Pengantar ilmu ekonomi - elastisitas

12,765 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Pengantar ilmu ekonomi - elastisitas

  1. 1. PENGANTAR ILMU EKONOMI ELASTISITAS Nugroho Purna Yudhanto 211150232
  2. 2. PENGERTIAN ELASTISITAS Secara umum, elastisitas adalah suatu pengertian yang menggambarkan derajat kepekaan/respon dari jumlah barang yang diminta / ditawarkan akibat perubahan faktor yang mempengaruhinya.
  3. 3. MACAM - MACAM ELASTISITAS -Elastisitas permintaan (price elasticity of demand) -Elastisitas permintaan harga -Elastisitas permintaan pendapatan -Elastisitas permintaan silang -Elastisitas penawaran (price elasticity of supply) -Elastisitas penawaran harga -Elastisitas penawaran pendapatan -Elastisitas penawaran silang
  4. 4. ELASTISITAS PERMINTAAN -Elastisitas permintaan harga adalah tingkat kepekaan relatif dari jumlah yang diminta konsumen, akibat adanya perubahan harga barang. Dan paling banyak digunakan untuk mengukur dampak perubahan permintaan atas perubahan harga -Elastisitas permintaan pendapatan Merupakan koefisien yang menunjukkan besarnya perubahan permintaan akan suatu barang sebagai akibat perubahan dalam pendapatan konsumen -Elastisitas Permintaan Silang adalah perubahan permintaan atas dua barang apabila terjadi perubahan kedua barang tersebut.
  5. 5. 5 BENTUK ELASTISITAS HARGA PERMINTAAN a. Permintaan elastis b. Permintaan elastis uniter Apabila perubahan harga mengakibatkan perubahan yang lebih besar dari jumlah barang yang diminta, disebut dengan elastisitas yang elastis (elastic), dimana besar koefisiennya adalah lebih besar dari satu (Eh>1). Apabila persentase perubahan harga sama besarnya dengan persentase perubahan jumlah barang yang diminta, disebut dengan elastisitas yang unity (unitari), dimana besar koefisiennnya adalah sama dengan satu (eh=1) c. Permintaan in elastis Apabila persentase bentuk kurva permintaannya membentuk sudut 45 derajat perubahan harga mengakibatkan perubahan kenaikan jumlah barang yang diminta yang lebih kecil,disebut dengan elastisitas yang in elastic dimana besar keofisiennya lebih kecil dari satu (Eh<1).
  6. 6. 5 BENTUK ELASTISITAS HARGA PERMINTAAN d. Permintaan sempurna merupakan tingkat yang paling tinggi dari kemungkinan elastisitas, dimana respon yang paling besar dari jumlah barang yang diminta terhadap harga. e. Permintaan in elastis sempurna Kurva permintaan yang tidak elastic sempurna (perfectly inelastic), ini merupakan tingkat paling rendah dari elastisitas, dimana respon yang jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga adalah sangat kecil.
  7. 7. FAKTOR YG MEMPENGARUHI ELASTISITAS HARGA PERMINTAAN -Tersedia atau tidaknya barang pengganti di pasar -Jumlah pengguna/tingkat kebutuhan dari barang tersebut -Jenis barang dan pola preferensi konsumen -Periode waktu yang tersedia untuk menyesuaikan terhadap -perubahan harga/periode waktu penggunaan barang tersebut. -Kemampuan relatif anggaran untuk mengimpor barang
  8. 8. ELASTISITAS PENAWARAN -Elastisitas penawaran harga diartikan sebagai suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perubahan harga, penghitungan elastisitas harga penawaran sama dengan penghitungan pada elastisitas harga permintaan. -Elastisitas penawaran pendapatan Perubahan (peningkatan/penurunan) dari pada pendapatan konsumen akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perobahan tersebut diukur dengan apa yang disebut elastisitas pendapatan. -Elastisitas penawaran silang Permintaan konsumen terhadap suatu barang tidak hanya tergantung pada harga barang tersebut. Tetapi juga pada preferensi konsumen, harga barang subsitusi dan komplementer dan juga pendapatan.
  9. 9. Dua faktor yang penting dalam menentukan elasisitas penawaran berbagai barang, yaitu 1. Sifat Perubahan Biaya Produksi Penawaran akan tidak bersifat elastic apabila kenaikan penawaran hanya dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi. Bila biaya tambahan yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi, penawaran akan bersifat elastis.
  10. 10. Dua faktor yang penting dalam menentukan elasisitas penawaran berbagai barang, yaitu 2. Jangka Waktu Analisis Dalam menganalisis pengaruh waktu kepada elastisitas penawaran, dibedakan atas 3 jenis jangka waktu,yaitu : 1. Masa sangat singkat, yaitu :masa waktu dimana para penjual tidak dapat merubah penawarannya (penawaran bersifat tidak elastic sempurna). 2. Jangka Pendek, dimana kapasitas alat-alat produksi yang ada tidak dapat ditambah, kenaikan produksi dilakukan dengan cara menggunakan faktor-faktor produksi secaca lebih intensif. 3. Jangka Panjang, produksi dan jumlah barang yang ditawarkan dapat dengan mudah ditambah dalam jangka panjang
  11. 11. PENGANTAR ILMU EKONOMI TERIMA KASIH Nugroho Purna Yudhanto 211150232

×