Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presentasi ptk

1,076 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Presentasi ptk

  1. 1. UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PEMANFAATAN BUKU CERITABERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDNMAOSPATI 3 TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : PHILIP FATMA DEWI NPM. 09141164
  2. 2. LATAR BELAKANG MASALAH Berdasarkan pengamatan dilapangan, diperoleh informasi bahwa pelajaran membaca permulaan di kelas 1 sekolah dasar merupakan awal siswa mengenal simbol-simbol dan mengalihkodekannya menjadi bermakna. Namun ketika anak tidak dapat melakukannya, maka proses pembelajaran akan terhambat karena mengingat membaca merupakan syarat utama dalam pembelajaran yang harus dipenuhi. Pada proses pembelajaran, guru juga masih kurang terbiasa dalam menggunakan media-media pembelajaran yang bervariasi. Padahal seorang guru harus kreatif dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, baik itu dari segi materi, metode maupun media yang digunakan harus menarik agar dapat menarik minat siswa untuk giat dalam belajar di sekolah, khususnya di dalam kelas. Melalui buku cerita bergambar diharapkan dapat membantu mempermudah anak untuk menuangkan gagasan-gagasannya ke dalam bentuk bahasa karena gambar akan memberikan inspirasi dan motivasi yang sangat tinggi kepada siswa untuk melakukan proses pembelajaran terutama dalam megajarkan membaca permulaan.
  3. 3. RUMUSAN MASALAH1. Bagaimana perencanaan upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 SDN Maospati 3 Tahun Ajaran 2012/2013?2. Bagaimana pelaksanaan peningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 SDN Maospati 3 Tahun Ajaran 2012/2013?3. Bagaimana hasil dari upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 SDN Maospati 3 Tahun Ajaran 2012/2013?
  4. 4. TUJUAN PENELITIAN Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1. Bagaimana perencanaan upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 sdn maospati 3 tahun ajaran 2012/2013.2. Bagaimana pelaksanaan peningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 sdn maospati 3 tahun ajaran 2012/2013.3. Bagaimana hasil dari upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan dengan pemanfaatan buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 sdn maospati 3 tahun ajaran 2012/2013.
  5. 5. MANFAAT PENELITIAN• Siswa• Guru• Sekolah
  6. 6. HIPOTESIS PENELITIAN Pemanfaatan buku cerita bergambar dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Maospati 3 Tahun Ajaran 2012/2013
  7. 7. KAJIAN PUSTAKA MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MINAT ANAK
  8. 8. METODE PENELITIANLokasi Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN Maospati 3 tahun pelajaran 2012/2013.Subjek Penelitian Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Maospati 3 tahun pelajaran 2012/2013.
  9. 9. Rancangan PenelitianPerencanaan• Mengidentifikasi masalah• Memilih materi pelajaran• Membuat RPP• Membuat perlengkapan• Menyiapkan media pembelajaranPelaksanaanPengamatan• Peneliti mengamati kegiatan belajar mengajar dan mencatat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam setiap kemajuan siswa.Refleksi• Penulis menganalisa kegiatan-kegiatan selama proses belajar mengajar. Mulai dari proses sampai hasil dari penugasan, kemudian mempertimbangkan apa yang selanjutnya dilakukan.
  10. 10. PENGUMPULAN DATA• Data yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Data ini diperoleh dari sumber data yang berupa dokumen.• Data yang berupa aktivitas dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi langsung. Pengamatan dilakukan sebelum, selama dan sesudah penelitian berlangsung.• Data yang berupa tes. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes lisan dan tes tertulis.

×