kasus Bom Bali IAmrozi dan Mukhlas, kepa-da Surya, Rabu (5/6).KE HALAMAN 7■SURYA/MIFTAH FARIDLSAYANG ANAK - Ali Fauzi berusaha menenangkan anakbungsunya Izzah Syahidah yang rewel bersama anak pertamaAdhan Mahdi.Ada ribuan anak para mujahid dan mantan teroris.Mereka tumbuh mengikuti pola didikan orang tua.Ada yang bercita-cita mengikuti jejak sang bapaknamun ada pula yang memilih kehidupan normal,layaknya anak-anak biasa.Melihat Keseharian Anak Keluarga Mantan Teroris (1)Jago Playstation Juga Penggemar Film HollywoodSANG BINTANG- Robin Van Persiedkk dielu-elukanfansnya saat tibadi Bandara HalimPerdanakusumaJakarta, Rabu(5/6). Foto kanan:Timnas Belandalangsung mencobalapangan GeloraBung Karno, Rabumalam.Maglev Jepang BisaMelayang 500 Km/jamTOKYO, SURYA - Negara-negara maju terus bersaingmemproduksi kereta api, takterkecuali Jepang. Para insinyurdari Negeri Matahari Terbit inisukses menguji coba sebuahkereta peluru yang mampumelesat dengan kecepatan 501km/jam.Tim di belakang proyek iniKE HALAMAN 7■Pilih EnamPerempuan CantikSLANK - RAISATIDAK biasanya Slank tampilwangi. Kali ini konser Slankmendapat suntikan energibaru dari enam perempuan cantik.Para perempuan cantik itu dipilihsesuai dengan kriteria anggotaSlank."Kami sepakat pilih merekabukan semata daya tarik, tetapikami yakin penyanyi perem-puan yang kami pilih punyakarakter suara yang cocokdengan jenis musikSlank,” kata Bimbim,saat melakukan jum-pa pers persiapankonser delapan kota,di Rolling StoneCafe, di Jalan AmperaRaya, Jakarta Selatan,Rabu (5/6).Yang terpilih di antara ba-nyak penyanyi cantik adalahRaisa, Kikan, Citra Scholasti-ka, Giselle, Andien, dan DiraSugandi. Menurut band yangdigawangi Kaka, Bimbim,Abdee, Ivanka, dan Ridho,para penyanyi itu memilikikarakter dan kualitas vokalyang kuat. Kaka memujikualitas vokal mereka.“Meski sebelumnya adaHujan Deras IsyaratKemenangan NoahMenurut hitung cepatPusdeham, pasanganNoah tercatat unggul atasdua pesaingnya.Ketua tim sukses Wirasudah mengucapkanselamat ataskemenangan itu.Sebelumnya, ketigapasangan mengklaimmenang di atas 55 persen.■■■STORYHIGHLIGHTSTERCEPAT-Jepang berha-sil melakukanuji coba keretaMaglev yangakan menjadikereta api ter-cepat di dunia,Rabu (5/6).Van Gaal : JakartaTerlalu Panas Buat KamiJAKARTA, SURYA - Pelatihtim nasional Belanda, Louisvan Gaal, antusias dengan ke-datangannya ke Jakarta. VanGaal menyapa para wartawandengan bahasa Indonesia dalamkonferensi pers di Hotel SangriLa, Jakarta, Rabu (5/6).Van Gaal dan anak asuhnyaakan melakoni laga persahabatanKE HALAMAN 7■Apa saja kegiatanTimnas Belandahari ini?Jersey Van Persie untuk Maitimo■KAMIS, 6 JUNI 2013NO. 207 TAHUN XXVITERBIT 20HALAMANHARGA Rp 1.000KE HALAMAN 7■KE HALAMAN 7■KE HALAMAN 7■Paus Dukung KonferensiPerdamaian untuk SuriahVATIKAN - Paus Fransiskus mendorong upaya ma-syarakat antarbangsa mengadakan konferensi per-damaian Suriah dan menyerukan bantuan kema-nusiaan lebih besar bagi pengungsi. Diplomat AS,Rusia dan PBB bertemu di Jenewa, Rabu (5/6) untuk merancang kon-ferensi itu. (ant)Ikuti ulasan topik ini dipk 12.00 WIBlink radio online:202.148.14.92:8000Punya komentar tentanganak-anak keluarga teroris?Sampaikan di siniwww.facebook.com/suryaonlinemujahid adalah teroris. Itu yang mereka ala-mi setiap kali ada serangan bom di Tanah Air,tak terkecuali saat terjadi bom bunuh diriMapolres Poso beberapa“Setiap ada bom me-ledak, pandangan ma-terkecuali ketika bom bunuh diri meledak diMapolres Poso,” kata Ali Fauzi, adik terpi-dana mati kasus Bom Bali IAmrozi dan Mukhlas, kepa-da SuryaMelihat Keseharian Anak Keluarga Mantan Teroris (1)Melihat Keseharian Anak Keluarga Mantan Teroris (1)Perempuan CantikTIDAK biasanya Slank tampilwangi. Kali ini konser Slankmendapat suntikan energibaru dari enam perempuan cantik.Para perempuan cantik itu dipilihsesuai dengan kriteria anggotaSlank."Kami sepakat pilih merekabukan semata daya tarik, tetapikami yakin penyanyi perem-puan yang kami pilih punyakarakter suara yang cocokdengan jenis musikSlank,” kata Bimbim,saat melakukan jum-Cafe, di Jalan AmperaRaya, Jakarta Selatan,Rabu (5/6).Yang terpilih di antara ba-nyak penyanyi cantik adalahRaisa, Kikan, Citra Scholasti-ka, Giselle, Andien, dan DiraSugandi. Menurut band yangdigawangi Kaka, Bimbim,Abdee, Ivanka, dan Ridho,para penyanyi itu memilikikarakter dan kualitas vokalyang kuat. Kaka memujiANALYSISDIREKTUR EKSEKUTIF YAYASANRangkullahAnak-anakMerekakaumbegitu memerhatikandetail deradikalisasi ini.Alhasil, penumpasan orangyang dianggap teroris,berbuahdendam dan memunculkan aksiContoh kelalaian negara ada-lah mereka tidak merangkul ke-luarga para mujahid dan mantankualitas vokal mereka.“Meski sebelumnya adaKE HALAMAN 7■DAILYMAIL.COMAFP/ANTARA/BAY ISMOYO/ISMAR PATRIZKITRIBUNNEWS/JEPRIMAjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  2. 2. surya.co.id | surabaya.tribunnews.comSURYALINES| KAMIS, 6 JUNI 2013teroris. Bagi saya, deradikalisasiharus dimulai dari orang terdekatatau keluarga mereka. Lingkung-an terdekat inilah yang menjadimedia paling efektif untuk men-cegah teror.Siapa keluarga mereka itu, yapaling dekat adalah anak-anakmereka. Bukan tidak mungkinanak-anak mujahid dan mantanteroris ini meniru perilaku orangtuanya. Anak memiliki daya tiruyang luar biasa.Gencarnya tayangan televisiyang menampilkan berita tentangbom dan penumpasan teroris,bisa menyulut dendam baru. Apa-lagi yang ditembak mati Densus88 itu ada ikatan darah dengansi anak. Metode penindakan se-macam ini menjadi contoh burukbagi perkembangan psikologisanak.Anak-anak tetaplah anak-anak.Meskipun mereka anak mantanteroris, mereka memiliki hakyang sama dengan anak-anaklain. Yang salah kan orang tua-nya, bukan anak-anak ini. Peme-rintah seharusnya memerhatikankondisi psikologis anak-anak iniagar tidak meniru atau dendamdengan apa yang mereka tonton.Saya melihat, selama ini yangberusaha keras memulihkanatau menata psikologis anak-anak ini baru sebatas keluarga.Pemerintah absen dalam halini. Padahal, para orang tuaini butuh dukungan. Sebenar-nya mereka bisa membantupemerintah untuk mengurangiancaman teror.Ada ribuan anak mujahid danmantan teroris. Kalau dirangkul,mereka ini bisa menjadi asetmasa depan untuk deradikalisa-si. Saya khawatir, sebagian darikita memperlakukan merekalayaknya anak-anak PKI yang di-cap sampai tujuh turunan karenaorang tua mereka.Kalau kondisinya seperti itu,rekonsiliasi dan deradikalisasisulit terwujud. Kita harus mem-buka cakrawala berpikir paramujahid dan mantan teroris iniagar menerima kehadiran dunialuar. Begitu sudah terbuka, pe-merintah dan masyarakat harusmenerima mereka.Di Malaysia, anak almarhumMukhlas (terpidana mati BomBali I) diberi beasiswa oleh pe-merintah di sana. PemerintahMalaysia menganggap, denganmerangkul anak-anak Mukhlas,teror yang dilakukan orang tua-nya tidak akan terulang.Di Indonesia,sama sekali tidakada hal seperti itu. Anak-anak inisepertinya diperlakukan burukkarena kesalahan orang tuanya.Seharusnya, beri kesempatananak-anak ini berpendidikan agarmereka memiliki pandanganyang terbuka.Yang membuat saya terenyuhadalah kondisi anak-anak diPoso. Saya melihat sendiri me-reka bermain perang-perangandengan membagi kelompok men-jadi dua. Satu merah dan satuputih. Warna ini melambangkandua kelompok yang pernah ber-konflik di Poso.Kelompok putih membuat bomdan menyerang kelompok merah.Begitu sebaliknya. Apa maknadari fenomena ini? Yang jelas,kita lupa bahwa konflik tidakcuma harus diredam. Bahwa te-roris tidak harus dibunuh. Seha-rusnya, kita juga memerhatikandampak psikologis bagi anak-anak dan memulihkannya.(idl)juga merancang sebuah sistemjalur kereta api yang menghu-bungkan Tokyo dengan Osakapada 2045, yang akhirnya me-nyatukan jalur kereta api dariujung utara ke selatan negeriitu.Seperti dilansir dailymail Rabu(5/6), dengan teknologi magneticlevitation(maglev)keretainitidakmenggunakan roda, tetapi me-layang di atas rel untuk mengu-rangi hambatan dan kebisingansecara signifikan.Senin (3/6), rangkaian pertamayang terdiri atas lima gerbongSeries L0, bikinan Central JapanRailway Co (JR Tokai), diluncur-kan untuk uji coba pertama diPrefektur Yamanashi. Sedangkanujicoba resmi bakal dilakukanmulai September 2013. Rangkaianini dijadwalkan sudah melesatbersama penumpangnya antaraTokyo – Nagoya pada 2027 dalamwaktu 40 menit.Pada waktunya nanti, yaitu2045, ketika kereta L0 ini sudahmenghubungkan Tokyo danOsaka, maka jarak 501 km yangsekarang baru bisa ditempuh 2jam 25 menit, bisa dicapai hanyadalam waktu 1 jam.Seperti dilaporkan Telegraph.co.uk, kereta yang ramping danaerodinamis ini merupakanrangkaian tercepat yang pernahdibikin. Jepang sendiri merupa-kan negara terdepan yang mem-produksi kereta cepat dan mulaimengembangkan kereta peluruini sejak 1964.Kereta peluru maglev ini me-rupakan jenis paling mutakhirdari angkutan cepat yang dalamsebuah tes mampu melesat de-ngan kecepatan sekitar 580 ki-lometer per jam. Para produsenmaglev mengklaim kereta jenisini sangat ramah lingkungandibandingkan dengan keretakonvensional.Meski Jepang merupakan ne-gera terdepan dalam teknologisemacam ini, China lah nega-ra pertama yang mengoperasi-kan maglev secara komersial.Shanghai Maglev melayani pe-numpang umum pertama kalipada Januari 2004 dengan ke-cepatan tertinggi 431 kilometerperjam karena rute yang pen-dek. Pembangunan ShanghaiMaglev membutuhan dana Rp12,7 triliun.(mail/telegraph/sas)melawan Indonesia di Stadion UtamaGelora Bung Karno, Jakarta, Jumat(7/6). Ia bersama tim tiba di Jakarta,Rabu (5/6) pagi.Mantan pelatih Ajax Amsterdam itumengaku antusias terhadap kunjunganini. Van Gaal pun langsung menyapapara wartawan dengan bahasa Indo-nesia. “Pertama, saya senang di sini,”ujarnya dengan kalimat terbata-bata.Ini bukan kunjungan pertama bagimantan pelatih Bayern Muenchen itu.Beberapa tahun lalu Van Gaal pernahberkunjung ke Jakarta dan mengun-jungi beberapa daerah wisata sepertiKota Tua dan Jalan Surabaya yangterkenal sebagai sentra barang antik.Meski senang dengan keramah-annya, Van Gaal punya pengalamanburuk di Jakarta. Mantan pelatih Bar-celona itu mengeluhkan kemacetandan banyaknya jumlah sepeda motor,yang dia sebut dengan skuter. “Asisten saya bercerita betapabanyak skuter di sini. Kemacetan disini luar biasa, beruntungnya ada po-lisi yang mengawal kami. Waktu dulusaya butuh 2 jam untuk mencapai tu-juan saya,” tuturnya.Secara kualitas Belanda ungguljauh dari Indonesia. Namun Belandaenggan memandang remeh Indone-sia karena laga ini sekaligus menjadikesempatan untuk membentuk timterbaik yang akan bermain di PialaDunia 2014.Karena itu Van Gaal memastikantimnya akan bermain serius. Sebagaibentuk keseriusan, Van Gaal memba-wa pemain pemain terbaik di duniayang mereka miliki ke Jakarta sepertiWesley Sneijder, Robin van Persie,Arjen Robben, Dirk Kuyt, dan JohnnyHeitinga.“Ketika Anda menjadi pelatih danpemain profesional, anda akan ber-sikap profesional. Seperti sudah sayakatakan kami selalu hormat kepadalawan kami,” ungkap pelatih legenda-ris itu.Sebagai bentuk persiapan untukmenghadapi Indonesia, Van Gaal jugasudahmenontonvideopertandinganIn-donesia ketika menghadapiArab Saudi,Maret silam. Meski ketika itu tumbang1 2, Van Gaal tetap menilai Indonesiasebagai tim yang berkualitas.“Saya lihat Indonesia punya kua-litas dan saya selalu menghormatilawan. Kami tahu kualitas Indonesiadan bisa saja kami kalah,” kata pria 61tahun itu.Selain pemain bintang, Van Gaalmembawa banyak pemain mudauntuk menghadapi Indonesia. “Sayatelah memilih 21 pemain, banyakpemain muda dan saya memilih be-berapa pemain pemain senior, salahsatunya Rafael van der Vaart. Sayang,dia cedera sehingga tidak bisa ikut kesini,” jelasnya.Arjen Robben juga mungkin tidakmain. Winger gesit itu mengalami ce-dera ringan ketika memperkuat BayernMuenchen menghadapi Stuttgart padafinal DFB Pokal akhir pekan lalu.“Saya tidak tahu apakah dia bisabermain atau tidak. Pun jika bermainitu hanya beberapa menit,” tuturnya.Van Gaal juga tidak akan memak-sakan para pemainnya mengingatcuaca Indonesia yang tropis. “PemainBelanda tidak terbiasa dengan cuacasepanas ini sehingga saya harus men-jaga mereka,” kata Van Gaal.Sadar dengan lini depan Belandayang membahayakan, Pelatih IndonesiaJacksen F. Thiago fokus membenahiorganisasi di lini pertahanan dalam sesilatihan, kemarin. “Saya fokus di linipertahanan. Pertandingan menghadapiBelanda paling tidak bisa menguji ke-mampuan organisasi pertahanan. Kitaakan uji ketangguhan,” tuturnya.Badan Tim Nasional (BTN) me-manggil delapan pemain belakangdari 21 pemain di dalam skuat timnasIndonesia. Mereka yaitu, Hengki Ardi-les, Zulkifli Sukur, Ricardo Salampesy,M. Roby, Victor Igbonefo, RaphaelMaitimo, Toni Sucipto, Ruben Sanadi.Van Persie CuekAda yang menarik dalam penyam-butan timnas Belanda di Bandara HalimPerdanakusuma kemarin. Artis cantikLuna Maya datang dengan memakaijersey Belanda berwarna oranye.Saat rombongan Timnas Belandatiba, Luna pun mengalungkan untaianbunga kepada Pelatih Louis van Gaal.Sementara di dalam rombongan timtersebut terlihat para pemain bintangDe Oranje, seperti Arjen Robben, Wes-ley Sneijder, dan Robin van Persie.Seakan ingin memperlihatkan kera-mahan khas Indonesia, Luna pun me-lempar senyuman manis kepada VanPersie, dan tak lupa ia menyapa bin-tang klub Manchester United itu.Namun seakan tak peduli, Van Per-sie hanya berlalu dan tidak membalassapaan Luna. Luna sendiri mengakugugup saat bertemu bintang TimnasBelanda itu. Saking gugupnya, ia su-lit membedakan antara Arjen Robbendan Van Persie.“Saya hanya mengalungkan bungakepada pelatih Louis van Gaal. Tidaksaya boleh berinteraksi dengan pema-in. Saat bertemuArjen Robben dan Ro-bin van Persie, saya sulit membedakankeduanya. Nama mereka sering tertu-kar,” ujar Luna saat ditemui Tribun-news.com di Hotel Shangri La, Jakarta.Soal siapa yang bakal mendapatkanjersey van Persie agaknya RaphaelMaitimo sudah punya jawaban, yai-tu dia sendiri lah yang akan menda-patkan jersey itu. Raophael mengakusudah bertemu van Persie di GBK.“Dia bilang dia senang bertemu saya.Dia mau bertemu saya setelah pertan-dingan. Dia mau bertukar jersey,” kataMaitimo kepada Tribunnews.com.Sebelumnya, dua bintang TimnasIndonesia,Andik Vermansah dan BoazSolossa mengaku nge-fans denganVan Persie. Mereka pun berharap bisaberfoto bersama serta bertukar jerseydengan pemain berdarah Jawa itu usailaga.. (Tribunnews.com/deo/gle)elektabilitas kami mencapai 55persen. Saya yakin sekarangbisa lebih dari itu,” kata Nyono,usai mencoblos.Nyono makin yakin, karenamendapat firasat menjelangpemilihan. “Tadi malam hujanturun di desa kami, di wilayahKecamatanGudo.Inifirasatkamiakan mendapat berkah berupakemenangan,” kata Wakil KetuaDPRD Jombang itu.Benar saja. Meski baru versiquick count (hitung cepat),pasangan berjuluk Noah yangdiusung Partai Golkar (7 kursi),PPP (5 kursi), PKS (2 kursi), Par-tai Demokrat (7), dan Partai Ge-rindra (non parlemen) meraupsuara melebihi ekspektasi, yaitu58,60 persen (62.799 suara).Dalam hitung cepat versi Pus-deham Surabaya ini, pasangannomor urut tiga itu menggung-guli dua pasangan lain, yaituWidjono Soeparno – Sumrambah(Wira/pasangan nomor urut 2 )dengan perolehan 34,99 persen(37.502) dan Munir Alfanani-Wi-wik Nuriati (Mukti/nomor urut1) dengan 6,41 persen (6.873).Pasangan Wira (incumbent)diusung PDIP (12 kursi) dan di-dukung Partai Hanura (3 kursi),serta Partai Karya Peduli Bang-sa/PKPB (2 kursi). SedangkanMukti diusung diusung PKB (7kursi) dan PKPI (1 kursi).“Kami mempercayakan quickcount kepada Pusdeham. Sampaisekarang,sampelyangmasuksu-dah98persen.Denganperolehansekitar 60 persen, saya kira tidakmungkin dikejar pasangan lain,”kata Nyono, Rabu sore.Namun, Nyono minta pen-dukungnya menahan diri un-tuk tidak berpesta, tetapi me-nunggu perhitungan manualoleh KPU Jombang. “Meskipunhitung cepat itu dilakukan lem-baga independen dan hasilnyaakurat, kami tetap menunggupenghitungan dan penetapanKPU,” imbuh wakil ketuaDPRD Jombang ini.Nyono dan Mundjidah ber-terima kasih pada para pendu-kungnya. “Insya Allah kamiamanah. Kami juga mohon doadan dukungan agar mampu me-ngemban kepercayaan masyara-kat Jombang,” kata Nyono.Dari quick count, terlihatNoah menang pada 20 dari 21kecamatan di Jombang. Satusisanya direbut Wira, yaitu Ke-camatan Bareng yang dikenalsebagai basis pendukung Sum-rambah.Ketua tim kampanye Wira, Ba-hana Bela Binada, mengucapkanselamat atas kemenangan Noah.“Kalau nanti dalam perhitunganmanual mereka tetap menang,kami ucapkan selamat lagi,” kataKetua DPRD Jombang.Sebelumnya,Belajugaoptimis-tis bakal meraup suara 55 persen.“Karena sampai detik terakhirini, hasil survei kami menyentuhangka tersebut,” kata Bela.Pasangan Mukti belum bisadihubungi untuk dimintai ko-mentar soal hasil hitung cepatPusdeham itu. Namun Rabupagi, Munir mengungkapkanoptimismenya bisa memenangiperebutan kursi bupati Jom-bang itu. “Tadi malam sayadidatangi ratusan orang yangberdoa bersama-sama di rumahsaya tanpa diundang. Ini firasatpasangan kami bakal menang,”kata Munir, usai memberikansuaranya di TPS 2 Desa Pulosa-ri, Kecamatan Ploso.Selain firasat tadi, Munir jugayakin memenangi kursi bupatidan wakil bupati karena ber-dasarkan pemetaan yang dila-kukan tim suksesnya, 43 per-sen pemilih akan mencoblospasangan Mukti. “Denganpersentase sebesar itu sudahcukup untuk memenangkanpersaingan,” kata Ketua FraksiPKB DPRD Jombang ini. (uto)SatulagisaudaraAliFauziyangterlibat Bom Bali adalahAli Imronyang kini masih meringkuk diLapas Kerobokan, Bali.Pria asal Desa Tenggulun, Ke-camatan Solokuro, Lamonganitu mengaku tuduhan sebagaipelaku teror selalu mengiringikehidupannya. Mantan anggotaJemaah Islamiyah (JI) tersebutmakin risau jika tuduhan itudisematkan juga pada anak dankeluarganya.Ali Fauzi (40) adalah mantanpanglima perang selama konflikdi Poso dan Ambon. Ali Fauzijuga dikenal sebagai salah satuinstruktur pembuat bom, jebol-an Mindanao, Filipina.Anak pertama Ali Fauzi, Ad-han Mahdi (14), mengakui tidakmudah menyandang predikatsebagai anak seorang mujahid.Terlebih, dia memliki pamanyang menjadi trio sentral di balikserangan Bom Bali, yakni Amro-zi, Mukhlas, dan Ali Imron.”Saya sering ditanya-tanyateman kalau lagi ramai-ramainonton liputan tentang bom ditelevisi. Ya saya jawab setahusaya saja,” kata remaja yang barusaja menuntaskan pendidikan diSMP Ponpes Yayasan PendidikanIslam, Klaten, Jawa Tengah.Setiap kali Ali Fauzi diwa-wancarai stasiun televisi, Adhanharus meluangkan waktu un-tuk menjawab pertanyaan dariteman-temannya tentang sosoksang ayah. ”Saya katakan saja,ayah saya itu pembuat bom,”ujarnya sembari tertawa kecil.Adhan merasa pertanyaan te-man-teman sejauh ini tidak sam-pai mengganggu. Ia pun tidakpernah membatasi diri bergauldengan siapa saja, termasukanak-anak yang beda keyakinandengannya.MenurutAli Fauzi, ia pun tidakmelarang anaknya mengenal du-nia luar. Dia tidak ingin anaknyamenjadi sosok eksklusif karenariwayat perjuangan ayah dan ke-tiga pamannya. Malah, Ali Fauzimendorong Adhan lebih banyakberinteraksi dengan dunia luar.”Tidak masalah bergaul denganwarga NU, Muhamadiyah sam-pai yang nonmuslim sekalipun,”tutur pria yang menyandanggelar master dari Universitas Mu-hamadiyah Surabaya itu.Ali Fauzi memilih menye-kolahkan Adhan ke sekolah dilingkungan pondak pesantren,bukan berarti ia memaksa anak-nya menjadi mujahid. Rencana-nya, Adhan akan melanjutkanpendidikan menengah atasnyadi ponpes yang ada di JawaTengah milik rekan alumnusUniversitas Al-Azhar Mesir.”Belajar di ponpes biar karaktermereka terbentuk dulu. Barusetelah itu, mereka bisa memilihjalan hidup,” kata Ali Fauzi.”Yang terpenting, saya akanmendidik anakku menjadi mu-jahid, bukan teroris,” tegasnya.Selain Adhan, Ali Fauzi jugamememiliki empat anak lainyakni Jundu Robbi (10), ThoriqAmin (7), Aisyah Aini (6) danIzzah Syahidah (2).Dampak Tayangan TelevisiYusuf Anis yang akrab disapaHaris, alumnus Perang Afgha-nistan mengakui gencarnyatayangan televisi tentang bom,makin menguatkan stigma ma-syarakat bahwa semua mujahidadalah teroris. Yusuf menyebutsejumlah orang kerap menu-ding dirinya terlibat aksi bom diTanah Air. ”Saya hanya bisa ka-takan, saya bukan teroris. Sayapejuang yang membela kaummuslim,” tegas warga Kota La-mongan tersebut.Kepada anak-anaknya yangberanjak dewasa, Yusuf tidakpernah menyembunyikanaktivitasnya di masa lalu. Diamenceritakan semua kegiatanjihadnya selama lima tahundi Afghanistan (1988-1993).Yusuf juga sering mengajakanak pertamanya yang berusia17 tahun untuk menyaksikanliputan tentang serangan bomdi televisi, sembari memberikanpemahaman tentang jihad yangsesungguhnya.”Saya katakan, Abi (ayah)bukan seperti ikhwan (teman)muda-muda yang mengebomitu. Abi bukan teroris yangmembunuh orang tidak berdosaatau merusak tempat ibadah.Abi adalah pejuang pembelakaum yang lemah,” ujarnya ke-pada sang anak.Yusuf mengungkapkan di-rinya dan keluarga kini sangatterbuka dengan lingkungan luar.Dia bahkan menyekolahkananak-anaknya di sekolah negerimilik pemerintah. Bagi pemiliknama jihad Abu Musa itu, tidakada masalah jika anak-anaknyabergaul dengan siapapun dilingkungan sosialnya.”Saya tidak ingin merekaeksklusif. Tapi untuk urusanagama, saya memang ketat.Waktunya bermain ya bermaintapi waktunya mengaji harusmengaji,” jelas pria 50 tahunyang juga pernah bertempur diMindanao, Filipina.Yusuf tidak akan melarang jikasang anak kelak menjadi muja-hid, tetapi bukan teroris. ”Sekalilagi mujahid, bukan pelaku teror.Karena niat dan tujuan keduanyaberbeda. Pejuang berbeda denganteroris seperti yang ada sekarangini,” pungkasnya.Kehilangan Telapak KakiHal senada juga disampaikanmantan mujahid di Poso danAmbon, Syaiful Arif. Menurutpria 30 tahun itu, masa lalunyasebagai pembuat bom di wila-yah konflik itu, dikhawatirkanmempengaruhi masa depan duaanak laki-lakinya yang masihbalita, Sahdan dan Zuhair.Syaiful sendiri pernah me-ringkuk di Lapas Petobo, Palu,Sulawesi Tengah pada 2003sampai 2006. Syaiful yang haruskehilangan separo telapak kakikanannya karena tertembakanggota Brimob itu, mengata-kan, pada saatnya nanti dia akanbercerita kepada anak-anaknyatentang masa lalunya.Warga Desa Tenggulun, So-lokuro itu menegaskan tidakada kata pensiun sebagai muja-hid. Syaiful bahkan tidak akanmelarang anak-anaknya meng-ikuti jejaknya sebagai mujahid.Baginya, menjadi mujahidadalah kewajiban sebagai umatIslam yang taat, namun bukanteroris.Namun, Syaiful tidak serta-mertakembalike‘medanperang’tanpa alasan jelas. Menurutnya,ada hukum terkait jihad dalamIslam yang diyakininya. ”Kalaukondisinya mengharuskan sayadan anak-anak saat sudah dewa-sa nanti untuk turun (berjihad),Insya Allah kami berangkat,”imbuhnya.Dalam mendidik anak, Sya-iful juga tidak kaku. Dia mem-bebaskan anak-anaknya bergauldengan teman sebayanya tanpakekhawatiran karakter suarabakal jadi hambatan, ternyatakami justru cocok. Mungkinketemu chemistry-nya,” tuturKaka.Raisa yang terpilih langsungberbunga-bunga. Ia spesialmenyiapkan diri untuk tampil.Dalam pertemuan kemarin,Raisa mengaku harus ketatmembagi waktu antara berlatihvokal, mengisi acara musik,dan syuting iklan.“Saya harus menjaga tubuhdan istirahat cukup. Apalagiini sedang persiapan konserbareng Slank. Aku tidak mauterganggu sakit. Aku sudahnunggu-nunggu bisa nyanyibareng Slank,” kata Raisa.Menjadi salah satu yangdipilih, Kikan Namara bersyu-kur. Apalagi ketika berlatihbersama Slank, mereka memujisuara Kikan. Kaka dan Bimbimmemuji Kikan yang tidak perluwaktu lama untuk memadu-kan dengan gaya Slank.Dipuji seperti itu, Kikantersipu. Meski dipuji punyakualitas suara yang baik, Kikanmerasa bahwa dirinya tetap pe-nyanyi yang tidak hebat. Karena,baginya di Indonesia banyakmusisi dan penyanyi hebat sertakarakter suara yang kuat.“Aku yakin orang suka danmungkin sampai memuji karenasetiap penyanyi disukai lantarankarakter suaranya. Faktor utamakehebatan sebagai penyanyiadalah karakter suara yangmembedakan dengan penyanyilain,“ ujar mantan vokalis grupband Coklat itu.Konser untuk menandai30 tahun berkarya dimulaidi Banjarmasin. Banjarmasinmenjadi titik awal perjalanankonser Slank yang dimulai9 Juni. Kota lainnya, adalahManado (12 Juni), Gorontalo(18 Juni), Balikpapan (20 Juni),Pontianak (25 Juni), Palangka-raya (27 Juni), Solo (2 Juli), danMalang (4 Juli) dengan hargatiket mulai Rp 150.000 hinggaRp 500.000. (Tribunnews) terpidana mati kasus Bom Bali,Amrozi dan Mukhlas. Thoriqadalah anak ketiga dari limaanak Ali Fauzi.Polah anak ini tidak ubahnyaanak seumuran. Hidung danpipinya belepotan es bungkusyang barusan diminumnya. Mes-ki tergolong anak berani, Thoriqmalu-malu ketika bertemu orangbaru di lingkungannya.”Dia anak saya yang palingaktif. Ada satu yang aktif lagi.Nah itu dia,” kata Ali Fauzisembari menunjuk AisyahAini (6), anak keempatnya.Tidak jauh dari kesukaan sangkakak, Aisyah juga doyan main.”Kadang rebutan mainan,”imbuh Ali Fauzi.Thoriq dan Aisyah bermainsetelah pulang sekolah. Usaimelepas seragam, keduanyalangsung berlari ke luar rumah.Di sana sudah menunggu limaanak teman sekolah Thoriq.Aisyah satu-satunya perempu-an dan yang paling muda diantara mereka.Mereka kemudian asyikbermain petak umpat. Bebe-rapa teman Thoriq juga anakmujahid yang pernah dilatihAli Fauzi di Poso dan Ambon.Anak-anak ini membaurdengan anak lain dari keluargabiasa di Tenggulun. ”Warga disini menerima kami dengantulus,” kata Ali Fauzi.Thoriq jago bermain plays-tation. Meski tidak memilikimesin game asal Jepangitu, Thoriq dan anak-anakseusianya sering menyewaplaystation di rumah tetangga.Adhan Mahdi, anak pertamaAli Fauzi, bahkan gemar sekalimenonton film Hollywood.Remaja 14 tahun itu mengakusenang menonton IP Man, filmyang berkisah tentang guru silataktor legendaris Bruce Lee.Ali Fauzi tidak memperma-salahkan kegemaran sang anak.Ali Fauzi tidak menganggapsemua produk Amerika adalahharam. Namun, jika sudahwaktunya mengaji, maka tidakada alasan bermain bagi Thoriqdan saudaranya yang lain. AliFauzi tegas mendidik anak-anaknya untuk urusan agama.Menjelang sore, pria 40tahun itu beranjak dari ruangtengah rumahnya menuju teras.”Ayo Thoriq... Aisyah, pulang.Waktunya ngaji. DitungguUmi (ibu),” teriak Ali Fauzi.Teriakan itu langsung diresponsdua anaknya. Thoriq mengajaksang adik pulang. Teman-temanmereka juga membubarkan diri.”Kebetulan tempat ngaji merekakan sama,” imbuhnya.Pada satu kesempatan, AliFauzi mengajak anak-anaknyake makam almarhum kakaknya,Amrozi dan Mukhlas. MenurutAli Fauzi, ziarah ke makamduo bomber itu merupakanpendidikan bagi anak-anaknya.Dia mengaku terbuka denganmasa lalu dirinya dan masa lalusang paman.”Anak saya Thoriq seringtanya Ami (paman) Amrozibagaimana meninggalnya. Diapaling sering tanya. Ya... saya ja-wab saja sesuai porsinya. Nantikalau sudah dewasa, dia pastitahu sendiri,” tegas bungsu dari13 bersaudara itu.Thoriq juga menjadi pemirsasetia ketika Ali Fauzi diwa-wancara stasiun televisi. Setiapkali sang ayah nongol di TV,Thoriq selalu menyaksikan.”Abi terkenal. Sering masuk TV.Pinter buat bom juga katanya,”ujar Thoriq polos.Ali Fauzi pernah tertegunketika pulang dari teleconferencedengan stasiun TV nasional,Thoriq memintanya untukdiajari membuat bom. SpontanAli Fauzi kaget dan langsungmemeluk tubuh mungil Thoriq.Dia hanya menjawab perminta-an itu dengan senyum.Ali Fauzi merupakancontoh keluarga teroris yangmemilih hidup terbuka danberbaur dengan masyarakat.Dia menganggap, denganhidup terbuka, upaya keluargakembali diterima masyarakatmenjadi semakin terbuka.Suami dari Luluk Khuzaimahitu ingin anak-anaknya tidakeksklusif dan mengenyam pen-didikan layak tanpa diskriminasi.”Bersama mantan teroris danmujahid lain, saya ingin mengge-rakkan roda deradikalisasi sejakdari keluarga kami,” pungkas AliFauzi. (miftah faridl) Rangkullah...DARI HALAMAN 1■Hujan Deras...DARI HALAMAN 1■Pilih Enam...DARI HALAMAN 1■Maglev...DARI HALAMAN 1■Van Gaal...DARI HALAMAN 1■Anakku Tidak...DARI HALAMAN 1■Jago...DARI HALAMAN 1■memandang keyakinan. Me-nurutnya, para mujahid yangberada dalam bimbingan AliFauzi, sudah belajar membukadiri dengan dunia luar.”Kalau mau main PS (Plays-tation) ya saya tidak larang tapiwaktunya ngaji ya ngaji. Anak-anak kami bebaskan berkreasi.Kami tidak mengekang merekaapalagi mendoktrin merekadengan hal-hal yang berbau ra-dikal,” imbuh Syaiful.Kepala Badan Nasional Pe-nanggulangan Teroris (BNPT)Ansyaad Mbai membenarkantidaksemuamujahiddiIndonesiaadalah pelaku terorisme. “Banyakmujahid di Indonesia, tidak se-muanya teroris,” katanya di Sura-baya beberapa waktu lalu.Ansyaad mengutip pernyata-an terpidana Bom Bali, Ali Im-ron, bahwa banyak kaum muja-hid kini menentang perjuanganIslam dengan cara meledakkanbom. Ali Imron mengatakan,‘Saya masih mujahid, tapi sayatidak setuju dengan bom’, ucapAnsyad , menirukan pernyataanAli Imron yang juga saudara AliFauzi.(idl/ab)join facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  3. 3. surya.co.id | surabaya.tribunnews.comROADTOELECTION KAMIS, 6 JUNI 2013 |SURABAYA, SURYA - Keluargabesar Partai Bulan Bintang (PBB)Jatim menggelar silaturahmi de-ngan calon gubernur incumbent,Soekarwo, Rabu (5/6). Silaturah-mi digelar di Hotel Inna Simpangdan dihadiri oleh sekitar 100pengurus DPW dan DPC, caleg,serta sesepuh PBB se-Jatim.Dalam silaturahmi betema Ber-sama KarSa: Makin mandiri dansejahtera bersama wong cilik terse-but, para pengurus PBB dipimpinKetua DPW PBB Jatim SudarnoHadi berikrar untuk memperpan-jang kepimpinan Soekarwo-Saiful-lah Yusuf (KarSa) lewat pilgub 29Agustusmendatang.Suntikan energi untuk KarSajuga datang dari komunitas ma-syarakat komunitas Tionghoa diJatim. Mereka kemarin datanguntuk memberikan dukungandi di Bale KarSa, Jalan Citarum,Surabaya. Rombongan diterimaKetua Tim Pemenangan KarSaTony Sunarto.Penasihat Paguyuban SosialMarga Tionghoa IndonesiaJatim, Solekan mengatakan,setelah resmi menyampaikandukungan, pihaknya akan allout untuk memenangkan KarSaagardipiliholehwargaTionghoadi Jatim. “Paguyuban kami siapmenyumbang minimal 5.000suara untuk KarSa,” tegasnya.Disinggung alasan mendu-kung KarSa, Solekan mene-gaskan, selama lebih empattahun memimpin Jatim, PakdeKarwo dan Gus Ipul dinilaisangat peduli dan tidak me-ngenyampingkan keberadaanwarga Tionghoa. Pihaknyajuga merasa aman dan nyamantinggal di wilayah dengan 38kabupaten/kota ini. “Makanyakami berharap Pakde Karwodan Gus Ipul terpilih lagi,”tandasnya.(uji)INTER-NASAKARTA, surya - Elite po-litik, terutama pimpinan partaipolitik punya peran besar da-lam konflik politik selama pe-milihan umum (pemilu). Begitujuga dalam mencegah dan me-nyelesaikan konflik, khususnyapascapemilu dan pemilihankepala daerah (pilkada).Hal itu dikatakan politisi PDIPerjuangan, Adang Ruchiatna,dan politisi Partai Amanat Na-sional PAN), Bima Arya, dalamdiskusi Peran Elite Politik Men-cegah Konflik dalam Pemilu,’bersama di The Jakarta Institutedi Galeri Cafe, TIM, Jakarta,Rabu (5/6).Adang memiliki pengalamanketika massa partai bantengmoncong putih itu tersulutamarah karena merasa dicu-rangi dalam pemilihan presiden2004 lalu. Di semua daerah, ka-der sudah siap melakukan aksiprotes. “Waktu itu pendukungmau membakar kayak Bandunglautan api. Lalu ibu teriak, danmengatakan, saya tidak mau ituterjadi,’” cerita Adang.Anggota Komisi VIII DPR RIini menuturkan, kharisma dankewibawaan petinggi parpolsangat penting untuk mere-dam amarah massa. Peran danperintahnya dapat didengaruntuk menghindari aksi massadan pendukung yang bisa men-ciptakan konflik ketika merasadicurangi oleh kompetitor.Politisi PAN Bima Arya me-nambahkan, salah satu faktorpemicu konflik saat pemiluadalah sikap calon kepala dae-rah dan tim suksesnya yang le-bih mengedepankan kampanyenegatif dan kampanye hitam.Mereka saling menghantamdengan membuka aib atau me-nyebarkan fitnah.“Seharusnya kampanye positifyang mencerdaskan, menyam-paikanprogram,mengangkatdirisendiri. Kalau berburuk sangka,itu karena tidak punya banyakkelebihan. Yang ditampilkan me-nyerang lawan. Ditambah lagiteknologi membantu kampanyehitam dengan rekayasa gambar,”kata Bima.Faktor lain, tambah Bima,adanya transaksional dalampertarungan rekomendasi par-tai. (tribunnews.com)Gus Sholah Beri Semangat Anis MattaJOMBANG, SURYA - PresidenPartai Keadilan Sejahtera (PKS)Anis Matta melanjutkan safarinahdliyyin di Jatim. Setelahnonton bareng film Sang Kyai,lalu silaturrahmi dengan ula-ma Madura dan pengurus PWNahdlatul Ulama (NU) Jatim,kini safari Anis Matta berlanjutke Pesantren Tebuireng dan zia-rah makam KH AbdurrahmanWahid (Gus Dur) di Jombang,Selasa (4/6) malam.Anis datang dengan rom-bongan besar, para pengurus te-ras DPP PKS, anggota DPR, danpengurus PKS Jatim. Anis tibasekitar pukul 21.00 WIB. Merekaditerima KH Salahuddin Wahid(Gus Solah), adik Gus Dur yangkini menjadi pemangku pesan-tren peninggalan KH HasyimAsy’ari tersebut.Ratusan mahasantri dan kiaimuda Tebuireng ikut menyam-but kedatangan Anis. Dialogakrab berlangsung dengan kelu-arga besar Pesantren Tebuireng.Banyak pertanyaan munculdari para mahasantri. Tidak se-dikit dari para keluarga Pesan-tren Tebuireng yang ingin tahunsituasi internal PKS pasca-rama-inya kasus dugaan suap dagingimpor yang menyeret mantanPresiden PKS Luthfi Hasan Isha-aq ke penjara.Presiden PKS Anis Mattamenjawab tuntas rasa inginmereka. Menurut Anis, semuakader PKS memandang masalahhukum LHI sebagai ujian yangsemakin mengokohkan partai-nya. Persoalan dugaan korupsiitu kami tempatkan sama sepertipeselancar menghadapi ombak.Semakin besar ombak semakinasyik bagi kami berselancar. Jadiasyik-asyik aja,” ujar Anis.Beri SemangatSelain menjawab pertanyaanseputar internal PKS, Anis Mat-ta banyak menjelaskan jatidiriPKS,sebagaipartaiterbuka,yangmewadahi beragam keagamaandan kelompok masyarakat.Di jelaskan, kedatangannyake Pesantren Tebuireng menjadibagian dari tradisi PKS, selalubersilaturrahmi dan memintanasihat dari para ulama.Menurut Anis, PKS membu-tuhkan bimbingan dan nasihatpara ulama. “Kami ini ibaratnyahanya melihat satu bendera, me-rah putih. Sedangkan para ula-ma sudah melihat tiga bendera.Belanda, Jepang, dan merahputih. Jadi nasihat dari merekasangat kita perlukan,” kata AnisMatta.Anis Matta menambahkan,kedatangan ke Tebuireng jugauntuk napak tilas perjuanganKH Hasyim Asy’ari, pendiriNahdlatul Ulama, sekaligustokoh kemerdekaan RI. “Kare-na beliau tokoh penting dalampendirian NKRI. Kami tadi jugasudah melihat filmnya (SangKiai)’,” pungkas Anis.Dialog gayeng dengan parasantri itu berlangsung hinggahampir tengah malam. Usaidialog, rombongan rehat seje-nak untuk menikmati santap.surya/Habiburrahman/SUTONOBERDOA - Anis Matta (tiga dari kiri) ditemani Gus Sholah (empat dari kiri) berdoa di makam Gus Dur, Selasa (4/6) malam. Foto Kanan : AnisMatta memberikan suvenir kepada Wakil Pimpinan Redaksi Surya Farhan Effendi dalamnm kunjungan reedaksi, Selasa (4/6)Konflik Pemilu Bergantung Elite PolitikPBB dan Komunitas Tionghoa Ikrar Menangkan KarSaREUTERSPUING BERASAP - - Seorang warga selamat mengamati puing-puing bekas rumahnya yangmasih mengepulkan asap akibat kerusuhan di Meikhtila, Burma, akhir Maret lalu.Bentrok Etnis Myanmar Merembet ke MalaysiaKUALA LUMPUR, surya - Bentrok-an Muslim-Budha Myanmar menyebarke Malaysia. Sebanyak empat orang di-laporkan meninggal dalam bentrokan diKuala Lumpur dalam sepekan terakhir.Wakil kepala polisi ibukota Malaysia,Amar Singh Ishar Singh mengatakan,untuk mencegah bentrokan lanjutan polisiMalaysia membentuk gugus tugas untukmenangani kerusuhan tersebut. Gerakcepat polisi berhasil menangkap dan me-nahan sekitar 60 imigran Myanmar.“Kami mendapatkan informasi bahwabentrokan ini kemungkinan akibat keke-rasan pemeluk Buddha dan Muslim Bur-ma (Myanmar) yang menyebar ke KualaLumpur,” kata Singh kepada kantor be-rita Reuters. “Di Burma, Muslim adalahkorban sementara di sini yang menjadikorban adalah pemeluk Buddha,” tam-bahnya.Sementara itu kantor berita Malaysia,Bernama, melaporkan seorang korbanberusia 20 tahun diserang oleh sekitar10 orang. Bernama mengutip polisi yangmengatakan seorang pria dan wanitamengalami luka-luka dalam seranganitu.Kekerasan anti-Muslim di Myanmarpecah tahun lalu di negara bagian Ra-khine dan menyebar Klik ke kawasantengah, utara dan juga di dekat ibukotaYangoon. Ribuan pengungsi MuslimRohingya melarikan diri dari Burmadan banyak di antara mereka menujuMalaysia. Jumlah total imigran Burma diMalaysia sektiar 400.000.Badan pengungsi PBB mengatakan seki-tar 23.000 warga Rohingya tercatat sebagaipengungsi di Malaysia. Namun sejumlahkelompok yang mengurus pengungsi me-ngatakan jumlah pengungsi Muslim jauhlebih tinggi dan meningkat tahun ini karenakekerasan. (reuters)Doakan Badai PKS Segera BerlaluMahasantri Temani Hingga Tengah Malam■■Ratusan mahasantriPonpes Tebuireng ikutmenyambut rombonganbesar Anis Matta.Dialog cukup gayengberlangung hingga hampirtengah malam.Usai dialog, rombonganAnis ditemani Gus Sholahberziarah ke makam GusDur dan KH Hasyim Asyari.■■■storyhighlightsDEMI KARSA- GubernurJatim Soekarwo(tengah) bersa-ma pengurusDPW PBBJatim SudarnoHadi (kiri),Didik Harijantodan MustofaMuntasam,Rabu (5/6).Keluarga Wawali KotaBandung DirampokBANDUNG, SURYA - Enamkawanan perampok membuatgeger Kota Bandung. Di siangbolong, sekitar pukul 11.00WIB, mereka menyatroni ru-mah warga di Jalan Sulanjana,Kelurahan Taman Sari, Keca-matan Bandung Wetan, KotaBandung sekitar, Rabu (5/6).Padahal situasi di kawasantersebut sedang ramai .Rumah yang menjadi sasar-an perampok itu sehari-haridihuni pasangan Riyanto (74)dan Kamianti (70), yang tidaklain adalah orang tua dariWakil Wali kota Bandung AyiVivananda.Kepala Polsek BandungWetan Kompol Wiharyatmosaat ditemui Kompas.com(Grup Surya) di lokasi kejadianmenjelaskan, enam kawananpenjahat tersebut datang meng-gunakan tiga motor denganberpura-pura menawarkanproduk penjernih air.“Menurut keterangan darisaksi, tiga sepeda motor masukke dalam gerbang. Waktu itucuma ada bapak saja. Sedang-kan ibu pergi ke bank. Merekamasuk dan menawarkan pro-duk pembersih air. Tapi karenabapak kondisinya sakit. Jadimereka dengan mudah masukmengambil barang- barang,”kata Wiharyatmo.Setelah mengetahui kondisirumah sepi ditambah ayah dariwakil walikota itu tidak berda-ya karena sakit. Dua dari enamorang maling tersebut masukke dalam kamar milik Riyantodan menggasak perhiasanseberat 30 gram. “Para pelakutidak mengancam dan tidakmelukai, mereka cuma masuk.Menurut keterangan dari saksi,logatnya dari seberang,” ucapWiharyatmo. (kompas.com)Kucing Berharga Rp 343 JutaNEW YORK, surya - Saat ini meme-lihara kucing Savannah menjadi tren diAmerika. Kucing Savannah merupakanhasil perkawinan antara jenis Africanserval dan kucing domestik. Kucing Sa-vannah yang terlihat seperti cheetah inimerupakan kucing cerdas dan bisa lebihbersosialisasi dengan manusia.Kucing Savannah memiliki telingapanjang, leher dan kaki dari kucing biasa.Terutama, mereka memiliki campuranbintik-bintik dan garis-garis pada bulumereka. Alessio adalah salah seorang pe-meliharakucingSavannah.Iamemeliharakucing sebagai hobi dan sudah memilikikucing tersebut sebanyak enam ekor.Majalah The New Yorker melaporkanhewan peliharaan tersebut memilikiharga US$ 35 ribu atau sekitar Rp 343juta per ekornya bagi beberapa jenisSavannah yang paling langka. Gene-rasi pertama kucing Savannah, yangdilambangkan sebagai F1, memiliki 53persen gen kucing Serval. Kucing gene-rasi kedua atau F2 memiliki sekitar 29persen gen kucing Serval dan generasiketiga F3 hanya memiliki 16 persen genkucing Serval.Kucing Savannah pertama kali dikem-bangbiakkan oleh seorang peternak, Ju-dee Frank. Ia mengawinsilangkan seekorServal jantan milik Suzi Woods dengankucing domestik (ras kucing Siam) untukmelahirkan kucing Savannah pertama,yang kemudian diberi nama Savannah.(dailymail/tmp)mOSTBEATIFULPAGESbermain - Si bocah asyik bermain dengan kucing savannahKunjungan kemudian diakhiridengan ziarah ke makam KHHasyim Asy’ari dan KH Abdur-rahman Wahid (Gus Dur).Sementaraitu,GusSholahber-kali-kali memberikan semangatkepada Anis, yang pertainyasedang diguncang prahara ka-sus Luthfi Hasan Ishaaq dalamperkara dugaan suap dagingimpor. Gus Sholah berharapbadai politik yang menerpa PKSsegera berlalu.“Saya sangat yakin PKSmampu melewati badai. Un-tuk menjadi besar haruslahmelewati ujian dulu” kata GusSholah.Gus Sholah menasihati de-ngan meminta Anis Matta dankeluarga besar PKS agar tidaklarut dalam pusaran kasus du-gaan korupsi tersebut, yangmenjadikan mantan PresidenPKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI)sebagai tersangka oleh KomisiPemberantasan Korupsi (KPK). (uto/ant)KOMPAS.COMMENENGOK - Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda menengokrumah orang tuanya yang disatroni perapok, Rabu (5/6).TWITTERBima AryaSURYA/HABIBUR ROHMANjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  4. 4. Surya BizSurabaya, surya - Per-ekonomian dan perdagang-an di Jatim yang terus stabil,merupakan peluang pasaruntuk penjualan truk.Salah satunya yangmengincar adalah PT HinoMotors Sales Indonesia(HMSI) yang meluncurkanproduk truk terbaru di Su-rabaya, Rabu (5/6).Tidak tanggung-tang-gung, Hino meluncurkantujuh seri Ranger sekali-gus yang ditujukan untukmenembus peluang pasaryang ada di Jatim.Sales and Promotion Di-rector PT Hino Motors Sa-les Indonesia (HMSI) San-tiko Wardoyo menyatakan,kondisi perekonomian danperdagangan di Jatim inicukup menjanjikan untukpenjualan produk truk.Truk-truk kelompok 4X2dan 6X2 masih akan banyakterserap untuk angkutankargo, bahkan pasar trukkargo ini akan terus tumbuhdi Jatim, ujar Santiko, jelangpeluncuran di Imperial Ball-room Pakuwon, Rabu (5/6).Ia menyebut, selama iniJatim memberi kontribusipenjualan bagi Hino 16-18persen dari total penjualanHino nasional.Penjualan truk, khusu-nya kelompok kargo palingbanyak terserap di PulauJawa mencapai 60 persen, diSumatra hanya 20 persen. Iniberarti Jatim sendiri mende-kati penjualan se Sumatra,ungkap Santiko.President Director PT Ca-tur Kokoh Mobil Nasional(CMKN), Mario Soedewomenambahkan, pasar truknasional selama ini terusbertumbuh mencapai 10-15persen per tahun.Pertumbuhan ini sejalandengan pertumbuhan eko-nomi, ujarnya.Penjualan Hino secara na-sional hingga Mei tahun inisebesar 45.150 unit. Tahunlalu penjualan mencapai45.500 unit. Sedangkan totalpenjuaalan sepanjanag 2012sebesar Rp145.900 unit.Tujuh produk truk terbaruitu masing-masing terdiridari empat produk seriRanger yang sudah meng-adopsi teknologi mesincommon rail dan tiga seriRanger dengan generasimesin mekanik.Empat seri Ranger denganmesin Common rail yakniHino 500 super Cruising Ra-nger FG 240 JP, FG 240JS, danFL 240 JW, dan FM 285 JW.Sedangkan tiga truk barudengan mesin mekanikyang diluncurkan adalahHino 500 Super Ranger FG215 JP, FG 235 JS dan FM 260TH. Produk baru itu dijualdengan harga mulai Rp 514juta (sesuai tipe). (rey)Bandung, surya - Pem-bangunan satu unit Pembang-kit Listrik Tenaga Panas Bumi(PLTP) di Komajang, Bandung,terus dikebut. PT PertaminaGeothermal Energy (PGE) me-nargetkan bisa tuntas pada akhir2014 atau awal 2015.Dengan adanya tambahanPLTP ini, kapasitas produksipanas bumi bisa digenjot hingga230 Mega Watt Electric (MWe).General Manager PT PGEArea Kamojang, Tavip Dwiko-rianto mengatakan, saat ini PTPGE Area Kamojang memilikiempat unit PLTP. Masing masingberkapasitas produksi 30 MWe,55 MWe, 55 MWe, dan 60 MWe.Unit lima yang sedang diba-ngun berkapasitas 30 MWe, ujatTavip, di Bandung, Rabu (5/6).Dari empat unit PLTP yangtelah beroperasi, tiga diantara-nya yakni unit pertama hinggaketiga, tidak mengolah panasbumi menjadi listrik. Sebaliknya,panas bumi yang diproduksilangsung dijual ke PT IndonesiaPower, anak perusahaan PLN.Khusus di PLTP unit keem-pat, panas bumi diolah menjadilistrik dan kami jual ke PT Indo-nesia Power. Sebagian juga kamipakai sendiri untuk sumberdaya perusahaan, jelasnya.Sejauh ini, PT PGE Area Ka-mojang di Bandung baru meng-adakan perjanjian penjualan uappanas bumi dan listrik ke PT In-donesia Power, yang merupakananak perusahaan PT PLN.Seiring dengan proyek pem-bangunan PLTP unit lima, PTPGE berusaha menggandengPLN dan mencoba menjuallangsung listrik yang dihasilkanke perusahaan listrik milik nega-ra tersebut.Tavip menyebutkan, pihak-nya kini sedang negosiasi hargadengan PLN untuk kontrak pen-jualan listrik selama 25 tahun.Untukhargayangberlakusaatini ke PT Indonesia Power, uappanas bumi sebesar enam hing-ga tujuh sen dolar AS per MegaWatt electric (MWe). Sedangkanharga berlaku unuk penjualanlistrik sembilan hingga sepuluhsen dolar AS per MWe.Kami masih negosiasi hargadan diharapkan untuk listrikbisa sekitar 11-12 sen dolar ASper MWe, papar Tavip.Target Naik HargaDemikian pula kerja samapenjualan dengan PT IndonesiaPower, PT PGE Area Kamojangberharap harga jual panas bumidan listrik bisa dinaikkan keangka tersebut.Keinginan itu akan coba mere-ka realisasikan dalam negosiasiperpanjangan kontrak yang se-dang berlangsung.Kami sedang negosiasi per-panjangan kontrak untuk pen-jualan selama 25 tahun ke Indo-nesia Power. Harapannya hargabisa dinaikkan, tambahnya.Lebih lanjut, pria asal Jawa Te-ngah ini menambahkan, denganberoperasinya PLTP unit kelima,maka PT PGE Area Kamojangakan mengelola 45 sumur panasbumi secara keseluruhan. Saatini, PT PGE menggarap 40 su-mur dari empat unit PLTP yangtelah beroperasi. (ben)Truk-truk kelompok4X2 dan 6X2masih akan banyakterserap untukangkutan kargo,bahkan pasar trukkargo ini akan terustumbuh di Jatim.Santiko WardoyoSales and PromotionDirector PT Hino Mo-tors Sales IndonesiaOlah Panas Bumi untuk PLNsurya/sugihartoBebek Andalan - Suzuki Shooter yang mulai dipasarkan di Jatim. Selain modelnya yang keren, motor bebek low entry ini tergolong cukup canggih dengan beberapa teknologimutakhir terutama pada sektor mesin. Kehadiran Shooter diharapkan mampu mendongkrak penjualan motor di kelas bebek.Penjualan Truk Manfaatkan Kondisi PerdaganganTambah PLTP, Genjot Kapasitas Produksi 230 MWe■ PT PGE bangun PLTPunit lima, untuk genjotkapasitas produksi hingga230 MWeTetapkan harga panasbumi sekitar 11-12 sendolar AS per MWeKerja sama penjualandengan PT IndonesiaPower, dan mulai gandengPLN■■■storyhighlightssurya.co.id | surabaya.tribunnews.comHALAMAN | | KAMIS, 6 JUNI 2013Pasok 30 Ton Daging Per BulanPT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mulai 26 Juni 2013 akanmenjadi pemasok daging sapi ke pasar di wilayah Jabodetabek,Surabaya, dan Semarang, sebanyak 30 ton per bulan. Daging sapikiloan itu akan dipasok dari peternakan sapi milik RNI di Subang,Jati Tujuh, dan Lombok. Daging sapi didistribusikan melalui anakRajawali Nusindo, anak usaha RNI di bidang perdagangan.Ismet Hasan PutroDirut RNIsurya/sugihartoTembus Pasar - Sales and Promotion Director PT HMSI, Santiko Wardoyo (kiri) bersamaPresident Director PT CMKN, Mario Soedewo, menunjuk salah satu dari tujuh truk Hino yangdiluncurkan untuk menembus pasar di Jatim, di Pakuwon Indah, Rabu (5/6).PT Pertamina Geothermal Energy atau PTPGE berencana akan membangun PembangkitListrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di JawaTimur. Pembangunan proyek itu rencananyadiadakan di kawasan Gunung Argopuro, yangterletak di empat Kabupaten yakni Situbondo,Bondowoso, Jember, dan Probolinggo.Saat ini masih dalam tahap eksplorasi.Tetapi saya juga tidak tahu banyak bagai-mana perkembangannya karena itu yangmengurusi Jakarta, kata Tavip Dwikorianto,GM PT PGE Area Kamojang, yang ditemui diBandung, Rabu (5/6).Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Energidan Sumber Daya Mineral (ESDM) ProvinsiJawa Timur, Dewi J Putriatni menyampaikanbahwa PT PGE yang merupakan salah satuindustri hulu Pertamina, memang memilikiWKP atau Wilayah Kerja Pertambangan diGunung Argopuro sejak tahun 1970an.Namun di kawasan yang menyimpan po-tensi panas bumi dengan kisaran sebanyak350 Mega Watt Electric (MWe), PGE belumbisa melakukan eksplorasi karena terkenda-la perundang-undangan.Kawasan itu masuk dalam cagar alamDataran Tinggi Hyang. Sesuai UU, kawasancagar alam tidak boleh dibor. Jadi, kendalanyaseperti itu. Padahal, Menteri ESDM dan Men-teri Kehutanan sudah mendukung. Tapi kalaubelum ada perubahan UU ya tidak bisa dibor,papar Dewi, saat dihubungi Rabu (5/6).Ia menambahkan, sejauh ini Jatim diperki-rakan memiliki potensi panas bumi sebesar1.200 MWe yang tersebar di beberapa kawas-an, seperti di Gunung Ngebel, Gunung Ijen,Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang. Darikawasan itu, sebagian telah dieksplorasi danditargetkan mulai berproduksi pada 2016.Di Gunung Ngebel ada 165 MWe dan di Ijen110 MWe yang ditargetkan bisa dimanfaatkanproduksinya pada 2016, pungkasnya. (ben)Pembangunan di Jatim Terkendala UU Cagar AlamProduk Jamu Jago Tampil Lebih ModernSurabaya, surya - PT Jamu Jago se-makin gencar mengeluarkan produk-pro-duk baru. Produk anyar yang hadir dalamwujud dan tampilan modern diharapkanbisa menjadi penyegar, sekaligus mendo-rong penjualan jamu tradisional.Direktur Pemasaran dan PengembanganUsaha PT Jamu Jago, Vincent Suprana me-ngatakan, beberapa produk baru segera di-luncurkan tahun ini. Tak jauh beda denganyang baru diluncurkan, produk-produkberikutnya juga dengan tampilan modern.Kami mulai mengenalkan produk dariresep tradisional tetapi berupa bahan dankemasan modern, segmen yang diisasarjuga kelas menengah atas, ujar Vincentsaat dihubungi, Rabu (5/6).Ia menyebut, produk modern ini seka-ligus untuk mengangkat image produkjamu yang selama ini dinilai sebagai pro-duk untuk kalangan bawah saja. Produkterbaru Jamu Jago, Bebe Roosie misalnya,merupakan produk minyak telon dalamwujud baru.Bebe Roosie ini adalah minyak telon be-rupa cream berbahan alami. Dibanding mi-nyak telon pada umumnya, wujudnya yangcream menjadikan lebih hemat dan mudahdiserap kulit. Produk ini disuka ibu-ibumodern sekarang, ungkap Vincent.Selain cream telon, produk jamu untukvitalitas pria juga cukup laris. ProdukJamu Jago ini laris, meskipun harga yangditawarkan di atas harga jamu tradisional.Penetapan harga yang lebih tinggi inidisesuaikan segmen pasar yang dituju,jelasnya.Meski produk baru Jamu Jago mulaibanyak merebut pasar, produk tradisionaltetap kontributor terbesar bagi pendapat-an Jamu Jago. Tahun ini pendapatan kamimeningkat 10 persen dibanding tahun lalu,dan jamu tradisional berkontribusi 30-40persen, ungkap Vincent.Keberadaan jamu dan produk modernturut menjaga omzet dari jamu tradisional.Secara perlahan, kontribusi pendapatandari produk modern bertumbuh. (rey)Lebih Modern- Produk JamuJago masihmenggunakanresep tradi-sional, namunwujud dan kema-sannya tampillebih modern.Motor Bebek denganTeknologi CanggihSurabaya, surya - Produ-sen motor Suzuki mulai menge-nalkan andalan terbarunya untukjenis bebek. Meski belum secararesmi dilaunching di Jawa Timur,Suzuki Shooter yang dibekali tek-nologi injeksi ini, ditargetkan bisaterjual 500 unit dalam sebulan.Head Office Suzuki Jatim,TengkuAghamengatakan,targetsebesar itu hanya dicanangkanpada masa-masa awal penjual-an. Berikutnya, target penjualanakan ditingkatkan lagi.Sekarang kami sudah mulaimenjual, dan sudah ada yangambil. Untuk peluncuran res-minya di wilayah Jatim barudilakukan minggu depan, ujarAgha, Rabu (5/6).Konsumen yang tertarikdengan motor bebek injeksi itubisa melihat langsung di PlasaSurabaya. Suzuki menggelar pa-meran produk, termasuk meng-hadirkan Suzuki Shooter selamaevent berlangsung.Kontribusi penjualan motor ke-las bebek untuk Suzuki di Jatim,diakui Agha, belum begitu domi-nan. Karena itu, diharapkan pen-jualan kelas bebek bisa terdong-krak dengan adanya Shooter.Penjualan kelas bebek bisanaik hampir dua kali lipat tentu-nya karena penjualan Suzuki Ti-tan dn Shogun masih tetap jalan,Karena permintaan karburatormasih ada, terang Agha.Catatan penjualan motor be-bek Suzuki selama ini sekitar 10persen dari total penjualan atausebanyak 700 unit per bulan.Kontribusi terbesar masih dido-minasi Suzuki Satria yang setiapbulannya terjual 5.000 hingga7.000 unit.Suzuki Shooter diyakini bisamenyerappembelidalamjumlahbesar karena memiliki beberapakeunggulan pada mesinnya.Keunggulan Shooter antara lain,menggunakan teknologi Leap(Light, efficient and powerfull),bobot motor lebih ringan, luasbagasi under seat dengan ka-pasitas 8 liter dan bahan bakarlebih irit 37 persen.Selain itu, aki MF batteryyang tidak mengharuskan pemi-lik kendaraan bermotor mengisiair aki setiap kali hendak berken-dara (free maintenance battery),jelasnya.Di Jatim, Suzuki Shooter di-tawarkan dengan tiga pilihan.Type standard dibanderol sehar-ga Rp 12.590.000, type disc brakeRp 13.480.000 dan type castingwheel 14.180.000. (rey)FacebookHino Motors Kenalkan Tujuh Seri Ranger■ISTjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  5. 5. 4 surya.co.id | surabaya.tribunnews.comFINANCE KAMIS, 6 JUNI 2013 |DITEMANI be-berapa staf danHumas Pertami-na, Direktur Utama PTPertamina (Persero), Ka-ren Agustiawan terlihatmenapaki halaman IstanaPresiden. Sepertinya,isu calon Kepala BadanKoordinasi PenanamanModal (BKPM) mende-kati kebenaran.Rabu (5/6) sore, pe-rempuan kelahiran 19 Oktober1958 itu, sempat mengelak per-tanyaan dari para wartawan.Beberapa menit setelah ke-datangan Karen Agustiawan,Menko Perekonomian, HattaRajasa juga memasuki Istana.Saya dipanggil bapak presi-den, ujarnya seperti dikutipoleh Kontan.Saat ditanya apakah kedata-ngannya berhubungan denganpemanggilan direktur utamapertama perempuan di Perta-mina itu, Hatta Rajasa hanyamelempar senyum kepadaawak media.Sebelumnya, Menteri Perin-dustrian, MS Hidayat menga-takan calon kepala BKPM se-dang diseleksi Presiden SusiloBambang Yudhoyono (SBY).Calon itu berasal dari kalanganinternal pemerintah, di antara-nya dirut BUMN, mantan du-bes dan kalangan profesional.Tampaknya Karen Agustiawanmemenuhi persyaratan yangdikemukakan Hidayat.Kursi kepala BKPM masihdirangkap oleh ChatibBasri yang sudah diang-kat menjadi Menteri Ke-uangan pada Mei 2013.Kedudukan itu akan se-gera diisi demi efektivitaspekerjaan sehingga Cha-tib bisa fokus menguruskeuangan negara.Sementara calon kepa-la BKPM yang baru nantibisa fokus meningkatkaninvestasi di Indonesia.Apalagi belakangan ini, Indo-nesia menjadi salah satu tujuaninvestor asing menanamkanmodalnya.Kembali ke soal suasanaIstana Presiden, tak lama ke-mudian, setelah kedatanganKaren dan Hatta, Taipan Chai-rul Tanjung keluar dari Istana.Sebagai Ketua Komite Eko-nomi Nasional, CT beberapakali ia ditugaskan melakukannegosiasi penanaman investasiantara Indonesia dan negaralain. (hri)SURABAYA, SURYA - Suporter loyalPersebaya (bonek) merupakan potensi na-sabah yang resmi digarap Bank Bukopin.Mereka bisa mendapatkan ATM Persebaya1927 setiap kali membuka rekening dengannominal minimal Rp 125.000.Dengan kartu ATM Persebaya ini, su-porter bisa memperoleh sejumlah fasilitasyang ditawarkan, kata Pimpinan CabangBukopin, Rachmursito di sela launchingkerja sama Co Branding Bank Bukopindan Persebaya di Graha Bukopin, Rabu(5/6).Kemitraan ini menjadi wujud kepedulianBank Bukopin dalam membangun budayabaru (profesionalitas) di dunia sepak boladalam negeri, termasuk membukan lem-baran baru yang lebih positif bagi bonek.Selain loyalitas, melalui tabungaan danATM Persebaya, para suporter dan masya-rakat dikenalkan pada teknologi perbank-an. Rachmursito menyebutkan, kartu ATMbisa jadi ID (identitas), mempermudahsebagai donatur untuk Persebaya, berbe-lanja di merchant Persebaya dan mendapatdiskon.Di sisi lain, bergabungnya bonek dalamprogram ini turut menambah jumlah nasa-bah Bank Bukopin. Tahun ini, ditargetkanada 1.000 suporter loyal Persebaya yangbergabung dalam program, sebagai nasa-bah.Menurut Rachmursito, target penam-bahan jumlah nasabah Bank Bukopin Jatimtahun ini sebesar 40.000 nasabah. HinggaMei 2013,sudah mencapai kisaraan 30.000nasabah.Rata-rata pertumbuhannya, dalam satubulan ada 500 akun baru, untu tabunganperorangan stabil sejak beberapa tahunlalu, jelasnya.Konsultan Persebaya, Agit Atrianto dariSID Indonesia, menyatakan, kerja sama Bu-kopin-Persebaya menjadi awal yang baikbagi organisasi suporter dan klub.Ke depan ATM Persebaya bukan tidakmungkin dikembangkan sebagai kartu IDbahkan berlaku sebagai pengganti tiketterusan untuk menonton pertandingan.Kalau dana dari suporter itu tersalurlewat bank, otomatis cara mengontrolnyalebih enak, semua bisa tahu siapa nantiyang mengambil dana di bank, ujar AgitAtrianto. (rey)Rupiah KosongPulau HilangJAKARTA, SURYA - Pendistri-busian uang kartal ke pulau-pu-lau terluar, daerah pelosok danperbatasan di Indonesia pentingdilakukan menyusul pengalam-an pahit hilangnya dua pulau,Sipadan dan Ligitan.Kita pernah kehilangan duapulau, Sipadan dan Ligitan.Pertimbangan MahkamahInternasional hanya satu poin,bahwa transaksi di sana tidakmenggunakan rupiah, tapi matauang negara tetangga, kata De-puti Gubernur Bank Indonesia(BI), Ronald Waas di Gedung BI,Rabu (5/6).Bank sentral telah memba-ngun kerja sama dengan kemen-terian dan lembaga lain untukdapat mendistribusikan rupiahke pulau terluar dengan amandan efisien. Salah satunya, de-ngan TNI Angkatan Laut (AL).Kalau menggunakan ekspedisikomersial, distribusinya bisatertunda karena masalah teknis.Ronald Waas mengatakan,sekali distribusi, BI dapat mem-bawa sekitar Rp 15 miliar hinggaRp 20 miliar uang kartal denganberagam pecahan. Dalam pen-distribusian, biasanya otoritasmoneter membuka kesempatanbagi masyarakat setempat un-tuk melakukan penukaran uanglusuh yang masih berlaku.Kami telah melakukan dis-tribusi ke Pulau Miangas, Kepu-lauan Natuna melalui jalur Ba-tam, dan perbatasan di Papua,paparnya.BI akan memperluas kerjasama distribusi uang kartal de-ngan TNI Angkatan Udara (AU)guna lebih menjangkau daerah-daerah tak memiliki pantai,seperti misalnya di perairanPapua. Di pulau ini, ada wilayahyang sulit mendapatkan lokasiuntuk kapal mendekat, makaharus dari udara.Diteken 120 BankSetidaknya 120 bank mene-ken implementasi Bye LawsNasional Transaksi Uang KartalAntar-Bank (TUKAB). Intinya,bank yang kekurangan uangkartal (posisi short) tidak dapatmenarik uang dalam pecahantertentu di BI selama masih adabank yang kelebihan uang da-lam pecahan itu (posisi long).Cara ini mempersingkat dis-tribusi kebutuhan uang kartalsehingga bagi perbankan, ke-sepakatan ini diharapkan me-ningkatkan sinergi antarbankuntuk meningkatkan efektivitasdan efisiensi pengelolaan uangkartal.Ronald Waas menegaskan,untuk memperlancar TUKAB,aman, seragam dan optimal, BImemfasilitasi perbankan me-nyusun aturan main. Selain itu,menerapkanpembayaranrupiahlayak edar dari setoran perbank-an yang belum dihitung rinci ke-pada bank yang sama atau bankberbeda, asalkan masih dalamsatu wilayah (dropshot).Mekanisme itu akan dikem-bangkan dan diberlakukanantarwilayah kerja BI, untukmencakup seluruh wilayah In-donesia, tambahnya. (ant)SURYA/SUGIHARTOBRANDING - Pimpinan Cabang Bank Bukopin Surabaya, Rachmursito (kiri) dan Konsultan Persebaya dari PT SID Indonesia, Agit Atrianto (duadari kiri) dan perwakilan dari suporter memperlihatkan contoh ATM Persebaya yang dilaunching Graha Bukopin, Rabu (5/6).Bukopin Target 1.000 Bonek PersebayaSTUDI LAPANGAN- CEO PT BankNegara IndonesiaTbk (BNI) WilayahSurabaya DasukiAmsir (kemejaputih) menjelaskandunia perbankankepada mahasis-wa UniversitasSurabaya (Ubaya),Rabu (5/6).Saham MurahMuamalatJAKARTA,SURYA - PT Bank Muamalat Tbkmelepas saham ke publik dengan melakukanpenawaran umum saham kedua (secondarypublic offering) di kisaran Rp 625 hingga Rp975 per lembar.Total kami lepas 407,09 juta saham lamaseri B senilai Rp 100 per lembar. Penjaminemisi kami dari PT Bahana Securities, kataPresiden Direktur Bank Muamalat, ArviyanArifin, Rabu (5/6).Dengan pelepasan saham ke publik, BankMuamalat dapat memperkuat struktur per-modalannya dalam pengembangan bisnis.Setelah melantai di bursa, modal ini di-perkirakan mencapai Rp 5 triliun sampai Rp30 triliun atau masuk kategori Bank UmumKegiatan Usaha (BUKU) III. Saat ini, masukdalam BUKU II.MasuknyaBankMuamalatkebursasahammenandai bahwa perbankan syariah telahmemasuki era tata kelola perusahaan yangbaik (GCG). Kinerja kami semakin terbukadan diawasi publik, tutur Arviyan Arifin.Selain lepas saham kedua ke publik, mana-jemen melakukan Penawaran Umum Terba-tas (PUT) kelima kepada pemegang saham.Untuk PUT, setiap pemegang 91 saham lamayang namanya tercatat pada 3 Juli 2013 pukul16.00 WIB, memiliki 40 Hak Memesan EfekTerlebih Dahulu (HMETD). (ant)Berkaca dari Kasus Sipadan dan Ligitan■Alat pembayaran yangsah dan wajib diterimaoleh masyarakat dalamtransaksi jual beli sehari-hari.Terdiri atas uang kertasdan uang logam. MenurutUU BI No 11 Tahun 1953,awalnya uang kartal ituadalah uang negara danuang bank.Sejak berlaku UU No13 Tahun 1968, yangberlaku hanya uang bank(diterbitkan bank sentral,dijamin dengan emasatau valas, bertuliskannama bank sentral negaraitu dan ditandatanganigubernur bank sentral).■■■FORBESUANG KARTALHARGA EMAS PERKIRAAN PASAR4/6 5/6DOLAR AS/TROY OUNCE (24 KARAT)1.406.61 1.401.55 Rp 445.000/gramMATA UANG KURS JUAL KURS BELICNY 1,595.93 1,580.06EUR 12,896.58 12,766.39MYR 3,194.81 3,158.95SGD 7,877.24 7,796.42KURSVALASSUMBER: BANK INDONESIASUMBER: BLOOMBERGKAREN AGUSTIAWANDipanggil PresidenIIIII4IIIII5IIIII31IIIII30IIIII3IIIII4IIIII5IIIII31IIIII30IIIII3IIIII4IIIII5IIIII31IIIII30IIIII3IHSG Jakarta5.2005.1005.0004.900Minyak/Dolar AS150.00120.0090.0060.00Rupiah/Dolar AS9.9009.8009.7009.600IIIII IIIIIIIIIIIIIII IIIII93.31 IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII93.66 9.795IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII5.021,615.001,22 9.875Tiap Cabang Harus KreatifSURABAYA, SURYA - PT Bank NegaraIndonesia Tbk (BNI) Kantor Wilayah Su-rabaya mengoptimalkan program khususuntuk mengikat dan meningkatkan jumlahnasabah seperti undian Rejeki BNI Taplusmaupun customer gathering dan merchantgathering.Kami sedang fokus menghimpun danamurah dari masyarakat berupa tabungandan giro, tutur Chief Executive Officer(CEO) BNI Kanwil Surabaya, Dasuki Amsirdi sela menerima kunjungan mahasiswaFakultas Bisnis dan Ekonomika UniversitasSurabaya (Ubaya) di Kantor BNI Graha Pa-ngeran, Rabu (5/6).Untuk mengejar dana pihak ketiga (DPK)itu, setiap cabang harus bisa berinisiatif dankreatif memberi program hadiah tersendiri.Misalnya, untuk mempertebal loyalitas, ma-najemen membuat kebijakan seperti mem-beri hadiah emas atau mobil untuk nasabahyang bersedia menyimpan dana sekian mi-liar di BNI.Hingga Triwulan I-2013, komposisi danamurah BNI Kanwil Surabaya terhadap totalsimpanan mencapai 70,21 persen atau me-ningkat dibandingkan pada akhir 2013 yangtercatat 64,74 persen. Total DPK mencapaiRp 22,05 triliun atau 12,67 persen diban-dingkan periode yang sama tahun 2012.Himpunan tabungan sekitar Rp 11,334triliun, giro Rp 4,146 trilun dan deposito Rp6,569 triliun. Akhir tahun ini, kami target DPKmencapai Rp 28,963 triliun. Perbandingandana murah terhadap total simpangan, bisa73,1 persen, tambah Dasuki Amsir. (rey)FIGURFIGURSURYA/SUGIHARTOjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  6. 6. 5surya.co.id | surabaya.tribunnews.comJAWATIMUR| KAMIS, 6 JUNI 2013LAMONGAN, SURYA -Ajudan Wakil Bupati, Sekwan,seorang staf DPRD, pemiliktravel dan ketua Pokmas res-mi menjadi tersangka dugaankorupsi dana perjalanan dinasDPRD sebesar Rp 3, 2 miliardan bantuan Jasmas 2012.Kepastian lima orang yangditetapkan sebagai tersangkadan dijerat Pasal 2 dan 3 UUnomor 31 tahun 1999 jo UUnomor 20 tahun 2001 tentangtindak pidana korupsi dieksposKasi Intel Kejaksaan Negeri La-mongan, Arfan Halim di AulaKantor Kejaksaan, Rabu (5/6).Penetapan Sekretaris Dewan,Abdul Munir, staf Setwan se-bagai Pejabat Pelaksana TeknisKegiatan (PPTK) Rivianto danMuniroh, pemilik travel asalGresik, Ajudan Wakil Bupati,Haris Udin Auda dan Mudho-far setelah dilakukan penye-lidikan selama 7 bulan terkaitdugaan korupsi dana perjalandinas DPRD 2012 sebesar Rp3,2 miliar.”Untuksementara kitasudahtetapkan tiga orang tersangkauntuk kasus dana perjalanandinas DPRD . Karena ini masihdalam proses penyidikan bisasaja tersangkanya akan ber-kembang,”ungkap Kasi Intel,Arfan Halim.Menurutnya, Kalau nanti da-lam pemeriksaan selanjutnya,para tersangka ini mengakuiyang sebenarnya, bisa sajatersangkanya akan bertambah.Dan itupun harus didukungdengan bukti – bukti.Dalam pemeriksaan yangberjalan selama ini, memangmengarah ke tiga orang inimeski sudah puluhan saksiyang dimintai keterangan.“Jadi belum ada yang meng-arah pada tersangka lain, selaintiga ini,”tegasnya.Arfan enggan menyebutkanberapa kerugian negara, lantar-an itu menyangkut teknis danmasih harus melibatkan BPKuntuk mengaudit berapa ke-rugiannya. Tapi barang buktisebagian sudah ada di tanganpenyidik Kejaksaan.Apa tidak ada anggota atauunsur pimpinan dewan yangbisa jadi tersangka ?Arfan men-jelaskan pos pelaksanaannyasudah terputus, dan menjaditanggung jawab Setwan.Korupsi Jasmaspada kesempatan yang samaKejari juga mengungkapkandua tersangka sementara, yak-ni Ajudan Wakil Bupati, HarisUdin Auda dan Mudhofar se-bagai tersangka dana Jasmas.Arfan tidak secara rincimengungkapkan keterlibatandua orang ini sebagai tersangkatindak pidana korupsi danaJasmas di wilayah Pucuk.”Untuk sementara soal danaJasmas dari provinsi itu ter-sangkanya baru ada dua orang,HarisdanMH dengankerugiansebesar Rp 150 juta,”katanya.Haris yang dikonfirmasi Sur-ya menyatakan, ia tidak tahusoal dana Jasmas dan tidak ma-kan sepeserpun dana Jasmastersebut.(st36)Kejari Rilis 5 Tersangka KorupsiPONOROGO, SURYA - Didu-ga dibangun asal-asalan, DamKlumpit di Sungai Klumpir,Desa Wringinanom, KecamatanSambit, Ponorogo kondisinyakeropos dan nyaris runtuh.Padahal 2 tahun lalu, damyang mengairi 20 hekater sawahini diperbaiki dengan anggaranRp 585 juta. Padahal dengananggaran lebih dari setengahmiliar itu, seharusnya bangunanyang dibangun Dinas PekerjaanUmum (PU) Pemkab Ponorogoitu bisa bertahan lebih lama.Namun kini kondisinya su-dah tergerus arus sungai dansudah tampak seperti gua yangberongga. Padahal, Dam Klum-pit dimanfaatkan sebagai saranairigasi untuk sekitar 20 hektarelahan persawahan serta sebagaipelindung jembatan penghu-bung antar Dusun Tambongdan Dusun Banyuripan, DesaWringinanom.Karena letak Dam dan jemba-tan antardusun hanya berjaraksekitar 50 meter. Jika tanggulDam tersebut ambrol total, makajembatan Tambong akan berna-sib seperti jembatan Plapar yangambrol disebabkan ambrolnyatanggul di bawah jembatan.Berdasarkan pantauan dilapangan, Dam Klumpit memi-liki tanggul sepanjang 25 meterdan ketinggian tanggul 5 meterserta tebal tanggul 1 meter, kinitingginya hanya sekitar 1 meterdari bagian atas karena bagianbawah gulungan sudah ambrol.Padahal, 2 tahun lalu, gulung-an bagian bawah sudah diper-baiki bersamaaan pembangun-an plengsengan di bagian baratsungai sepanjang 40 meter dantinggi 2 meter.Dulu gulungan dam sudahdibangun satu paket denganplengsengan di tepi barat sungaiantara jembatan dan dam untukmelindungi permukiman warga.Proyek Rp 585 juta itu, sekarangambrol lagi sehingga dana itusia-sia, terang Gunarto wargaDesa Winginanom, Rabu (5/6).Kalau gulungan dan tanggulini tidak segera diperbaiki atausampai ambrol, dampaknyasangat besar. Karena warga diseberang timur sungai sebanyak12 Rukun Tetangga (RT) denganjumlah 1.800 jiwa akan terisolir,ungkap perangkat desa ini.Kepala Desa Wringinanom,Sutini (38) menjelaskan, jemba-tan antar dusun terancam, makaDam Klumpit harus segeradiperbaiki. Jika tidak diperbaikimaka akan merugikan warga.Kami sudah melaporkanke BPBD dan Dinas PekerjaanUmum (PU) Pemkab Ponorogo,tetapi sampai saat ini belum adatindaklanjutnya, sesalnya.Dana BesarTerpisah, Murdiyanto, KasiPengairan Dinas PekerjaanUmum (PU) Pemkab Ponorogomengatakan, perbaikan DamKlumpit membutuhkan anggar-an yang tidak kecil. Oleh karena-nya, Dinas PU tidak bisa segeramemperbaiki Dam yang nyarisambrol itu.Untuk perbaikan Dam Klum-pit butuh anggaran terlalu besar,jika menggunakan dana DinasPU anggarannya kurang, te-rangnya.(wan)NGAWI, SURYA - Tim penyidik PolsekKarangjati dan Polres Ngawi memastikanSuranto (23) warga Desa Rejomulyo, Keca-matan Karangjati, Kabupaten Ngawi yangditemukan tewas penuh luka di tubuhnyalokalisasi Alas Malang, Desa/KecamatanKarangjati bukan karena penganiayaan, me-lainkan karena kecelakaan, Rabu (5/6).Hal itu setelah polisi melaksanakan hasilolah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sertamenemukan barang bukti motor Ninja dansaksi yang mengetahui kasus kecelakaansemalam sebelum korban ditemukan tewasmengenaskan.Kapolsek Karangjati, AKP Munaji menga-takan berdasarkan hasil penyelidikan danolah TKP serta keterangan saksi, penyidikmenemukan beberapa bukti korban sebagaikorban tabrak lari. Menurutnya, korban bu-kan merupakan korban pembunuhan, akantetapi korban tabrak lari.Berdasarkan hasil pemyelidikan ada sak-si yang menyebutkan korban merupakankorban kecelakaan tabrak lari yang terjadisemalam sebelum korban ditemukan. SaksiMargono (36) juga berhasil menunjukkanbarang bukti motor korban yang remuk dantak berbodi, terangnya, Rabu (5/6).Selain itu, Munaji menegaskan jika barangbukti motor korban diamankan di Sat Lan-tas Polres Ngawi. Menurunya, motornyajenis Kawasaki Ninja dan tabrakan denganmotor.Tabrakan motor sama motor. Saat itu,korban lari ke lokalisasi dan terjatuh ke parithingga tewas karena tak ada yang meno-long, pungkasnya.Sebelumnya, Suranto (23) yang tubuhnyapenuh luka dan ditemukan tewas menge-naskan di lokalisasi diduga dibunuh seseo-rang. Namun setelah diselidiki, warga DesaRejomulyo ini korban tabrak lari.(wan)Dam Rp 585 Juta KeroposSURYA/SUDARMAWANKEROPOS - Dam Klumpit di Sungai Klumpit, Desa Wringinanom, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo mulai keropos membentuk rongga mirip goa, dan nyaris ambrol meskisudah diperbaiki dengan anggaran Rp 585 juta 2 tahun lalu, Rabu (5/6). Apabila dibiarkan, dam akan ambrol dan jembatan juga ikut runtuhSuranto Tewas Penuh Luka di LokalisasiSiswi Video MesumJalani TerapiKEDIRI, SURYA - Bunga (14)bukan nama sebenarnya, siswiSMP yang menjadi pemeranvideo mesum pelajar kini te-ngah menjalani terapi pemuli-han kondisi psikisnya. Terapidilakukan di salah satu rumahsakit swasta di Kota Kediri.Yang bersangkutan me-mang masih menjalani terapidengan mengikuti konselinguntuk menghilangkan rasatraumanya, ungkap HeriNurdianto, anggota DewanPendidikan Kota Kediri, Rabu(5/6).Dijelaskan Heri Nurdianto,dari kunjungan dengan orang-tuanya, Bunga tetap menda-patkan perlakuan yang wajardi sekolahnya. Hak-haknyauntuk tetap bersekolah jugatetap didapatkan.Selama menjalani konselingBunga memang tidak dapatditemui sembarang orang. Da-lam kasus video mesum Bungayang masih berusia 14 tahunmenjadi korban.Sebelumnya Kapolres KediriKota AKBP Ratno Kuncorojuga menyebutkan pemeriksa-an Bunga didampingi psikiatersalah satu rumah sakit. Untukmengusut kasus itu polisiselain memeriksa Bunga jugameminta keterangan orangtua-nya.Sementara pencarianYG (20)aktor video mesum hingga kinimasih belum membuahkanhasil. YG diduga sudah kaburlebih jauh sehingga belumterlacak polisi yang membu-runya.Pelaku prianya belum di-temukan, tetapi kami masihterus memburunya, ujar AKPSurono, Kasubag Humas Pol-res Kediri Kota.YG menjadi saksi kunciuntuk pengungkapan penye-baran rekaman video mesum-nya. Kasus video mesum initerbongkar saat HP milik YGdijual di salah satu konter. Na-mun dia lupa menghapus fileadegan mesumnya sehinggamenyebar ke publik.Diberitakan sebelumnya,Kota Kediri heboh menyusulberedarnya video mesumberjudul Betet Ngeyel yangdiperankan YG dan Bunga.Adegan mesum itu direkamdengan kamera HP di sebuahrumah kosong di salah satuperumahan.Bunga mengaku baru kenaldua minggu dengan YG, na-mun ia tidak mampu menolaksaat diajak mesum YG.(dim)Usia Baru 2 Tahun Pondasinya Mulai Runtuh■ Dam Klumpit, DesaWringinanom, Ponorogodibangun Dinas PUdua tahun lalu dengananggaran Rp 585 jutaKondisi Dam Klumpit kiniberongga mirip goa. Jikadibiarkan akan segeraruntuhJika dam runtuh,jembatan ikut ambrol■■■STORYHIGHLIGHTSPenyanyi Tak HadirSidang DibatalkanBLITAR, SURYA - Sidang ka-sus pembunuhan Briptu Pra-yoga Ardi, anggota polisi yangtewas dibunuh saat malamtahun 2012 lalu, Rabu (5/6),mendadak dibatalkan.Pembatalan sidang yangtidak lazim ini disebabkansaksi kunci yang seharusnyadihadirkan JPU tak datang,yakni, M Zaini, pelaku pem-bunuhan yang sudah bebassetelah divonis delapan bulandan Sukmawati, wanita yangberprofesi sebagai penyanyi.Ketidakhadiran mereka itutanpa ada keterangan jelas.Padahal, sidang yang digelardi PN Blitar siang itu sudahsiap karena terdakwa KompolR, mantan waka Polres BlitarKota ini sudah hadir dengandidampingi kuasa hukumnya,Abdul Salam SH.Termasuk, Dody SaputraTamrin SH Mh, Kasi Pidsusyang juga jadi JPU, dan majelishakim juga sudah siap. Namunpara saksi tak datang, makapersidangan siang itu ditundaKamis (13/6) mendatang.Menurut Dody, sebenarnyapada sidang siang ini dirinyamenghadirkan 4 saksi. SelainZaini, dan Wati-panggilanSukmawati, juga Idam Ashari,saksi ahli, serta A Muadz, pela-ku utamanya. Namun, karenasaksi kunci Zaini, dan Wati takhadir, maka sidang ditunda.Memang, yang kami bu-tuhkan kesaksian dua orangitu, terutama Wati. Ia sendirisudah tiga kali ini mangkir.Karena itu, pada pemanggilankeempat pada persidanganmendatang, Kamis (13/6), jikakembali tak hadir, akan kitajemput paksa, tegas Dody.Menurutnya, kesaksiandia itu sangat berarti terkaitkasus pembunuhan Yoga. Se-bab, janda beranak satu yangtinggal di Kelurahan Kauman,Kecamatan Kepanjen Kidul,Kota Blitar ini diduga sebagaipemicu kasus cinta segitiga.Abdul Salam SH, mengata-kan pihaknya juga akan meng-hadirkan dua saksi ahli, ProfNur Basuki, dan Prof Sudiono,keduanya guru besar Unair,serta psikolog dari Surabaya.Itu dibutukan karena untukmenguak kesaksian Muadzdan istrinya, Dian Fatayati,yang dianggap plin-plan padasaat jadi saksi pada persidang-an sebelumnya.Sebab, ia mengatakan, ber-dasarkan pengakuan suami-nya, kalau pelaku utama pem-bunuhan itu bukan suaminyanamun orang lain. Namun, takdijelaskan siapa yang dimak-sud. Saksi ahli dan psikologsengaja kami hadirkan, sebabkesaksi Muadz dan istrinyamemberatakan, ujar AbdulSalam.(fiq)Petani Blitar Nyatakan Perang Melawan TikusBLITAR, SURYA - Petani Bli-tar, khususnya petani asal DesaSukorejo, Kecamatan Sutojayan,Kabupaten Blitar, Rabu (5/6)menyatakan perang terhadaphama tikus yang semakin me-rajalela merusak tanaman padiyang baru ditanam.Puluhan petani ramai-ramaimelakukan gropyokan tikusdi sawahnya. Itu karena padiyang baru ditanam rusak akibatdimakan tikus.Cara membasmi tikus secaratradisional ini kembali digalak-kan karena para petani resah.Selain terancam gagal panen,obat tikus yang dibeli di pasarantak mempan dipakai membasmihama tikus yang menyerangtanaman padinya pada malamhari. Tak hanya padi yang baruditanam, namun padi yangsudah berumur 2 bulan jugadihabiskan.Kalau tak dilakukan caraseperti ini, maka para petaniterancam gagal panen karenapadinya habis dirusak tikus.Makanya, dengan kompak,mereka ramai-ramai gropyoktikus, kata Ahmad Najib, ka-des setempat, yang memimpingropyokan tersebut.Gropyokan itu berlangsung 2jam, yakni dimulai pukul 07.00WIB dan berakhir pukul 09.00WIB. Meski hari pertama ituhanya mendapat tikus sebanyak98 ekor, warga puas.Sebab, usahanya itu dianggapberhasil daripada dengan me-makai obat tikus. Dijelaskan Ah-mad Najib, di saat musim tanampadi seperti bulan ini, ada seluassekitar 123 hektare (Ha) sawahwarga, yang ditanami padi. Na-mun, untuk tahun ini, tikus tiba-tiba menyerangnya. Akibatnya,banyak tanaman padi yang matikarena dimakan bonggolnya.Seperti di sawah milik Istardi(48), Samuji (49), dan Sumarno(38), semuanya warga setempat.Sebelum gagal panen, wargasepakat melakukan gropyokan.Tadi pagi, sudah dapat 3 hektaredan kemungkikan itu akan terusdilakukan sampai benar-benartikusnya habis, ujarnya.(fiq)SURYA/HANIF MANSYURIEKSPOSE - Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lamongan, Arfan Halim di AulaKantor Kejaksaan, Rabu (5/6) mengekspose lima tersangka korupsi.SURYA/IMAM TAUFIQGROPYOK TIKUS - Para petani Desa Sukorejo, Kecamatan Sutojayan,Kabupaten Blitar, Rabu (5/6) siang ramai-ramai gropyok tikusjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya
  7. 7. HALAMAN | | KAMIS, 6 JUNI 2013Jawa TimurJEMBER, surya - PerusahaanDaerah Perkebunan (PDP) Ka-hyangan terancam kehilanganpendapatan Rp 3,8 miliar. Danaitu akan melayang jika getahkaret 159 ton tidak kembali ketangan PDP Kahyangan.Hal ini terungkap dalamrapat dengar pendapat antaradireksi PDP Kahyangan de-ngan pimpinan DPRD Jember,Rabu (5/6). Menurut DirekturUtama PDP Kahyangan HMSudjatmiko, jika dirupiahkannilai getah karet 159 ton itumencapai Rp 3,8 miliar.Getah karet itu kini masihdi tangan PT Nanggala MitraLestari (NML), investor yangawalnya menjalin kerjasamaoperasional (KSO) dengan PDPKahyangan. Pada Maret lalu,PDP dan PT NML menjalin ker-jasama operasional pengelolaantiga komoditas utama di kebunPDP, satu di antaranya karet.Setelah perjanjian diteken, 159ton getah karet hasil kebun PDPdibawa PT NML. Namun perja-lanan kerjasama itu tidak muluskarena ditolak buruh PDP. Paraburuh khawatir PDP bakal di-kuasai oleh PT NML, lantarankerjasama itu bukan operasionalsaja, tetapi juga menyangkut ma-najerial.Protes buruh itu berlarut-la-rut, apalagi DPRD terkesan jugamembela buruh lantaran tidakdiajak bicara. Akhirnya BupatiJember MZADjalal menginstruk-sikan pembatalasan kerjasamaitu. Namun meskipun telah batal,getah karet itu belum kembali ketangan PDP.Kami sedang mengupayakanagar getah karet itu dikembali-kan. Kami sudah layangkan su-rat secara resmi, termasuk jugasecara lisan dan personal, ujarSudjatmiko.Wakil Ketua DPRD JemberLukman Winarno menegaskan,DPRD Jember meminta agar ge-tah karet itu bisa diambil kem-bali. Karena kalau tidak, asetkita melayang yang itu nilainyaRp 3,8 miliar, tegasnya.Dalam rapat dengar penda-pat itu, sejumlah ketua komi-si mengungkapkan ketersing-gungan mereka karena tidakpernah diajak bicara tentangkerjasama itu meskipun padaakhirnya gagal. Komisi C, mit-ra PDP. Tetapi kok dalam KSOkami selalu disalip kiri, tidakpernah diajak ngomong, ujarKetua Komisi C, M Asir.Sedangkan Ketua Komisi BAnang Murwanto menyarankandireksi PDP Kahyangan tetapmemakai prosedur standar ope-rasional dalam bekerja, sehinggatidak muncul persoalan sepertiKSO itu. (uni)surya.co.id | surabaya.tribunnews.comKomisi C, mitraPDP.Tetapi kokdalam KSO kamiselalu disalip kiri,tidak pernah diajak ngomong.m asirKetua KOmisi CTak hanya itu saja, mim-pinya untuk memilikilaptop kini juga tercapai.Selasa (4/6) pagi, Surya kem-bali menyambangi kediamansang jawara unas tingkat SMKdengan nilai rata-rata 9,67 di JalanMojopahit No 28 A, KecamatanSemanding, Kabupaten Tuban.Tak ada yang berubah darirumah anak pertama dari duabersaudara pasangan Pujianto(45) dan Masriati (39). Gangmasuk menuju rumahnya jugamasih becek dan sempit.Untuk menemui Achmadjuga tak susah. Saat Surya da-tang, ia langsung menyambut.Ia mengaku melihat kedatanganSurya, karena sedari tadi dudukdi bangku kayu ruang tamu.Dia sendirian lantaran ayah danibunya sedang keluar.Karena prestasinya, Ach-mad mendapat aneka macambantuan uang hingga barangdari para pejabat. Yang palingmembuatnya bahagia adalahhadiah dari gubernur, yaitulaptop. Barang ini merupakan iaimpikan sejak di kelas 2 SMK.Saya senang betul, ternyatasaya bisa memiliki laptop leng-kap dengan software yang asli.Laptop ini sudah sering sayapakai, akunya.Dia juga mendapat bantuanuang dari para pejabat hinggajumlahnya mencapai puluh-an juta. Uang itu, kata pelajarJurusan Teknik Komputer ini,sudah diserahkan pada ibunya.Ia mengaku masih belum maumenyimpan uang itu, apalagikeluarganya masih butuh uanghingga beberapa tahun ke depan.Selain pejabat pemerintah,artis Titi Kamal juga ikut simpatipadanya. Simpati itu disampai-kan melalui asistennya, Ida yangmenelepon Achmad untuk mintanomor rekening karena inginmemberi hadiah uang. RupanyaTiti Kamal juga mengikuti beritatentang prestasi Achmad.Karena permintaan itu, orangtuanya kerepotan karena di-paksa membuat rekening bankuntuk menampung pemberiantersebut. Berkat ini, ayah akhir-nya punya rekening sendiri,cerita Achmad.Masa depan Achmad tam-paknya bakal cerah. Unesa, ITS,Unair, dan beberapa perguruantinggi menawarkan sekolahgratis kepada Achmad. NamunAchmad kelihatannya lebihmemilih program progam EVE,lembaga beasiswa Holcim.Apalagi Pak Noor (Wakil Bu-pati Tuban) juga menyarankansaya belajar di sana. Semogasaja terwujud, kata Achmad.Achmad yang baru tiba diTuban dari Surabaya karenaharus menjalani tes kesehatanuntuk mendapatkan beasiswapendidikan selama tiga tahundari pabrik semen Holcim. Diamengaku sangat bersyukurdengan semua bantuan ini.“Niatsayaselamainibelajarsiangdanmalamhanyauntukme-ningkatkantarafkehidupandanmembantuorangtua,”katanya.Meski mengalami perubah-an drastis seperti ini, Achmadberjanji akan selalu rendah hati.Dia mengaku juga menurutipesan Gubernur Soekarwokepadanya untuk menghormatikedua orangtua dan orang-orang yang telah membantunyahingga menjadi seperti seka-rang.. (adrianus adhi) RekapitulasiRawan Rusuhlumajang, surya - Sekitar1.800 personel gabungan akandikerahkan untuk mengaman-kan rapat pleno rekapitulasipenghitungan suara Pilkada Lu-majang, yang digelar di kantorKPUD setempat, hari ini (Kamis,6/6).Kami sudah mengantisipasiadanya kemungkinan unjukrasa pada saat rapat plenopenghitungan di kantor KPUDLumajang, ujar Kepala BagianOperasional Kepolisian Resor(Polres) Lumajang, Kompol Su-barkah, Rabu (5/6). Kerawananterjadipengerahanmassakarenaberdasarkan hasil hitung cepat,ada pasangan yang perolehan-nya selisih tipis.Tanda-tanda itu mulai tam-pak kemarin, ketika ratusanmassa pendukung pasanganAli Mudhori - Samsul Hadi(Asa) berunjukrasa di dua tem-pat, yakni kantor pemkab danKPUD Lumajang. Massa me-nolak hasil pilkada Lumajangkarena diduga ada kecurangan.Yudianto, koordinator aksimendesak agar hasil pilkadaLumajang dibatalkan. Ia jugamendesak agar Desk Pilkadadibubarkan karena dinilai tidaknetral. Pilkada Lumajang jugadiwarnai kecurangan antaralain keterlibatan PNS, jadi se-baiknya dibatalkan, ujar Yudi-anto. Ia menambahkan, tim Asaakan membawa kecurangan inike Mahkamah Konstitusi.Polisi tidak mau kecolonganakibatberkumpulnyamassada-lam satu tempat. Apalagi akhirpekan lalu, sebuah bom mele-dak di Desa/kecamatan Sendu-ro, Lumajang. Kami menganti-sipasi agar tidak terjadi hal-halburuk. Kami terjunkan personel1.942 orang, ujar Kapolres Lu-majang AKBP Susanto.Akibat demo itu sejumlah ja-lan ditutup, seperti Jalan Vete-ran. Jalan menuju kantor KPUitu ditutup. Sejumlah gang dijalan itu dijaga oleh Brimob.Ketua Tim Desk PilkadaPemkab Lumajang, Abdul Fa-tah Ismail mengatakan, pihak-nya mengumumkan hasil pil-kada sesuai pantau di lapangansesuai dengan Undang-UndangNo 14 tahun 2008 tentang ke-terbukaan publik. Kami sam-paikan ke publik karena sesuaiaturan, tetapi hasil KPU-lahyang diakui, ujar Fatah.Sementara itu, KomisionerKPUD Lumajang Yuyun Bahari-ta mengatakan, rekapitulasi pil-kada tetap akan digelar Kamis(6/6). Semoga tidak ada aralmelintang, sehingga bisa selesaisesuai jadwal yang kami renca-nakan, ujar Yuyun. Dia berha-rap, unjuk rasa tidak mengha-langi rekapitulasi. (uni/ant)Achmad Syafii, pelajar SMK Negeri 1 Tuban yangmemperoleh nilai terbaik unas se Jawa Timur, kini ke-banjiran hadiah. Selain bantuan uang hingga puluhanjuta rupiah, ia kini juga mendapat tawaran beasiswadari berbagai perguruan tinggi ternama di Jatim.Juara Unas SMK Kebanjiran HadiahAyah Achmad Terpaksa Buka Rekening Banksurya/sri wahyunikremaja punk - Polres Jember mengamankan 10 remaja punk dari lantai tiga Pasar Tanjung, Jember, Rabu (5/6). Mereka tidur ditempat yang tidak digunakan berjualan pedagang. Petugas berencana melimpahkan mereka ke Liposos Dinas Sosial Jember.Rp 3,8 Miliar Aset PDP Terancam Hilangsurya/sri wahyunikbatalkan pilkada - Massa pendukung Asa berunjukrasa kekantor pemkab dan KPUD Lumajang minta pilkada dibatalkan.DuoSantosoBandingbojonegoro, surya -Kejaksaan Negeri (Kejari) Bo-jonegoro akhirnya mengajukanbanding ke Pengadilan TinggiJatim, terkait vonis mantanbupati HM Santoso dan man-tan sekkab Bambang Santoso.Mereka mengajukan bandingkarenaberanggapanvonisyangditerima dua terpidana kasuskorupsi itu terlalu rendah.Jaksa sudah mendaftarkan-nya, dan mereka (jaksa penun-tut umum) saat ini sedang me-nyusun memori tersebut, kataKasi Intel Kejari BojonegoroNusirwan Sahrul.Santoso divonis pengadilan6 tahun penjara dan denda Rp200 juta, sedangkan BambangSantoso divonis lebih ringandengan 2,5 tahun penjara dandenda Rp 50 juta.Banding juga dilakukan olehpenasihat hukum HM SantosoGede Bobby Aryawan. Menu-rut dia, kliennya tak bersalahkarena yang dipermasalahkanhakim adalah tafsiran, danbukan dana hibah.Dua Santoso ini menjaditerdakwa karena melakukanpenyelewengan dana dariperusahaan perminyakanMobil Cepu Limited (MCL)ke Pemkab Bojonegoro Rp3,8 miliar untuk keperluanpembebasan lahan. Dana di-berikan MCL berdasarkankesepakatan antara Pemkabdengan MCL. Dua Santosoini dijerat dengan pasal yangsama, yakni pasal 3 jo 55 ayat(1) UU No 31/1999 tentangtindak pidana korupsi. (dri)surya/adrianus adhilaptop baru - Achmad tengah sibuk dengan laptop pemberianGubernur Soekarwo atas prestasi akademiknya.Polres Lumajang Siagakan 1.800 Personel■ Pendukung pasanganAsa berunjukrasa kekantor pemkab danKPUD LUmajangMereka menganggapDesk Pilkada berpihakdan pilkada tidak fairKPUD Lumajangtetap akan menggelarrekapitulasi Kamis (6/6)meski ada ancamanunjuk rasa.■■■storyhighlightsTargetkan 25 SumurMinyak Tahun IniBANGKALAN, surya - Gunameningkatkan produksi mi-nyakdangas(migas),Pertami-na Hulu Energi West MaduraOffshore (PHE WMO) akanmengebor 25 sumur produksidi Blok WMO di tahun 2013.Jika nantinya hal tersebutterealisasi, maka akan menam-bah produksi migas di 11 su-mur produksi yang telah adadengan produksi mencapai20.300 barel per hari (bph).Senior Executive Vice Pre-sident dan General ManajerPHE WMO, Bambang Kar-dono menjelaskan, dengan 11sumur produksi yang ada diBlok WMO, target produksimigas berada di kisaran 22.000hingga 25.000 bph. Sementaratarget produksi gas mencapaikisaran 140 hingga 150 jutakaki kubik per hari (mmscfd).Kami optimistis target itu bisaterealisasi, jelasnya, usai me-lakukan penanaman 10.000pohon mangrove bersamaMahasiswa Universitas Truno-joyo Madura (UTM) di DesaLabuhan, kecamatan Sepuluh,Rabu (5/6).Optimisme Bambang Kar-dono tak lepas dari keber-hasilan pihak PHE WMOmenaikkan produksi migassejak peralihan pengelolaandari Kodeco Energy ke Perta-mina pada 7 Mei 2011.Sementara itu, kegiatanpenanaman 10.000 pohonmangrove sejatinya sudah di-laksanakan sejak Senin (3/6),dalam rangka Bhakti Baha-ri untuk memperingati HariLingkungan Hidup se Dunia.Kegiatan ini sempat terken-dala oleh kondisi alam, pasangsurut air laut. Tapi 10.000 mang-rove akhirnya tuntas tertanam,ungkap Ketua Panitia Moh Za-inuri. Ketua Jurusan Ilmu Kela-utan UTM itu berharap, DesaLabuhan bisa dijadikan percon-tohan konservasi mangrove diBangkalan. (st32)Balita Buang Air Tenggelamsitubondo - Bocah berusia tiga tahun bernama Alfintewas tenggelam saat hendak buang air besar di sungai tidakjauh dari rumahnya, Selasa (4/6) malam. Anak pertama pa-sangan suami istri Supakat dan Musrifah tersebut, ditemukansekitar 2 km dari lokasi kejadian oleh tim SAR dari BPBD Situ-bondo dibantu warga. Petugas BPBD Situbondo mengatakan,pihaknya menemukan jasad bocah itu setelah melakukanpenyisiran selama 20 menit. BPBD menerima laporan, bahwakorban tenggelam sekitar pukul 20.30 dan ditemukan sekitarpukul 21.00. “Saat ditemukan bocah itu sudah meninggal,apalagi sungainya itu cukup dalam, ujar petugas itu. Keduaorangtua korban menangis histeris saat jasad anaknya diba-wa ke rumahnya. (izi)Bantuan Mebel SD Tersendatbojonegoro - Bantuan mebel senilai Rp 4,032 miliaruntuk 163 SD di Kabupaten Bojonegoro tersendat penyalur-annya, hingga membuat Wabup Setyo Hartono memanggilpara kepala SD penerima bantuan. Seharusnya 163 SD sudahmenerima bantuan paket mebel semuanya, sebab bantuanmebel itu dari DAK 2012. Tapi kenyataannya masih banyakyang belum menerima, katanya. Bantuan mebel tersebutnilainya Rp 24 juta/SD, terdiri dari tujuh item. Antara lainmeja kursi siswa, meja kursi guru, papan absensi, dan papanjadwal piket. Dia meminta kepada para kepala sekolah pene-rima bantuan mebel bisa melaporkan kejadian sesungguhnyatanpa harus menutup-nutupi. Saya ingin bapak-bapak danibu guru bisa bersikap kritis, katanya. (ant)LINTAS JAWA TIMURjokowi di madiunPesona Gubernur DKI, Jokowitelah menasional. Gambarnya ikuthadir dalam kampanye pasangancabup/cawabup Madiun, Sukiman-Suprapto di lapangan Kaibon,Rabu (5/6). Pasangan ini memangsalah satu pengusungnya PDIP,parpol yang juga mengusungJokowi dalam Pilgub DKI. (bet)surya/ahmad faisoltanam mangrove - Kegiatan menanam mangrove yangdilakukan PHE WMO bersama Universitas Trunojoyo Madura, diDesa Labuhan.Akibat KSO Dibatalkan■surya/imam hidayatjoin facebook.com/suryaonline follow @portalsurya

×