Struktur dan desain organisasi

19,946 views

Published on

1 Comment
7 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
19,946
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
554
Comments
1
Likes
7
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Struktur dan desain organisasi

  1. 1. Struktur Dan Desain Organisasi Kelompok 5 Kelas V F Administrasi Negara Untirta
  2. 2. Nama Kelompok 5• Epi Amalia• Daniel Oktavianus• Ike Hanisyah• Meta Astriana• Tiwi
  3. 3. Latar Belakang• Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi agar tujuann organisasi dapat dicapai dengan efisien.
  4. 4. Struktur dan Desain Organisasi• Struktur organisasi adalah pola tentang hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi. Pada organisasi formal struktur direncanakan dan merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif. Sedangkan pada organisasi informal, struktur organisasi adalah aspek sistem yang tidak direncanakan dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.
  5. 5. Tiga Dimensi Struktur OrganisasiA. Kompleksitas :Mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis.B. Formalisasi : Formalisasi, yaitu sejauh mana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya.C. Sentralisasi :Sentralisasi, tingkat di mana pengambilan keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik tunggal di dalam organisasi
  6. 6. Model-Model Struktur Organisasi• Strukur organisasi merupakan perwujudan yang menunjukkan hubungan diantara fungsi- fungsi dalam suatu organisasi serta wewenang dan tanggung jawab setiap anggota organisasi yang menjalankan masing-masing tugasnya.1. Model Tradisional2. Model Hubungan Manusiawi3. Model Sumber Daya Manusia
  7. 7. Model Desain OrganisasiA. Model Organisasi MekanistikHenry Fayol mengajukan sejumlah prinsip yangberkaitan dengan fungi pimpinan untukmengorganisasi dan empat diantaranyaberhubungan dengan pemahaman modelmekanistik yaitu:1. Prinsip Spesialisasi2. Prinsip Kesatuan Arah3. Prinsip Wewenang dan Tanggung jawab4. Prinsip Rantai Skalar
  8. 8. Contoh Struktur Mekanik
  9. 9. B. Model OrganikYaitu menekankan pada pentingnya mencapaikeadaptasian dan perkembangan tingkat tinggi.Desain organisasi ini kurang mengandalkan peraturandan prosedur, wewenang yang disentralisasikan atauspesialisas yang tinggi. Jika model mekanistik berusaha untuk mencapai efisiensi dan produksi secara maksimum, maka model organik berusaha untuk mencapai keluwesan dan keadaptasian yang maksimum. Organisasi organik bersifat luwes dan dapat beradaptasi dengan tuntutan perubahan lingkungan karena desain organisasinya mendorong untuk lebih mendayagunakan potensi manusia.
  10. 10. Contoh Struktur Organisasi Organik
  11. 11. Faktor Penting dalam Mendesain Organisasi• Cara manajemen mendesain organisasi harus mengingat dimensi struktur organisasi. Bagaimana kombinasinya mempunyai dampak langsung atas efektivitas individual, kelompok dan organisasi itu sendiri. Manajer harus mempertimbangkan sejumlah faktor ketika mendesain organisasi, di antar satu yang sangat penting adalah teknologi, sifat kerja itu sendiri, karakteristik orang yang melakukan kerja, tuntutan lingkungan organisasi, keperluan untuk menerima dan memproses informasi dari lingkungan tersebut, dan keseluruhan strategi yang di pilih organisasi untuk berhubungan dengan lingkungan.
  12. 12. Kesimpulan• Struktur organisasi-organisasi memberikan kerangka yang menghubungkan wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung antar posisi para anggota organisasi. Desain organisasi merupakan proses perkembangan hubungan dan penciptaan struktur untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi struktur merupakan hasil dari proses desain.
  13. 13. Terimakasih… Ada yang ingin ditanyakan??

×