Successfully reported this slideshow.

Pancasila sebagai sumber nilai

34,804 views

Published on

Pancasila sebagai sumber nilai

  1. 1. Pancasila Sebagai Sumber Nilaidan Paradigma Pembangunan
  2. 2. Kompetensi Dasar : 1.2 Menganalisis Pancasila Sebagai Sumber Nilai dan Paradigma PembangunanIndikator : 1.2.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai 1.2.2 Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan 1.2.3 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
  3. 3. PETA KONSEP KD 1.2 DASAR Realita SUMBER NILAI INSTRUMENTAL Idealisme FleksibilitasPANCASILA POLITIK EKONOMI SOSIAL BUDAYA PARADIGMA PERTAHANAN KEAMANAN PEMBANGUNAN IPTEK BERAGAMA REFORMASI
  4. 4. Pancasila sebagai Sumber Nilai• Pancasila sebagai ideology nasional membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila dijadikan landasan pokok atau fundamental bagi penyelenggaraan Negara. Oleh karena itu, Pancasila dapat dikatakan sebagai sumber nilai. Nilai-nilai dasar yang ada dalam Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
  5. 5. Nilai Dasar PancasilaNilai dasar dari Pancasila sebagai ideologi terbuka merupakan nilaidasar yang abadi dan tidak boleh diubah. Nilai dasar Pancasila itutercantum dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea I, II, III, dan IV. Nilai-nilaidasar yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalahfundamen penting dalam kehidupan bangsa Indonesia.Nilai InstrumentalNilai instrumental merupakan nilai yang dijabarkan dari nilai-nilai dasar.Nilai-nilai dasar tidak dapat dijabarkan secara langsung dalamkehidupan jika belum menjadi nilai instrumental. Oleh karena itu, nilaiuntuk kehidupandasar memerlukan penjabaran lebih lanjut sebagaiacuan . Contoh bentuk nilai instrumental adalah peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah.
  6. 6. Dimensi RealitaBahwa nilai-nilai ideologi itu bersumber dari nilai-nilai riil yang hidup di dalam masyarakatIndonesia. Nilai-nilai itu benar-benar telah dijalankan, diamalkan, dan dihayati sebagainilai dasar bersama. Kelima nilai dasar Pancasila itu kita temukan dalam suasana ataupengalaman kehidupan masyarakat bangsa kita yang bersifatkekeluargaan, kegotongroyongan, atau kebersamaan. Dimensi Fleksibilitas Dimensi Idealisme Bahwa nilai ideologi memiliki Bahwa suatu ideologi perlu mengandung keluwesan yang memungkinan cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai untuk pengembangan pemikiran- bidang kehidupan. Ideologi tidak sekedar pemikiran baru yang relevan mendeskripsikan atau menggambarkan tentang dirinya tanpa hakikat manusia dan kehidupannya, namun menghilangkan atau mengingkari juga memberi gambaran ideal masyarakat hakikat dan jati diri yang sekaligus memberi arah pedoman yang terkandung dalam nilai-nilai ingin dituju oleh masyarakat tersebut. dasarnya.
  7. 7. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan• Istilah paradigma pada mulanya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan. Paradigm adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Pancasila sebagai paradigm, artinya nilai-nilai dasar Pancasila secara normative menjadi dasar, kerangka acuan, dan tolok ukur seganap aspek pembangunan nasional yang dijalankan di Insdonesia. Pancasila menjadi paradigma dalam pembangunan politik, ekonomi, social budaya, dan pertahan dan keamanan.
  8. 8. Nilai Ketuhanan Nilai ketuhanan mengandung arti Menganalisisadanya pengakuan dan keyakinan bangsa Pancasila sebagaiIndonesia terhadap adanya Tuhan sebagai sumber nilaipencipta alam semesta. Nilai ini menyatakanbangsa Indonesia adalah bangsa yang religiousbukan bangsa yang ateis. • Nilai Kemanusiaan Nilai kemanusiaan mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya, dan adanya pengakuan terhadap hak asasi manusia.
  9. 9. Nilai Persatuan Nilai persatuan Indonesiamengandung makna usaha ke arah bersatudalam kebulatan atau kesadaran rakyat untukmembina rasa nasionalisme dalam NegaraKesatuan Republik Indonesia. Kesadaranbersatu itu tercipta dengan baik jika sungfguh- Nilai Kerakyatansungguh menghayati semboyan BhinnekaTunggal Ika. Nilai kerakyatan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyatNilai Keadilan dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga- Nilai keadilan mengandung makna lembaga perwakilan. Nilai inisebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu menganut paham demokrasi.tercapainya masyarakat Indonesia yang adil danmakmur secara lahiriah ataupun batiniah.Keadilan adalah nilai yang amat mendasar yangdiharapkan oleh seluruh bangsa Indonesia.
  10. 10. MENGANALISI PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNANPancasila sebagai Paradigma Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Politik Pembangunan Ekonomi Manusia Indonesia sebagai Pembangunan ekonomi subjek politik bukan objek dilakukan dengan berpedoman politik. Oleh karena pada nilai-nilai Pancasila. Oleh itu, pembangunan politik karena itu, pembangunan harus dapat meningkatkan ekonomi yang berdasar harkat dan martabat Pancasila adalah pembangunan manusia sesuai nilai moral ekonomi kerakyatan berasaskan Pancasila. Pembangunan kekeluargaan. Pembangunan politik dikembangkan ekonomi yang berdasar berdasarkan moral Pancasila harus menghindarkan ketuhanan, kemanusiaan, pe diri dari bentuk persaingan rsatuan, kerakyatan, dan bebas, monopoli, dan etatisme. keadilan.
  11. 11. Pancasila sebagai ParadigmaPembangunan Sosial Budaya Pembangunan social budayaharus dapat meningkatkan harkat danmartabat manusia sebagai makhluk Tuhansehingga akan menghasilkan manusia Pancasila sebagai Paradigma Pembangunanyang berbudaya dan beradab. PertahananPembangunan social budaya juga harusdikembangkan sesuai nilai social dan Pembangunan peratahananbudaya di Nusantara. Pembangunan keamanan dilakukan dengansocial budaya bertujuan untuk mencapai mengikutsertakan seluruh komponen bangsapersatuan dan kesatuan. (TNI, Polri, dan Rakyat) untuk melakukan kewajiban bela Negara. Pancasila sebagai paradigm pembangunan pertahanan keamanan tercantum dalam UU No.3 Tahun 2002 tentang pertahanan Negara.
  12. 12. Pancasila sebagai ParadigmaPengembangan IlmuPengetahuan dan Teknologi(Iptek) Pancasila memberdasar nilai-nilai bagipengembangan Ipetk demi Pancasila sebagai Paradigmakesejahteraan hidup manusia. Pengembangan Bidang BeragamaPengembangan iptek sebagaihasil budaya manusia harus Kehidupan beragam dalamdidasarkan pada moral Negara Indonesia harus dikembangkanKetuhanan dan Kemanusiaan ke arah tercapainya kehidupanyang adil dan beradab. Oleh bersama yang penuh toleransi dansebab itu, pada hakikatnya sila- saling menghargai berdasarkan nilai-sila Pancasila harus merupakan nilai kemanusiaan yang adil dansumber nilai, kerangka beradab.piker, sera basis moralitas bagipengembangan iptek.
  13. 13. • Pancasila sebagai Paradigma Reformasi Reformasi memiliki makna suatu gerakan untuk memformatulang atau menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format atu bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal dan cita-cita rakyat dan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, gerakan reforamasi seyogyanya memiliki kondisi syarat-syarat sebagai berikut.1. Gerakan reformasi dilakukan karena adanya penyimpangan.2. Gerakan reformasi dilakukan harus dengan cita-cita bangsa yang jelas dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideology bangsa Indonesia.3. Gerakan reformasi dilakukan berdasarkan pada suatu kerangka structural tertentu. Dalam hal ini, harus sesuai dengan UUD 1945 sebagai kerangka acuan reformasi.4. Reformasi dilakukan kea rah perubahan, kondisi, serta keadaan yang lebih baik.5. Reformasi dilakukan dengan dasar moral dan etik sebagaiu manusia yyang ber- Ketuhanan Yang Maha Esa serta terjaminnya persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, gerakan reformasi harus diletakkan sesuai dengan nilai- nilai Pancasila sebagai landasan cita-cita dan ideology bangsa dan Negara Indonesia. Reformasi tanpa dasar dan nilai yang jelas justru akan mengarah pada disintegrasi, anarkisme, dan brutalisme. Pada akhirnya menuju kehancuran bangsa dan Negara Indonesia.

×