Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas 2 0317-nurul azmi-1412510587

132 views

Published on

tugas

Published in: Internet
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas 2 0317-nurul azmi-1412510587

  1. 1. Tugas 2 nama : nurul azmi nim : 1412510487 mata kuliah: Rekayasa Web dosen : Andry sunandar, s.t. m.kom
  2. 2. 1. Apa yang anda ketahui tentang web server, application server dan database server?berikan contohnya serta implementasinya dalam produk komersial !
  3. 3. Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
  4. 4. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.
  5. 5.  Beberapa dukungan Apache : 1. Kontrol Akses Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI (Common Gateway Interface) Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl) 2. PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor) Program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik 3. SSI (Server Side Includes)  Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas : 1. Apache termasuk dalam kategori freeware. 2. Apache mudah sekali proses instalasinya. 3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi. 4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi. 5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.  Untuk contoh lain dari Web Server. 1. Apache Tomcat 2. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS) 3. Lighttpd 4. Sun Java System Web Server 5. Xitami Web Server 6. Zeus Web Server
  6. 6. Application Server Application server, ia menyediakan layanan bisnis logic untuk aplikasi client bisa melalui berbagai protokol, termasuk di dalamnya protokol HTTP. Kalau web server intinya pada penerimaan request dan pengiriman kembali respon dalam bentuk halaman web untuk akhirnya ditampilkan kembali di browser, maka untuk aplication server menyediakan akses ke bisnes logic untuk digunakan oleh client. Program aplikasi client dapat menggunakan bisnis logic ini dengan memanggil method yang ada pada suatu objek…atau kalao di dunia struktural si…manggil fungsi atau prosedur lah… Contoh Sebagai sebuah contoh, bayangkan sebuah alikasi toko online yang harus menyediakan informasi harga dan stok barang secara real time. Seperti yang kebnyakan sudah ada, apliaksi ini bisa didesain dengan sebuah halaman yang terdiri dari form, yang anda bisa memilih product dsb, kemudian setelah anda mensubmit request, akan muncul halamn respon yang berisi daftar arga dan stok barang yang anda pilih. Kemudian anda bisa memilih barang tersebut untuk dimasukkan ke daftar pembelian, atau cukup sekedar melihat saja. Aplikasi ini bisa dikembangkan melalui 2 cara yaitu dengan web server atau dengan application server.
  7. 7. cara 1: menggunakan Web server tanpa application server Pada cara ini, web server akan menerima request, kemudian melanjutkan request tersebut ke program server side yang sesuai. Dari sini server side program akan mencari informasi harga dan stok dari database atau file. Setelah itu kemudian hasil tersebut diformulasikan dalam format HTML dan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan lagi. Ringkasnya, web server akan memproses HTTP request dan meresponnya dengan HTML page.
  8. 8. cara 2: Web server dengan application server Kita sekarang dapat meletakkan bisnis logic untuk pencarian harga dan stok pada application server. Ketika client membutuhkan untuk mencari daftar harga dan stok dari suatu barang, dapat langsung mengakses bisnis logic dan memanggil method untuk pencarian ini. Hasil yan gdidapatkan kemudian ditampilkan dalam browser,. Pada cara ini, application server memberikan layanan business logic untuk pencarian daftar harga dan stok dari suatu produk. Ketika client meminta layana tersebut atau memanggil layana tersebut, application server akan menjalankan program itu dan akan mengirimkan kembali hasilnya ke client. Dan client akan menerima data hasil tersebut. Jadi data tidak dikirimkan dalam format HTML kepada client. Setelah mendapatkan hasil tersebut, maka client dapat menampilkannya dalam browser, tentu dengan formula HTML, tapi ini dilakukan oleh client.
  9. 9.  Dengan cara ini maka plikasi pencarian harga untuk suatu barang tersebut lebih re-usable. Kalau ada objek lain yang memanggil, misal bukan pembeli, tetapi kasir, maka aplikasi logic untuk pencarian tersebut tetap bisa digunakan. Berbeda dengan cara no.1 yang mengirimkan hasil ke client sudah dalam bentuk formu HTML, jadi lebih un-re-usable.  Itu tadi sekilas penjelasannya. Mungkin perlu jiga untuk diketahui, pada umumnya memang di dalam application server sudah ada web server. atau web server merupakan bagian dari application sever. COntoh Appliocation server : WebLogic Server (BEA), JBoss (Red Hat), WebSphere (IBM), JRun (Adobe), Apache Geronimo (Apache Foundation, based on IBM WebSphere), Oracle OC4J (Oracle Corporation), Sun Java System Application Server (Sun Microsystems) and Glassfish Application Server (based on Sun Java System Application Server). Contoh web server: Apache (oleh vendor apache), IIS (Microsoft), GFE (Google) dsb.
  10. 10. DATA BASE SERVER Database Server Adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan data untuk di salurkan ke komputer lain atau program komputer lainnya, jadi istilahnya layanan dari komputer database di salurkan kepada komputer lain dengan kode program komputer yang sudah ditentukan. lalu apa fungsi database server ? berikut ini penjelasannya 1. Untuk menyimpan beberapa data yang bisa dilakukan dalam satu lokasi. 2. Data yang di simpan dalam database server akan aman karena memiliki beberapa fasilitas yang tidak terdapat pada komputer biasa. 3. Menyediakan Management sistem yang artinya anda bisa melakukan beberapa susunan unik untuk membuat data. 4. Mempermudah kita untuk menyimpan dan mencari dalam lingkup database. 5. Setiap klien bisa mengakses secara bersamaan tanpa harus mengganggu satu sama lain dalam kurun waktu bersamaan.
  11. 11. Cara Kerja Database Server Kita akan dipermudah untuk menjalankan aplikasi dengan satu server tanpa harus mengganggu pengguna lainnya selain itu dalam database ada 2 pihak yang mungkin harus anda ketahui yaitu management database dan klien. kedua arah ini akan saling berhubungan satu sama lain tanpa mengurangi beban akses data oleh client pada server dan Database Server dapat diakses oleh beberapa client secara bersamaan yang dimana data yang diakses hanya berasal dari satu sumber yaitu database server. Berikut ini beberapa program database server yang bisa anda jalankan untuk keperluan anda. jika anda sudah menggunakan layanan database.
  12. 12. 2. Apa yang anda ketahui tentang Nginx, serta jelaskan alasan kenapa Nginx memiliki performa yang lebih baik diantara web server lain seperti apache web server? Nginx (baca: engine x) adalah server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Kode sumber nginx ditulis oleh seorang warga negara Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2002 dan dirilis ke publik pada tahun 2004. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.
  13. 13. Kenapa NGINX lebih baik? Nginx menjadi jauh lebih unggul karena event-based nya. Sehingga mampu memanfaatkan seminimal mungkin thread untuk memproses request dari user, sehingga akhirnya memori yang terpakai oleh Nginx menjadi minimal. Karena memori yang dipakai sangat kecil, maka hasilnya server menjadi ringan dan jauh-jauh lebih responsif (memiliki respon super cepat). Performa yang tinggi dan stabil serta memiliki banyak fitur. Konfigurasi yang cukup mudah,Menggunakan sedikit sumber daya. Cenderung lebih kuat untuk hostingan banyak dibanding Apache.
  14. 14. 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah Domain, Hosting, Cloud !, berikan contoh dan implementasinya.
  15. 15. Domain Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka- angka IP Address. Domain memiliki beberapa level, yaitu : 1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial) .net (dotnetwork) .org(dotorganization) .edu(doteducation) .gov(dotgoverment) .mil(dotmilitary) .info (dotinfo) dll
  16. 16. Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst). 2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD. 3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.
  17. 17. Hosting Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :  Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes  Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.  Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting  Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting  Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat
  18. 18. Cloud Cloud merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Sumber: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Cloud Computing Lisensi: Non-Commercial Follow us: @pusatteknologi on Twitter | pusatteknologi on Facebook Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

×