Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

tanda tanda bahaya kehamilan

14,390 views

Published on

Published in: Healthcare
  • Follow the link, new dating source: ❶❶❶ http://bit.ly/2F4cEJi ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating for everyone is here: ❤❤❤ http://bit.ly/2F4cEJi ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

tanda tanda bahaya kehamilan

  1. 1. Garis-gari di perut (Striae Gravidarum) Muncul pada usia kehamilan Mulai muncul pada bulan ke-6 dan ke-7 Ria anjarsari (13150070) Sry novita purba (13150071
  2. 2. Penyebab 1. Erat hubungannya dengan factor keturunan (elastisitas kulit) 2. Timbul akibat perubahan hormon dan peregangan kulit 3. Pengaruh sekresi hormon kortikosteroid 4. Bukan karena digaruk
  3. 3. Cara meringankan/ Mencegah Gunakan krem emolien topical, krem khusus atau baby oil sesuai dengan petunjuk dokter, waalaupun tidak dapat menghilangkan garis-garis tersebut secara sempurna.
  4. 4. KRAM PADA IBU HAMIL pada umumnya dianggap hal normal bagi seorang wanita yang sedang menjalani masa kehamilan.
  5. 5. Lanjutan... • kram biasanya terjadi saat kehamilan memasuki trimester ketiga karena berat badan yang bertambah seahingga terjadi penumpukan cairan tubuh sehingga terjadi kram pada anggota tubuh seperti kaki kram • Selain itu kram pada perut juga bisa bisa terjadi karena adanya gangguan asupan oksigen yang membuat aliran darah tidak lancar, sehingga terjadilah rasa sakit atau yang sering disebut kram pada perut.
  6. 6. Penyebab kram pada ibu hamil • insufisiensi pembuluh d arah vena. Penyebab lainnya adalah kurangnya asupan mineral dalam tubuh selama kehamilan seperti potasium, magnesium dan kalsium. Cara umum untuk mencegah kram pada ibu hamil adalah memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan melancarkan aliran darah.
  7. 7. Cara mengataasi kram pada ibu hamil 1. tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. 2. menghangatkan area kram dengan air hangat 3. bagian perut juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin B
  8. 8. Tanda bahaya kram pada ibu hamil Nyeri hebat pada kaki dan berwarna kemerahan
  9. 9. Penyebab diare pada ibu hamil  Perubahan hormon  Infeksi bakteri dan virus dari makanan
  10. 10. CARA MERINGANKAN/MENCEGAH 1. Perbanyak minum air putih atau oralit 2. Hindari dahulu makanan yang banyak mengandung serat, mis buah-buahan, sayuran, sereal kasar dan makanan yang mengandung kadar laktosa tinggi 3. Makan sedikit tapi sering 4. Hindari mengkonsumsi obat-obatan kecuali dengan resep dokter
  11. 11. Tanda Bahaya 1. Dehidrasi dengan tanda BB menurun <10%, mata cekung, kulit kering, lemas, demam (suhu diatas 37,5°C) 2. Dalam tinja terdapat darah(d1apat diakibatkan oleh bakteri atau parasit).
  12. 12. Penyebab gusi berdarah pada ibu hamil 1. Hormon estrogen meningkatkan aliran darah ke rongga mulut dan mempercepat laju pergantian sel pelapis gusi. 2. Peredaran darah ke gusi meningkat dan terdapat banyak pembuluh darah halus 3. Jaringan di gusi menipis sehingga mudah bengkak dan rapuh.
  13. 13. Cara meringankan/Mencegah 1. Berkumur air asin(garam) 2. Gunakan dental floss dan cairan pembersih mulut. 3. Periksakan gigi secara teratur 4. Jaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. 5. Gunakan sikat gigi yang halus dan tidak menyikat gigi secara kuat
  14. 14. TANDA BAHAYA 1. Perdarahan yang berlebihan 2. Terdapat luka pada gusi apalagi kalau bernanah 3. Bengkak yang nyeri pada gusi.
  15. 15. Penyebab hiperventilasi pada ibu hamil 1. Peningkatan kadar progesterone menyebabkan pusat pernapasan menurunkan kadar CO2 dan meningkatkan kadar O2 2. zat sisa pembakaran CO2 menjadi banyakPeningkatan aktivitas metabolisme tubuh menyebabkan jumlah 3. Uterus membesar dan menekan dinding dada
  16. 16. Cara meringankan/Mencegah • Melakukan senam hamil/ gerakan yang dapat meringankan sesak napas.
  17. 17. TANDA BAHAYA : 1. Disertai dengan batuk, demam, pernapasan cepat, dan kelelahan 2. Pernapasan cepat tanpa demam (embolus) 3. Asma memburuk
  18. 18. Penyebab kelelahan pada ibu hamil 1. Akibat keluhan diawal kehamilan, misalnya mual, muntah, pusing dan kurang tidur 2. Hal ini normal dalam kehamilan 3. Terlalu lama berbaring, tidur-tiduran dan bermalas-malasan juga dapat menyebabkan lelah dan pegal pada tubuh ibu
  19. 19. CARA MERINGANKAN/MENCEGAH Minum suplemen dan vitamin dari dokter atau bidan untuk meningkatkan kesehatan ibu.
  20. 20. Tanda bahaya • 1. Murung,sedih dan putus asa • 2. Demam
  21. 21. Penyebab keputihan pada ibu hamil • Menebalnya selapur lendir (mukosa) vagina • Peningkatan produksi lendir dan kelenjar organ kewanitaan (endoservikal) karena peningkatan hormon estrogen.
  22. 22. CARA MERINGANKAN/MENCEGAH 1. Tingkatkan kebersihan dengan mandi setiap hari 2. Cuci kemaluan setiap kali selesai berkemih dan defekasi dengan air yang bersih dari arah atas kebawah. 3. Keringkan kemaluan setiap selesai dicuci dengan tisu 4. Ganti celana dalam setiap kali terasa lembab atau basah 5. Kenakan celana dalam yang terbuat dari katun.
  23. 23. Tanda bahaya keputihan 1. Jika sangat banyak, berbau busukdan berwarna kuning/abu-abu/hijau 2. Disertai pengeluaran cairan bening (air ketuban) 3. Bercampur darah 4. Gatal-gatal pada vagina yang menggagggu.
  24. 24. Penyebab rasa mual muntah pada ibu hamil 1. Peningkatan kadar hormone kehamilan hCG, estrogen, dan progesterone 2. Relaksasi otot halus di lambung dan usus halus keletihan 3. Peradangan pada lambung
  25. 25. Cara meringankan/Mencegah 1. Hindari bau yang menyengat 2. Makan biscuit atau roti kering sebelum bangun tidur pagi hari 3. Makan sedikit-sedikit tapi sering 4. Duduk tegak setiap kali selesai makan 5. Hindari makanan yang berminyakdan berbumbu merangsang 6. Konsumsi makanan kering dengan minum diantara waktu makan. 7. Hindari minum kopi, teh, cokelat dan kola. 8. Bangun tidur secara perlahan dan hindari gerakan secara tiba-tiba 9. Hindari menggosok gigi segera setelah makan. 10.Minum teh herbal 11.Hindari udara dingin atau mandi air dingin 12.Istirahat sesuai kebutuhan, Hirup udara segar, jalan, tidur dengan jendela terbuka, dan pastikan cukup udara di dalam rumah.
  26. 26. TANDA BAHAYA MUAL MUNTAH 1. Peambahan berat badan yang memadai 2. Penurunan berat badan 3. Terdapat tanda-tanda kurang gizi Muntah yang berlebihan sehingga mengganggu ibu beraktivitas
  27. 27. Penyebab sakit kepala pada ibu hamil 1. Ketegangan otot 2. Pengaruh hormon 3. Tegangan mata, kongesti hidung, dan dinamika cairan yang berubah.
  28. 28. Cara meringankan/Mencegah 1. Lakukan teknik relaksasi dengan menghirup napas dalam 2. Massase leher dan otot bahu 3. Gunakan kompres panas atau es di leher. 4. Istirahat 5. Mandi air hangat
  29. 29. Tanda bahaya 1. Sakit kepala semakin berat dan terus beranjut disertai peningkatan tekanan darah. 2. Jika disertai nyeri kepala sebelah dan penglihatan kabur.
  30. 30. Penyeabab perut kembung pada ibu hamil 1.Penurunan kerja saluran pencernaan yang menyebabkan perlambatan Pengosongan lambung 2.Penekanan dari uterus yang membesar terhadap usus besar 3.Faktor diet.
  31. 31. Cara meringankan/Mencegah 1. Hindari makanan yang mengandung gas misalnya: kol, nangka dan ketan. 2. Makanan yang lambat dicerna mis: mie, dan tinggi lemak. 3. Kunyah makanan secara sempurna 4. Lakukan senam secara teratur 5. Pertahankan kebiasaan BAB yang normal 6. Hindari kelelahan 7. Makan secara sering tapi dengan porsi kecil 8. Konsultasi untuk dokter untuk pemberian obat.
  32. 32. Penyebab susah tidur pada ibu hamil 1.Perubahan pola tidur 2.Bangun tengah malam ketidak nyamanan pembesaran rahim,berkemih di malam hari,sesak nafas,rasa panas di perut,kongesti hidung,sakit otot,kram,stress dan cemas.
  33. 33. Cara meringankan/Mencegah 1. Sebelum tidur lakukan olahraga ringan misalnya menggerakan tangan atau senam hamil. 2. Mandi air hangat,minum-minuman hangat. 3. Menarik nafas panjang dari hidung dan mengeluarkan nya dari mulut. 4. Ciptakan suasana kamar yang nyaman (rapi,bersih,dengan cahaya yang redup) 5. Berdoa sebelum tidur 6. Tidur dengan posisi miring ke kiri 7. Didampingi dan di belai suami memberikan ketenangan bagi ibu.
  34. 34. pusing . • Pada trimester pertama kehamilan, pusing bisa terjadi karena tidak cukupnya pasokan darah untuk memenuhi sistem peredaran darah yang sedang mengembang dengan cepat. • Pada trimester kedua, pusing bisa disebabkan oleh tekanan rahim yang membesar pada pembuluh darah ibu
  35. 35. Pusing juga bisa menyerang setiap kali Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berdiri. Ini disebabkan oleh peralihan darah yang tiba-tiba dari otak ketika Anda mengganti posisi. Anda juga bisa merasakan pusing ketika kadar gula rendah, dehidrasi (kekurangan cairan), dan ketika sedang berada dalam ruangan yang pengap
  36. 36.  Makan sedikit-sedikit, tetapi sering. Sebaiknya makanan dimakan dalam kondisi hangat.  Makanlah makanan selingan seperti biskuit atau roti kering dengan minuman hangat saat bangun pagi dan sebelum tidur.  Hindari pemandangan, bau, dan rasa makanan yang membuat Anda mual.
  37. 37.  Konsumsi suplemen/vitamin tambahan khusus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B6 dapat membantu meredakan mual pada beberapa ibu hamil.  Istirahat yang cukup dan berkualitas.  Bangun pagi secara perlahan-lahan. Jangan langsung turun dari tempat tidur dengan tergesa-gesa, karena hal tersebut dapat memperparah mual.
  38. 38. NYERI PUNGGUNG Nyeri punggung bawah (Nyeri pinggang) merupakan nyeri punggung yang terjadi pada area lumbosakral biasanya terjadi pada trimester II dan juga trimester III. Nyeri punggung bawah biasanya akan meningkat intensitasnya seiring pertambahan usia kehamilan karena nyeri ini merupakan akibat pergeseran pusat gravitasi wanita tersebut dan postur tubuhnya.
  39. 39. CARA MENGATASINYA YAITU:  Postur tubuh yang baik  Mekanik tubuh yang tepat saat mengangkat beban  Hindari membungkuk berlebihan, mengangkat beban, dan berjalan tanpa istirahat  Gunakan sepatu bertumit rendah;  Jika masalah bertambah parah, pergunakan penyokong penyokong abdomen eksternal dianjurkan (contoh korset maternal atau belly band yang
  40. 40. Kompres hangat (jangan terlalu panas) pada punggung (contoh bantalan pemanas, mandi air hangat, duduk di bawah siraman air hangat) Kompres es pada punggung Pijatan/ usapan pada punggung Untuk istirahat atau tidur; gunakan kasur yang menyokong
  41. 41. varises
  42. 42. 1. Tinggikan kaki sewaktu berbaring 2. Jaga agar kaki tidak bersilang 3. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama 4. Lakukan senam untuk melancarkan peredaran darah Cara mengatasi
  43. 43. HISH PALSU Kontraksi palsu atau kontraksi Braxton Hicks merupakan kondisi menegangnya otot-otot rahim yang membuat otot perut ikut mengencang bahkan terasa keras jika disentuh terjadi pada trimester ketiga , kondisi ini hanya berlangsung selama 1-2 menit saja
  44. 44. PERBEDAAN ANTARA KONTRAKSI PALSU DAN KONTRASI MENJELANG PERSALINAN SANGAT BISA DIRASAKAN DIANTARANYA:  Pada kontraksi palsu, intensitas nya tidak semakin kuat bahkan akan segera menghilang, sementara pada kontraksi persalinan intensitas kontraksinya justru menguat dari waktu ke waktu.  Kontraksi palsu akan berkurang rasanya saat anda mengubah posisi, sementara pada kontraksi persalinan justru semakin terasa.  Kontraksi palsu terjadi tanpa pola waktu dan tidak beraturan, sementara kontraksi persalinan memiliki pola tertentu dengan waktu yang semakin pendek.  Beberapa kasus kontraksi palsu tidak menyebabkan rasa sakit, yang timbul hanya perasaan tidak nyaman, sementara kontraksi persalinan selalu menimbulkan rasa sakit.
  45. 45. CARA MENGATASINYA YAITU :  Mengubah posisi anda, atau menghentikan sama sekali aktifitas yang sedang anda lakukan. Cara paling efektif yaitu segera beristirahat dari segala aktifitas yang anda lakukan.  Sambil beristirahat, minumlah segelas air, seringkali dehidrasi memicu tiambulnya kontraksi palsu.  Jika memungkinkan berendam air hangat agar tubuh anda rileks  Selalu kosongkan kantung kemih, karena jika sampai terjadi iritasi bisa menyebabkan kontraksi ini semakin parah.  Lakukan relaksasi dengan mengatur nafas untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  46. 46. FLATULENSI/ SERING KENTUT Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah sering buang gas atau kentut yang terjadi pada trimester pertama,kedua,dan ketiga . Hal ini karena pada ibu hamil gas dalam perut bisa meningkat karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling jelas adalah, ketika rahim mengembang berikut bayi di dalamnya, makin sedikit ruang untuk 500 cc gas yang diproduksi setiap hari itu di dalam perut. Ditambah lagi, perempuan hamil jadi lebih sering makan makanan sehat. Tambahan produk susu, buah-buahan, dan sayuran mengandung gula simpleks yang sulit dicerna tubuh.
  47. 47.  Catat semua makanan yang Anda konsumsi dan lihat bagaimana tubuh meresponnya. Jika Anda merasa kembung atau banyak buang angin setelah beberapa jam mengasupnya, tubuh Anda mungkin kesulitan untuk memproses makanan tersebut.  Untuk masalah gas secara umum, dr Raymond menyarankan untuk makan antacid yang banyak dijual bebas.  Untuk para ibu hamil, selalu konsultasikan kondisi anda dengan para tenaga medis sebelum mengkonsumsi obat-obatan apa pun.
  48. 48. NGIDAM Mengidam atau justru membenci suatu makanan merupakan hal yang wajar dan terkait dengan perubahan hormonal terutama pada awal-awal kehamilan terjadi pada trimester pertama. Terkadang hal ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan emosional dari ibu hamil.
  49. 49. CARA MENGATASINYA  Selama makanan yang diinginkan tidak berbahaya bagi ibu hamil beserta janinnya dan bisa dipenuhi (permintaan yang wajar), maka sah-sah saja mengonsumsi makanan tersebut.  Sebaliknya, jika Anda sangat membenci makanan tertentu, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memakannya, hanya saja Anda tetap perlu mencari penggantinya yang memiliki kandungan gizi yang setara.  Mintalah pengertian dari suami atau orang terdekat dan ungkapkan perasaan Anda sehingga kebutuhan emosional Anda terpenuhi.
  50. 50. CARA MENGATASINYA YAITU :  Selama makanan yang diinginkan tidak berbahaya bagi ibu hamil beserta janinnya dan bisa dipenuhi (permintaan yang wajar), maka sah-sah saja mengonsumsi makanan tersebut.  Sebaliknya, jika Anda sangat membenci makanan tertentu, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memakannya, hanya saja Anda tetap perlu mencari penggantinya yang memiliki kandungan gizi yang setara.  Mintalah pengertian dari suami atau orang terdekat dan ungkapkan perasaan Anda sehingga kebutuhan emosional Anda
  51. 51. Hemoroid adalah penlebaran di dalam pleksus hemoroialis yang tidak merupakan keadaan patologik, hanya apa bila hemoroid ini menyebabkan keluhan atau penyulit, maka diperlukan tindakan ( Sjamsuhidajat, 2004 : 672-675)
  52. 52. Banyak wanita hamil yang menderita hemoroid yang biasany terjadi sekitar minggu ke-16 kehamilan. Hemoroid adalah pelbaran vena( pembuluh darah balik) di dinding usus besar(rectum) yang dapat menonjol keluar anus.hal ini disebabkan adanya pertumbuhan bayi yg akan meninggikan tekanan terhadap usus besar. Hemoroid ini biasanya menghilang setelah bayi lahir.
  53. 53. Penyebab hemoroid pada ibu hamil * Kurangnya mobilisasi * Cara buang ir besar yang tidak benar * Kurang minum * Faktor genetika * Faktor pekerjaan * varises rektum * Kenaikan hormon seks & + volume darah * mengejan
  54. 54. A. Hindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar B. Banyak menkonsumsi makanan brserat C. Banyak minum D. Jangan menunda” buang air E. Kurangi konsumsi cabi F. Tidur cukup G. Jangan terlalu lama duduk H. Senam rutin I. Dngan pemberian salep J. Hemorrhoidectomy
  55. 55. Penyebab oedema karenaKadar estrogen yang tinggi menyebabkan pembuluh darah mudah rapuh dan “pecah” Gangguan sirkulasi vena dan peningkatan tekanan vena di ekstremitas bawah karena: 1. Tekanan pada vena pelvis saat duduk atau berdiri akibat uterus yang membesar. 2. Tekanan pada vena kava saat telentang skibat uterus yang membesar. C. Peningkatan tekanan vena dapat disebabkan volume darah yang meningkat saat kehamilan
  56. 56. Cara mengatasi
  57. 57. konstipasi . Konstipasi adalah gangguan pencernaan berupa terhambatnya pengeluaran dari sisa-sisa makanan, akibatnya, ibu mengalami kesulitan untuk buang air besar (BAB). Biasanya, feses menjadi keras, dan perut terasa nyeri atau mulas. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah sembelit, dan dalam kehamilan
  58. 58. disebabkan oleh: Meningkatnya hormon progesteron. Hormon progesteron berperan dalam proses relaksasi pada kerja otot halus. Peningkatan hormon itu, mengakibatkan gerakan atau mobilitas organ pencernaan menjadi relaks atau lambat. Selain itu, gerakan peristaltik usus (pijatan di usus, salah satu aktivitas mencerna makanan) juga melambat sehingga daya dorong dan kontraksi usus terhadap sisa-sisa makanan melemah. Alhasil, sisa makanan menumpuk lebih lama di usus dan sulit dikeluarkan.
  59. 59.  Minum air putih yang cukup setiap hari.  Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat setiap hari.  Konsumsi air putih hangat atau minuman hangat lainnya di pagi hari, untuk merangsang usus bergerak.  Jadwalkan BAB secara teratur setiap hari dan hindari mengejan.  Duduk tegak dan bersandar ke sandaran toilet.  Jika pekerjaan menuntut Anda untuk duduk lama, selingi dengan berdiri dan berjalan.  Olah raga ringan secara teratur. Jalan kaki 20-30 menit per hari, dapat membantu gerak peristaltik usus.  Lakukan Senam Kegel,  Konsultasikan ke dokter kandungan dosis suplemen zat besi yang aman untuk dikonsumsi - tidak menyebabkan konstipasi.
  60. 60. Kenapa perut jadi panas? Selama hamil, produksi progesteron meningkat. Jadi otot-ototpun rileks untuk memungkinkan bayi tumbuh. Tapi sayangnya, katup menuju rongga perut juga jadi elastis sehingga asam lambung mudah masuk. Karena semua menjadi lentur, makanan jadi sulit bergerak. Uteruspun jadi lebih besar dan tekanan pada perut membuat Ibu tidak nyaman. Tapi ada untungnya bagi bayi. Gizi dari makanan Ibu bisa lebih banyak diserap oleh bayi.
  61. 61. Tips Meredakan Panas Perut Jika Anda menderita rasa panas pada perut selama kehamilan, tips-tips berikut dapat membuat hidup lebih ringan:  Hindari makanan pedas, terlalu asam, berlemak, atau berbumbu tajam  Hindari atau kurangi kopi dan cokelat  Perbanyak serat dari buah, gandum, dan sayur  Makan sedikit tapi sering (jangan makan mendekati waktu tidur)  Kunyah permen untuk meningkatkan produksi air liur agar asam lambung ternetralisir  Minum segelas susu hangat sebelum tidur Sangga kepala dengan bantal agak tinggi agar posisi tubuh Ibu agak tegak
  62. 62. THANK YOUUU…   

×