Bab 6 Haji dan Umrah

9,305 views

Published on

Bab 6 Haji dan Umrah

Published in: Education
  • Be the first to comment

Bab 6 Haji dan Umrah

  1. 1. Standar Kompetensi : Memahami hukum Islam tentang haji dan umrahKompetensi Dasar :1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah2. Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrahBAB 6HAJI DAN UMRAH Kegiatan 1Menyebutkan Pengertian dan Ketentuan Hajia. Pengertian hajiHaji menurut bahas berarti menyengaja untuk mengunjungi. Sedangkan menurut istilah sengaja mengunjungi Baitullah(Ka’bah) untuk melakukan beberapa amal ibadah, dengan syarat- syarat tertentu dan dilakukan pada waktu tertentu.b. Hukum hajiIbadah haji merupakan rukun islam yang ke- lima. Wajib dikerjakan sekali seumur hidup bagi orang yang mampu.Sebagaimana firman Allah berikut :Artinya : Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi)orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.(Q. S. Ali Imran: 97)c. Syarat wajib hajiHaji hanya ditujukan kepada seseorang yang telah memenuhi beberapa syarat, yaitu :1) Islam.2) Baligh.3) Berakal sehat.4) Istito’ah (memiliki kemampuan).d. Rukun hajiAdapun yang menjadi rukun haji adalah :1) Ihram (berniat mengerjakan haji dimulai dari miqat makani).2) Wukuf di Arafah (hadir di padang Arafah).3) Thawaf Ifadah (berkeliling Ka’bah tujuh kali).4) Sa’i (lari- lari kecil antara shafa dan marwa tujuh kali).5) Tahallul (mencukur atau menggunting rambut).6) Tertib (berurutan) yaitu mendahulukan niat dari yang lain dan seterusnya.e. Wajib hajiWajib haji adalah beberapa kewajiban haji yang harus dijalankan yaitu :1) Ihram dari miqat (memakai pakaian ihram dari tempat yang ditentukan).
  2. 2. 22) Hadir di Muzdalifah.3) Melontar jumrah dengan batu kerikil.4) Mabit (bermalam) di Mina.5) Thawaf wada’ (tawaf sewaktu ajan meninggalkan Makah).6) Menjauhkan diri dari yang diharamkan karena ihram.f. Sunah- sunah hajiYang termasuk sunah- sunah haji adalah :1) Ifrad, yaitu mendahulukan urusan haji baru mengerjakan umrah.2) Membaca talbiyah (Labbaika Allahumma Labbaik …).3) Berdo’a setelah membaca talbiyah.4) Membaca do’a ketika thawaf.5) Shalat dua rakaat setelah thawaf.6) Masuk ke Ka’bah.g. Larangan pada waktu melaksanakan ibadah hajiHal- hal yang tidak boleh dikerjakan oleh orang lain yang sedang dalam ihram haji antara lain :1) Memakai pakaian yang berjahit bagi laki- laki.2) Menutup kepala bagi laki- laki.3) Menutup muka dan telapak tangan bagi perempuan.4) Memakai harum- haruman.5) Memotong kuku, rambut dan tumbuh- tumbuhan.6) Membunuh binatang.7) Mengadakan pernikahan.8) Dan mengadakan persetubuhan. Kegiatan 2Menyebutkan Pengertian dan Ketentuan Umraha. Pengertian umrahUmrah ialah berkunjung ke Baitullah untuk memakmurkan tanah suci demi mencapai ridha Allah untuk melaksanakantawaf, sa’i dan tahallul.b. Hukum umrahHukum umrah adalah wajib bagi setiap orang Islam yang mampu sekali seumur hidup, seperti haji. Sebagaimanafirman Allah ;Artinya : Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah(Q. S. Al Baqarah: 196)c. Syarat wajib umrahYang menjadi syarat wajib umrah adalah sama dengan syarat wajib haji yaitu :1) Islam.2) Baligh.3) Berakal sehat.4) Istito’ah (memiliki kemampuan fisik dan non fisik).
  3. 3. 3d. Rukun umrahYang menjadi rukun umrah yaitu :1) Ihram dengan niat menjalani umrah.2) Thawaf (keliling Ka’bah).3) Sa’i (lari- lari kecil dari bukit Shafa ke Bukit Marwa).4) Bercukur atau menggunting rambut.5) Menertibkan rukun- rukun diatas.e. Wajib umrahWajib umrah ada dua, yaitu :1) Ihram dari miqatnya.2) Menjauhkan diri dari hal- hal yang diharamkan sebagaimana yang telah jugadisebutkan dalam larangan haji.Rangkuman1. Haji artinya adalah sengaja mengunjungi Ka’bah untuk melakukanbeberapa amal ibadah, dengan syarat- syarat tertentu dan dilakukan padawaktu tertentu.2. Umrah artinya adalah sengaja mengunjungi Ka’bah untuk memakmurkantanah suci demi mencapai ridho Allh untuk melaksanakan tawaf, sa’i, dantahallul.
  4. 4. 4 Soal Latihan tentang “Haji dan Umrah”Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban a, b, catau d yang benar !1. Arti haji menurut bahasa adalah …a. Bepergian haji c. Sengaja mengunjungib. Memakai songkok putih d. Berpamitan2. Haji adalah merupakan rukun Islam yang ke …a. Dua c. Empatb. Tiga d. Lima3. Hukum mengerjakan haji bagi orang yang mampu adalah …a. Wajib c. Sunahb. Mubah d. Makruh4. Ayat Al- qur’an yang berkaitan dengan diwajibkannya haji adalah …a. Q. S. Ali Imran: 97 c. Q. S. An Nisa: 97b. Q. S. Al Baqarah: 97 d. Q. S. Al Maidah: 975. Lari- lari kecil antara Shafa dan Marwa disebut …a. Wukuf c. Sa’ib. Thawaf d. Tahallul6. Berikut ini yang bukan merupakan rukun haji adalah …a. Sa’i c. Tahallulb. Mabit di Mina d. Wukuf di Arafah7. Hukum mengerjakan umrah bagi orang Islam yang sudah mampu adalah …a. Wajib c. Mubahb. Sunah d. Dianjurkan8. Ayat Al- qur’an yang berkaitan dengan umrah adalah …a. Q. S. Al Baqarah: 97 c. Q. S. Al Baqarah: 196b. Q. S. Ali Imran: 97 d. Q. S. Ali Imran: 1969. Mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali ketika mengerjakan haji atau umrahdinamakan …a. Wukuf c. Sa’ib. Thawaf d. Tahallul10. Salah satu diantara sunah haji yaitu ifrad. ”Ifrad” artinya adalah …a. Mengerjakan amalan haji lebih dahulu kemudian mengerjakan umrahb. Mengerjakan haji dan umrah didalam satu niat dan satu pekerjaan sekaligusc. Mengerjakan umrah lebih dahulu pada musim haji, kemudian melaksanakanibadah hajid. Mengerjakan haji saja tidak perlu mengerjakan umrah

×