Boot tugas 1

1,182 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,182
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • RATNA YUNIARTIKINZI FELICIANO PINONTOAN
  • Boot tugas 1

    1. 1. Metode simulasi datadan bootstrap BY RATNA YUNIARTI KINZI FELICIANO PINONTOAN
    2. 2. BAB 1 DAN BAB 2 Materi:  Sejarah penemuan metode Bootstrap  Keakuratan mean sampel
    3. 3. Pendahuluan Ilmu statistika mencoba menjawab 3 pertanyaan mendasar: 1. Bagaimana cara mengumpulkan data ? 2. Bagaimana menganalisis dan meringkas data yang sudah dikumpulkan? 3. Bagaimana keakuratan ringkasan data tersebut ? Pertanyaan ke-3 merupakan bagian dari proses yang dikenal sebagai inferensi statistik.
    4. 4. Apa itu Bootstrap???  “To pull oneself up by one’s own bootstrap”  Bootstrap mengembangkan teknik untuk membuat inferensi statistik tersebut dengan memanfaatkan program komputer modern untuk mempermudah penghitungan.  Teknik bootstrap merupakan suatu metode resampling yang diperkenalkan oleh Bradley Efron pada tahun 1979.  Bootstrap adalah suatu kata yang dipilih Efron untuk mendeskripsikan teknik pengambilan sampel dengan pengembalian terhadap sampel asli kemudian sampel tersebut dinamakan sub sampel dan kumpulan dari sub sampel dinamakan sampel bootstrap.
    5. 5. Penarikan sampel bootstrap
    6. 6. Keakuratan mean sampel  Bootstrap : metode berbasis komputer untuk mengukur keakuratan estimasi statistik.  Pada bab ini estimator statistik yang akan dibahas adalah mengenai mean sampel.  Tabel 2.1 menunjukan hasil dari suatu eksperimen yaitu diambil 7 dari 16 tikus secara random untuk diberikan perlakuan medis, sedangkan 9 tidak diberikan perlakuan (kontrol). Perlakuan tersebut diharapkan dapat memperpanjang tahan hidup. Pada tabel menunjukkan waktu tahan hidup, dalam hari untuk semua 16 tikus.
    7. 7. Standar eror
    8. 8. Skema proses bootstrap
    9. 9. Penjelasan :  Skema dari proses bootstrap untuk mengestimasi standar eror dari dari statistik  B sampel bootstrap dibangkitkan dari himpunan data asli.  Masing-masing sampel bootstrap mempunyai n elemen, dibangkitkan secara sampling dengan n kali penggantian dari himpunan data asli.  Pengulangan bootstrap diperoleh dengan menghitung nilai dari statistic s(x) pada tiap-tiap sampel bootstrap. Akhirnya, deviasi standar dari nilai adalah estimasi/taksiran kita dari standar error s(x) .
    10. 10. WS.WR.WB..........

    ×