Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

26

Share

Download to read offline

Power point bahan ajar pkn

Download to read offline

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Power point bahan ajar pkn

  1. 1. Materi Mata Pelajaran PendidikanKewarganegaraan (PKn) Kelas V MI Darul UlumMedaeng, Waru, Sidoarjo Oleh : Nuffiq Ahmad Baiquni
  2. 2. Negara Kesatuan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)Standar Kompetensi :- Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Kompetensi Dasar :- Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).- Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).- Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. 3. Kumpulan Materi AjarClic k Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Clic k Indonesia Dari Masa ke Masa.Clic k Kekayaan Yang Dimiliki Indonesia.Clic k Pentingnya Menjaga Keutuhan Indonesia.Clic k Cara Menjaga Keutuhan Indonesia.
  4. 4. Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)- Negara Kesatuan adalah negara yang didalamnya hanya ada satu kekuasaan pemerintahan (kekuasaan pemerintahan berada pada pemerintahan pusat).- Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang wilayahnya membentang antara kota Sabang (terletak di provinsi Nangroe Aceh Darussalam) sampai kota Merauke (terletak di provinsi Papua).- Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk Republik, seperti yang tercantum dalam UUD RI tahun 1945 pasal 1 ayat 1 yang berbunyi : “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.
  5. 5. - Negara Indonesia memiliki banyak pulau yang membentang dari kota Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau tersebut berjajar dan saling sambung menyambung. Seperti halnya lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”.- Indonesia terletak di benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Wilayahnya berada di 6̊ LU - 11̊ LS dan 95̊ BT - 141 ̊ BT.- Indonesia berada di garis khatulistiwa sehingga memiliki dua musim yakni musim panas (kemarau) dan musim penghujan.- Negara Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Benua Asia berada disebelah utara Indonesia, sedangkan benua Australia berada disebelah selatan Indonesia.- Negara Indonesia juga diapit oleh dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Samudera Hindia terletak disebelah selatan dan barat daya Indonesia, sedangkan samudera Pasifik berada disebelah timur Indonesia.
  6. 6. Indonesia Dari Masa ke Masa- Negara Indonesia berdiri pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada hari itu, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan negara Indonesia.- Bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, yaitu : “PROKLAMASI” Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945 (atas nama bangsa Indonesia *Soekarno- Hatta*).- Pada tanggal 28 Oktober 1928, di Indonesia telah diselenggarakan ikrar “Sumpah Pemuda”.
  7. 7. Kekayaan Yang Dimiliki IndonesiaTerdiri atas ribuan pulau yang membentang dari kotaSabang sampai kota Merauke membuat Indonesiakaya raya dan dikenal oleh negara-negara di seluruhdunia. Kekayaan yang dimiliki Indonesia terbagimenjadi tiga jenis, yaitu :1. Kekayaan Kebudayaan dan Kesenian, yang meliputi pakaian adat, rumah adat, tari-tarian, lagu daerah, dan sebagainya.2. Kekayaan Ragam Hayati, yang meliputi tumbuh- tumbuhan dan hewan-hewan.3. Kekayaan Alam, yang meliputi Sumber Daya Alam dari darat dan Sumber Daya Alam dari laut.
  8. 8. • Kekayaan Kebudayaan dan Kesenian yang dimiliki Indonesia misalnya : tari saman, tari piring, tari kecak, tari tor-tor (tari-tarian), rumah joglo, rumah gadang (rumah adat), reog, ludruk (kesenian daerah), suwe ora jamu, soleram, gambang suling, rasa sayange (lagu daerah).• Kekayaan Ragam Hayati yang dimiliki Indonesia misalnya : bunga rafflesia arnoldi (bunga bangkai), bunga anggrek, bunga melati, bunga mawar (tumbuh-tumbuhan), gajah sumatera, orang utan, harimau sumatera, badak bercula satu, bekantan, komodo, burung cenderawasih, burung jalak bali (hewan).• Kekayaan Alam yang dimiliki Indonesia misalnya : kayu, karet (dari darat), ikan, terumbu karang, mutiara (dari laut), minyak bumi, tembaga, batu bara, timah, emas, besi, gas alam (dari dalam perut bumi).
  9. 9. Pentingnya Menjaga Keutuhan IndonesiaSetelah mengetahui betapa banyaknya kekayaanyang dimiliki Indonesia, maka sudah semestinya kitasebagai warga negara Indonesia menjaga keutuhandan kelestariannya.Lalu mengapa keutuhan dan kelestarian Indonesiaharus di jaga? Berikut penjelasan mengapakeutuhan dan kelestarian Indonesia harus kita jaga.
  10. 10. Mengapa keutuhan dan kelestarian Indonesia harus kita jaga ???1. Menjaga kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia.2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.3. Memanfaatkan kekayaan budaya untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.4. Menjaga Indonesia untuk warisan anak cucu kita nanti.5. Menjaga Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawan.
  11. 11. Cara Menjaga Keutuhan IndonesiaSebagai warga negara Indonesiayang baik, kita harus berusahauntuk menjaga keutuhanIndonesia. Cara-cara yang dapatkita lakukan untuk menjagakeutuhan Indonesia, yaitu :1. Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia.2. Saling menghormati perbedaan.3. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan.
  12. 12. Pulau-Pulau Besar Yang Berjajar Dari SabangSampai MeraukeSumatera Jawa KalimantanSulawesi Papua Bali
  13. 13. Kekayaan Milik IndonesiaKekayaan Kebudayaan dan Kesenian :Kekayaan Ragam Hayati :Kekayaan Alam :
  • ridhafarras

    Jan. 31, 2019
  • AndrikoFajar

    Jan. 9, 2019
  • annisatika1

    Sep. 5, 2018
  • emmanuelkurniawanprihantoro

    Sep. 12, 2017
  • IqbalChozanatuha555

    Sep. 6, 2017
  • TutikTaghonia

    Jul. 29, 2017
  • AmaraBerbintang

    Dec. 7, 2016
  • davidindarto

    Nov. 15, 2016
  • akudankamuselalu

    Sep. 24, 2016
  • arfansumaka

    Jul. 13, 2016
  • SriTunggalDewi

    Jun. 19, 2016
  • adhijulianto9

    May. 21, 2016
  • MelNie

    Oct. 21, 2015
  • lindadevikairupan

    Sep. 28, 2015
  • MarJono1

    Aug. 13, 2015
  • erfaneffendi54

    May. 27, 2015
  • bambangherlandi

    May. 12, 2015
  • riaayuningtyas14

    Mar. 23, 2015
  • Afdlal

    Mar. 16, 2015
  • DimazRLavigne

    Nov. 28, 2014

Views

Total views

71,711

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

5,227

Actions

Downloads

2,031

Shares

0

Comments

0

Likes

26

×