Anggaran rumah tangga KARANG TARUNA BHAKTI MANDIRI 02

18,535 views

Published on

Published in: Entertainment & Humor
0 Comments
10 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
18,535
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
713
Comments
0
Likes
10
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Anggaran rumah tangga KARANG TARUNA BHAKTI MANDIRI 02

  1. 1. ANGGARAN RUMAH TANGGAMUSYAWARAH BESAR KARANG TARUNA (MUBESKAR)BHAKTI MANDIRI 02ANGGARAN RUMAH TANGGABHAKTI MANDIRI 02 PALABUANNomor 03 Tahun 2013TentangAnggaran Rumah Tangga Karang Taruna Bhakti Mandiri 02Palabuan Kelurahan Sukamelang Tahun 2013Menimbang :a. Bahwa tata tertib Musyawarah Besar Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 Tahun2013 Perlu diselenggarakan secara lebih baik dan efisein demi terwujudnya organisasiyang lebih baik berdasarkan asas luber dan jurdil.b. Demi tertibnya pelaksanaan Musyawarah Besar Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02Tahun 2013Mengingat :1. Undang-undang Nomor 6 Tahun 1947 Nomor 532. Undang-undang Nomor 14 Tahun 19503. Undang-undang Nomor 10 Tahun 20044. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Nomor 125.5. Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 27 Tahun 20046. Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 29 Tahun 20047. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 83/HUK/20058. Peraturan Pemerintah No. 72 tentang Desa tertanggal 30 Desember 2005.9. Peraturan Pemerintah No. 73 tentang Kelurahan tertanggal 30 Desember 2005.10. Permendagri RI Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga tertanggal 5Februari 2007.11. PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR: 77 / HUK / 201012. SK Kepala Rukun Warga 02 Palabuan Kelurahan Sukamelang No : 1 Tahun 201313. AD/ART/ Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 Tahun 2013Dengan Persetujuan bersama antara :1. Ketua Dewan Permusyawaratan Karang Taruna Kabupaten2. Kepala Kelurahan Sukamelang3. Kepala Rukun Warga 024. Ketua tim 135. Ketua Karang TarunaMemutuskan :Menetapkan :ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART)MUSYAWARAH BESAR KARANG TARUNA (MUBESKAR) BHAKTI MANDIRI 02PALABUAN KELURAHAN SUKAMELANGMEI 2013BAB IKetentuan UmumPasal 1Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasimuda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, olehdan untuk masyarakat terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan social dan olah raga.
  2. 2. Pasal 2Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 adalah organisasi sosial kepemudaan yang berdirisendiri dan bersifat lokal, serta merupakan salah satu pilar partisipasi masyarakat di bidangKESSOS.Pasal 3Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 adalah organisasi yang statusnya diakui oleh pemerintahsecara de jure melalui perundangan dan kebijakannya serta diakui secara de facto melaluikeberadaan dan program-program aksinya.Pasal 4karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 memiliki tugas pokok untuk bersama-sama pemerintahdan komponen masyarakat lainnya menanggulangi masalah-masalah kesejahteraan sosial secarapreventif, pasca rehabilitatif maupun pendampingan dan pengembangan serta mengarahkanpembinaan dan pengembangan potensi generasi muda dilingkungannya.Pasal 5Seiring dengan tugas pokok tersebut, Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 melaksanakanfungsi sebagai berikut :1. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan,2. Menyelenggarakan Usaha-usaha yang mendukung upaya peningkatan taraf kesejahteraansosial masyarakat.3. Menyelenggarakan dan menumbuh kembangkan kegiatan-kegiatan pemberdayaanmasyarakat lokal untuk mendudung implementasi kebijakan otonomi daerah yang lebihterarah, terpadu, dan berkesinambungan.4. Membangun sistem jaringan komunikasi, informasi, dan kemitraan strategis, yangmendukung pelaksanaan aktivitas-aktivitas utama dengan berbagai sektor dan komponenmasyarakat.BAB IIKeanggotaanPasal 6Jenis Keanggotaan Anggota Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02 terdiri dari Anggota pasif,anggota aktif dan anggota khusus.Pasal 71. Anggota pasif adalah keanggotaan yang bersifat stelsel pasif (keanggotaan otomatis), yakniseluruh remaja dan pemuda yang berusia 11 s/d 45 tahun.2. Anggota aktif adalah keanggotaanya yang bersifat kader dan berusia 15 s/d 40 tahun, karenapotensi, bakat dan produktifitasnya utnuk mendukung pengembanagan organisasi danprogram-programnya.3. Anggota khusus adalah keanggotaan yang bersifat terbatas terbatas bagi kalangan tertentudiluar kriteria keanggotaan pasif dan aktif karena kemampuan tertentu yang dimiliki olehseseorang yang dapat disumbangkan bagi kepentingan pengembangan organisasi danprogram-programnya4. Anggota pasif, aktif dan khusus seperti yang tertuang pada ayat 1, 2 dan 3 adalah merekayang bertempat tinggal tetap di wilayah Kp. Palabuan Rw. 02 Kelurahan SukamelangKabupaten Subang.Pasal 8PENCALONAN ANGGOTABakal calon Anggota harus memenuhi persyaratan :1. Bertaqwa kepada Tuhan YME2. Berjiwa Sosial untuk memberi manfaat kepada masyarakat3. Sehat Jasmani & Rohani4. Tidak Pernah Tersangkut Kasus Kriminal5. Menetap di Palabuan Rw.026. Pemuda /Pemudi Belum Menikah (min SMA)Kewajiban Anggota1. Memahami, menghayati, dan melaksanakan apa yang tertera di Anggaran Dasar danAnggaran rumah Tangga Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan.2. Berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan.3. Menjaga nama baik Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan.
  3. 3. Pasal 9Hak Anggota1. Menyampaikan pendapat baik secara lisan maupun tulisan.2. Memilih dan dipilih menjadi Ketua atau Seksi di Karang Taruna Bhakti Mandiri 02Palabuan3. Memberikan masukan/aspirasi ke pengurus Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan4. Mendapatkan perlakuan dan perlindungan yang sama dari Karang Taruna Bhakti Mandiri 02Palabuan5. Mengadakan kegiatan yang tidak bertentangan dengan peraturan Karang Taruna BhaktiMandiri 02 Palabuan.BAB IIIStruktur OrganisasiStruktur Organisasi Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 terdiri dari :1. Struktur Kepengurusan Karang Taruna 02 yang mutlak2. Struktur Kepengurusan Kegiatan Karang Taruna 02, di bawah naungan KepengurusanMutlak Karang Taruna 02Pasal 10Majelis Akbar(Legislatif)1. Majelis Akbar adalah Majelis tertinggi Karang Taruna yang dihadiri oleh DPP ( TEAM 13), Pengurus, dan Anggota2. Dewan Pertimbangan Pengurus ( DPP ) / TEAM 13.Dewan Pertimbangan Pengurusberanggotakan mantan pengurus dan pembina Karang Taruna.3. Majelis Akbar dipimpin oleh seorang ketua dan di bantu oleh wakil, Pengurus harian dankomisi-komisi4. Majelis Akbar menjabat selama satu tahun.5. Majelis Akbar dilantik Oleh Kepala Kelurahan.6. Majelis Akbar bertanggung jawab kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten dan KepalaKelurahan.Pasal 11Tugas dan WewenangTugas Majelis Akbar :1. Memilih dan menetapkan Ketua Karang Taruna2. Menetapkan DPP ( TEAM 13 ).3. Mengevaluasi semua kegiatan Karang Taruna yang telah dan atau sedang dilaksanakan padatiga bulan sebelumnya.4. Memberikan pertimbangan tentang pelaksanaan program dan aktivitas lembaga.5. Menampung aspirasi masyarakat dan anggota dan menyampaikan kepada pengurus.6. Menjalankan fungsi LITBANG dan kontrol.7. Meninjau program kerja Karang taruna yang telah ditetapkan8. Menerima Laporan Kegiatan Karang Taruna setiap tiga bulan sekaliWewenang Majelis Akbar :a. Mengangkat dan memberhentikan Ketua Karang Taruna, bila keluar dari koridor yang telahditetapkanb. Menerima atau menolak laporan pertanggungjawaban Ketua Karang Taruna.c. Merubah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Karang Taruna, jika tidak sesuaidengan APBD dan Peraturan DaerahPasal 12Karang Taruna(Exsekutif)1. Karang Taruna Merupakan Organisasi Eksekutif yang bertugas melaksanakan kegiatan yangbersifat pengembangan sosial masyarakat dan kepemudaan.2. Karang Taruna beranggotakan pengurus aktif yang berjiwa sosial dan bertanggung jawab.3. Karang Taruna dipimpin oleh seorang ketua dan di bantu oleh wakil, Pengurus harian danBidang-bidang.
  4. 4. 4. Kepengurusan Karang Taruna menjabat selama Lima Tahun.5. Kepengurusan Karang Taruna dilantik Oleh Ketua Majelis Akbar6. Karang Taruna Bertanggung jawab Langsung kepada Masyarakat dan Majelis AkbarPasal 13Ketua UmumPersyaratan menjadi Ketua :1. Bertaqwa kepada Tuhan YME2. Pernah Menjabat minimal 1 Periode sebagai Pengurus KT3. Boleh Ketua diPeriode sebelumnya jika tidak ada calon pengganti4. Di calonkan oleh anggota lain5. Berjiwa Sosial untuk memberi manfaat kepada masyarakat6. Sehat Jasmani & Rohani7. Tidak Pernah Tersangkut Kasus Kriminal8. Menetap di Palabuan 029. Pemuda /Pemudi Belum Menikah (min SMA)10. Bertanggung jawab kepada JabatanyaTugas dan Wewenang :1. Ketua Berhak Menentukan Anggota dan Kepengurusan Karang Taruna2. Bertangung jawab dalam memimpin Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan3. Melaksanakan fungsi manejerial untuk tercapainya tujuan Karang Taruna Bhakti Mandiri 02Palabuan4. Bertanggung jawab atas pembinaan pengurus Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuandan hubungan dengan pihak lain.5. Memberikan laporan pertangungg jawaban kepada Majelis Akbar di akhir periodekepengurusan.6. Apabila Ketua berhalangan, Ketua berhak menunjuk Wakil atau Sekretaris atau Pengurusyang dianggap mampu wewakilinya.7. Dalam kondisi darurat, dengan atas nama Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuanberhak mengambil kebijakan sesuai dengan Anggaran Dasar.Pasal 14WakilWakil Ketua Tugas dan Wewenang :1. Membantu Ketua dalam melaksanakan tugasnya dalam kegiatan-kegiatan Lembaga.2. Menggantikan Ketua berdasarkan azas pendelegasian.Pasal 15SekretarisTugas dan Wewenang :1. Membantu sepenuhnya tugas Ketua.2. Sebagai pusat informasi semua aktivitas Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan.3. Melaksanakan kegiatan administrasi keseharian Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan.4. Berkoordinasi dengan Seksi untuk mewujudkan tertib administrasi, tata komunikasi.5. Merancang, memelihara, dan melakukan perbaikan sistem aplikasi yang diaplikasikan dalamkegiatan kesekretariatan6. Bertanggung jawab atas pengelolaan atas seluruh berkas-berkas yang ada di Karang TarunaBhakti Mandiri 02 Palabuan.7. Bertanggung jawab atas dokumentasi seluruh aktivitas Karang Taruna Bhakti Mandiri 02Palabuan.Pasal 16BendaharaTugas dan Wewenang :1. Mewujudkan tertib keuangan Karang Taruna Bhakti Mandiri 02 Palabuan2. Melakukan koordinasi mengenai keuangan dengan semua komponen yang terkait.3. Mendistribusikan dana bagi seluruh unit aktivitas Karang Taruna BHAKTI MANDIRI 02secara optimum dan profesional.
  5. 5. Pasal 17Bidang-BidangTugas dan Wewenang :1. Menentukan haluan kebijakan Bidang yang dipimpinnya.2. Menterjemahkan kebijakan Ketua dalam bentuk kebijakan Bidang yang akan dilakukananggota di bawahnya.3. Melakukan perencanaan, pelaksanaan atau evaluasi seluruh aktivitas Bidang yangdipimpinnya.4. Bertanggung jawab atas pengkaderan sumber daya manusia diBidang yang dipimpinnya.5. Membuat laporan pertanggung jawaban seluruh kegiatan kepada Ketua.6. Apabila berhalangan Bidang dapat menunjuk salah satu anggota untuk mewakilinya.BAB IVPEMILIHANPasal 18Jenis Pemilihan Ketua karang Taruna bersifat umum untuk para pemuda dan pemudi umurProduktif yaitu belum menikah dan minimal sudah SMA atau sederajat yang menetap diPalabuan 02.Pasal 19Vertifikasi Dan Penetapan1. Komisi Pemilihan ketua melakukan verifikasi terhadap kelengkapan dan kebenaran dokumenpersyaratan administrasi bakal calon2. Dalam hal kelengkapan dokumen persyaratan administrasi bakal calon sebagaimanadimaksud ayat (1) pasal ini tidak terpenuhi, Komisi Pemilihan ketua mengembalikandokumen persyaratan administrasi bakal calon kepada yang bersangkutan.3. Komisi Pemilihan ketua verifikasi terhadap kelengkapan kelengkapan dan kebenarandokumen persyaratan admistrasi bakal calonPasal 201. Bakal calon yang lolos verifikasi sebagaimana dimaksud pada pasal 13 akan ditetapkansebagai calon oleh Komisi Pemilihan ketua.2. Penetapan Calon akan di tetapkan pada sidang Peleno Penetapan Calon yang dihadiri daripengurus Karang taruna Bhakti Mandiri 02.3. Ketentuan lebih lanjut tentang pedoman teknis pencalonan ditetapkan oleh KomisiPemilihan ketua.Pasal 21Perlengkapan Pemungutan Suara1. Komisi Pemilihan ketua bertanggung jawab dalam merencanakan dan menetapkan standarserta kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara2. Sekretaris Komisi Pemilihan ketua bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengadaan danpendistribusian perlengkapan pemungutan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasalini.Pasal 221. Jenis perlengkapan pemungutan suara terdiri atasa. Kotak Suarab. Surat Suarac. Tintad. Bilik Pemungutan Suarae. Alat untuk memberi tanda pilihanf. Tempat Pemungutan Suara2. Selain perlengkapan pemungutan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1), untuk menjagakeamanan, kerahasiaan dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungansuara, diperlukan dukungan perlengkapan lainnya.3. Bentuk, ukuran dan spesifikasi teknis perlengkapan pemungutan suara ditetapkan olehKomisi Pemilihan ketua .4. Pengadaan perlengkapan pemungutan suara, dilaksanakan oleh kesekretarian KomisiPemilihan ketua dengan berpedoman pada ketentuan dan aturan yang ditetapkan.5. Surat suara sebagaimana dimaksud ayat (1) berisi pas foto diri terbaru dan nama calon
  6. 6. 6. Jenis, bentuk, ukuran, warna dan spesifkasi teknis lain surat suara ditetapkan KomisiPemilihan ketua7. Nomor urut calon ditetapkan dengan keputusan Rapat/ siding plenoPasal 231. Komisi Pemilihan ketua jumlah surat suara yang telah dicetak, jumlah yang sudahdigunakan dan jumlah yang masih tersimpan dengan membuat berita acara yang ditandatangani oleh petugas Komisi Pemilihan ketua.2. Tata cara pelaksanaan pengamanan terhadap pencetakan, penghitungan, penyimpanan,pengepakan dan pendistribusian surat ditetapkan oleh Komisi Pemilihan ketuaPasal 24Pemungutan Suara1. Pemungutan suara Pemilihan ketua diselenggarakan secara serentak2. Hari, tanggal, waktu dan Tempat pemungutan suara Pemilihan ketua ditetapkan olehKomisi Pemilihan ketua.Pasal 251. Sebelum melaksanakan pemungutan suara, Komisi Pemilihan ketua:a. Membuka kotak suarab. Mengeluarkan seluruh isi kotak suara;c. Mengidentifikasi jenis dokumen dan peralatan;d. Menghitung jumlah setiap jenis dokumen dan peralatan;e. Memeriksa keadaan seluruh surat suara; dan2. Ketentuan mengenai sah atau tidaknya surat suara ditetapkan oleh Komisi PemilihanketuaPasal 26Penghitungan Suara1. Penghitungan suara dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan ketua2. Penghitungan suara disaksikan oleh saksi peserta Pemilihan Ketua3. Penghitungan suara di saksikan oleh saksi dari perwakilan masing-masing Kubu4. Penghitungan suara dilaksanakan setelah waktu pemungutan suara berakhir5. Penghitungan suara hanya dilakukan dan selesai ditempat yang bersangkutan padahari/tanggal pemungutan suaraPasal 27Penetapan Hasil Pemilihan Ketua1. Perolehan suara ditetapkan oleh Komisi Pemilihan ketua dalam sidang pleno terbukayang dihadiri oleh para saksi peserta Pemilihan2. Komisi Pemilihan ketua menetapkan hasil Pemihan dan perolehan suara calon palinglambat 3 (tiga) hari setelah hari/tanggal pemungutan suara.3. Penetapan Pemenan pemilihan di gunakan system prosentase bila ada 1 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 50 % plus satu bila ada 2 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 50 % plus satupemilih bila ada 3 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 35 % bila ada 4 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 25 % plus satu bila ada 5 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 20 % plus satu bila ada 6 calon maka penetapan pemenang yang memiliki suara 18 %4. Bila Pemenang Mengundurkan diri maka secara Defacto dan dejure maka pemenangpemilihan diberikan kepada pemenang yang kedua
  7. 7. BAB VPEMBENTUKAN KEPENGURUSANPasal 281. Pembentukan kepengurusan di tentukan oleh ketua terpilih dan di bentuk selambatlambatnya 2 minggu setelah di tetapkan sebagai ketua terpilihPasal 29Pelatihan Kepeminpinan Dan Pelantikan1. Pelatihan Kepeminpinan dilaksanakan paling lambat 2 minggu setelah di tentukanpemenangan pemilih.2. Pelatihan kepeminpinan bersifat kekeluargaan dan forum penambahan keilmuankeorganisasian dan pelatihan kekompakan.BAB VIPERGANTIAN PENGURUSPasal 301. Hal-hal yang memungkinkan terjadinya pergantian pengurus adalah :a. Pengurus ada yang megundurkan diri.b. Pengurus tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.c. Pengurus tidak dapat memenuhi persyaratan lagi.d. Pengurus meninggal dunia.e. Pengurus sudah tidak tinggal atau terdaftar lagi sebagai warga Palabuan 02 KelurahanSukamelang.2. Mekanisme pergantian pengurus adalah :a. Bila pengurus yang bersangkutan adalah Ketua dan atau Bidang maka mekanismenyamelalui Majelis Akbar.b. Bila selain tersebut di atas, maka mekanismenya adalah melalui Surat Keputusan Ketuaatas persetujuan dan atas usulan Seksi.c. Bila Selesai penggantian kepengurusan maka pengurus disahkan dengan SuratKeputusan dari Kepala Kelurahan Sukamelang.BAB VIILAMBANGPasal 31Lambang Karang Taruna IndonesiaLambang Karang Taruna Muda Indonesia Lambang Karang Taruna mengandung unsur-unsursekuntum bunga teratai yang mulai mekar, dua helai pita terpampang dibagian atas dan bawah,sebuah lingkaran, dengan bunga Teratai Mekar sebagai latar belakang. Keseluruhan lambangtersebut mengandung makna:
  8. 8. 1. Bunga Teratai yang mulai mekar melambangkan unsur remaja yang dijiwai semangatkemasyarakatan (sosial).2. Empat helai Daun Bunga dibagian bawah, melambangkan keempat fungsi Karang Tarunayaitu:a. Memupuk kreativitas untuk belajar bertanggung jawab;b. Membina kegiatan-kegiatan sosial, rekreatif, edukatif, ekonomis produktif, dan kegiatanlainnya yang praktis;c. Mengembangkan dan mewujudkan harapan serta cita-cita anak dan remaja melaluibimbingan interaksi yang dilaksanakan baik secara individual maupun kelompok;d. Menanamkan pengertian, kesadaran dan memasyarakatkan penghayatan danpengamalan Pancasila.3. Tujuh helai Daun Bunga bagian atas melambangkan Tujuh unsur kepribadian yang harusdimiliki oleh anak dan remaja:a. Taat : Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;b. Tanggap : Penuh perhatian dan peka terhadap masalah;c. Tanggon : Kuat, daya tahan fisik dan mental;d. Tandas : Tegas, pasti, tidak ragu, teguh pendirian;e. Tangkas : Sigap, gesit, cepat bergerak, dinamis;f. Trampil : Mampu berkreasi dan berkarya praktis;g. Tulus : Sederhana, ikhlas, rela memberi, jujur.4. Pita dibagian bawah bertuliskan Karang Taruna mengandung arti:a. Karang : pekarangan, halaman, atau tempat;b. Taruna : remaja Secara keseluruhan berarti tempat atau Wadah Pembinaan Remaja5. Pita dibagian atas bertuliskan ADITYA KARYA MAHATVA YODHA yang berarti:a. ADITYA : Cerdas, penuh pengalaman.b. KARYA : Pekerjaan.c. MAHATVA : Terhormat, berbudi luhur.d. YODHA : Pejuang, patriot. Secara keseluruhan berarti Pejuang yang berkepribadian,berpengetahuan dan terampil.6. Lingkaran menggambarkan sebuah tameng, sebagai lambang Ketahanan Nasional.7. Bunga Teratai yang mekar berdaun lima helai melambangkan lingkungan kehidupanmasyarakat yang sejahtera merata berlandaskan Pancasila.8. Arti warna:a. Putih : Kesucian, tidak tercela, tidak ternoda.b. Merah : Keberanian, sabar, tenang, dan dapat mengendalikan diri, tekad pantang mundurc. Kuning : Keagungan atas keluhuran budi pekerti.Pasal 32Lambang Karang Taruna Bhakti Mandiri 02BAB VIIIKETENTUAN TAMBAHANPasal 33Peraturan ini berlaku sejak ditetapkan, hal-hal yang belum diatur dan ditetapkan dalam peraturanini akan diatur kemudian berdasarkan kesepakatan.1. Pembentukan kepengurusan dilakukan oleh Ketua.2. Pemnyusunan Komisi-komisi atau Bidang-bidang dilakukan oleh ketua dan sesuai dengankebutuhan kepengurusan tersebut3. Kepengurusan harus sudah terbentuk paling lambat satu pekan setelah Majelis Akbar.4. Pengurus baru ditetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Kelurahan SukamelangBAB IXPERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGAPasal 34Perubahan Anggaran Rumah Tangga dapat dilaksanakan oleh Majelis Akbar minimal 2 periodekepegawaian sejak ditetapkan.
  9. 9. BAB X PENUTUPPasal 351. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan diatur tersendiri dalamperaturan-pertauran atau ketentuan-ketentuan Lembaga yang tidak bertentangan denganAnggaran Rumah Tangga Karang Taruna Kabupaten.2. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak ditetapkan dalam Majelis Akbar Karang TarunaKabupaten.Di tetapkan di : SukamelangPada tanggal : 15 Mei 2013MUSYAWARAH BESAR KARANG TARUNA BHAKTI MANDIRI 02PIMPINAN SIDANGKetuaSekretaris Anggota
  10. 10. Tujuan, Tugas, dan Fungsi Karang TarunaSesuai Pedoman Dasar Karang Taruna, pengertian Karang Taruna adalah OrganisasiSosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasarkesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasimuda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerakdibidang usaha kesejahteraan sosial. Pembinaan Karang Taruna diatur dalam Permensos83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Berikut kutipan isi pedoman:TujuanTujuan Karang Taruna adalah :a. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran dan tanggung jawab sosialsetiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menagkal,menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.b. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Tarunayang Trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.c. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkankeberdayaan warga Karang Taruna.d. Termotivasinya setiap generasi muda warga Karang Taruna untuk mampu menjalintoleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupanbermasyarakat, berbangsa dan bernegara.e. Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangkamewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.f. Terwujudnya Kesejahteraan Sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda didesa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaanfungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalahkesejahteraan sosial dilingkungannya.g. Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa/kelurahanatau komunitas adat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu danterarah serta berkesinambungan oleh Karang Taruna bersama pemerintah dankomponen masyarakat lainnya.TugasSetiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama denganPemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalahkesejahteraan social terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif,rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.FungsiSetiap Karang Taruna melaksanakan fungsi :a. Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.b. Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.c. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda dilingkunggannyasecara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.d. Penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda dilingkungannya.e. Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosialgenerasi muda.f. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan,kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai NegaraKesatuan Republik Indonesia.g. Pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawabsosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatanpraktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraansosial di lingkungannya secara swadaya.h. Penyelenggara rujukan, pendampingan, dan advokasi social bagi penyandang masalahkesejahteraan sosial.i. Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan denganberbagai sektor lainnya.j. Penyelenggara usaha-usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.

×