Oleh
Ngainun Naim
http://ngainun-naim.blogspot.com
Email: naimmas22@gmail.com
Sabtu, 31 Mei 2014
 Istilah ukhuwah biasanya diartikan sebagai
persaudaraan. Menurut M. Quraish Shihab, kata ini
pada mulanya berarti ”persa...
 Menurut Machasin, unsur yang sangat penting
dalam persaudaraan adalah solidaritas. Solidaritas
bukan dukungan membabi bu...
 Dalam konteks kehidupan yang rukun, damai, dan
harmonis, Ukhuwah Islamiah sangat penting
artinya.
 Ukhuwah Islamiah men...
 Tidak ada sesuatu yang sempurna. Selalu saja
ada kelebihan dan kekurangan. Aspek ini
seharusnya menjadi kesadaran. Kesad...
 Tidakmudah untuk membangun ukhuwah islamiahdi
tengah kompleksitas kehidupan umat Islam.
 Aspek yang tampaknya penting u...
 Ukhuwah islamiah seharusnya bersifat
aktual dan operasional. Melalui cara
semacam ini diharapkan umat
beragama bisa hidu...
 Ukhuwah islamiah bukan berarti semua
harus sama dan satu. Ukhuwah islamiah
itu secara implisit justru merupakan
penegasa...
 Bukan perbedaan yang seharusnya
dikedepankan, tetapi titik
persamaan.
 Persaudaraan itu harus menjadi titik
tekan. Mela...
 Jaring digunakan untuk menangkap ikan;
setelah ikannya ditangkap dan dihidangkan di
meja makan, jaringnya sudah tidak be...
 Banyak konflik—antar umat beragama atau
antar kelompok dalam satu agama—terjadi
karena pihak yang bertikai belum
menangk...
 “Jika orang bisa bersaudara dengan tulus, ia berada
dalam keimanan yang bertakwa; sebaliknya jika iman
tidak disertai ra...
 Menurut K.H. Achmad Siddiq, ada tiga sikap
penting yang terkandung dalam ukhuwah.
1. Sikap akomodatif, yaitu kesediaan
m...
3. Sikap integratif, yaitu kesediaan
menyelaraskan, menyerasikan,
dan menyeimbangkan berbagai
kepentingan, baik kepentinga...
Terima
Kasih
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Meningkatkan ukhuwah islamiyah

1,120 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,120
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Meningkatkan ukhuwah islamiyah

  1. 1. Oleh Ngainun Naim http://ngainun-naim.blogspot.com Email: naimmas22@gmail.com Sabtu, 31 Mei 2014
  2. 2.  Istilah ukhuwah biasanya diartikan sebagai persaudaraan. Menurut M. Quraish Shihab, kata ini pada mulanya berarti ”persamaan dan keserasian dalam banyak hal”. Istilah ini berasal dari akar kata yang semula berarti ”memperhatikan”. Dari sudut analisis kebahasaan ini ukhuwah mengandung dua ide pokok. Pertama, prinsip dasar yang melahirkan persaudaraan adalah persamaan (keturunan, suku, kebangsaan, organisasi, agama, dan sebagainya). Kedua, persaudaraan mengharuskan adanya perhatian semua pihak yang merasa bersaudara.
  3. 3.  Menurut Machasin, unsur yang sangat penting dalam persaudaraan adalah solidaritas. Solidaritas bukan dukungan membabi buta terhadap orang- orang yang menjadi anggota persaudaraan. Mewujudkan solidaritas tidak boleh melupakan norma-norma kebenaran. Membiarkan seorang saudara yang terus-menerus dalam kesalahan bukan merupakan tindakan ukhuwah. Mengkritik dan mengingatkan diperlukan untuk mengarahkan orang pada kebajikan dan jalan yang benar. Menghadapi saudara, hal semacam ini lebih diperlukan.
  4. 4.  Dalam konteks kehidupan yang rukun, damai, dan harmonis, Ukhuwah Islamiah sangat penting artinya.  Ukhuwah Islamiah menjadi landasan penting bagi terciptanya kehidupan umat Islam yang dilandasi persaudaraan. Islam sebagai agama memang satu, tetapi cara memahami Islam menghasilkan Islam dengan corak yang bermacam-macam.  Berbagai aliran dan kelompok Islam yang ada menunjukkan bahwa upaya memahami Islam menghasilkan karakteristik Islam tertentu. Pada titik inilah, antar aliran Islam seharusnya saling menghargai, memahami, dan bersatu. Landasannya adalah ajaran Islam.
  5. 5.  Tidak ada sesuatu yang sempurna. Selalu saja ada kelebihan dan kekurangan. Aspek ini seharusnya menjadi kesadaran. Kesadaran ini menjadi dasar bagi terbangunnya ukhuwah islamiyah.  Ukhuwah islamiyah tidak lahir dengan sendirinya, melainkan merupakan wujud yang lahir dari proses kreatif yang diusahakan bersama.  Inti ukhuwah adalah ishlâh yaitu upaya terus- menerus untuk menghadirkan nilai manfaat dalam diri setiap muslim. Karena itulah ukhuwah islamiyah harus terus disosialisasikan.
  6. 6.  Tidakmudah untuk membangun ukhuwah islamiahdi tengah kompleksitas kehidupan umat Islam.  Aspek yang tampaknya penting untuk ditelusurilebih jauhadalahmengapa terjadijurang antaraidealitas dengan realitasukhuwah islamiahini.
  7. 7.  Ukhuwah islamiah seharusnya bersifat aktual dan operasional. Melalui cara semacam ini diharapkan umat beragama bisa hidup harmonis di tengah keanekaragaman yang ada.  Ukhuwah islamiah jangan hanya sebatas slogan.  Ukhuwah islamiah seharusnya menjadi bagian tidak terpisah dalam kehidupan sehari-hari.
  8. 8.  Ukhuwah islamiah bukan berarti semua harus sama dan satu. Ukhuwah islamiah itu secara implisit justru merupakan penegasan akan keanekaragaman. Tidak ada sesuatu yang sama persis, apalagi untuk fenomena kehidupan antarumat beragama yang sangat kompleks.  Kesamaan di antara umat Islam adalah kesamaan dalam aspek ajaran agama. Tetapi saat memahami dan menafsirkannya, ada perbedaan.
  9. 9.  Bukan perbedaan yang seharusnya dikedepankan, tetapi titik persamaan.  Persaudaraan itu harus menjadi titik tekan. Melalui titik tekan ini diharapkan akan tumbuh saling penghargaan dan penghormatan.  Kunci penting untuk mewujudkan saling penghargaan ini adalah dialog.
  10. 10.  Jaring digunakan untuk menangkap ikan; setelah ikannya ditangkap dan dihidangkan di meja makan, jaringnya sudah tidak berguna lagi dan tidak perlu dibawa sampai ke meja makan.  Jebakan dipakai untuk menangkap kelinci; setelah mendapat kelinci, jebakannya bisa dibuang.  Perahu dipakai untuk menyeberangi sungai; setelah sampai di tepi yang lain, perahunya ditinggalkan, bukan dipikul ke sana-ke mari.
  11. 11.  Banyak konflik—antar umat beragama atau antar kelompok dalam satu agama—terjadi karena pihak yang bertikai belum menangkap makna sesungguhnya. Mereka hanya berdiskusi tentang “Jalan”, tanpa pernah mencoba untuk menjalaninya sehingga tidak pernah sampai di tujuan. Kalau kita sudah sampai di tujuan, maka tiada lagi yang bisa diperdebatkan, karena memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
  12. 12.  “Jika orang bisa bersaudara dengan tulus, ia berada dalam keimanan yang bertakwa; sebaliknya jika iman tidak disertai rasa persaudaraan, ia harus melengkapi keimanannya dengan tobat dan takwa—yang dengan cara demikian ia dipastikan akan membangun relasi ukhuwah”—Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl (Ketua Umum MUI Jawa Barat).  Ukhuwah islamiah adalah landasan terwujudnya masyarakat toleran, yaitu masyarakat yang menyadari dan mengakui akan keterbatasannya dan berbagi komitmen bersama untuk saling berbagi dan memperat persaudaraan. Forum ini semoga menjadi langkah semakin menguatnya masyarakat toleran di Tulungagung.
  13. 13.  Menurut K.H. Achmad Siddiq, ada tiga sikap penting yang terkandung dalam ukhuwah. 1. Sikap akomodatif, yaitu kesediaan menampung berbagai kepentingan, pendapat, dan aspirasi dari berbagai pihak. 2. Sikap selektif, yaitu sikap kritis dan analitis pada semua hal, memilah-milah mana yang bermanfaat dan tidak.
  14. 14. 3. Sikap integratif, yaitu kesediaan menyelaraskan, menyerasikan, dan menyeimbangkan berbagai kepentingan, baik kepentingan diri maupun kelompok yang lebih besar, dan seterusnya, dengan tidak mempertentangkan berbagai kepentingan yang ada.
  15. 15. Terima Kasih

×