Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BAB 4
MENJELASKAN SEBAB DAN AKIBAT
PERISTIWA ALAM DAN SOSIAL
TEKS EKSPLANASI
PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI
Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi
penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai
akibat dari ...
SETRUKTUR TEKS EKSPLANASI
1. Pernyataan Umum
Merupakan gambaran awal tentang apa
yang disampaikan dan kalimatyang ada
dala...
Ciri Teks Eksplanasi
• urutan sebab akibat dalam teks eksplanasi
dapat dinyatakan dengan :
a. kategori nomina (akibatnya, ...
• teks eksplanasi banyak menggunakan kata
kerja material dan relasional.
• sesuatu yang di terangkan dalam teks
eksplanasi...
KAIDAH KEBAHASAAN TEKS
EKSPLANASI
1. Istilah
istilah asing yang penulisan dan
pengucapannya disesuaikan dengan kaidah
baha...
2. Konjungsi
a. Konjungsi eksternal : merupakan konjungsi
yang menghubungkan 2 peristiwa, deskripsi
benda atau kualitas di...
MENGANALISIS CONTOH TEKS
EKSPLANASI
Siklus Hidrologi
No
.
Struktur Teks Peristiwa
1 Penyataan
Umum
Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran
yan...
3 Urutan
Sebab-
Akibat
Karena perbedaan temperatur di atmosfir, uap berubahmenjadi
air. Temperatur yang berada di bawah ti...
CIRI TEKS EKSPLANASI
• urutan sebab-akibat
a. kategori nomina
- Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah
wujud...
• kata kerja material dan relasional
a. kata kerja material
- Karena perbedaan temperatur di atmosfir,
uap berubah menjadi...
KAIDAH KEBAHASAAN
1. istilah
a. hidrologi, gravitasi, temperatur, energi, dll
b. freezing point, tiny droplet, estuary
2. ...
CARA MENYUSUN TEKS EKSPLANASI
1. Menentukan tema
2. menentukan tujuan
3. Mencari data atau informasi dari berbagai
sumber
...
Wasalamualaikum Wr. Wb.
Bahasa indonesia teks eksplanasi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Bahasa indonesia teks eksplanasi

17,222 views

Published on

  • Be the first to comment

Bahasa indonesia teks eksplanasi

  1. 1. BAB 4 MENJELASKAN SEBAB DAN AKIBAT PERISTIWA ALAM DAN SOSIAL TEKS EKSPLANASI
  2. 2. PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang telah terjadi sebelumnya, dan menyebabkan sesuatu yang lain lagi akan terjadi kemudian.
  3. 3. SETRUKTUR TEKS EKSPLANASI 1. Pernyataan Umum Merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dan kalimatyang ada dalam pernyataan bersifat umum. 2. Urutan Sebab-Akibat Meruakan inti tentang apa yang disampaikan.
  4. 4. Ciri Teks Eksplanasi • urutan sebab akibat dalam teks eksplanasi dapat dinyatakan dengan : a. kategori nomina (akibatnya, sebagai akibat, jadi, dll) b. konjungsi (sebab, karen, dan ketika) c. kategori verba (menyebabkan, menimbulkan, mengakibatkan, membuat, menjadikan dan menyumbang)
  5. 5. • teks eksplanasi banyak menggunakan kata kerja material dan relasional. • sesuatu yang di terangkan dalam teks eksplanasi itu benar adanya.
  6. 6. KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI 1. Istilah istilah asing yang penulisan dan pengucapannya disesuaikan dengan kaidah bahasa indonesia. istilah asing yang diserap langsung sesuai dengan bahasa aslinya.
  7. 7. 2. Konjungsi a. Konjungsi eksternal : merupakan konjungsi yang menghubungkan 2 peristiwa, deskripsi benda atau kualitas didalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. b. konjungsi internal : merupakan konjungsi yang menghubungkan argumen atau ide yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua kelompok klausa.
  8. 8. MENGANALISIS CONTOH TEKS EKSPLANASI
  9. 9. Siklus Hidrologi No . Struktur Teks Peristiwa 1 Penyataan Umum Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan siklus hidrologi. Sirkus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfir kebumi dan kembali ke atmosfir melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. 2 Urutan Sebab-Akibat Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air(sungai, embun, reservoir, waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabka air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses pengambilan air oleh aka tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut traspirasi.
  10. 10. 3 Urutan Sebab- Akibat Karena perbedaan temperatur di atmosfir, uap berubahmenjadi air. Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal-kristal es terbentuk. Butir-butir air terjdi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibatvkondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi dan disebut dengan hujan atau presipitasi. Bila temperatur udara turun dibawah 0 derajat celcius, butiran air akan berubah menjadi salju. Urutan Sebab- Akibat Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah. Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai sistem danau atau waduk. Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil dan sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.
  11. 11. CIRI TEKS EKSPLANASI • urutan sebab-akibat a. kategori nomina - Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. b. konjungsi - Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. c. kategori verba - Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. - Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi dan disebut dengan hujan atau presipitasi.
  12. 12. • kata kerja material dan relasional a. kata kerja material - Karena perbedaan temperatur di atmosfir, uap berubah menjadi air. b. Kata kerja relasional - Karena perbedaan temperatur di atmosfir, uap berubah menjadi air. • sesuatu yang disampaikan dalam teks eksplanasi berdasarkan fakta.
  13. 13. KAIDAH KEBAHASAAN 1. istilah a. hidrologi, gravitasi, temperatur, energi, dll b. freezing point, tiny droplet, estuary 2. Konjungsi a. Konjungsi eksternal -Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut traspirasi. - Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah
  14. 14. CARA MENYUSUN TEKS EKSPLANASI 1. Menentukan tema 2. menentukan tujuan 3. Mencari data atau informasi dari berbagai sumber 4. menyusun kerangka karangan sesuai tema 5. mengembangkan kerangka menjadi karangan eksplanasi.
  15. 15. Wasalamualaikum Wr. Wb.

×