Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Worldview Generation

437 views

Published on

Presentasi dari Pdp. Toninardi Wijono, S.Psi.

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Worldview Generation

  1. 1. GENERATIONWorldView Toninardi Wijono, S.Psi, CBA
  2. 2. Bagan Generasi oleh George Barna & DR. Tim ElmorePokok GENERASI GENERASI GENERASI GENERASI GENERASIKepemimpinan Terdahulu Silent Baby Boomer Pemusnah/X Millenium (Y) 1900-1928 1929-1945 1946-1964 1965-1983 1984-2001Pandangan Nasib telah Beruntung jika Anda berutang Hidup seperti Kembali pada sayatentang dunia ditentukan dapat bekerja dengan saya sebuah kafetaria BertahanSikap pada Hargai mereka menghadapi Mengganti mereka Abaikan mereka Pilih merekaotoritas merekaPeranan Pusat: Jangka Panjang Mencolok Terbatas manfaat MenyeluruhHubungan Memperhatikan Berpegang padaSistem Nilai Tradisional Kolot nilai sendiri Media Berpindah-pindah Sangat berarti Berfokus pada Hal yang Suatu kesempatanPeranan Karier Kesetiaan bagi kehidupan pusat mengganggu melayaniJadwal Bertanggungjawab Lunak Tidak beraturan Tidak bertujuan Mudah berubah Berharap dapatTeknologi Apakah itu? menggunakannya Menguasainya Menikmatinya MemperbudaknyaPasar yang Barang kebutuhan Barang dagangan Layanan Pengalaman Perubahan bentukdikenalkan sehari-hariPandangan Berusaha tidak Tidak Tidak pasti Ciptakan OptimisMasa Depan goyah berpengalaman
  3. 3. GENERATION (i)Y 1984 (1990) – 2001 (2007)HIDUP SEPERTI KAFETARIA Banyak pilihan dan mendapatkan kesempatan untuk memilih seperti di sebuah swalayan dan kafetaria. (banyaknya fenomena “keanggotaan” ganda)OTORITAS: PILIH MEREKA Mereka memilih pemimpin yang sesuai dan setuju dengan nilai serta mendukungnyaHUBUNGAN: MENYELURUH (Empati Rendah) Dapat berhubungan secara global/universal tanpa batas. (Empati rendah dalam pergaulan, egosentris, makin kuat pengaruh teman dalam gaya hidup)
  4. 4. GENERATION (i)Y 1984 (1990) – 2001 (2007)SISTEM NILAI BERPINDAH - MEDIA Sistem nilai mudah berubah dan media ikut terlibat dalam penyusunan nilai-nilai tersebut. (Kematangan tertunda)PERAN KARIER: KESEMPATAN MELAYANI Mereka memilih pemimpin yang sesuai dan setuju dengan nilai serta mendukungnya (terlibat dalam tanggungjawab tapi tidak mendalam –slack-tivis)JADWAL: MUDAH BERUBAH Karena kecepatan informasi dan perubahan maka menuntut terjadinya perubahan dengan mudah.
  5. 5. GENERATION (i)Y 1984 (1990) – 2001 (2007)TEKNOLOGI: MEMPERBUDAK (atribut/pelengkap) Sangat tergantung dengan teknologi. (Teknologi menjadi bagian pelengkap yang membangun self image)PASAR YG DIKENALKAN: PERUBAHAN BENTUK Menuntut pasar yang memberikan pengalaman yang bisa merubah dirinya.MASA DEPAN: OPTIMIS (Kebingungan) Keyakinan mereka untuk mampu mengubah dunia, yakin dapat memperbaikinya. (Perubahan yang begitu cepat baik alam maupun sosiopolitik membuat kebingungan)
  6. 6. OVER DOSIS!
  7. 7. PERUMPAMAAN AFERTSHOCKNEVERLAND ATHROPY

×