Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Sistem Informasi dan Ketata Usahaan

Rasmawati
Aida Oktaviani
Yuli Yuliyanti
Konsep Dasar Informasi
Menurut Gordon
B, Davis (1974)

adalah : “ Data is Defined as groups of nonrandom symbols
which rep...
Dengan demikian data merupakan bahan untuk
menjadi informasi setelah diperoses dengan
prosedur, teknik dan cara sesuai kep...
Keterkaiatan semua anasir tersebut secara
sederhana dapat dilukiskan dalam bagan berikut :

DATA

Pemrosesan
-Prosedur
-Te...
Data dapat dikelompokkan menjadi dua
yaitu :
1.Data statis
adalah jenis data yang umumnya tidak berubah atau
jarang
beruba...
Contoh pemasukan data siswa di sekolah, dimana terdapat
masukan data statis dan data dinamis.
Data siswa
Nomor Induk
Siswa...
Berdasarkan sumbernya, maka
data dikelompokkan menjadi
dua, yaitu:
1

Data internal
adalah data
yang berasal
dari dalam
or...
Berdasarkan isinya maka baik data
internal maupun eksternal dapat dibagi
menjadi empat kelompok.
(2) hasil
penelitian
(1) ...
Data
Internal

Data
Kegiatan

Data
Penelitian

Eksternal

Data
Lingkungan

Data
Peraturan





Metode manual dimana semua operasi data dilakukan dengan tangan dan
bantuan alat – alat penting seperti pensil, k...
Prinsip – prinsip penting di
antaranya adalah sebagai
berikut :

1. Mempunyai tujuan
2. Berdasarkan kepada perencanaan yan...
Manfaat Teknologi Informasi dalam Pendidikan

a. Knowledge Management Tool
Dengan TI, kita dapat menyimpan pengetahuan man...
Implementasi Pengembangan SIM
Pendidikan

Dalam implementasi pengembangan SIM
pendidikan, terdapat tiga besaran penting
ya...
Tugas dan fungsi tata usaha sekolah
fungsi utama tata usaha sekolah adalah
Memberikan layanan administratif bagi beropera...
Klasifikasi Pekerjaan Petugas Tata Usaha Sekolah

Pencatat surat yang bertugas
Pengarah surat yang bertugas
Penata Arsi...
Sistem informsi dan ketatausahaan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Sistem informsi dan ketatausahaan

366 views

Published on

Slide ini dibuat Untuk Memenuha Salah Satu Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Prodi. Pend. Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang....

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sistem informsi dan ketatausahaan

  1. 1. Sistem Informasi dan Ketata Usahaan Rasmawati Aida Oktaviani Yuli Yuliyanti
  2. 2. Konsep Dasar Informasi Menurut Gordon B, Davis (1974) adalah : “ Data is Defined as groups of nonrandom symbols which represent quantities, action, thing, etc. data is formed from character. these may be alphabetic, numeric, or spesial symbols such as * $ and I. Data is organized for processing purpose into data struktures file struktures, and data base” Sedangkan informasi menurutnya adalah : “ is data that has been processed into a form that is meaningful to the recipient and is or real or perceived value in currrent or prospective decision “.
  3. 3. Dengan demikian data merupakan bahan untuk menjadi informasi setelah diperoses dengan prosedur, teknik dan cara sesuai kepentingannya. informasi adalah data terpilih yang telah diproses dalam suatu sistem untuk menjadikannya dapat membedakan arti.
  4. 4. Keterkaiatan semua anasir tersebut secara sederhana dapat dilukiskan dalam bagan berikut : DATA Pemrosesan -Prosedur -Teknik -cara Informasi Gambar di atas menunjukan bahwa sistem pengolahan / pemrosesan informasi mengolah data menjadi informasi atau lebih tepatnya sistem pengolahan data dari bentuk tak berguna menjadi berguna atau menjadi informasi bagi penerimanya .
  5. 5. Data dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu : 1.Data statis adalah jenis data yang umumnya tidak berubah atau jarang berubah, misalnya identitas nama ( orang, organisasi, atau tempat) , Kode – kode nomer ( nomer : kartu pendudduk, rekening, pegawai / karyawan, mahasiswa, asuransi, kartu kredit, nomor telepon, dan sebagainya), dan / alamat. 2. Data Dinamis adalah jenis data yang selalu berubah baik dalam frekuensi waktu yang singkat ( harian) atau agak lama ( semesteran) dan lain – lain. Contohnya : data tabungan , data gaji, data kepangkatan, data nilai siswa, Indeks Prestasi Kumulatuf ( IPK) mahasiswa, dan sebagainya.
  6. 6. Contoh pemasukan data siswa di sekolah, dimana terdapat masukan data statis dan data dinamis. Data siswa Nomor Induk Siswa Nama Alamat Data Data siswa No. Urut Daftar Ulang Tanggal Daftar Ulang Berat Badan Data
  7. 7. Berdasarkan sumbernya, maka data dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1 Data internal adalah data yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri, yaitu organisasi pusat dan cabang – cabangnya. 2 Data eksternal adalah data yang berasal dari sumber – sumber yang berada diluar organisasi itu sendiri.
  8. 8. Berdasarkan isinya maka baik data internal maupun eksternal dapat dibagi menjadi empat kelompok. (2) hasil penelitian (1) catatan kegiatan ( 3) data lingkungan (4) data peraturan.
  9. 9. Data Internal Data Kegiatan Data Penelitian Eksternal Data Lingkungan Data Peraturan
  10. 10.     Metode manual dimana semua operasi data dilakukan dengan tangan dan bantuan alat – alat penting seperti pensil, kertas, dan mistar hitung., Metode electromechanical sesungguhnya merupkan gabungan dari orang dan mesin . Misalnya seorng pegawai yang bekerja dengan menggunakan mesin catat kolom ( posting mcchine), Metode punched card equipment mengandung penggunaan semua alat yang dipergunakan dalam apa yang kadang – kadang disebut sebagai suatu sistem warkat unit ( unit record sistem) Metode electronic computer yang berarti suatu susunan dari alat –alat masukan, suatu unit pengolah pusat ( central processing unit), dan alat – alat keluaran.
  11. 11. Prinsip – prinsip penting di antaranya adalah sebagai berikut : 1. Mempunyai tujuan 2. Berdasarkan kepada perencanaan yang matang. 3. Berorientasi pada kepentingan manajemen 4. Menganut sistem terbuka 5. Mengutamakan kualitas informasi 6. Kelengkapan, keringkasan, dan kesesuaian 7. Menganut prinsip sentralisasi dan desentralisasi.
  12. 12. Manfaat Teknologi Informasi dalam Pendidikan a. Knowledge Management Tool Dengan TI, kita dapat menyimpan pengetahuan manusia ke dalam bentuk lain yang lebih kompak,efesien dan mudah dimanfaatkan. b. Learning Tool TI dapat dimanfaatkan pula sebagai perangkat bantu pengajaran untuk berbagai bidang studi. c. Business Management Tool Proses dan tugas keseharian disebuah lembaga pendidikan dapat menjadi lebih ringan dengan bantuan TI. d. Analysis/Calculation Tool Pemanfaatan dibidang ini telah ada sejak awal lahirnya computer.
  13. 13. Implementasi Pengembangan SIM Pendidikan Dalam implementasi pengembangan SIM pendidikan, terdapat tiga besaran penting yaitu: 1. strategi pengembangan SIM. 2. Prosedur Pengembangan SIM 3. Kriteria Pengembangan SIM
  14. 14. Tugas dan fungsi tata usaha sekolah fungsi utama tata usaha sekolah adalah Memberikan layanan administratif bagi beroperasinya sistem persekolahan. Layanan administratif yang dimaksud identik dengan istilah “administrative management” yang mulai dipakai di Amerika Serikat pada tahun tiga puluhan yaitu istilah yang digunakan untuk mencakup semua proses penyelenggaraan yang melancarkan pelaksanaan tugas pucuk pimpinan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan (Pariata dkk, 1977). Salah satu tugas pokok pimpinan adalah Menentukan kebijaksanaan (policy) organisasi dan untuk itu ia harus membuat keputusan-keputusan berkenaan dengan fungsi organisasi yang dipimpinnya.
  15. 15. Klasifikasi Pekerjaan Petugas Tata Usaha Sekolah Pencatat surat yang bertugas Pengarah surat yang bertugas Penata Arsip (Arsiparis) yang bertugas Petugas Tata Usaha Pengolah yang bertugas Pengolah/Pimpinan Pengolah yang bertugas Pelaksana (sebagi pengolah) yang ditunjukan oleh pimpinan pengolah yang bertugas

×