Ppt seminar bahasa (nur chayati 10410227 7 e)

321 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
321
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt seminar bahasa (nur chayati 10410227 7 e)

  1. 1. Nur chayati 10410227 7E
  2. 2.   Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang dimiliki seseorang untuk mengetahui segala informasi entah itu pesan tersirat atau tersurat. Membaca cepat merupakan kegiatan membaca yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi secara cepat. Membaca cepat merupakan keterampilan membaca yang mengutamakan kemampuan pikiran dalam menafsirkan lambang--lambang tertulis.
  3. 3. Berdasarkan Pengamatan dan hasil dilapangan di SMA Negeri 15 Semarang, dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa indonesia pada standar kompetensi menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit). di kelas X SMA Negeri 15 Semarang. Hanyalah biasa-biasa saja, guru hanya memberikan materi saja dengan metode ceramah sehingga membuat siswa bosan dan menjadi mengantuk. Kegiatan membaca cepat dilakukan hanya sebentar saja, guru kurang memperhatikan apakah siswa sudah paham atau belum. Sehingga kemampuan siswa dalam kemampuan membaca cepat sangatlah kurang. Saya menawarkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), konsep belajar yang membuat siswa menjadi aktif dan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.
  4. 4.  Metode observasi adalah Observasi (observation) atau pengamatan merupakan suatu tehnik atau cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Penelitian ini dilakukan, saat waktu ppl di SMA N 15 Semarang.
  5. 5. CIRC merupakan singkatan dari CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), salah satu tipe model pembelajaran kooperatif dan merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok). Yakni membaca materi yang diajarkan dari berbagai sumber dan selanjutnya menuliskannya kedalam bentuk tulisan yang dilakukan secara kooperatif. Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut : 1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang siswa secara heterogen. 2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran. 3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas.
  6. 6. 4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok. 5. Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama. 6. Penutup
  7. 7. Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) sangat dibutuhkan dalam pembelajaran membaca cepat ini karena Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda. Membaca cepat merupakan kemampuan yang memerlukan latihan. Orang yang ingin menjadi pembaca cepat harus berlatih secara terus menerus, sehingga membaca cepat akan menjadi miliknya
  8. 8. Hasil pengembangan dari metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), konsep belajar yang membuat siswa menjadi aktif dan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Sehingga siswa dapat menemukan ide pokok secara cepat karena hanya melihat, sehingga pembelajaran membaca cepat dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2013/2014 menjadi berhasil dan efektif.
  9. 9. Terimakasih

×