Workshop Dasar Jurnalistik Kristen

2,808 views

Published on

Materi Workshop Dasar Jurnalistik Kristen tanggal 17 Mei 2008 di GBI Ecclesia yang diselenggarakan oleh Dep Multimedia & Infoemasi Ecclesia bekerjasama dengan Renungan Harian Para Pria Word for Men dan Majalah Berita Komunitas AdInfo.

Published in: Technology, Business
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,808
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
24
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Workshop Dasar Jurnalistik Kristen

  1. 1. WORKSHOP DASAR-DASAR JURNALISTIK The Ministry of Ezekiel Bring GOD’s People into HIS Real Plan
  2. 3. TEKNIK PENULISAN BERITA pengenalan dan prinsip pelayanan penulisan berita
  3. 4. PENDAHULUAN Jika ingin berhasil, tidak cukup hanya bekerja lebih keras dengan waktu lebih banyak belaka. Ada banyak hal yang perlu dipahami sebelum melakukan sesuatu hal, agar kita boleh termotivasi dan dapat meraih hasil yang maksimal. Dalam menulis berita. Kita perlu mengenal lebih dulu segala hal yang berkaitan dengan hal menulis berita.
  4. 5. … untuk memberikan informasi kepada sekelompok komunitas atau komunitas luas, agar mereka boleh mengenal dan belajar dari apa yang sedang atau telah terjadi TUJUAN UTAMA MENULIS BERITA
  5. 6. Memberikan pengharapan , motivasi dan sukacita kepada para pembaca. MANFAAT MENULIS BERITA Memberikan peringatan , teguran dan kewaspadaan kepada para pembaca.
  6. 7. TARGET MENULIS BERITA … bagi pembangunan tubuh Kristus …
  7. 8. PRINSIP SEORANG PENULIS KRISTEN Kita hanya menulis sebuah berita berdasarkan apa yang kita dengar, lihat dan saksikan . Intinya, bukan hanya dari kata orang saja, agar ia tidak menjadi sekedar gosip atau bahkan menjadi finah yang jahat dan penyesatan. Fakta dan bukan fiksi. Kita hanya menulis sebuah berita berfokuskan kepada Firman yang hidup dan hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa. Intinya, sebuah berita itu harus membuat para pembacanya makin bertumbuh di dalam Kristus Yesus.
  8. 9. SYARAT PENULIS KRISTEN arus penuh Roh Kudus dan penuh firman Tuhan emiliki karakter Kristus dan kemampuan memadai
  9. 10. LANGKAH MENULIS BERITA
  10. 11. 3 BENTUK BERITA
  11. 12. 7 UNSUR PENTING MENULIS BERITA HEN HERE HO HAT HY OW ITUATION ( 5W+1H+1S)
  12. 13. 3 CARA MENDAPATKAN DATA
  13. 14. MENJADI PENULIS BERITA YANG CAKAP
  14. 15. Memiliki kejelian dan kepekaan saat menyaksikan satu peristiwa, agar dapat menangkap moment yang penting dan menuangkan dalam satu berita.
  15. 16. MENJADI PENULIS BERITA YANG CAKAP
  16. 17. MENJADI PENULIS BERITA YANG CAKAP
  17. 18. Akhirnya, kita perlu 1 ) meminta hikmat Tuhan , 2 ) membaca berbagai media , dan 3 ) melatih diri kita untuk menulis , agar kita boleh menjadi penulis berita yang cakap.
  18. 20. The Ministry of Ezekiel GOD BLESS US

×