BASIC 6.0
A. Latar Belakang
Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang dihubungkan satu sama lainnya dengan pusat kom...
4. Panjang dari masing – masing kapal perang, yaitu :
a. Aircraft carrier, panjangnya 5 kotak.
b. Battleship, panjangnya 4...
lunak, mengenai bahasa pemrograman Visual Basic.
BAB III : Pembahasan Dan Perancangan, Dalam bab ini berisikan tahap pemba...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Microsoft word proposal game battle ship online 1 3

658 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
658
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Microsoft word proposal game battle ship online 1 3

  1. 1. BASIC 6.0 A. Latar Belakang Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang dihubungkan satu sama lainnya dengan pusat komputer server) sehingga memungkinkan pemakaian Hardware dan Software secara bersama (sharing). Sebuah permainan (game komputer sering menggunakan sistem jaringan sehingga permainan (game) dapat dimainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan beberapa komputer yang terhubung dalam Local Area Network (LAN). Salah satu permainan (game online) komputer yang cukup menarik adalah permainan strategi Battle Ship Permainan ini menyediakan beberapa buah tempat yang disusun oleh kotak – kotak sebagai medan perang. Kapal – kapal perang dengan ukuran yang berbeda – beda disusun dalam medan perang masing – masing. Letak dari kapal – kapal perang ini tidak terlihat dalam komputer pemain lawan. Setiap pemain berusaha untuk menghancurkan kapal – kapal perang pemain lawan dengan cara meng-klik kotak – kotak yang dianggap sebagai letak dari kapal – kapal perang lawan. Setiap pemain hanya boleh menebak satu kali saja setiap gilirannya. Jika tebakannya tepat maka pemain tersebut mendapat tambahan satu kali tebakan. Pemain yang masih menyisakan kapal perang yang memenangkan permainan (game). Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu “REKAYASA PERANGKAT LUNAK GAME ONLINE MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”. B. Perumusan Masalah 1. Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, Game telah menjadi kebutuhan umum yang telah menjamur. 2. Sudah banyak bahasa Pemograman dengan fasilitas librerinya untuk memudahkan dalam pembuatan Game,namun penulis dalam pengerjaan Tugas Akhir ini mencoba menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. Manfaat dan Tujuan Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu perangkat lunak dapat dijadikan sebagai sarana hiburan yang cukup menarik. Tujuan penyusunan ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak Game online permainan strategi Battle Ship D. Pembatasan Masalah Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain : 1. Input dibatasi hanya pada keyboard dan mouse sedangkan Output perangkat lunak pada layar monitor.
  2. 2. 4. Panjang dari masing – masing kapal perang, yaitu : a. Aircraft carrier, panjangnya 5 kotak. b. Battleship, panjangnya 4 kotak. c. Frigate, panjangnya 3 kotak. d. Submarine, panjangnya 3 kotak. e. Minesweeper, panjangnya 2 kotak. 5. Ukuran dari medan perang adalah 10 kotak x 10 kotak. 6. Jenis permainan dapat dipilih Individual (setiap pemain mewakili dirinya sendiri), atau Group (pemain dikelompokkan ke dalam 2 grup). E. Metodologi Penyelesaian Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain : a. Mempelajari cara permainan dari Battle Ship. b. Merancang interface untuk permainan Battle Ship. c. Membuat koneksi komputer pada LAN. d. Merancang suatu perangkat lunak permainan strategi Battle Ship dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Desain Model Diagram Kontek F. Sistematika Penulisan Sistimatik penulisan laporan tugas akhir adalah sebagai berikut : BAB I : Pendahuluan, Berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan dan manfaat penulisan, pembatasan masalah, metodologi penyelesaian masalah, lokasi penelitian serta sistematik penulisan laporan tugas akhir.
  3. 3. lunak, mengenai bahasa pemrograman Visual Basic. BAB III : Pembahasan Dan Perancangan, Dalam bab ini berisikan tahap pembahasan, dan tentang perancangan. BAB IV : Algoritma Dan Implementasi, Bab ini menjelaskan tentang langkah-langkah perancangan yang sesuai dengan metodologi yang digunakan. BAB V : Kesimpulan Dan Saran, Pada bab ini berisikan kesimpulan dan saran dari tugas akhir yang dibuat oleh penyusun. G. Jadwal Penyelesaian Tugas Akhir Kegiatan Bulan I Bulan II Bulan III Bulan IV Minggu 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Penyusunan Proposal TA Pengumpulan dan Perancangan Software Simulasi Penulisan Laporan Tugas Akhir

×