Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Mekatronika No 2 Artikel UFO

478 views

Published on

Ditawan makhluk UFO, halaman 42-48

Published in: Education
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Mekatronika No 2 Artikel UFO

  1. 1. • • , • • • • • • • • ••, • •• • •• • • • • •• , • • • • -• • • • • • • • -- .... .. • • .. - • • •• ..• • - •• • • • " • • • '. '. • • .... • • • , • -. • • • • • • • • •
  2. 2. feature- - . -... reportase condon • I Pada nomqr lalu Mekatronika telah mengisah- kan usaha manusia dalam mencari dan membuktl- kan adanya ETI, singkatandari Extra Terrestrial Intelligence being, nama bagi makhluk cerdas dari angkasa luar. Dan kepenasaranan manusia Bumi tercerminkan pula dalam proyek-proyek angkasa luarnya, seperti m is} pesawat angkasa luar tak berawak Mariner dan Viking yang mengemban tu- gas untuk ' menemukan tanda-tanda adanya kehidupan mikrobial di pia.net Mars didalam membuktikan kemungkinan adanya bentuk kehidupan di lua r Bumi, yang mungkin saja di sua- tu tempat jauh di dalam angkasa luar, bentuk kehi- dupan seperti itu telah berkembang menjadi masya rakat berbudaya yang cerdas da.n telah sampai kepada abad teknologinya. Sementara manusia sibuk dengan usaha.nya itu, sejak tiga dasa warsa ini banyak diperoleh pengamatan secara tak sengaja terhadap muncul- nya benda-benda terbang aneh di atmosfir Bumi . Menurut dugaan, benda-benda aneh tersebut bu- kan merupakan produk dari teknologi manusia Bu- mi, karena benda terbang itu sering melakuka.n gerakan-gerakan yang menentang hukum·hukum aerodinamika dan diluar batas kemampuan flslk manusiawi bagi para pengendaranya. Benda ter- bang ini, yang kemudian lebih dikenal sebagal UF'O, singkatan dari Unidentified Flying Obyect / benda terbang tak dikenal, atau Flying Saucer :: piring terbang, haruslah datang dari suatu' masyarakat dengan teknologi yang sudah lanjut. Dan ternyata benda terbang ini tidak hanya meUn- tas di ,atmosfir Bumi saja. melainkan sempat melandas. Bahkan dalam beberapa pertstiwa UFO terdapat sesuatu yang luar biasa, d1mana para pengendara UFO itu (ETI) sengaja melakukan komunikasi dengan beberapa manuaia Bumi diber· bagai tempat dengan cara·cara yang aner sebagaimana yang pernah dialami Herbert Schir mer, seorang poUs! patroU jalan raya dl Ashland daerah Midwest, Amerika Serikat. Berikut inl ada· lah kisahnya. , • •, Herb rt chtl'",.r 'end ebru"". pad. DInIbari yaug tak te..Jupabn. mukanya. p41ndmp&lll&n ray. edan 83. meUMt 'l.atu benda yan. dULrw . Din1harl tanggal 3 Desember llMl1 dibuyarkan oleh lolongan anjing menem· bus kegelapan dibaglan uju"&, kot&. Se- ekor lembu jantan menendang·nendang- kan kakinya menerjang pintu Herbert Schirmer yang tengah m~ darat mobll patroll dalam dJ daerah ttu tlba-tlba ee· akan-akan ada seauatu yang ganjll tenph terjadl Dla mengh.nUkan lIlobtlnya eeje oak dar memertlwa iJUltu-plntu aerta jendela motJUnra. Kemudian die. kea- dull Mldtar meJ&lu1 Jam menunJukJraD 01.10 lletlka eli IrunJi cahay. bertleUp-k.llp Mulanya dJa men1_.... benda ltu blwh truIl. til. kell.. lam· pu eem.r untuk me,..tahul Ie· bUl JeIU...tJilk" terMbut ..lk lie anck'" dan K."h Uba dI nllnalm,. pqI hart ltu. dla upaanya penlnl daft ttdUr. K...nldlu bqIIIIl leber . teUnp IdrtDJ& jalur.....u.•.... ClaDdra .... Mekatronika No,2. Oktober 19" : u.f.o. , rnber • • • "• • ••, . . ,, . . ~ , • • • • UFO - == '± , • • •• • • • •
  3. 3. I • • • Mekatronlka No.2, Oktober 11l'n • 'I • • • • • • • • • • Kemudian salah ,rseorang" me~· hal1,lplri bagian depan mobil dan me· ngeluarkan sebuah alat· berbentuk lucu. Sessat kemudlan darl alat tersebut memancar sejenls gas beIWarna kehljau, hljauan dan menyelubungi mobil. Semen· tara "seorang"lagi membldtkkan sebuah alat semacam pistol kepada saya. Alat Itu memancarkan cahaya terang seperti lampu senter. Selanjutnya saya tidak ingat apa·apa lagi, semuanya menjadi ge· Ia "P ................ Ditawan dalam kabin pel!l&wat angk..... Sketea darl sebuah plring angkatan udara Holloman. rerbang yang pernah I melayang dekat. pangkalan ...........saya tiba.-Uba menggelusur dad tempat duduk sampai bersandar ke jendela mobiL ...... , salah seorang penghu· ni pesawat itu mencengkram dan mene· kan pundakku ...... aduh. sungguh menyakitkan.......saya diberdirikl!.n di samping mobil. Orang itu menatap lang· sung ke mata saya. Saya Udak menyukai caranya menatap... .. ...dia bertanya kepa· da saya; apakah anda seorang pengawas di daerah ini?.......saya Udak menyukal pandangan seperU itu.......dia menunjuk [e bangtman pemballft'kit tenaga listrlk dan bertanya: Apakah hanya Inl sumber pembangkit tenaga yang anda pu· nyal?.......Dia bertanya juga tentang tern· pat persediaan air (water recer· voir) .......saya bertanya kepadanya, apa· kah dla ltu berwujud......Dla menceng· kram bahu saya.......Oh Tuhan! benar·be· nar saya Udak seda.ng mimpl! Dia benar· benar ada......Dia bertanya. apa saya bermaksud meninjau kapalnya......Tldak! ........DIa berkata bahwa saya blsa masuk ke dalam kabin mereka untuk beberapa menit........ • minum aspirin sepert! makan kacang go-.. reng saja. Anda t!dak akan bisa menjadl petugas patroli yang balk jlka selalu dihantuJ oleh persoalan·persoalan pri., . bad!, Karena itulah saya mengundurkan dirl", kata Schirmer. Seseorang di Ashland menyarankan agar dta menghubungi Eric Norman, se· orang penerblt yang sudah sering menulis tentang UF'O di majalahnya. Schirmer . menurut dan menceriterakan pengalamannya. Norman menjanjlkan suatu perremuan dengan Loring G.Wil· llam. seorang akhll hlpnotls. Maka 6 bUlan sejak perlstlwa itu, yaitu pada tanggal 8 JUni 1968 di Des Moines, Iowa, Schirmer menceritakan seluruh pengalamannya di· bawah pengaruh hlpnotls, seolah merna· kat "mesin waktu", kembali ke maaa Iampau menjalani perlstlwa itu'lagi. Dan wawancara terjadi melalui alam bawah !!8dar yang kisahnya dap.at dilkuU berikut Ini. • 8end& menyllauksn dJ aDJalaa. . .................Jelaa oonar benda itu, aemacam bola rugby berukuran besu terbuat dari logam dengan sinar keperak· perakkan kemUau menyelubungi. Sese· kaU berkllatan cahaya merah yang me· nyorotamat tajam, simpang·s1ur. . . dalam plktran hendak meng· hubUngi poUst d1 Wahoe, Nebraska, tetapl ternyata alat penghubung Udak dapat beker,la. Padaha!aaya yakin bellar, peaa- 'Nat penghubung itu maB1b dapat denpn dan aelalu q~ri. . . . larnpu aentel' mobU saya nyala- . ken,,,,1'dapat meUhat benda ltu leblh je· 1aI, ~t1ba d1a da:1jalan raya .tara aer· • • • raya ltuyang saya yakin Udak mungkin dapat didarat! sesuatu.• Meskipun hat! kecut dan jalan ke ladang itu penuh lumpur, namun mengingat tanggtmg jawab akan tugas yang saya pi. . kul. maka saya majukan mobil meng· hampirinya. Ah, pantas saja dia blsa mendarat disana karena benda itu ber· kaki 3 buah yang menjulur dari bagian bawahnya. Dan darl sisl atas benda itu tampak semac!Uli tele"skop menonjol • • 1(elu/lr. . . Saya ingin lari, tetapi ada "sesuatu" dalam flkiran yang menghalangl maksud tersebut. Bahkan ketlka saya hendak mencabut pistol sewaktu dari dalam ben· da itu keluar beberapa makhluk seperti manusla dan menghampiri mobil saya, "sesuatu" itu juga melarangnya. dan sa· Yl1 t1dak mengertl kenapa mau menurut. • • Dl bagian bawah pesawat itu tampak sebuah lubang bulat terbuka dan sebuah tarigga menjalur ke tanah. KeUka saya memasuki pesawat. balk logam tangga maupun peralatan didalam pesawat tera. Bekas pendaratan piring terbang di sebuah ladang kacang bWlCls di Van Horne, Iowa, bulanJuli 1969 dengan garls tengah kira·kira 34 meter. • •
  4. 4. • , ...__.- .. dlngtn yang fineh. Menurul ukuran klta.. says be-meta etl dillam pe81Wat Itll (Ie· lamn 111 menU. Saya dl "wawanearal" oleh IWmtmptn awnk k(l.pnl dan dl berl P'!'njelasan bnhwll I!(Ralll mll.eam pera· IW.lUI dan jalnn plklran Bayll dl rekam seluruhnYI 8!'bngat data·data buat mere· lot. nlUl dlkalllklumYIl bl.hwa hill In! se· 10.11 d11lkukannya !lIlllAp mer eka menga· d'lklln kontnk denglUl p nduduk Buml. • , • • • , • , • • • .' • • ., '. . •, ,, ", , • ,. UFO yang perJlA,1) dlUhat dan berhalll dlabadlkan. melayang rendah di dataran San JOlJe de Valderal. Spanyol. bulan Jul! 1987. Perhattkan gambar Trtaula di duar pe8awat Saya berdtrt dl dalam leblla~ ruangan berukuran 20 x 20 kak1. Atap Ianglt-IlUJ$lt pelawat Itu tlngginya 8 kakl. pene· ranian dl dalam pe8awat Ja- lur.Jalur yang terdapat dl atap Iangit-la. ngJt dan 'berwarna .kemllau kemerah· merahan. Dua buah kural denpn san· daran berbentuk legi t1ga ruangan dengan meja pengontrol. Dl meja kCA'trol aebuah rnel.eka.t ~e de.... • , • , •• , Mekatronlka No. 2. Oktober 1977 f , • kak!, rnengen kan pakalan seragam bel" warna abu·aou keperakan yang ketal. memakat sepalu dan Barung tanglUl. Pada baglAn kirl <ladanya melekat sebuah em· bllrn berbentuk naga bersayap. Krah kemejanYfl bersatu denglUl tutup kepalA lleorflng pilOt. Pada tutup kepalA baglan kirlnya terdllpat antena kecH. Bentuk kepala mereka lonjong tlpls. leblh pan· jang darl kepala manusla Buml. Mulut· nya hanya merupakan sebuah celah yang tldak perriah bergel'ak. Matanya miring tanpa memberlkan kesan sepert! alat pengllhat, tetapl t1dak buta. Pupllnya selalu bel'gemk melebar dan menyempll sepel'tl gerakan lensa kamera,! ! Beraaal darl galalall tetangga klta Kemudlan dla menawarkan. apakah saya berkelnginan untuk melihat bagal· mana peralatan mereka bekerja. PeraBean saya mengatakan tidak. sebab BRyn Ingln pulang. Tetapi ada sesuatu kekuatan yang mengharuskan saya bel" kata "ya". Din memperllhatkan sebuah ben<la yang mlrip dengan komputer. Dla menekan tombol dan aebuah pita mulal berputar............,...,bulu kuduk saya ' meremang.....,.Dla menggerakkan se- buah tombol pada mesln ltu. Melalul . perasaan Barn seolah·olah dia member!· tahukan sesuatu, Perasaan saya jadl ti· dak tentram.......dln bieara......dia memo berltahukan bahwa 1ni adalah sebuah pesawat observasl dengan 4 orang awak kapa!." Williams: AV,keb dla ~e.ubuD" __ a1an melalu1 peraaaaD T Schirmer: Serasa dengan keduanya. Nampaknya mereka berblcara sesama kawannya melalul anlena pa<la tutup ke· pala mereka. .... Salah seorang yang bel" bicara pa~ saya. pembiearanY!l dengan meng~nakan suara.. dengan . Inggrls .yang patah.patah. Sueranya sangat aneh dan dalam sepert! bukan keJlIar darl muJutnya, Saya tldak blsa melukiskan secara Din mengatakan bahwa: mereka belajar bahaaa Buml melalui semaeam meaJn. Pereaaan saya mengatakan bahwa mere· ka mempunyai aemaeam kompuler untuk bisa berblcara dengan bahaea apapun .d1manapun mereka akan mendarat. D1& menerangkan bahwa mereka beraeal dart galakll klta, memo punyal pusat pangka1&n dl Venus dan beberapa planlt la':1 daJam alatlm g&lakel Bima SakU. D1 annl juga mereka punya pangkalan Utama terletak dibaWah laut- an dl aekltar Pantal Flonda. Merella jup punya pangkalan dillalah latu kutub. ler. ta pantai mempunyal antar planet yang terletall: jauh di luar angkua. 8ebuah "lcapal lnduk" membawa peaawat-pe.• ..wat plrlq ' dim diHbarkan ke PIIDI- . kaJaft-.pa2lgkalan elt Bamt. D.lam ....... _to til ttu Ire cIaJam fa""'-'" • • • Hasil sketsa manusla plr1ng terbang buat- an Schirmer yang perlJ8.h menawannya. Perhatlkan simbol naga dI dada dan ante· na dl tellnganya. elektromagnetik bolak·ballk. Sebuah rotor berbentuk kristal pada pusat pesawat mereka' menghubungkan dua t1ang besar. Din mengatakan bahwa ltu adalah reaktor..... daya ballk magnetlk dan enersi Ilstrik memungklnkan mereka mengontrol segala sesuatu mengenal kekuatan <laya tarik Bumi. Ruang dalam pesawat berbentuk plring dengan garls tengah sekltar 6 kak1. Plrlngan ltu digunaken sebagal alat penlnjauan serta penglbnatan yang bisa d1kontrol dari jauh (remote controlled). dan menyerap gambaI"gambar dan ke dalam layar TV. Pemlmpln awak kapal menyentll sebuah tombol dan muneullah sebuah layar yang menggambarilan keadean dl luar pesawat . Dua orang awak kapal bel" jalan h1l1r·mudlk aepertl pengawal. Me. reka berjalan dengan kaku serta skap ke· ras sepertl mlUter. SI pemlmptn menekan tombol lalnnya, 8 buah plr1ng terabang muneul pada Iayar membentuk luatu formasl dengan latar belakang blntang. blntang. Nampak gulWlan blntang Blduk (Big Dlwer) . DIa memo bert tahu bahwa lemna ltu adalah "pe.. sawat" tempur;" yanJt terbang dI , Salah latu dan 8 beku kald peawat UFO , yang dlketemukan d1 Ban Joe. clevalde- tal, ,
  5. 5. --. -- - - ....-. - -- . an/(klUIli luur IInlln nil m 'nuknr lag! ctlln pHctn laYlLr lllmpilk lIrbul~h J)emwn Inctuk mt'nctrkall lItlk (Oklil. Iwrb ntuk ('erut! aan~1l1 plU1jnng, j uh dlnlnll Huml Layer kf'murtlnn menjlctl R('ap Rf'anjlllnyn dill n1l'nllll'rllhnlkan l'l8RIlmlU1/ nnll'l lI.trlk bl!lH dllllll'lu11 darl knwlllrlll1l1mlsl yIlnj( herQlla <I 'kilt <It'kal "l'kllnr men..klt ilia nll'l1l'kan lombol. d(n lIlva mt'Hhat• !{'~I~U Yiln ' mlt1p nnli'ntL k hnwllh rtlUl ml'mlnjllk kt'lu'lh ko"'Ii . knWtl I tnlllllmllll.' Tombul lain dlh'kull. libn·tlbo (lmpak bI,'rkll pullh St'PI'fll bllnlotll upl IIl1trlk kt'· IlIlr diU I kllwnllmnllmlsl d~ n dltlUljotknp olf'h Ilnlt 111l . ,11 rum allLt pl'nClltllt (!(Iluge) ~ 'ida PI'NI""'II It'I . I-but bt'rR't'nlk Ilnlk, dan lllnln kt'mblill lalkalil nl'us IIstrlk dlkt'mhllllkan kl' sumbernya . 0111 ,nWnl'nllklUl hah"" nwrekll nwmel'lukan Desember 1973 di Tres Arroyos, Argen· tina. Seorang manullia plrtng terba.ng teo 1ah 'menemui' seorang penduduk ber· nama Ventura Maceiras (73 th). Perhat!· kan mukanya yang pipih dan k08tumnya. Akibat radiasi dari piring terbang yang mengenainya, di rahang Ventura telah tumbuh gigi.g1g1 baru sampat sebanyak 3 ltELli. . , sejl.lmlah kedl enersl lIstrlk dengan menyedot darl kawat·kawat transmlsl dl Bum!. untuk menggantl enersl l1strlk dalam bentuk medan gaya eleku'omagne tiB ,yang I Dlengel111ngi tubuh pesawat tat· kala mereka menctarat . Dlkatakannya bahwa medan elektromagnetlk yang me· peaawat merupakan .periBal peUnclm, mereka dalam melakukan penerbanpn antar i J)1nt&nlf· I Dia juga auatu Upe enerat yang. (apat dlperoleh darf ....r M· bahUl bakar peuwat (Red. dlmak.ut1 adIIlah enetll! oleb atorn claJaDl molekul ¥.:yan, melalul reakll tber- ya!ll tel'jacl daJarn BOlt) , :lltuI... rneWlat>....-t ltu • • Mt'klLtronlkn No.2 Oktober 1977 , 4 , , , did kat,d kat lIungal. ctanllu·denau dari raguan orang tentang terllhatn)'A lumb r air yang bOlar. pesllwat,pesawat UFO di daerah Air Tet'· i<t'mudlllrl Cllli menanyakan templtt jun Niagara dan New York, dlmana ter· porsl'tlla.lln lUI' dl Lincoln City. Terakhir dapat kawat,kawat bertegangaR' tlnggi, ctll nwl!.tllkklUl kedull tllngannyll. dl alas dan dapat dlhubungkan dengan periBttwa bnhu 81)111. 1>111 mengucl1pkan suatu kala 03.00 pagi, dan dia menuliB dalam bulru YUIi/( 8{blllumnYI1 belum pernah saya de· laporannya apa yang dla lngat. ngnr. Lnlu m('I'('ku mengantarken saya ke penggelapan b••ar·bellaran atall mobil ))UI~ C11llnlllranYII yang lInggal dl kehllangan kehUangan 8ruS liBtrik yang IUllr PIl!!Uwut. kemball malluk . Setelah ltu sampal soat inl belum terungkapkan de· 811Yll mellhllt kukl ptlHl1wal dllarlk ke da· ngan jelll.s. Schirmer dlberl tahu bahwa lam dun I:lcbuah cahayu berwarna oranye pesawat seluruhnya terbuat darl 100% ktWI'uhan meml1ncar darI baglan bawah. magnesium murnl. Sekeping bahan )englln sua.ra menderu pesawal tersebut magnesium tersebut leblh murni dari· ~~--------~---------- • I.- I I • • • I I • , , , I I, I • Skelaa manuala p1rlng terbang yang per'nah Charlea Hlckaon dan Cal· vln Parker dI Shaupeter Shlpyard, Pucajoula tanggalll Oktober 19'/8. nalk dan segera menghllang ke ang· kasa.! ! duabUla1l Schirmer ttba ell pomya leldtar jam Banyak hal .yang dlcet1takan weh mer .cocok dengan spekulaal menpnal l]FO yang sedang hanpt Demon_tram meDpnai penyerapan awn· . bel' tenap Umlk untuk dlrubah enefti, dengan dAnya pada yang biBa klta olah. 1m dlkemukakan kettka sebuah plrlng ter· bang menp.laml "kecelakaan;" pada pendaratan bulan September 11m dekatUbatuba, Bruma. Peaawat yang eIlpmbarkan SChll'iII.r serlng dJkabarlian melayang.IaYatIJI des'ekitar Italllun tena... atom, ...... f.ri8btan udva. 4an ce..~
  6. 6. , , Embllm berupa naga bersayap perna.h dlhldupkan dalam cerita legenda dlberbagal macam adat lstiadat dan kebudayaan dI seluruh dunla, Dewa serta pemegang kekuasaan tertlnggl zaman ku· no dI Mekalko,Quetzalboalt (yang berarij naga berbulu/bersayap) dlsebutkan se· bagal pember! almanak kepada manuala, kesentan, pengetahuan dan pemerin· t.ahan, 51mbul inl sampai sekarang maslh dlpergunakan dlMekelko, , Herlx>rt Schtrmer sebagaimana hampir semua "contacter" yang "balk" telah mengaJami pengecekan. balk-secara me· dis maupun psyhologis dengan sangat ccrmat tentang kesehatannya, keadaan keluarganya, latar belakang pekerjaan. nyu bersih tldak bercacat. Sebagai se. oran/:, saksl. dia Udak blsa dldiskreditkan. , Yang paling menarik dari wawancara , 7 7 Mekatronlka No, 2, Oktober 1977 , ; "' , , dlbawah pengaruh hipnotis itu iala~, keterangan Schirmer bahwa mereka membawa maksud·maksud dama! di Bu· m1 dan Udak perlu khawatlr, T~apl mereka maslh bekerja untuk dapat mengetahul tentang kita leblh pasti , Me· reka belum mempunyal ,poJa yang pasti dengan cara bagalmana mereka meng· hubungi klta, Dari kesempatan.kesempatan yang teo lah berJangsung seperti itu, kita Udak dapat menyelidiki atau mengenal mere· ka. Maslh akan banyak Jag! kontak·kon· tak. Tetapi mereka akan berusaha agar, seJalu menjadi teka·teki masyarakat . Mereka .tabu, sementara ini mereka ter· laiu sering menampakkan diri tetapi tetap setalu berusaha untuk membingungkan masyarakat. DJa memberltahu pada Schirmer babwa mereka ingin agar setiap " i , ,, orang percaya akail adanya merek., sehlngga klta akan bersiap dirt Il)eny~'" butnya, Dan bagl Schirmer prlbadi, yang paling mengesankan adalah pesan terakhir dart makhluk angkasa luar!tu kepadanya: "'Saya ingln anda Udak mengatakan bah. wa anda ieJah pernah masuk kedalam pesawat kaml. Anda harus mengatakan bahwa pesawat kami mendarat di per. slmpangan jalan, dan keUka anda dekatl, pesawat tersebut melesat ke angkasa dan menghllang. Hanya !tu yang akan anda katakan, tidak lebih. Anda tldak akan mencerltakan dengan jujur semua ke· jadian inl. Kami akan kembali dua kallla- gi untuk menemui anda...... 0 (Pari Beyond Earth: Man's Contact with UF'O). , ----BOXU.F.O.--____________________________________________________________________~__~--- • ~-, ( ( 1/' :. " /'-- ,..--, TENAGA NUKLIR DAR'I REAKSI PENGGABUNGAN INTI HYDROGEN• • -r -. -+'ID~ '--... I-, • ~. !5'X 10 6 e.Y os.OS x 10" ev • --_1 " 1.2 . 8 X 10 ' eV (1/',- ,M I .... _; , , ~ -, t , , "~ ',.'--4 I - -' =Itotop Hydrogen denll'n berat m_a 2. Diagram reaksi thennonuklir pembentukan inti Helium (He4 ) dan penggabungan inti Hydrogen =Isotop Hydrogen deDgan berat me., 1. 2He3 =Isotop Hellum denpn berat 3 ~+-PO"trOD -0 -Neutrino 4 2He =Isotop Helium denpn berat m"s. 4 T -FotoQ BwlAtkah cit dal&m Mtlap tetea air terkandunl t.- na,a yan, maIla dahayat? MjumJah tenapltu U:rl atau SaJab I&tu. berantal dapat dlP6ioleb dart aetetea air? Jawab dart ln1 membawa Jdt'a kepada huan fldta DIll1'. pada reaDl cu..but ..bap1 rule- al 7811' ell daJam pu- I&t matahart dan &tau d1 d&lam . . . . ~ memabllnU-lnU Hydropn reaIW. ( lnU ..,... Dart. 1 dapat feaUl an bom Hydlopn H)• ...... paaMI nllat jutMn 1'Mb(. lDl
  7. 7. • • , MekatronlkaNo. 2, Oktoberlln'7 == ='= , , • _-BOXUl"O(lanjutan)------_-_______________________"""-____ , aerlng juga dinamakan sebagat Deuteron (102). Dart r68ksl1nl dlhasllkan pula parUkel·parUkel positron ( sambU mem- adalah parUkel-partlklll poslUp yang berberat musa sarna de. ngan elektron (e- ) yang bermuatan negatip kira-kira o,oooM86 a.m.u. (a.m.u. = atomic maM unit =satuan me..a atom). Karena ltu positron sering juga cUsebut sebagat parUkel ~ahaya Bheta poeltU/elektron poaltlt (e + ). Sedangkan netrlno ( ) adalah partikel tak bermuatan (netral) dengan berat massa leblh kecH dan 0,0002 a.m.u. eV, atau kependekan dan "elekctron Volt", adalah merupa- kan satuan eneral yang senng dlpergunlikan untuk meng- gambarkan Ungkat tenaga dldalam Flslka tnti. Satu eV dlde· tin1sikan sebagal enersl ktneta yang d1mUtki oleh satu ..tuan muatan elektron dldalam auatu medan llstrlk berkekuati.n satu Volt • • &en 1Hl yang lain dapat diambU dart helU mata rantai sebelumnya, dengan total enerl1 Y&nB dlbebukan ..be- lIAr 2.,7. juta eV. Atau secara keleluruhan dap"t da- lam : 4(lHl)--12He4+2(lHl)+2J! +2-6+ 21'+ 24,74jutaeV. Dari persamaan ltu terllhat bahwadalam satu mata rant.1 pembentukan Inti Helrum ~ tnl akan terbebas enersi sebesu 2.,74 juta eV. Dan reaksl ranta11nl berlangsung ber~llyar kali dalam satu dettknya untuk berm1lyar tntl·tntl Hydrogen. Sehlngga.dapat dlterlma akal bUa panas yang terjadl dl dalam pusat Matahart serta blntang-btnt&nB mellputl harga 30 juta derajat Celclus. Perro dlcatat bahwa datam aetiap penggabungan lntl dlbutuh· ~ : .~; . Gambaran dahsyat dari sebuah ledakan bom atom yang pe,·nah dicoba oleh Amerika Serikat di seblJah atol di laut Pasifik Selatan. Bentuk cendawan seperti yang tampak adalah uap air laut sebagai akibat panas yang setara dengan sejuta derajat pada pusat ledakan. Karena ledakan in i atol dimana ledakan tersebut dicoba, menjadi hilang tak berbekas. Tetapi diluar dari kedahsyatan ini , sampai kapankah manusia mau m: nghentikan nafsunya karena alasan-alasan kemanusiaan, sehingga ledakan-Iedakan dahsyat semacam itu dapat dialihkan pada hal-hal yang bermanfaat bagi ke'berlangsungan hidup manusia yang tentram di atas planitBumi ? • Tahap bertkutnya mas1ng-mutng 2 tnti cU atas akan berp-bung dengan 1 inU Hydrogen 1H1 mem- bentuk tnti ~e~, yattu suatu i80top atom Hellum dengan berat massa 3, sambll melepukan enersi sebesar IS,IS juta eV dan parUkel-parUkel foton (T). ParUkel foton adalah merupakan parttkel cahaya ( elektromagnettk), bel'liluatan tak bermassa. Tetapi reaklli1ni belum berak- bir, karena 2 buah ~ti Helium ,He3 yang dthas!Jkt.n oleh reaksi tahap kedua dJdaJam satu mata rantai reaksl in1 akan bergabung melljadi satu, menghalllJk~n inti Helium 2Ha'. yaitu i.otop atom Hellum bennaaaa., daIl2 buah inti pn IHI aambll membebaskan sejumlah tenaga ..tara deqan lJ.8 futa eV. + raDta1 .Darl diagram dapat dillhat bahwa dalam latu m.:a kan sejumlah tenaga untuk menghllangkan g8¥a tolak Coloumb, , seh1ngga inti-inti teraebut dapat berdelta "bersatu". Dan tenaga in1 berupa pe.naa. mellputl jutaan dera- jat Celclus yang dlambU dart panu reakat lebelumnya. Dart IIDl Umbul pel1aDyaaa. darl p..... aD_ menyeleD~""1uut .....ta mDW reabl ,._, peJ1llma IlaUt. Belum para akhll untuk menpta.. kan aecara seragam .lam menjawab terMbut yang terjadl dldaJam puaat Kataharl trtau bltU.nl-bintanl. Tetapl untuk menyelenlluakan sebush bam enerl1 panu mula-mula inS da- n pembelaban lott, aepert1 naka1 yana -lane- IUDC cUdaJam aebush bum Atom (denp.n "bahaD baIlu'" U.... nium &tau Plutonium), leperU yana dI,1atuldran dl Iltroebtma dan NquaJd pacta tahun 1116 . l'eakli pembentukan inti Hellum JH~ Hbenamy& hllD)'a dlperlukan • buah inti HydrOgen 1Hl ~ja. lw'ena 2 inti ~ -------------------------------------
  8. 8. J I Mekatronika No.2, Oktober 1977 , , • --BOXUFO(lanjutan)------- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - • Bagwmanakah dida.la.m pra.kteJmya reusl thermonukllr Uu diselengga.ra.kan '/ Secara sederhana dapat dikatakan bahwa air murni (HzO) merupakan sumber inti-inti Hydrogen yang sangat mudah dan murah diperoleh. Sejumlah volume air murni inl ditempatkan dalam suatu ruangan yang mengelilingi pusat reaktor dimana reaksi pembelahan inti akan berlangsung, yang akan menim- bulkan panas mula yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan reaksi thermonukl1r. Segera setelah reaksi pembelahan inti dimulal, maka panas yang timbul akan menguraikan molekul ' H20 dalam komponen-komponennya dan melucuti inti Hydro- gen dari elektron-elektronnya serta mereduksi gaya tolak- menolak Columb yang terdapat diantara inti-inti itu, untuk ke- mudian inti-inti Hydrogen bergabung. Apablla memang yang dimaksudkan oleh makhluk-makhluk UF'O dengan enersi yang tersimpan di dalam" seperti yang dikatakan Herbert Schirmer didalam kasus Condon di muka adalah enersi inti yang bisa diperoleh dari penggabungan inti Hydrogen melalui reaksi thermonuklir, maka berarti makhluk- • makhluk tersebut telah sampai pads. tlngkat tlmu dan teknologl yang sangat Ianjut,sehingga dapat "mengendallkan" dan memanfaatkan reaksi thermonuklir teraebut ke daJam ellerai mt:dan elektostatis untuk member1kan tenap bagi peaawa.tnya di dalam menjalanl penerbangan antar blntang menJeI.aJaht angkasa raya. Sementara bag! makhluk-makhluk Burnt hal In! maslh sangat muskll untuk dila.ksanakan. karena berarU mengendalikan sebuah "bola-matahari" kecU di datam auah.! raktor nukllr, mesklpun baru-baru 1n1 para akh.ll telah mulal mellhat kemungkinan dapat dJselenggarakannya peniga- bungan inti di daJam reaksi thermonukJir yang "dingln" de- ngan bantuan cahaya laser. 0 • Relerensh 1. Irving Kaplan _ "Nuclear Physics", Add1M>n ......ley PubIs, Coy, Inc; New York, 1964. 2. M.Haln.'1lnsky - "Nuclear Cheml8try and Ita pl1catlons'·. Addison Wesley Publ., Coy, Inc. New York . 19&4 • 7 • • • , 7 ,, ' , • 2 7 , j manUSlamem ?• Berkenaan dengan sering munculnya benda-benda terbang aneh yang dikenal UFO itu sejak setelah perang dunJa kedua, suatu wak- tu pernah tumbuh spekulasi diantara para pejabat mUlter Amerika. !'lpekulasi Itu mengatakan bahwa mungkln sekal! UFO tersebut merupakan hasil teknolog! penerbangan dari para sarjana Rusls untuk melengkapl sistim pertahanan udara negara komunl Itu. 8t'- hingga dengan sendirinya dlklrimkanJah beberapa surnl t glJ/'1I,fI sampai pernyataan protes yang dlalamatkan kepada 5 meniAra poe_ jabat m1llter Rusia, untuk UFO-UFO yang telah "sempat" m n.gI. dara dan mendarat di beberapa dataran dl Amerika. Oal m d itu dugaan yang sarna juga tlmbul darl kalangan pej bat R . bahwa mungkin UFO merupakan hasU teknologl mutakNr darl LMl sarjana Amerika, dimana telah beberapa kall berhnsll mtolantl dl tempat-tempat terpencil dar! negara ltu. Namun, terlepas dart masalah tuduh menuduh dlantara kt'dua negara besar itu, dengan dlam·d!am tanpa mengambll perhatlan masyarakat dunla, sebenarnya para sarJana telah lama membuat perhitmgan-perhitungan dan percobaan laboratorium jauh maksud-maksud polltik, melainkan guns menjawab tantangan tek- nolog! UF'O yang selalu merisaukan mereka dltengah-tengah kete- garan kemajuan salns dan tekllolog! yang ada. Dan..._hasUnya la- ngat mencengangkan bag!slapa saja ! "Per.ngApa dan mengapa? Apakah sebenarnya UFO? Benarkah UF 0 berasal dari angkasa luar? Mungklnkah UFO dlbuat 01 h manusla Bum!? ml1' flU$ d. I nYI d. Secara llmJah pertanyaan-pertanyaan eM atas akan anda temukan jawabannyapadapenerbitan MIl:KATRONlKA nomor mendatan, [ IUlr. Q "dun limu Da.pat dipesan Hobby-kit "'Marl tas untuk Bahan pembuatan Pola Potongan se.t'ta Logo "ME". Lembu satu unit matkan anda BlgiaD d1ln~. -' dari Kit ru mtn .I!dIIl,n I • ! 2 , ,II" . , ..' •

×