Successfully reported this slideshow.

Bab 2 Iman Kepada Allah

12,559 views

Published on

Iman Kepada Allah

Published in: Education
  • Be the first to comment

Bab 2 Iman Kepada Allah

  1. 1. BAB IIMENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA ALLAHMELALUI PEMAHAMAN SIFAT-SIFATNYAA. Membaca dan Mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifatAllah.Sifat-sifat Allah itu ada yang dinamakan sifat wajib bagi Allah dan yang mustahilbagi Allah.Yang dimaksud sifat wajib bagi Allah adalah sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah,sedangkan sifat mustahil bagi Allah adalah kebalikan atau lawan kata dari sifat wajibbagi Allah yaitu sifat-sifat yang tidak mungkin ada atau terjadi pada Allah.Sifat-sifat wajib bagi Allah atau mustahil bagi Allah, menurut ulama golonganMaturidiya ada 13 sifat, sedangkan menurut ulama golongan As’ariyah ada 20 sifat.Adapun ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah (sifat wajib danmustahil bagi Allah adalah sebagai berikut :1. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib bagi Allah “wujud” artinya adasifat mustahilnya “adam” artinya tidak ada.Yaitu Q.S. Ali Imron : 62 dan Q.S. Ash-=Shaffat : 35.Artinya :“…………. Dan tak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya Allah, Dia-lahyang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(Q.S. Ali Imran : 62)Artinya :Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka : “Laa illahailallah” (Tiada Tuhan melainkan Allah) mereka menyombongkan diri.(Q.S. Ash-Shaffaat : 35)Selain ayat Al-Qur’an tersebut, lihat Q.S. Al-Baqarah : 163, Q.S. Ali Imran : 6, Q.S.An-Nisa : 87, Q.S. Al-An’am : 102, dan Q.S. An-Nahl : 2.2. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “ Qidam “ artinya dahulu.Sifat mustahilnya “ Hudus “ artinya baru, yaitu Q.S. Al-Hadid :3.
  2. 2. Artinya :“Dialah yang Awal dan yang Akhir yang Zhahir, dan yang Bathin, dan dia Mahamengetahui segala sesuatu”. (Q.S. Al-Hadid : 3)3. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Baqa” artinya kekal, dansifat mustahilnya “Fana” artinya binasa, yaitu Q.S. Ar-Rohman : 26-27Artinya :Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhan-Mu yangmempunyai kebesaran dan kemuliaan.(Q.S. Ar-Rahman : 26-27)4. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Mukhalafatu Lilhawaditsi”artinya Allah serupa dengan semua makhluknya, yaitu Q.S. Asy-Syura : 11 danQ.S. Al-Ikhlas : 4Artinya :Tidak ada sesuatu apapun yang serupa dengan Dia, dan Dialah Yang MahaMendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Asy-Syorro : 11)Artinya :Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.(Q.S. Al-Ikhlas : 4)5. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Qiyamuhu Binafsihi”artinya : Allah itu berdiri sendiri, dan sifat mustahilnya “Qiyamuhu Bighairihi”artinya: Allah berdiri karena bantuan yang lain, yaitu Q.S. Ali Imran : 2.Artinya :Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi senantiasa berdirisendiri.(Q.S. Ali-Imran : 2)
  3. 3. Selain itu lihat Q.S. Al-Baqarah : 2556. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Wahdaniyah” Artinya Allahitu Esa atau Tunggal, dan sifat mustahilnya “Ta’addud” artinya berbilang atau lebihdari satu, yaitu Q.S. Al-Ikhlas : 1.Artinya : Katakanlah : “Dia-lah Allah, yang maha esa”.7. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Qudrat” artinya Allahberkuasa, dan sifat mustahilnya “Ajzun” artinya Allah itu lemah, yaitu Q.S. Al-Baqarah : 20.Artinya :Sesungguhnya Allah berkuasa atas sesuatu.(Q.S. Yasin : 82)8. Ayat Al-Qr’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Iradat” artinya,berkehendak, dan mustahilnya “Karohah” artinya terpaksa, yaitu Q.S. Yasin : 82dan Q.S. Al-Baqarah : 253.Artinya :Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalahberkata kepadanya : “Jadilah!” maka terjadilah Ia.(Q.S. Yasin :82)Artinya :Akan tetapi Allah membuat apa yang dikehendaki-Nya. (Q.S. Albaqarah : 253)9. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Ilmu” artinya mengetahui,dan sifat mustahilnya “Jahlun” artinya bodoh, yaitu Q.S. Al-Hujurat :16
  4. 4. Artinya:….Padahal Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumidan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.(Al-Hujurat : 16)10. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Hayat” artinya hidup danMustahil Allah “Mautan” artinya mati, yaitu Q.S. Al-Baqorah : 255.Artinya :Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerusmengurus (makhluk-Nya) ; tidak mengantuk dan tidak tidu.(Q.S. Al-Baqorah : 255)11. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Sama’” artinya mendengar,dan mustahil Allah “Summun” artinya tuli, yaitu Q.S. Al-Maidah : 76.Artinya:Dan Allah lah yang maha mendenga lagi maha mengetahui.(Q.S. Al-Maidah : 76)12. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Bashar” artinya malaikat,dan Mustahi Allah “Umyun” artinya buta, yaitu Q.S. Al-Mulk :19 dan Q.S. Al-Hujurat: 18.Artinya :“SesungguhnyaDia maha melihat segala sesuatu”.(Q.S. Al-Mulk : 19)Artinya :“Dan Allah maha menglihat apa yang kamu kerjakan”.(Q.S. Al-Hujurat : 18)13. Ayat Al-Qr’an yang berkaitan dengan sifat wajib Allah “Kalam” artinya berfirman,dan mustahil Allah “Bukmun” artinya, bisu. Yaitu Q.S. An-Nisa’ : 164.
  5. 5. Artinya :“Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung”.(Q.S. An-Nisa : 164)B. Menulis atau menyalin ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Sifat-SifatAlah.Cari dan tulislah ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat Allahsebagaimana yang tercantum dalam kolom berikut !No. Sifat Allah Qur’an Surat Ayat Al-Qur’an1 Wujud Q.S. Ali Imran : 622 Qidam Q.S. Al- Hadid :33 Baqa Q.S. Ar-Rahman:274 Mukhalafatu Lilhawadisi Q.S. Asy Syura : 115 Qiyamuhu Binafsihi Q.S. Ali Imran :26 Wahdaniyah Q.S. Al-Ikhlas : 17 Qudrat Q.S. Al-Baqarah:208 Iradat Q.S. Yasin : 829 Ilmu Q.S. Al-Hujurat:1610 Hayat Q.S. Al-Baqarah:25511 Sama Q.S. Al-Maidah : 7612 Bashar Q.S. Al-Mulk : 19
  6. 6. 13 Kalam Q.S. An-Nisa : 164C. Menunjukan tanda-tanda adanya Allah SWT.Untuk membuktikan adanya Allah, Al-Qur’an memberikan suatu metode yaitu :Pertama, dengan menyelidiki kepada kejadian manusia sendiri. Manusia diciptakandari saripati yang berasal dari tanah, kemudian saripati itu dijadikan air mani yangdisimpan didalam tempat yang kekal (Rahim). Kemudian air mani itu berbentuksegumpal darah, lalu menjadi segumpal daging yang kemudian diberi kerangka daritulang-tulang. Dari proses evaluasi yang indah tapi unik itu adalah bukti tentangadanya Kahlikul Insan yaitu Allah S.W.T.Perhatikan firman Allah berikut :Artinya :Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu Saripati (berasal)dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempatyang kekal (rahim). Kemudian air mani itu kami jadika segumpal daging, dan segumpaldaging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengandaging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka MahaSucilah Allah, pencipta yang paling baik. (Q.S. Al-Muhaninum :12-14).Kedua, dengan menyelidiki kejadian semesta.Manusia diperintahkan untuk memikirkan bagaimana alam semesta dengan segalaisinya ini diciptakan. Bagaiman diciptakan langit yang tak terbatas, perjalanan bintang-bintang dan planet-planet yang juga tak terbatas, bagaimana perputaran danpergantian musim yang silih berganti, angin yang berhembus dan berarah yang tiadahenti-hentinya, bumi dihamparkan penuh dengan serba ragam kekayaan, gunung-gunung yang tinggi, makhluk yang serba macam telah diciptakan berjodoh-jodohan.Semuanya itu adalah menjadi bukti tentang tanda-tanda adanya Allah SWT.Perhatikan firman Allah Berikut :
  7. 7. Artinya :Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malamdan siang tedapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (Yaitu) orang-orangyang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring danmereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : Ya Tuhankami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maha kamidari siksa api neraka. (Q.S. Ali Imran : 190-191).Selain itu, baca Q.S. Al-Araf : 54, Q.S. Fushshilat : 37, dan Q.S. Al-Furqan :2.Jadi, dengan memperhatikan dan memikirkan ciptaan-Nya kita akan sampai padakesimpulan bahwa alam semesta beserta isinya ini ada yang menciptakan, mengatur,dan menjaganya yaitu Allah SWT. Allah, dengan menggunakan akal fikiran seperti itumanusia akan sampai pada pengertian bahwa Allah itu benar-benarada.D. Menampilkan Perilaku Sebagai Cermin Keyakinan akan Sifat-sifat Allah SWT.Nilai budi pekerti atau perilaku yang dapat di tampilkan sebagai cermin dari adanyakeyakinan terhadap sifat-sifat Allah yaitu :No. Nama Sifat Allah Artinya Perilaku yang muncul1 Wujud AdaMenyadari bahwa kita ada karenaada yang mengadakan (Mewujudkan)Yaitu Allah.2 Qidam TerdahuluKita mendahulukan segala sesuatuyang terbaik.3 Baqa KekalKonsisten (Istiqamah) dalambertindak dan berperilakuTampil beda menjadi yang terbaik.
  8. 8. 4 MukhalafatuLilhawadisiBerbeda denganlainnya5 Qiyamuhu Binafsihi Berdiri sendiriMandiri, tidak selalumenggantungkan kepada orang lain.6 Wahdaniyah Maha EsaBerbuat dengan niat hanya karenaAllah semata, bukan karena yanglain.7 Qudrat BerkuasaJadilah pemimpin, pemimpin yangterbaik dan jangan berlaku semena-mena (otoriter)8 Iradat BerkehendakBerinisiatif selalu ingin menjadipioner.9 Ilmu Maha MengetahuiBerwawasan Luas10 Hayat Maha HidupIngin selalu dikenang orang(menyejarah) kehidupannya.11 Sama Maha MendengarSetia dan taat kepada Allah (Sami’nawa Atho’na)12 Bashar Maha MelihatTanggap dan peduli kepada yang lain13 Kalam Berfirman/berbicaAmar Ma’ruf Nahi Mungkar.Rangkuman:1. Sifat-sifat yang pasti ada pada Allahdinamakan sifat wajib, sedangkan sifat-sifatyang tidak mungkin ada pada Allah dinamakan sifat mustahil.2. Untuk membuktikan adanya Allah pada prinsipnya ada dua pendekatan :a. Dengan menyelidiki kepada kejadian manusia itu sendiri.b. Dengan menyelidiki tentang kejadian alam semesta.3. Dengan meyakini adanya Allah melalui sifat-sifat-Nya dan memperhatikanfenomena yang ada, maka akan muncul semangat untuk melaksanakan perintahdan meninggalkan larangan-larangan-Nya.Soal-soal Latihan :A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X)pada huruf a,b,c atau !1. Sifat-sifat yang pasti dimiliki Allah SWT dinamakan sifat ………a. Wajib c. mungkinb. mustahil d. Ghairu mumkin2. Yang dimaksud sifat mustahil bagi Allah ……….
  9. 9. a. Sifat yang pasti ada pada Allahb. Sifat yang tidak mungkin ada pada Allahc. Sifat yang mungkin ada pada Allahd. Sifat yang wajib (harus) ada pada Allah3. Sifat wajib Allah ada ………..a. 10 c. 12b. 11 d. 134. Ayat tersebut berkaitan dengan sifatAllah……a. Wujud c. Baqo’b. Wahdaniyah d. Sama’5. Allah mempunyai sifat “Bashar” artinya Allah Maha …….a. Bijaksana c. Melihatb. Mendengar d. Kuasa6. Allah mempunyai sifat yang artinya “Maha Kekal” adalah …….a. Qidam c. iradatb. Baqa’ d. Ilmu7. Sesungguhnya Dia (Allah) maha melihat segala sesuatu (Q.S. Al-Mulk : 18) artiayat Al-Qur’an tersebut berkaitan dengan sifat Allah……a. sama c. Kalamb. Bashar d. Qidam8. Segala sesuatu selain Allah pasti akan binasa, Tetapi Allah tetap kekal selama-lamanya. Oleh sebab itu Allah bersifat ……a. Qidam c. Qiyamuhu Binafsihib. Baqa d. Wahdaniyah9. Ayat tersebut berkaitan dengan sifatAllah ………a. Hayat c. Iradatb. Ilmu d. Qudrat
  10. 10. 10. Berikut ini merupakan sifat-sifat wajib bagi Alah, kecuali ……..a. Mautun c. Qidamb. Wujud d. Mukhalafatu LilhawadisiB. Essay / Uraian1. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa Allah itu benr-benar ada ?2. Sebutkan salah satu pelajaran yang dapat diambil dari sifat Allah “QiyamuhuBinafsihi” !3. Tulislah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat Alah “Qidam”!4. Apa yang dimaksud sifat “Nafsiyah” ?5. Terjemahkan (artikan) ayat berikut !

×