Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
MODEL PEMBELAJARAN
KREATIF DAN PRODUKTIF
Lutfi Arsi Astuti 12105241022
Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta
PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN
KREATIF & PRODUKTIF
model yang dikembangkan dengan
mengacu kepada berbagai pendekatan
pembel...
PRINSIP- PRINSIP DASAR MODEL
KREATIF & PRODUKTIF
Keterlibatan siswa
Siswa menemukan / mengkonstruksi sendiri konsep yang
s...
TUJUAN PEMBELAJARAN MODEL
KREATIF & PRODUKTIF
Memahamkan konsep terhadap suatu nilai, atau
masalah tertentu.
Mampu menerap...
5 ASPEK PENGALAMAN BELAJAR DALAM
MODEL KREATIF & PRODUKTIF
EXPLORING
PLANNING
DOING/ ACTING
COMMUNICATING
REFLECTING
KEGIATAN PEMBELAJARAN MODEL
KREATIF & PRODUKTIF
ORIENTASI
EKSPLORASI
INTERPRETASI
RE-KREASI
EVALUASI
ORIENTASI
Guru mengomunikasikan tujuan, materi,
waktu, langkah, serta hasil akhir yang
diharapkan dari siswa, serta penila...
EKSPLORASI
Eksplorasi dapat dilakukan dengan
berbagai cara, seperti membaca,
melakukan observasi, wawancara,
menonton satu...
INTERPRETASI
Hasil eksplorasi, kemudian
diinterpretasikan melalui kegiatan
analisis, diskusi, tanya jawab,
simulasi atau b...
RE-KREASI
Siswa ditugaskan untuk menghasilkan sesuatu
yang mencerminkan pemahamannya terhadap
konsep/topik/masalah yang di...
EVALUASI
Selama proses pembelajaran (dalam
keempat tahap), evaluasi dilakukan
dengan mengamati sikap dan
kemampuan berpiki...
PRINSIP PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUKTIF
POLA PIKIR (MIND SET)
PEMAHAMAN KONSEP yang BENAR
KEYAKIANAN pada...
KELEBIHAN MODEL PEMBELAJARAN
KREATIF & PRODUTIF
Siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi
langsung dengan sumber belaja...
KELEMAHAN MODEL PEMBELAJARAN
KREATIF & PRODUKTIF
Guru yang terbiasa menyampaikan semua materi
melalui ceramah, mungkin mem...
TERIMAKASIH 
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Model Pembelajaran Kreatif & Produktif

1,172 views

Published on

Pengertian MODEL PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUKTIF adalah model yang dikembangkan dengan mengacu kepada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Model Pembelajaran Kreatif & Produktif

  1. 1. MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF Lutfi Arsi Astuti 12105241022 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
  2. 2. PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUKTIF model yang dikembangkan dengan mengacu kepada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar
  3. 3. PRINSIP- PRINSIP DASAR MODEL KREATIF & PRODUKTIF Keterlibatan siswa Siswa menemukan / mengkonstruksi sendiri konsep yang sedang dikaji Memberi kesempatan kepada siswa. Kreatif -> harus bekerja keras, berdedikasi tinggi, antusias serta percaya diri.
  4. 4. TUJUAN PEMBELAJARAN MODEL KREATIF & PRODUKTIF Memahamkan konsep terhadap suatu nilai, atau masalah tertentu. Mampu menerapkan konsep/ memecahkan masalah. Mampu mengkreasikan sesuatu berdasarkan pemahaman tersebut.
  5. 5. 5 ASPEK PENGALAMAN BELAJAR DALAM MODEL KREATIF & PRODUKTIF EXPLORING PLANNING DOING/ ACTING COMMUNICATING REFLECTING
  6. 6. KEGIATAN PEMBELAJARAN MODEL KREATIF & PRODUKTIF ORIENTASI EKSPLORASI INTERPRETASI RE-KREASI EVALUASI
  7. 7. ORIENTASI Guru mengomunikasikan tujuan, materi, waktu, langkah, serta hasil akhir yang diharapkan dari siswa, serta penilaian yang akan diterapkan. Bahkan dalam model ini, siswa diperbolehkan mengemukakan pendapatnya hingga terjadi negosiasi dengan Guru agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuannya.
  8. 8. EKSPLORASI Eksplorasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca, melakukan observasi, wawancara, menonton satu pertunjukkan, melakukan percobaan, browsing melalui internet, dan sebagainya dengan berbagai narasumber.
  9. 9. INTERPRETASI Hasil eksplorasi, kemudian diinterpretasikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab, simulasi atau bahkan berupa percobaan kembali jika hal itu memang diperlukan.
  10. 10. RE-KREASI Siswa ditugaskan untuk menghasilkan sesuatu yang mencerminkan pemahamannya terhadap konsep/topik/masalah yang dikaji menurut kreasinya masing-masing. Hasil re-kreasi sebagai produk kreatif dapat dipresentasikan, didemonstrasikan, dipajang atau ditindaklanjuti.
  11. 11. EVALUASI Selama proses pembelajaran (dalam keempat tahap), evaluasi dilakukan dengan mengamati sikap dan kemampuan berpikir siswa. Evaluasi pada akhir pembelajaran adalah evaluasi terhadap produk kreatif yang dihasilkan siswa, di samping tes tentang penguasaan konsep pada akhir pembelajaran.
  12. 12. PRINSIP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUKTIF POLA PIKIR (MIND SET) PEMAHAMAN KONSEP yang BENAR KEYAKIANAN pada POTENSI SISWA (STUDENT CENTERED LEARNING) KREATIVITAS KURIKULUM yang FLEKSIBEL
  13. 13. KELEBIHAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUTIF Siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan sumber belajar sehingga kesempatan untuk membentuk pengetahuan sendiri terbuka lebar. Melalui kegiatan re-kreasi, kreativitas terpacu untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Penilaian proses dan hasil belajar yang dilakukan sepanjang kegiatan memungkinkan dilakukannya penilaian secara utuh dan komprehensif.
  14. 14. KELEMAHAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF & PRODUKTIF Guru yang terbiasa menyampaikan semua materi melalui ceramah, mungkin memerlukan waktu untuk dapat secara berangsur-angsur mengubah kebiasaan tersebut. Siswa juga yang terbiasa mendengarkan penjelasan yang diberikan guru harus mengubah kebiasaan tersebut menjadi aktif mencari sendiri sumber belajar yang dibutuhkan.
  15. 15. TERIMAKASIH 

×