diagram UML

1,443 views

Published on

Published in: Technology, Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,443
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
127
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

diagram UML

  1. 1. Unified Modeling Language (UML)adalah bahasa spesifikasi standaruntukmendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistemperangkat lunak. UML tidakberdasarkan pada bahasapemrograman tertentu. Standarspesifikasi UML dijadikan standardefacto oleh OMG (ObjectManagement Group) pada tahun1997.
  2. 2.  Diagram struktur (Structure Diagram): Diagram kelas (Class Diagram). Menggambarkan struktur dari sistem dengan menunjukkan class sistem, atribut class dan hubungan atau relasi antar class. Diagram obyek (Object Diagram). Menunjukan tampilan baik secara menyeluruh atau pun bagian struktur dari sistem yang dimodelkan. Diagram komponen (Component Diagram). Menggambarkan bagaimana sistem dibagi menjadi komponen-komponen serta menunjukan ketergantungan antara komponen-komponen tersebut. Diagram deployment (Deployment Diagram). Untuk memodelkan perangkat keras yang digunakan pada implementasi sistem dan lingkungan, dan cara penggunaan sistem pada perangkat keras. Diagram Struktur Komposit (Composite Diagram). Menggambarkan struktur internal dari sebuah class dan kolaborasinya. Diagram Paket (Package Diagram). Menggambarkan bagaimana sistem dibagi menjadi kelompok-kelompok logikal dengan menujukan ketergantungan antara kelompok tersebut.
  3. 3. Diagram perilaku (Behaviour Diagram) : Diagram use-case. Menunjukan fungsi-fungsi yang diberikan sistem kepada aktor, tujuannya merepresentasikan kasus penggunaan dan setiap ketergantungan antara kasus penggunaan. Diagram State Machine. Merupakan notasi standar untuk menggambarkan banyak sistem, dari program komputer ke proses bisnis. Diagram aktivitas (Activity Diagram). Merepresentasikan langkah demi langkah alur bisnis dan operasional dari komponen pada sebuah sistem. Diagram Komunikasi (Communication Diagram). Menunjukan interaksi antara obyek-obyek atau bagian-bagian dari urutan pesan. Mereka merepresentasikan sebuah kombinasi informasi yang diambil dari class, urutan, dan use case. Diagram mendeskripsikan struktur perilaku statis dan dinamis sistem. Diagram Ringkasan Interaksi (Interaction overview diagram). Merupakan sebuah tipe diagram aktifitas dengan node atau simpul mewakili diagram-diagram interaksi. Diagram Urutan (Sequence diagram). Menunjukan bagaimana obyek-obyek berkomunikasi satu sama lain dari sebuah urutan pesan. Ini juga mengindikasikan rentang waktu dari obyek relatif terhadap pesan tersebut. Diagram Pewaktuan (Timing diagram). Merupakan jenis yang lebih spesifik dari diagram interaksi di mana fokusnya pada batasan waktu.

×