Perancangan Basis Data - Rental Film

7,382 views

Published on

Dokumen ini menjelaskan bagaimana cara merancang suatu basis data dari rules (aturan) sebagai acuan untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai.

Published in: Design
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,382
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
300
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perancangan Basis Data - Rental Film

  1. 1. • Contoh Kasus• Analisis Kebutuhan User• Identifikasi Entitas• Indentifikasi Atribut• Identifikasi Superclass & Subclass• Pemilihan DBMS• Membangun ERD
  2. 2. Dekripsi Rental FilmFilm-film disewakan di banyak Rental. Setiaprental memiliki distributor yang tertentu yangmemasok film ke rental tersebut. Seorangdistributor dapat menjadi pemasok pada lebih darisatu rental. Setiap distributor memilikinama, alamat, dan nomor telepon. Setiap rentalmemiliki nama, alamat, dan nomor telepon. Untuksetiap karyawan yang bekerja di rental akandisimpan data sebagai berikut : nama rentaldimana dia bekerja, namasupervisor, alamat, nomor telepon, No KTP dantanggal masuk kerja. Untuk setiap pelanggan akandisimpan data mengenai : nama, alamat, dannomor telepon (jika ada).
  3. 3. Untuk setiap penyewaan, akan disimpan data mengenaikaryawan yang melayani pelanggan, judul film dan copyyang mana (contoh: tipe), pelanggan yangmenyewa, tanggal dan waktu sewa, status (disewa, tanggalpengembalian, keterlambatan pengembalian) , harga sewadan jika berlaku, tanggal jatuh tempo dan biayaketerlambatan. Tentang pembayaran harus disimpan namakaryawan yang menerima pembayaran, jenis pembayaran(uang tunai, cek, kartu kredit, debit langsung - untuk setiapjenis pembayaran harus disediakan informasi yang relevanuntuk disimpan, misalnya nomor kartu kredit jika kartukredit yang digunakan), jumlah pembayaran, tanggal +waktu pembayaran, status pembayaran (selesai jika tunaiatau uang telah diterima, disetujui jika melalui debit ataukartu kredit, tertunda jika pengecekan belum diselesaikan).Tentang CD film disimpan informasi dalam kondisi apa CDtersebut dan film apa yang ada pada CD. Setiap film akandisimpan data tentang judul, namasutradara, deskripsi, nama aktor utama, rating film (1-5).
  4. 4. Requirement : Umum : akan dibuat database untuk perusahaanrental film. Setiap rental memiliki distributor masing-masing dan setiap distributor dapat memasok kasetfilm lebih dari satu perusahaan rental. Diharapkandatabase ini dapat memelihara data penyewaanfilm, yang isinya terdiri dari data rentalfilm, distributor film, data karyawan, dan datapelanggan. Yang berhubungan dengan distributor : setiapdistributor akan disimpan data nama,alamat, dannomer telepon. Yang berhubugan dengan rental film : setiap rentalfilm akan disimpan data nama,alamat, dan nomertelepon.
  5. 5. Requirement : Yang berubungan dengan karyawan : setiap karyawanakan disimpan nama rental dimana dia bekerja, namasupervisor, alamat, nomor telepon, No KTP dantanggal masuk kerja. Yang berhubungan dengan pelanggan: untuk setiappelanggan akan disimpan data nama, alamat, dannomor telepon (jika ada). Yang berhubungan dengan CD Film : akan disimpaninformasi tentang kondisi CD dan film apa yang adapada CD. Yang berhubungan dengan Film: disimpanjudul, nama sutradara, deskripsi, nama aktor utamadan rating film(1-5).
  6. 6. Operational Requirements Untuk penyewaan: menyimpan data karyawanyang melayani pelanggan, judul film dan copyyang mana (contoh: tipe), pelanggan yangmenyewa, tanggal dan waktu sewa, status(disewa, tanggal pengembalian, keterlambatanpengembalian) , harga sewa dan jikaberlaku, tanggal jatuh tempo dan biayaketerlambatan. Untuk Pembayaran: nomor kartu kredit jika kartukredit yang digunakan), jumlahpembayaran, tanggal + waktupembayaran, status pembayaran (selesai jikatunai atau uang telah diterima, disetujui jikamelalui debit atau kartu kredit, tertunda jikapengecekan belum diselesaikan).
  7. 7. Istilah Deskripsi Sinonim TautanDistributor Pemasok film kerentalPemasok Rental Film,Rental Film Perusahaan yangmenyewakanfilmRental Rental Film,Pelanggan,Kaset CDKaryawan Orang yangmelayanipelangganRentalFilm, Pelanggan,Kaset CDPelanggan Konsumen yangmenyewa filmKasetCD, KaryawanKaset CD Barang yangdisewakanRentalFilm, Film, Pelanggan, KaryawanFilm Informasi Film Kaset CD
  8. 8. Entitas AtributDistributor kd_distributor, nama, alamat,no_tlpRetal Film kd_rental, nama, alamat, no_tlpKaryawan id_karyawan, nama_rental,nama_karyawan, nama_supervisor,alamat, no_ktpPelanggan Id_pelanggan, nama_pelanggan,alamat, no_tlpKaset CD kd_kaset, kondisiFilm nama_sutradara, deskripsi,nama_aktor_utama, rating_film,judul
  9. 9. Entitas Kunci primer Kunci kandidatDistributor kd_distributorRental film kd_rentalKaryawan id_karyawan no_ktpPelanggan id_pelangganKaset CD Kd_kasetFilm judul
  10. 10. Superclass SubclassRental Film karyawanRental Film Kaset_cd
  11. 11.  Pemilihan software DBMS untuk mengolahdatabase yakni menggunakan MySQL karena: Lebih mudah digunakan, lebih stabil Dapat digunakan secara bersama (multi user), Mampu menangani database berskala besar, Dapat membuat struktur yang lebih kompleks Bisa berjalan diberbagai sistem operasi, Keamanan terjaga, Mendukung berbagai aplikasi (vb, Delphi, dll), Open source dan gratis!

×