Pembelajaran Terpadu Penggalan (Fragmented)

2,936 views

Published on

Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Semester 4 PGSD FKIP UNS

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pembelajaran Terpadu Penggalan (Fragmented)

  1. 1. Pembelajaran Terpadu Penggalan (Fragmented) • Hanung Setyo W (K7111081) • M.Noor Alfiandi (K7111113) • Maya Indah Mawarsari (K7111121) • Noor Fitriani Jayanti (K7111139) Kelompok 1 Kelas 4B
  2. 2.  Dalam kurikulum standar, bidang studi ini diajarkan secara sendiri – sendiri, tidak ada usaha untuk menghubungkan atau memadukannya. Setiap bidang studi tampak sebagai suatu kesatuan dalam bidang studi itu sendiri. Ketika mungkin terdapat tumpang tindih dalam ilmu fisika dan kimia, hubungan antara keduanya adalah implisit, tidak eksplisit, yang didekati melalui kurikulum (Forgaty, 1991). Pengertian Pembelajaran Terpadu Fragmented
  3. 3. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model fragmented ini menunjukkan pengintegrasian secara implisit di dalam satu disiplin ilmu tertentu (intra disiplin). Kesimpulan
  4. 4. Gambaran Fragmented Dalam jenjang pendidikan tingkat menengah, masing-masing disiplin ilmu tersebut diajarkan oleh guru yang berbeda dengan menggunakan berbagai macam lokasi yang berbeda tetapi masih di lingkungan sekolah yang sama.
  5. 5. Kelebihan Fragmented Suatu matapelajaran terjaga keaslian dan kemurniannya tidak tercampuri dengan matapelajaran yang lainnya. Siswa menguasai secara penuh satu kemampuan tertentu untuk tiap mata pelajaran, ia ahli dan terampil dalam bidang tertentu. Guru dapat dengan mudah menentukan prioritas dari bidang – bidang studinya sehingga menimbulkan rasa percaya dari murid bahwa gurunya adalah seorang ahli.
  6. 6. Kelemahan Fragmented  Siswa tidak mampu membuat hubungan yang berkesinambungan antara macam bidang ilmu yang berbeda.  Adanya proses tumpang tindih dalam hal konsep, perilaku dan konsep yang dikuasai siswa.  Siswa dapat dengan mudah terjebak dalam tugas atau pekerjaan yang berat.
  7. 7. Kegunaan Fragmented Model fragmented ini akan berguna apabila diterapkan pada pendidikan yang peserta didiknya memiliki berbagai macam karakter yang berbeda dengan berbagai macam bidang ilmu yang ada yang nantinya peserta didik akan didorong untuk memilih jurusan yang paling mereka sukai.
  8. 8. Penerapan Fragmented Model fragmented di Sekolah Dasar sangat tepat diterapkan di kelas tinggi yaitu di kelas IV, V, dan VI. Di kelas tersebut pemahaman siswa lebih konkrit dibanding di kelas I, II, dan III yang masih bersifat abstrak atau global sehingga di kelas tinggi ini siswa mampu untuk menerima guru dan matapelajaran yang berbeda dalam proses pembelajarannya.
  9. 9. Aplikasi Fragmented Mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi pembelajaran tentang menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dapat dipadukan dalam materi pembelajaran keterampilan berbahasa. Dalam proses pembelajarannya, butir-butir materi tersebut dilaksanakan secara terpisah-pisah pada jam yang berbeda-beda.
  10. 10. Sekian dan Terimakasih
  11. 11. 1.Nanti : Bagaimanakah fragmented dalam kurikulum 2013? 2. Meika : Apakah ada RPP dalam progarm fragemented?

×