Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SISTEM INFORMASI RENCANA UMUM PENGADAANSISTEM INFORMASI RENCANA UMUM PENGADAAN (SiRUP)(SiRUP)
Dasar Hukum RUP
Perpres 70 / 2012
a.Pasal 22, ayat(1) s/d ayat(3)
b.Pasal 22, ayat(1) s/d ayat(3)
c.Pasal 23, ayat(1)
d.Pa...
APA ITU RUP?
1. RUP adalah kegiatan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan
Barang/Jasa yang diperlukan K/L/D/I, penyusun...
APA ITU RUP?
5. RUP dapat diumumkan oleh masing-masing K/L/D/I secara
terbuka kepada masyarakat luas setelah rencana kerja...
TUJUAN RUP
1. Prospek Bisnis Bagi Dunia Usaha/Penyedia
2. Unsur perencanaan, merupakan indikator yang dapat menentukan
kap...
RUANG LINGKUP
RUP yang
pelaksanaan
Pengadaannya
melalui Swakelola.
Ruang
Lingkup RUP
RUP yang pelaksanaan
Pengadaannya mel...
PENAYANGAN RUP MELALUI
SISTEM INFORMASI RUP (SiRUP)
Sistem Informasi RUP (SiRUP)
1. Aplikasi RUP 2013 diubah menjadi aplik...
7. Admin RUP diregistrasi pada Aplikasi SiRUP oleh Admin PPE LPSE
Kementerian Kehutanan
8. Registrasi ADMIN SATKER pada LP...
ALUR PENGISIAN SiRUP
Punya
Akun?
Punya
Akun?
Isi RUPIsi RUP
SATKER KEMENHUTSATKER KEMENHUT
UmumkanUmumkan
YY
TT
Dapat Akun...
PERSYARATAN MENJADI ADMIN SiRUP
Mempunyai Kemampuan Dalam Proses Komputasi
Mempunyai Kemampuan Dalam Mengelompokkan Peke...
PENGGUNA APLIKASI SiRUP
Admin RUP
Fungsi:
Bertanggung jawab atas pengisian RUP pada Satker
masing-masing.
Peran dalam p...
PENGGUNA APLIKASI SiRUP
Masyarakat Umum
Fungsi:
Mengawasi rencana umum K/L/D/I;
Melaporkan apabila menemukan kejanggala...
Aplikasi SiRUP:
1.http://inaproc.lkpp.go.id/sirup atau
2.http://lpse.dephut.go.id/eproc/ (lalu klik pada
“inaproc.lkpp.go....
PEMAKETAN PADA RUP
1. Pemaketan adalah penyusunan/penetapan kegiatan pekerjaan yang akan
dilaksanakan baik melalui penyedi...
PEMAKETAN PADA RUP
4. Pemaketan Barang/Jasa, PA dilarang:
a. menyatukan atau memusatkan beberapa kegiatan yang tersebar di...
Melalui SWAKELOLA adalah:
1. pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh K/L/D/I
sebagai penanggun...
Kegiatan Swakelola tersebut dapat merupakan Pengelompokan sebagian atau
semua item dibawah ini:
honor tim;
belanja ATK;
...
Melalui PENYEDIA adalah:
1. Paket kegiatan yang membutuhkan penyedia dalam pelaksanaannya diumumkan
pada bagian Penyedia.
...
Alamat Akses
Klik Disini
KENALI ALAMAT AKSES: http://inaproc.lkpp.go.id
DATA ISIAN REGISTRASI ADMIN RUP
Diisi oleh Admin PPE
Data Personal Admin
Dari Satker
(*) Data Wajib
Aplikasi SiRUP Warna Kuning
KENALI CIRI-CIRI APLIKASI SiRUP
Alamat Akses Aplikasi SiRUP
http://inaproc.lkpp.go.id/sirup/
Aplikasi SiRUP Latihan
Warna Merah
KENALI CIRI-CIRI APLIKASI SiRUP VERSI LATIHAN
Alamat Akses Aplikasi SiRUP Latihan
http:...
CONTOH “SATKER KEMENTERIAN KEHUTANAN
PADA APLIKASI SiRUP 2014”
CONTOH PENGISIAN RUP “PENYEDIA”
CONTOH PENGISIAN RUP “SWAKELOLA”
106 : Kode Kementerian/Lembaga
01 : Kode Unit Organisasi
970968 : Kode Satuan Kerja
51 : Kode Lokasi
01 : Kode Propinsi
06...
1 TAHUN ANGGARAN : diisi dengan tahun RUP
2 SATUAN KERJA : sudah default dengan admin RUP yang login atau yang melalukan i...
Terima kasihTerima kasih
LPSE Kementerian Kehutanan
BIRO UMUM – SEKRETARIAT JENDERAL
Gedung Manggala Wanabakti Blok I lant...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Materi Sosialisasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan

11,703 views

Published on

Materi Sosialisasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan lingkup Kementerian Kehutanan

Published in: Government & Nonprofit

Materi Sosialisasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan

  1. 1. SISTEM INFORMASI RENCANA UMUM PENGADAANSISTEM INFORMASI RENCANA UMUM PENGADAAN (SiRUP)(SiRUP)
  2. 2. Dasar Hukum RUP Perpres 70 / 2012 a.Pasal 22, ayat(1) s/d ayat(3) b.Pasal 22, ayat(1) s/d ayat(3) c.Pasal 23, ayat(1) d.Pasal 25, ayat(1), ayat(1b) sd ayat(4)
  3. 3. APA ITU RUP? 1. RUP adalah kegiatan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan Barang/Jasa yang diperlukan K/L/D/I, penyusunan dan penetapan rencana penganggaran sampai dengan penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK). 2. RUP adalah Rencana yang berisi kegiatan dan anggaran Pengadaan Barang/Jasa yang dibiayai oleh K/L/D/I dan/atau dibiayai berdasarkan kerja sama antar K/L/D/I (co- financing), baik yang Lelang maupun Tidak Lelang (Swakelola/Pengadaan/Penunjukan Langsung). 3. RUP disusun dan ditetapkan oleh PA (Pengguna Anggaran). 4. RUP tersebut sekurang-kurangnya berisi: Nama dan Alamat PA; Paket pekerjaan yang akan dilaksanakan; lokasi pekerjaan; perkiraan besaran biaya.
  4. 4. APA ITU RUP? 5. RUP dapat diumumkan oleh masing-masing K/L/D/I secara terbuka kepada masyarakat luas setelah rencana kerja dan anggaran K/L/D/I disetujui oleh DPR/DPRD. 6. RUP menjadi salah satu media untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui secara langsung terhadap Informasi Pengadaan Barang/Jasa. 7. RUP yang telah diumumkan dapat dilakukan perubahan/revisi. 8. Paling lambat RUP diumumkan pada pada awal bulan Januari. 9. RUP diumumkan melalui media: Website K/L/D/I; Papan Pengumuman; dan Portal Pengadaan Nasional melalui LPSE.
  5. 5. TUJUAN RUP 1. Prospek Bisnis Bagi Dunia Usaha/Penyedia 2. Unsur perencanaan, merupakan indikator yang dapat menentukan kapan dimulai dan selesainya proses pengadaan. 3. Unsur pengendalian dalam proses pengadaan barang/jasa.
  6. 6. RUANG LINGKUP RUP yang pelaksanaan Pengadaannya melalui Swakelola. Ruang Lingkup RUP RUP yang pelaksanaan Pengadaannya melalui Penyedia Barang/Jasa
  7. 7. PENAYANGAN RUP MELALUI SISTEM INFORMASI RUP (SiRUP) Sistem Informasi RUP (SiRUP) 1. Aplikasi RUP 2013 diubah menjadi aplikasi SiRUP 2. SiRUP adalah aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, dibangun dengan berbasis Web (Web based) yang digunakan untuk mengumumkan RUP Satker. 3. SiRUP dikelola langsung oleh LKPP (pengelolaan tersentralisasi) 4. RUP diisi langsung pada aplikasi SiRUP. 5. KPA menunjuk Admin RUP sebagai petugas untuk mengisi RUP melalui Surat Keputusan/Surat Tugas. 6. Copy Surat Keputusan/Surat Tugas dimaksud disampaikan kepada LPSE Kementerian Kehutanan.
  8. 8. 7. Admin RUP diregistrasi pada Aplikasi SiRUP oleh Admin PPE LPSE Kementerian Kehutanan 8. Registrasi ADMIN SATKER pada LPSE disampaikan melalui E-Mail dengan melampirkan “Surat Keputusan atau Surat Perintah Tugas”, E-Mail: rupmonev@lpse.dephut.go.id 9. Alamat Akses SiRUP: http://inaproc.lkpp.go.id/sirup 10. Admin RUP mengisi RUP pada Aplikasi 11. Tahapan: Mengisi RUP > Jadi Draft > RUP dicetak > minta Persetujuan KPA (TTD) > (perbaikan jika ada) > minta kembali Persetujuan KPA (TTD) > Umumkan melalui Aplikasi SiRUP 12. RUP yang sudah ditandatangani di Scan (PDF) umumkan pada Website K/L/D/I dan Papan Pengumuman PENAYANGAN RUP MELALUI SISTEM INFORMASI RUP (SiRUP)
  9. 9. ALUR PENGISIAN SiRUP Punya Akun? Punya Akun? Isi RUPIsi RUP SATKER KEMENHUTSATKER KEMENHUT UmumkanUmumkan YY TT Dapat Akun (userID) Dapat Akun (userID) Minta Akun ke LPSE Kemenhut Minta Akun ke LPSE Kemenhut
  10. 10. PERSYARATAN MENJADI ADMIN SiRUP Mempunyai Kemampuan Dalam Proses Komputasi Mempunyai Kemampuan Dalam Mengelompokkan Pekerjaan/Kegiatan Kedalam Jenis Pengadaan Pengadaan Barang Pengadaan Jasa Lainnya Pengadaan Jasa Konsultansi Pengadaan Jasa Kontruksi Pengadaan Swakelola Mempunyai Kemampuan Dalam Mengelompokkan Pekerjaan/Kegiatan Kedalam Metoda Pemilihan Penyedia Pengadaan Langsung Penunjukan Langsung Pelelangan/Seleksi Pemilihan Langsung Tidak Wajib Mempunyai Sertifikat Pengadaan Barang/Jasa Mempunyai E-Mail Address Pengelompokan yang salah berdampak pada Tidak Sesuainya Data pada Aplikasi MONEV antara Rencana dengan Realisasi (data pada SiRUP diintegrasikan dengan data LPSE) Petugas Admin melakukan Perbaikan Pada SiRUP/MONEV agar Data Sesuai
  11. 11. PENGGUNA APLIKASI SiRUP Admin RUP Fungsi: Bertanggung jawab atas pengisian RUP pada Satker masing-masing. Peran dalam penggunaan Aplikasi: Melakukan Input data RUP yang akan diumumkan. Dapat mengunduh (download)/export (PDF) data RUP satker. Dapat melihat dan mengunduh pengumuman RUP.
  12. 12. PENGGUNA APLIKASI SiRUP Masyarakat Umum Fungsi: Mengawasi rencana umum K/L/D/I; Melaporkan apabila menemukan kejanggalan- kejanggalan dalam rencana umum pengadaan yang diumumkan oleh K/L/D/I. Peran dalam penggunaan Aplikasi: Tidak dapat mengubah RUP Tidak mempunyai UserID pada aplikasi SiRUP (tidak memiliki username dan password).
  13. 13. Aplikasi SiRUP: 1.http://inaproc.lkpp.go.id/sirup atau 2.http://lpse.dephut.go.id/eproc/ (lalu klik pada “inaproc.lkpp.go.id” yang terdapat dibawah Menu Pengumuman lelang Seluruh Indonesia) Versi Latihan : http://inaproc.lkpp.go.id/sirup-lat MENGAKSES APLIKASI SiRUP
  14. 14. PEMAKETAN PADA RUP 1. Pemaketan adalah penyusunan/penetapan kegiatan pekerjaan yang akan dilaksanakan baik melalui penyedia maupun dengan swakelola oleh Pengguna Anggaran (PA). 2. PA melakukan pemaketan Barang/Jasa dalam Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa kegiatan dan anggaran K/L/D/I. 3. Pemaketan dilakukan dengan menetapkan sebanyak-banyaknya paket usaha untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta koperasi kecil tanpa mengabaikan prinsip efisiensi, persaingan sehat, kesatuan sistem dan kualitas kemampuan teknis.
  15. 15. PEMAKETAN PADA RUP 4. Pemaketan Barang/Jasa, PA dilarang: a. menyatukan atau memusatkan beberapa kegiatan yang tersebar di beberapa lokasi/daerah yang menurut sifat pekerjaan dan tingkat efisiensinya seharusnya dilakukan di beberapa lokasi/daerah masing-masing; b. menyatukan beberapa paket pengadaan yang menurut sifat dan jenis pekerjaannya bisa dipisahkan dan/atau besaran nilainya seharusnya dilakukan oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta koperasi kecil; c. memecah Pengadaan Barang/Jasa menjadi beberapa paket dengan maksud menghindari pelelangan; dan/atau d. menentukan kriteria, persyaratan atau prosedur pengadaan yang diskriminatif dan/atau dengan pertimbangan yang tidak obyektif.
  16. 16. Melalui SWAKELOLA adalah: 1. pekerjaannya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh K/L/D/I sebagai penanggung jawab anggaran, 2. instansi pemerintah lain dan/atau 3. kelompok masyarakat. Kegiatan Swakelola pada RUP dapat merupakan kelompok: Per Kegiatan; atau Per Output; atau Per Komponen; atau Per Sub Komponen Apabila pada “Kegiatan/Output/Komponen yang akan Dikelompokkan Terdapat Pekerjaan yang Kontraktual/SPK”, maka Pekerjaan tersebut tidak dimasukkan dalam Swakelola tetapi dimasukkan dalam RUP pada Penyedia. PEMAKETAN PADA RUP
  17. 17. Kegiatan Swakelola tersebut dapat merupakan Pengelompokan sebagian atau semua item dibawah ini: honor tim; belanja ATK; belanja bahan komputer; konsumsi rapat; biaya perjalanan dinas; sewa hotel; biaya operasional kendaraan dinas; biaya langganan dan daya (listrik, air, dan telepon). Atau dikelompokkan dari beberapa jenis belanja/Akun pada suatu Kegiatan/Output/Komponen/Sub Komponen, Misalnya: Belanja Bahan; Belanja Bahan Operasional lainnya; Belanja Perjalanan; Dan Seterusnya. PEMAKETAN PADA RUP
  18. 18. Melalui PENYEDIA adalah: 1. Paket kegiatan yang membutuhkan penyedia dalam pelaksanaannya diumumkan pada bagian Penyedia. 2. Paket-paket dimaksud adalah paket yang nilainya diatas Rp50 juta untuk Barang, Konstruksi, dan Jasa Lainnya. 3. Paket konsultansi yang diumumkan di bagian penyedian adalah dengan nilai pagu setiap paketnya di atas Rp10 juta. 4. Termasuk paket pengadaan Barang, Konstruksi dan Jasa Lainnya yang menggunakan SPK (Kontraktual) walaupun nilainya dibawah Rp50 Juta. PEMAKETAN PADA RUP
  19. 19. Alamat Akses Klik Disini KENALI ALAMAT AKSES: http://inaproc.lkpp.go.id
  20. 20. DATA ISIAN REGISTRASI ADMIN RUP Diisi oleh Admin PPE Data Personal Admin Dari Satker (*) Data Wajib
  21. 21. Aplikasi SiRUP Warna Kuning KENALI CIRI-CIRI APLIKASI SiRUP Alamat Akses Aplikasi SiRUP http://inaproc.lkpp.go.id/sirup/
  22. 22. Aplikasi SiRUP Latihan Warna Merah KENALI CIRI-CIRI APLIKASI SiRUP VERSI LATIHAN Alamat Akses Aplikasi SiRUP Latihan http://inaproc.lkpp.go.id/sirup-lat/
  23. 23. CONTOH “SATKER KEMENTERIAN KEHUTANAN PADA APLIKASI SiRUP 2014”
  24. 24. CONTOH PENGISIAN RUP “PENYEDIA”
  25. 25. CONTOH PENGISIAN RUP “SWAKELOLA”
  26. 26. 106 : Kode Kementerian/Lembaga 01 : Kode Unit Organisasi 970968 : Kode Satuan Kerja 51 : Kode Lokasi 01 : Kode Propinsi 06 : Kode program 3940 : Kode Kegiatan 003 : Kode Output 013 : Kode Komponen Utama 521211 : Kode Akun FORMAT PENGISIAN SUMBER DANA KHUSUS APBN FORMAT ISIAN : - - -.- -. - - - - - -.--.- -.- -.- - - -.- - -.- - -.- - - - - - CONTOH APBN : 106.01.970968.51.01.06.3940.003.013.521211 Keterangan
  27. 27. 1 TAHUN ANGGARAN : diisi dengan tahun RUP 2 SATUAN KERJA : sudah default dengan admin RUP yang login atau yang melalukan input tambah RUP. 3 KEGIATAN : diisi dengan judul kegiatan yang diambil dari RKA-KL/RKA-D, judul bisa diambil dari output atau sub-output. 4 LOKASI : diisi dengan tempat dinama paket pengadaan tersebut dilaksanakan. 5 SUMBER DANA : diisi dengan sumber anggarannya, contoh: APBN, APBD, PHLN, atau PNBP. 6 KODE DIPA : diisi dengan kode DIPA yang terdapat pada RKA-KL untuk APBN atau kode DPA yang terdapat pada RKA-D untuk APBD. 7 JENIS PENGADAAN : Jasa Lainnya 8 PAGU : diisi dengan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk paket pengadaan ini. 9 VOLUME : diisi dengan jumlah seberapa banyak yang akan diadakan. (misal: 1 paket, atau 3 unit, atau 5 Ha, atau 2 Km, atau dengan satuan yang lain) 10 DESKRIPSI : diisi dengan penjelasan/catatan singkat tentang paket pengadaan ini. Misalnya: Kegiatan ini mencakup Belanja Bahan, Pembahasan, Perjalanan Dinas, Penggandaan 11 PELAKSANAAN PEKERJAAN - AWAL : diisi dengan tanggal awal dimulainya pelaksanaan pekerjaan (tanggal kontrak) atau masa pelaksanaan kegiatan - AKHIR : diisi dengan tanggal pekerjaan selesai (tanggal berakhirnya kontrak) atau masa pelaksanaan kegiatan TATA CARA PENGISIAN FORMAT SiRUP KEGIATAN SWAKELOLA
  28. 28. Terima kasihTerima kasih LPSE Kementerian Kehutanan BIRO UMUM – SEKRETARIAT JENDERAL Gedung Manggala Wanabakti Blok I lantai 3 Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta 10270 http://lpse.dephut.go.id

×