Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
TUGAS TIK
BAB 3

BAB 2

BAB 6

BAB 4

BAB 5
BAB 2
DAMPAK POSIFIF DAN NEGATIF INTERNET
DAMPAK POSITIF

:

1. Internet sebagai media komunikasi
2. Media pertukaran data...
Solusi untuk Dampak Negatif
1. Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan.
2. Tentukan waktu online bersama.
...
BAB 3
JARINGAN INTERNET
Jaringan adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu
sama lainnya dengan ...
Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya

1. Jaringan Berkabel
Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan
anggota
a...
Macam-macam topologi jaringan
1. Star Topology (Topologi Bintang)
Star Topology (Topologi Bintang) merupakan sekumpulan ko...
BAB 4
JENIS LAYANAN INTERNET
1. BROWSING
adalah menjelajah dan melihat-lihat halaman web. Browsing menggunakan
program yan...
5. Blog
Adalah layanan untuk kita dapat menuliskan artikel, cerita, curhatan
hati, pengalaman pribadi de el el dalam bentu...
BAB 5
KECEPATAN AKSES INTERNET
Kecepatan akses adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media
tertentu dalam satu d...
c.

Koneksi GPRS
GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu
komunikasi data dan suara yang dilakukan ...
g. Wireless Broadband
Dari segi mobilitas, Wireless Broadband juga dinilai lebih efisien
ketimbang WiFi yang sekarang menj...
BAB 6
PERANGKAT KERAS
1. Komputer
Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop
agar bisa diguakan untuk me...
3. Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting
dan diperlukan untuk menghubungkan komputer ...
Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet
Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet
Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet
Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet

  • Login to see the comments

Tugas Powerpoint TIK Bab Internet dan Intranet

  1. 1. TUGAS TIK BAB 3 BAB 2 BAB 6 BAB 4 BAB 5
  2. 2. BAB 2 DAMPAK POSIFIF DAN NEGATIF INTERNET DAMPAK POSITIF : 1. Internet sebagai media komunikasi 2. Media pertukaran data 3. Media untuk mencari informasi 4. Kemudahan memperoleh informasi 5. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis DAMPAK NEGATIF : 1. Pornografi. 2. Violence and Gore( Kekejaman dan kesadisan kerena bisnis) 3. Penipuan 4. Carding 5. Perjudian
  3. 3. Solusi untuk Dampak Negatif 1. Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. 2. Tentukan waktu online bersama. 3. Pembatasan waktu browsing. 4. Komunikasikan manfaat positif maupun negatif internet kepada anak secara jelas. 5. Menyaring situs situs yang berdampak negatif 6. Memberi undang undang untuk dampak yang sering terjadi 7. Memberikan sanksi untuk yang melanggar undang-undang tersebut
  4. 4. BAB 3 JARINGAN INTERNET Jaringan adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu sama lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb). Jenis- jenis jaringan 1. Jaringan Feer-to-Feer Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. 2. Jaringan Client Server Semua komputer lain selain server disebut client Jaringan Berdasarkan Area Jaringan 1. Local Area Network (LAN) LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). 2.Metropolitan Area Network (MAN) MAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. 3. Wide Area Network (WAN) Jaringan ini merupakan mencakup radius antar negara
  5. 5. Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya 1. Jaringan Berkabel Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan 2. Jaringan Nirkabel Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Topologi Jaringan Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan.
  6. 6. Macam-macam topologi jaringan 1. Star Topology (Topologi Bintang) Star Topology (Topologi Bintang) merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan bagi komputer lain 2. Ring Topology (Topologi Cincin) Ring Topology (Topologi Cincin) merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin, dimana salah satu berperan sebagai server 3. Bus Topology (Topologi Bus) Bus Topology (Topologi Bus) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server 4. Tree Topology (Topologi Pohon) Tree Topology (Topologi Pohon) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon.
  7. 7. BAB 4 JENIS LAYANAN INTERNET 1. BROWSING adalah menjelajah dan melihat-lihat halaman web. Browsing menggunakan program yang dinamakan web browser seperti Internet Explorer, Mozzila Firefox, Opera dan sebagainya. 2. Chatting Adalah komunikasi dengan orang lain di internet dengan mengetikkan kata-kata atau dengan suara. Layanan-layanan untuk chatting di internet antara lain yaitu Yahoo Massanger, mIRC, Skype, Pidgin, , MSN Messenger, Windows Live Messenger, dll. 3. E-mail Adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui jaringan internet yang dapat dilampiri file seperti dokumen, musik, video, gambar dsb. Aplikasi-aplikasi e-mail antara lain yaitu Gmail, Yahoo Mail, Hotmail, AOL, Sina, dll. 4.Milis Kependekan dari Mailing List adalah layanan diskusi di internet.
  8. 8. 5. Blog Adalah layanan untuk kita dapat menuliskan artikel, cerita, curhatan hati, pengalaman pribadi de el el dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain yaitu Blogspot, Wordpress, Multiply. 6. Friendster dan Facebook Adalah situs jaringan sosial atau jaringan pertemanan yang biasanya untuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet. Nah loh bagi kalian-kalian yang suka mencariteman atau pacar gabung aja disitus ini. Dan selain yang disebutankan pada poer point ini masih ada layanan internet seperti FTP( File Transfer Protocol), TelNet( Tele Networking), UseNet( User’s Networking), dan masih banyak lagi.
  9. 9. BAB 5 KECEPATAN AKSES INTERNET Kecepatan akses adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps. JENIS-JENIS KECEPATAN AKSES INTERNET a. Koneksi Dial-Up (melalui Jalur PSTN) Dial-up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah cara kita terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telephone reguler (PSTN). b. Koneksi ADSL ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz).
  10. 10. c. Koneksi GPRS GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile). d. Koneksi 3G 3G adalah singkatan dari third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G sebagai sebuah solusi nirkabel bisa memberikan kecepatan akses internet sebesar. e. HSDPA High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. f. WiFi Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman.
  11. 11. g. Wireless Broadband Dari segi mobilitas, Wireless Broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya. h. TV Kabel Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
  12. 12. BAB 6 PERANGKAT KERAS 1. Komputer Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet. 2. Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
  13. 13. 3. Saluran Telepon Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

×