Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

How to be a creative thinker (Indonesian)

788 views

Published on

bagaimana berpikir kreatif YTAOnline3

Published in: Education
  • Be the first to comment

How to be a creative thinker (Indonesian)

  1. 1. HOW TO BE A CREATIVE THINKER? NURFITRIART nur.fit96@gmail.com only Young Trainer Academy circle.cerdasmulia.net
  2. 2. yang harus dihindari ketika membuat karya • Otak saya sedang buntu. • Ide yang saya keluarkan itu-itu saja. • Ah, saya bukan orang yang banyak ide • Yasudah, begini juga bagus. Hasil karya yang didapat: tidak menarik, biasa saja, membosankan, bahkan cenderung melakukan plagiarisme.
  3. 3. ANDA BELUM MENGASAH OTAK ANDA UNTUK BERPIKIR KREATIF. APA PENYEBAB UTAMANYA?
  4. 4. APA ITU BERPIKIR KREATIF? Kreatif adalah sifat dasar manusia untuk melanjutkan kehidupannya. Sedangkan, berpikir kreatif adalah tidak menghasilkan sesuatu yang betul-betul baru, melainkan bisa menghubungkan hal-hal yang sudah kita ketahui menjadi pengertian yang lebih sempurna. Kreativitas berbeda-beda dalam setiap diri manusia. Pada dasarnya setiap manusia memiliki sifat kreatif. Kreatifitas tidak bersifat “kun fayakun (maka jadilah)”. Tapi kreatifitas membutuhkan usaha. Ingat! yang ingin anda dapatkan adalah ide, bukan wahyu ilahi.
  5. 5. S A Y H E L L O T O Y O U R B R A I N
  6. 6. Seperti yang sudah diketahui, kreativitas berasal dari otak kanan. OTAK KIRI OTAK KANAN Logika 3D/ spasial Menulis Musik dan seni Berbicara Emosi Matematika Subyektifitas Analisa Imajinasi Obyektifitas Intuisi Keterampila n ilmiah Kreativitas Otak kanan dan kiri memiliki kelebihan masing- masing. Setiap individu memiliki kecenderungan dominan memakai otak kiri ataupun otak kanan. • Orang yang cenderung memakai otak kanan lebih banyak mengandalkan intuisi dan cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya si dominan otak kanan bukanlah detail oriented. • Orang yang cenderung memakai otak kiri menggunakan logika, berpikir secara rasional, dan senang dengan perencanaan yang matang. Si dominan otak kiri adalah seorang detail oriented.
  7. 7. Keduanya sama-sama baik. Kesempurnaan berpikir didapat ketika otak kiri dan otak kanan digunakan secara seimbang. “Banyak orang yang mempunyai ide luar biasa dari pemikiran otak kanannya, tapi hanya segelintir dari mereka yang kemudian memakai otak kirinya dan menciptakan sebuah KENYATAAN.” Manakah yang lebih baik?
  8. 8. Selain kemampuan berpikir, anda dianugerahi dua kemampuan yang luar biasa: imajinasi dan kreativitas. Berpikir adalah satu bentuk kecerdasan. Tapi kalau cuma berpikir saja anda menjadi reaktif. Anda butuh imajinasi. Kemudian anda tuangkan dalam tindakan, maka anda
  9. 9. Apa kata mereka tentang kreatif? “creativity means not copying.” Jacques Maximin, chef “Creativity is coming up with something new by letting go of convention.” Kenneth Heilman, neurologist “creativity is just connecting things.” Steve Jobs, Apple founder (sudah almarhum) “creativity is look at things in different ways.” Edward De Bono “Kreatif itu berbeda. Kreatif itu membalikkan cara pandang. Kreatif itu butuh niat kuat.” Wahyu Aditya, graphic designer “Kreatif itu masih bisa tersenyum liat dompet di tanggal tua.” Himpunan Anak Kost “Kreatif adalah buah manis dari keterbatasan.” Nurfitria, si pembuat slide Ini kata mereka... Mana perkataanmu?
  10. 10. Penghambat Kreativitas • Pikiran yang kacau • Takut untuk mengambil resiko • Pengalaman buruk • Takut dikritik • Takut gagal • Terlalu kaku dalam berpikir atau bersikap • Terlalu banyak tekanan • Kurangnya usaha • Tidak percaya diri • Terlalu cepat berpuas diri Penghambat kreativitas yang utama adalah banyaknya kata ‘takut’ dan sungguh... ‘terlalu’!
  11. 11. Faktor Pendukung Kreativitas • Kondisi psikologis yang sehat • Jiwa yang tentram • Kemauan dan tekad • Berani mencoba • Sifat terbuka • Keingintahuan yang tinggi • Kebebasan dalam berpikir • Inisiatif • Bertanggung jawab • Selalu berusaha Berapa banyak faktor pendukung yang sudah anda miliki?
  12. 12. HOW TO START?
  13. 13. 1. Merubah Mindset Ucapkan hal ini berulang kali, “saya adalah orang kreatif. Saya akan membuat perubahan dan bermanfaat pada dunia.” Bentuklah keyakinan bahwa anda memang orang kreatif. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri anda. Anda juga harus memiliki tujuan ketika ingin melakukan sesuatu yang baik. Dengan adanya tujuan, motivasi akan lebih kuat. Dan anda akan menjadi orang yang visioner!
  14. 14. 2. Cobalah Selingkuh Ini tidak hanya berlaku untuk anda yang sudah punya pasangan, tapi juga untuk anda yang masih single dan bahagia. Cobalah selingkuh dari pasangan anda, dari pekerjaan anda, atau dari apapun yang sudah banyak menyita waktu anda setiap hari. Luangkan waktu sejenak, lalu lupakan mereka semua. Sadarkah anda... Ada seseorang yang seharusnya paling anda mengerti, tapi seringkali anda abaikan. Siapa dia? Jawabannya adalah DIRI ANDA SENDIRI. Seberapa besar anda mencintai diri anda sendiri? Jawabannya hanya anda yang tau. Cintailah diri anda dulu jika ingin dicintai. Sekarang pergilah ke tempat dimana anda mendapatkan ketenangan, buatlah diri anda senyaman mungkin. Dari situ otak anda akan rileks dan ide semakin mudah untuk dicari.
  15. 15. 3. Membebaskan Pikiran dan Jiwa: Jadilah Kertas Kosong Kalau sekarang ada 2 kertas dihadapan anda. Yang satu adalah kertas penuh coret-coretan bekas ujian nasional matematika. Dan yang kedua adalah kertas putih kosong. Mana yang akan anda pilih untuk ditulisi? Tentu anda akan memilih kertas yang kedua. Begitu juga ide. Ide tidak akan muncul dari pikiran dan jiwa yang semrawut. Jika memang pikiran anda dipenuhi dengan masalah, bacalah ini: Semua masalah yang anda hadapi sekarang adalah sebuah tantangan, anda harus menemukan pemecahan masalah yang tepat. Itulah kenapa anda butuh kreativitas. Jadilah kertas
  16. 16. 4. Ambil Resiko, Jangan Ambil Dosa! Ada orang yang takut mengambil resiko, maka ia tidak akan bisa maju dan tidak mendapat pengalaman. Ada orang yang selalu merasa tertantang ketika dihadapkan pada resiko, maka ia akan hancur karena tidak memakai perhitungan. Orang kreatif berani mengambil resiko, tapi tetap takut melakukan dosa. Contohnya anda sedang kehabisan uang di jalan, lalu anda mengambil dompet orang lain (mencopet) dengan trik sedemikian rupa karena anda kreatif. Ya, anda berani mengambil resiko babak belur dihajar warga kalau ketahuan. Tapi tetap saja anda berdosa. Saran saya, izinlah terlebih dahulu kepada pemilik dompet dan tanyakan apakah dompetnya berisi uang atau hanya dipenuhi dengan struk belanjaan.
  17. 17. 5. Pedulilah Pada “SAMPAH” Anda tidak kami sarankan menjadi petugas kebersihan, meskipun itu pekerjaan halal dan mulia. Tapi cobalah melihat apa yang tidak orang lain lihat. Cobalah peduli pada apa yang orang lain abaikan. Karena “sampah” tidak selamanya harus jadi sesuatu yang terbuang. Di tangan orang kreatiflah sampah memiliki nilai lebih dan berguna bagi orang lain. Pikirkan apa yang sebelumnya tidak dipikirkan orang lain. Jangan takut dikatakan ‘gila’. Karena tidak ada manusia yang benar-benar waras di dunia ini.
  18. 18. 6. Buang Ide-Idemu! Mempunyai banyak ide bukan hal yang baik. Sama seperti terlalu banyak minum obat. Yang tadinya dipercaya membawa kesembuhan, malah bisa membuat anda overdosis. Buatlah catatan kecil yang siap anda tulisi ketika ide muncul di otak anda. Dengan begitu anda tidak akan melupakan ide cemerlang anda dan catatan kecil tersebut sangat berguna untuk menjadi akar pikiran anda ketika menemui jalan buntu. Fokuslah selalu hanya pada satu ide untuk anda kembangkan, rencanakan, lalu lakukan!
  19. 19. 7. Mulailah Mewujudkan Kenyataan “Ilmu tanpa amal adalah gila Amal tanpa ilmu adalah sia-sia” Imam Al Ghazali Setelah memaksimalkan fungsi otak kanan untuk berpikir dan berimajinasi, kini sinergikan dengan otak kiri untuk merencanakan, memperhitungkan, dan berusaha mewujudkannya menjadi nyata. Jangan jadi seorang pengkhayal, jadilah agen perubahan dengan ide kreatif!

×