Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Shalat jamak dan qashar revisi

747 views

Published on

PPT materi pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas VII SMP BAB 10 pertemuan ke 1 tentang shalat jama qashar

Published in: Education
  • Be the first to comment

Shalat jamak dan qashar revisi

  1. 1. Home
  2. 2. Home
  3. 3. Home
  4. 4. Home Media Pembelajaran Kurikulum 2013 Model Kontekstual dengan Teknik Problem Solving Oleh: MGMP PAI SMP PROV JATENG
  5. 5. Home MENU UTAMA AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ
  6. 6. Home PEMBUKA Presensi Motivasi Pembiasaan PRESENSI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI
  7. 7. Home PEMBUKA MOTIVASI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Presensi Motivasi Pembiasaan TAYANGAN INSPIRATIF MENYANYI BERSAMA
  8. 8. Home Kisah Empat Lilin
  9. 9. Home Ada 4 lilin yang menyala, Sedikit demi sedikit habis meleleh.
  10. 10. Home Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan mereka.
  11. 11. Home Yang pertama berkata: “Aku adalah Perubahan Namun manusia tak mampu berubah: maka lebih baik aku mematikan diriku saja!” Demikianlah sedikit demi sedikit sang lilin padam.
  12. 12. Home Yang kedua berkata: “ Aku adalah Iman Sayang aku tak berguna lagi. Manusia tak mau mengenalku, Untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.
  13. 13. Home Dengan sedih giliran Lilin ketiga bicara: “ Aku adalah Cinta Tak mampu lagi aku untuk tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan mengganggapku berguna. Mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya.” Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah Lilin ketiga.
  14. 14. Home Tanpa terduga... Seorang anak saat itu masuk ke dalam kamar, dan melihat ketiga Lilin telah padam. Karena takut akan kegelapan itu, ia berkata: “ Ekh apa yang terjadi?! Kalian harus tetap menyala, Aku takut akan kegelapan!” Lalu ia mengangis tersedu- sedu.
  15. 15. Home Lalu dengan terharu Lilin keempat berkata: “Jangan takut, Janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan ketiga Lilin lainnya: Akulah HARAPAN”
  16. 16. Home Dengan mata bersinar, sang anak mengambil Lilin Harapan, lalu menyalakan kembali ketiga Lilin lainnya.
  17. 17. Home Apa yang tidak pernah mati hanyalah HARAPAN yang ada dalam hati kita....
  18. 18. Home ...dan masing-masing kita semoga dapat menjadi alat, seperti sang anak tersebut, yang dalam situasi apapun mampu menghidupkan kembali Iman, Cinta, dan Perubahan dengan HARAPAN-nya!!!
  19. 19. Home ...kita memiliki kemampuan untuk Menyalakan semangatnya demi menghidupkan Iman, Cinta, dan Perubahan dengan HARAPAN-nya!!!
  20. 20. Home PEMBUKA PEMBIASAAN AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Presensi Motivasi Pembiasaan
  21. 21. Home KOMPETENSI DASAR AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI KD: 3.11. Memahami ketentuan shalat jamak dan qashar
  22. 22. Home TUJUAN PEMBELAJARAN AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI A. Menjelaskan pengertian shalat jamak, shalat qashar dan shalat jamak qashar B. Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat jamak, shalat qashar dan shalat jamak qashar C. Mengklasifikasi shalat yang bisa di jamak, shalat yang bisa diqashar dan shalat yang bisa dijamak qashar D. Menyebutkan syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat jamak, shalat qashar dan shalat jamak qashar Melalui kegiatan pembelajaran kontekstual dengan teknik problem solving, siswa dapat:
  23. 23. Home APPERSEPSI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Apersepsi Skenario  Pernahkan kalian bepergian jauh?  Pernahkah kalian melakukan shalat saat bepergian jauh?  Pernahkah kalian mendengar, melihat atau bahkan melaksanakan shalat jamak atau shalat qashar atau shalat jamak qashar?
  24. 24. Home SKENARIO PEMBELAJARAN AWAL KI & KD TUJUAN APPERSEPSI Apersepsi Skenario 1. Siswa dibagi dalam 5 kelompok 2. Masing-masing kelompok melakukan pengamatan terhadap Video tentang shalat jamak qashar 3. Semua siswa diberikan kesempatan untuk bertanya terkait dengan shalat jamak qashar 4. Masing-masing kelompok mencermati permasalahan telah disiapkan 5. Semua siswa mendiskusikan permasalahan tersebut dan mencari pemecahannya bersama kelompoknya 6. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya 7. Kelompok lain memberikan tanggapan
  25. 25. Home MENU UTAMA MENGAMATI VIDEO VideoProblem
  26. 26. Home MENU UTAMA MENGAMATI Pemilik biro perjalanan mengalami masalah ditinggal para pelanggannya karena dalam menyusun agenda perjalanan tidak memperhatikan keperluan ibadah salat bagi peserta tour. Dia menyangka bahwa jika setiap waktu salat harus berhenti, maka membuat perjalanan wisata terganggu dan harus berhenti 5 kali dalam sehari untuk melaksanakan salat 5 waktu. Dia minta saran dan bantuan kepada Anda untuk menyelesaikan masalahnya, kemudian menyusun jadwal perjalanan yang di dalamnya terdapat jadwal salat 5 waktu. Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ VideoProblem
  27. 27. Home MENU UTAMA MENANYA AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ Setelah melihat tayangan video, dan permasalahan tersebut, adakah yang kalian tanyakan?
  28. 28. Home MENU UTAMA EKSPLORASI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ DISKUSIKAN PERMASALAHAN TERSEBUT BERSAMA KELOMPOKMU Sebelum menjawab permasalahan tersebut kalian harus tahu: 1. Apa pengertian shalat jamak, shalat qashar dan shalat jamak qashar? 2. Bagaimana dalilnya? 3. Apasaja syarat-syaratnya? 4. Shalat apa saja yang boleh dijamak, diqashar dan dijamak dan diqashar?
  29. 29. Home MENU UTAMA MENGASOSIASI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan EVALUASI SIMPULKAN DAN TULISLAH HASIL DISKUSI KALIAN DAN PERSIAPKAN UNTUK MELAKUKAN PRESENTASI
  30. 30. Home MENU UTAMA KOMUNIKASI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ PRESENTASIKAN HASIL DISKUSI KALIAN... SAAT SATU KELOMPOK SELESAI PRESENTASI, KELOMPOK YANG LAIN MENANGGAPI
  31. 31. Home MENU UTAMA PENGUATAN MATERI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Eksplorasi Asosiasi Komunikasi Penguatan QUIZ PENGERTIAN SHALAT JAMAK Shalat yang digabungkan, yaitu mengumpulkan dua shalat fardhu yang dilaksanakan dalam satu waktu. Misalnya, shalat dzuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Dzuhur atau pada waktu Ashar. Shalat Maghrib dan Isya’ dilaksanakan pada waktu Maghrib atau pada waktu Isya’. Syarat diperbolehkannya shalat jamak adalah: 1. Dalam perjalanan yang bukan untuk maksiat 2. Apabila turun hujan lebat 3. Karena sakit dan takut 4. Jarak yang ditempuh cukup jauh, kurang lebihnya 81 km.
  32. 32. Home MENU UTAMA PENGUATAN MATERI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ Shalat jama' dapat dilaksanakan dengan 2 cara : 1. Jama' Taqdim (Jama' yang didahulukan) yaitu menjama' 2 (dua) shalat dan melaksanakannya pada waktu shalat yang pertama. Misalnya shalat Dzuhur dan Ashar dilaksanakan pada waktu Dzuhur atau shalat Maghrib dan Isya’ dilaksanakan pada waktu Maghrib. 2. Jama' Ta’khir (Jamak yang diakhirkan), yaitu menjamak 2 (dua) shalat dan melaksanakannya pada waktu shalat yang kedua. Misalnya, shalat Dzuhur dan Ashar dilaksanakan pada waktu Ashar atau shalat Maghrib dan shalat Isya’ dilaksanakan pada waktu shalat Isya’.
  33. 33. Home MENU UTAMA PENGUATAN MATERI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ Dalil Shalat Jamak adalah sabda Nabi Saw: G%wJeã Gæ Sj.} lü 8ã<ü :ü Ù éçneã läa dä] Ú Cmã oQ Sj.} Z =JReã #]p dpü g59} .1 =tÏeã =5ü =ZBeã ò Äú<ä6çeã rãp<Å äjtn~æ Artinya : dari Anas, ia berkata: Rasulullah apabila ia bepergian sebelum matahari tergelincir, maka ia mengakhirkan salat duhur sampai waktu asar, kemudian ia berhenti lalu menjamak antara dua salat tersebut, tetapi apabila matahari telah tergelincir sudah masuk waktu duhur sebelum ia pergi, maka ia melakukan shalat dzuhur kemudian beliau naik kendaraan. (H.R. Bukhari)
  34. 34. Home MENU UTAMA PENGUATAN MATERI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ PENGERTIAN SHALAT QASHAR Shalat yang diringkas, yaitu shalat fardhu yang 4 (empat) rakat (Dzuhur, Ashar dan Isya’) dijadikan 2 (dua) rakaat, masing-masing dilaksanakan tetap pada waktunya. Sebagaimana menjamak shalat, meng- qashar shalat hukumnya sunnah. Dan ini merupakan rushah (keringanan) dari Allah SWT bagi orang-orang yang memenuhi persyaratan tertentu. Adapun syarat syah shalah Qashar sama dengan shalat Jamak, hanya ditambah : 1. Shalatnya yang 4 (empat) rakaat 2. Tidak makmum kepada orang yang shalat sempurna 3. Harus memahami cara melakukan 4. Masih dalam perjalanan, bila sudah sampai dirumah harus dikerjakan sempurna walaupun tetap jama'.
  35. 35. Home MENU UTAMA PENGUATAN MATERI AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ DALIL SHALAT QASHAR Firman Allah SWT Surah An Nisa ayat 101: ÛÕqfJeã oi ãp=J^% lã 0än- kb~fQ C~fY L<öã ò k&æ=M ã:ãp , än~çi ãp9Q ãqmäa o}=Yäbeã lã Úãp=Za o};eã kbn&Z} lã k&Z5 lã artinya: “ Dan apabila kamu beprgian di muka bumi, maka tidak mengapa kamu menqasar salatmu, jika kamu takut diserang orang-orang kafir, sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu.” Q.S.(An Nisa[4]: 101)
  36. 36. Home MENU UTAMA QUIZ AWAL KI & KD TUJUAN APERSEPSI Mengamati Menanya Mengeksplorasi Mengasosiasi Mengkomunikasi Penguatan QUIZ Penilaian Diri
  37. 37. Home Penilaian Diri Quiz QUIZ
  38. 38. Home

×