Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Power Point: Software Akuntansi Accurate

881 views

Published on

PowerPoint tentang Komputer Akuntansi ini merupakan materi dari Komputer Audit.
PowerPoint ini dibuat oleh :
1. Ario Bimo Bramantyo
2. Fadhlan Zasti
3. Ghani Bariq Halimi
4. Hartono
5. Lestari Purnama Sari
6. Maudina Hutagalung
7. Maulana Akbar
8. Milda Aulia Eriyana
9. M. Abdan
10. Reky Subagja

Published in: Education
  • Be the first to comment

Power Point: Software Akuntansi Accurate

  1. 1. FITUR-FITUR DALAM ACCURATE
  2. 2. HELLO! Bimo/Fadhlan/Ghani/Hart ono/Lestari/Maudi/Maula na/Milda/M.Abdan/Reky
  3. 3. 1. PENGENALAN TENTANG ACCURATE
  4. 4. PENGENALAN TENTANG ACCURATE » ACCURATE Accounting Software diciptakan oleh Putera/Puteri Bangsa Indonesia yang berdiri di bawah bendara PT. Cipta Piranti Sejahtera, lebih dikenal dengan sebutan CPSSoft, yang berlokasi di Jakarta. » ACCURATE Accounting Software merupakan software pertama yang dikembangkan oleh CPSSoft. Dalam mengembangkan software, CPSSoft selalu menggunakan pinsip dasar 3 M, yaitu Murah, Massal, dan bermanfaat
  5. 5. PENGENALAN TENTANG ACCURATE » Berkat masukan dari user dan mengikuti perkembangan dunia usaha di Indonesia ACCURATE selalu membenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. » Hingga sekarang telah release versi 4. Pemunculan versi 4 ini tentunya memberikan beberapa kemudahan baru bagi user dalam menerapkan sistem akuntansinya ke dalam ACCURATE.
  6. 6. 2. EKSPOR DAN IMPOR DATA
  7. 7. EXPORT IMPORT TRANSACTION Fitur Export Import Transaction adalah fitur yang berfungsi sebagai media ekspor dan impor data transaksi. Fitur ini merupakan perbaikan dari fitur Export Import Versi 3, dimana fitur Export Import pada ACCURATE Versi 3 hanya dapat dilakukan untuk Modul Penjualan (Sales Invoice Module) yang meliputi Faktur Penjualan (Sales Invoice), Retur Penjualan (Sales Return), dan Penerimaan Pelanggan (Customer Receipt).
  8. 8. 1. CURRENCY 7. SALES ORDER 13. PURCHASE RETURN 19. SALESMAN 2. ITEM 8. DELIVERY ORDER 14. VENDOR PAYMENT 20. COMMISSION RANGE 3. ACCOUNT 9. SALES INVOICE 15. JOURNAL VOUCHER 21. SELLING PRICE ADJUST 4. CUSTOMER 10. SALES RETURN 16. OTHER DEPOSIT 5. VENDOR 11. CUSTOMER RECEIPT 17. OTHER PAYMENT 6. TAX 12. PURCHASE INVOICE 18. CUSTOMER TYPE Berikut ini transaksi-transaksi yang dapat diekspor dan diimpor dengan menggunakan Fitur Export Import Transaction ACCURATE:
  9. 9. Proses Ekspor Impor dapat dilakukan per transaksi atau sekelompok transaksi dan hanya dapat mengekspor data Insert dan Delete, tidak untuk kondisi Edit (Update), jadi data dalam kondisi insert atau edit, ACCURATE tetap mengganggap data tersebut adalah mode insdert saat diimport ke database lain. Untuk menghindari Error pada saat pengeksporan data cabang ke pusat, Anda harus memastikan bahwa master data pusat dan cabang sama persis. Master data yang dimaksud disini seperti : Data Akun , Data Item dan Data Master lainnya.
  10. 10. Anda dapat membuat master data cabang dengan menduplikasi database pusat menggunakan fitur Create New Branch. Fitur Create New Branch secara otomatis akan membuatkan duplikasi data dari data utama dengan kode cabang yang berbeda dan otomatis membuatkan data – data master seperti Item, Customer, Vendor, Tax, dll, sehingga data cabang siap untuk memulai penginputan transaksi.
  11. 11. 3. VALIDASI INPUT
  12. 12. Accurate Client Server INTERNET CLIENT SERVER CLIENT
  13. 13. ALASAN ACCCURATE MENGGUNAKAN CLIENT SERVER 1. Fleksibilitas Lingkungan client/server memungkinkan Anda untuk memilih beragamtools yang sesuai untuk memberikan solusi yang diperlukan. Jika Anda memerlukan aplikasi yang komplit, Anda bisa menggunakan Delphi, Visual Basic atau berbagai macam tools yang mendukung server database. 2. Mengurangi Traffic Network Sekelompok besar user yang kebetulan bersama- sama melakukan pencarian dari database yang besar melalui jaringan bisa membuat sistem jaringan tersebut HANG. Migrasi ke lingkungan client/server akan mengurangi beban jaringan karena PC client hanya mengirimkan request for data sementara server hanya mengirimkan jawaban yang diperlukan saja, jadi bukan keseluruhan file database yang dikirimkan.
  14. 14. ALASAN ACCCURATE MENGGUNAKAN CLIENT SERVER 3. Kapasitas Sebuah table dalam database client/server dinyatakan dalam satuan GB, bukan lagi MB. 4. Kecepatan Dengan tabel yang besar, perbedaan kecepatan pencarian data akan semakin signifikan. 5. Skalabilitas Kebanyakan server database bisa berjalan di multiple platform (Novell, SCO UNIX, VAX, Sun, Linux, Windows NT) sehingga Anda bisa menambah server seiring dengan peningkatan kebutuhan di masa mendatang.
  15. 15. ALASAN ACCCURATE MENGGUNAKAN CLIENT SERVER 6. Integritas dan Kemanan Client/server memungkinkan kedua belah pihak(MIS dan end user) memenuhi apa yang diinginkan. End User bisa menggunakan tools yang disukai untuk membaca data, sementara MIS bisa melakukan backup keseluruhan data dari satu tempat, sekaligus membatasi siapa yang boleh membaca, siapa yang boleh mengubah data. 7. Bisa Diprogram Server database bisa diprogram. Anda bisa menuliskan aturan bisnis danmemprogram di server database sehingga sebuah aturan yang bersifat umum tidak perlu dituliskan kembali di setiap aplikasi yang dibuat.
  16. 16. ALASAN ACCCURATE MENGGUNAKAN CLIENT SERVER 8. Skalabilitas Kemampuan server database meng-update beberapa tabel sekaligus dan memasikan semuanya sukses terupdate merupakan faktor yang kritis bagi aplikasi database yang kompleks. Kalau ada salah satu tabel yang gagal di update, maka semua yang sudah tercatat dari transaksi terakhir harus dibatalkan dan dikembalikan ke posisi semula. Hanya server database yang mempunyai kemampuan seperti itu
  17. 17. 4. PENGENDALIAN AKSES
  18. 18. TINGKATAN PENGGUNA (USER) DALAM SOFTWARE ACCURATE • Admin dapat melakukan semua aktivitas seperti mencatat transaksi, membuat laporan, membuat user ID baru, dsb.Admin • Level supervisor hampir sama seperti level “admin”, hanya saja “supervisor” tidak dapat membuat user ID baru.Supervisor • User hanya dapat melakukan kegiatan yang sesuai dengan job desk divisi karyawan dan hanya dapat mengganti password user ID sendiri saja.User
  19. 19. CONTOH CARA MEMBUAT USER ID BARU
  20. 20. CONTOH CARA MEMBUAT USER ID BARU
  21. 21. CONTOH CARA MEMBUAT USER ID BARU
  22. 22. CONTOH CARA MEMBUAT USER ID BARU
  23. 23. CONTOH CARA MEMBUAT USER ID BARU
  24. 24. 5. BACKUP/RECOVERY
  25. 25. DATA BACKUP Tujuan : untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan (Corrupt) pada struktur Database ACCURATE yang menyebabkan Database ACCURATE tidak dapat dibuka lagi Tentukan folder yang diinginkan untuk menyimpan file backup dan beri nama secara manual Keterangan BACKUP akan muncul setiap akan menutup program ACCURATE Backup Otomatis Klik file  BackupBackup Manual
  26. 26. AUTO BACKUP a. Klik menu Setup – Preference b. Pada window Preference, Klik Company kemudian centang kotak “Backup on close” c. Klik OK
  27. 27. AUTO BACKUP Setiap user menutup database ACCURATE, akan muncul konfirmasi tersebut secara otomatis
  28. 28. Default pemberian nama file Backup : NamaFile MMMYY.GBK ACCURATE secara otomatis akan membuat satu file backup dengan nama sesuai dengan nama Database ACCURATE user disertai informasi periode bulan dan tahun (sesuai dengan setting tanggal komputer server) Backup yang telah dibuat akan otomatis tersimpan di alamat yang sama dengan alamat penyimpanan Database ACCURATE user Setiap bulan sekali ACCURATE akan membuat File Backup yang berbeda
  29. 29. MANUAL BACKUP Backup yang buat dapat di simpan di folder yang berbeda dengan folder penyimpanan Database ACCURATE a. Klik menu File – Backup b. Pada window Backup Database, isi kolom file name dengan alamat tempat file backup akan disimpan dan nama file yg diinginkan c. Klik OK
  30. 30. 6. AUDIT TRAIL
  31. 31. “Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencacat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log”
  32. 32. Audit Trail mencatat 1. User 2. Waktu 3. Data 4. Kegiatan Menambah Mengurangi Menghapus Audit Trail apabila diurutkan berdasarkan waktu bisa membentuk suatu kronologis manipulasi data. Dasar ide membuat fitur Audit Trail adalah menyimpan histori tentang suatu data (Dibuat, Diubah, atau Dihapus) dan oleh siapa serta bisa menampilkannya secara kronologis.
  33. 33. CARA KERJA AUDIT TRAIL 1. Dengan menyisipkan perintah penambahan record ditiap query Insert, Update dan Delete 2. Dengan memanfaatkan fitur trigger pada DBMS. Trigger adalah kumpulan SQL statement, yang secara otomatis menyimpan log pada event INSERT, UPDATE, ataupun DELETE pada sebuah tabel.
  34. 34. FASILITAS AUDIT TRAIL Jika fasilitas Audit Trail diaktifkan, maka setiap transaksi yang dimasukan ke Accurate, jurnalnya akan dicatat di dalam sebuah tabel, termasuk oleh siapa, dan kapan. Apabila ada sebuah transaksi yang di-edit, maka jurnal lamanya akan disimpan, begitu pula dengan jurnal barunya.
  35. 35. HASIL AUDIT TRAIL Record Audit Trail disimpan dalam bentuk : a) Binary File - Ukuran tidak besar dan tidak bisa dibaca begitu saja b) Text File - Ukuran besar dan bisa dibaca langsung Tabel. Dengan adanya Audit Trail ini, semua kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan baik.
  36. 36. 7. FITUR PENGENDALIAN LAINNYA
  37. 37. »Teknologi Client – Server dengan database firebird Beberapa pengguna dapat mengakses satu data serupa di komputer berlainan yang telah terhubung dengan jaringan, sesuai dengan akses dan password masing- masing. »Mencatat nilai transaksi hingga 15 digit (920 trilliun) Nilai angka transaksi perusahaan bisa dicatat oleh ACCURATE hingga maksimal 15 angka, atau mencapai 920 trilliun, untuk sekali masuk.
  38. 38. »Nomor Serial / Batch Produksi / Expire Date = memiliki kelebihan dibagian ini supaya pengguna bisa mencari dan menomori data agar mudah dilacak dan di pindai »Multi Currency Dengan fitur ini, kita bisa melakukan pencatatan dalam beberapa mata uang untuk masing- masing transaksi, terutama untuk akun tipe Cash/Bank, Piutang dan Hutang.
  39. 39. Multi level Kode Perkiraan »Kode-kode akun juga bisa kita catat dengan beberapa tingkatan dalam satu transaksi. »Proses Seketika (Real Time Processing) Hanya dengan memasukkan transaksi penjualan dan pembelian, kita sudah bisa melihat laporan laba-rugi yang dibuat oleh perusahaan saat itu juga.
  40. 40. »Multi Warehouse Dengan fitur ini kita dapat mengetahui posisi kuantitas suatu barang berada di gudang mana saja.Bisa memasukkan beberapa data gudang sekaligus dalam satu jurnal, sehingga hasil jumlah dan jenis barang dalam gudang bisa langsung kita peroleh. »Multi User Fitur ini memungkinkan beberapa orang dapat mengakses satu data yang sama di komputer yang berlainan yang sudah terhubung dengan jaringan sesuai dengan akses dan password masing-masing.
  41. 41. »Multi Sales Commission Membantu kita untuk bisa mencatat setiap faktur penjualan dengan memilih siapa penjualnya, sehingga kita juga bisa menentukan komisi untuk masing-masing penjual. »Multi Form Template Desain formulir pengisian laporan keuangan masing- masing jurnal bisa kita desain sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan kita dalam bekerja. Sehingga dengan demikian kita bisa dengan mudah mencatat setiap akun yang masuk dan keluar.
  42. 42. »Multi level Bill Of Material Beberapa materi awal bisa kita bukukan menjadi satu. »Lebih dari 250 laporan siap pakai Hebatnya di ACCURATE, kita bisa langsung mengetahui laporan dari transaksi yang telah kita lakukan hingga 250 laporan saat itu juga setelah pencatatan dilakukan.
  43. 43. »Mencetak Faktur Pajak Standar Laporan Pajak Standar bisa langsung kita peroleh, bahkan bisa kita cetak juga hasilnya setelah kita memasukkan data transaksi terlebih dahulu. »Laporan SPT Badan terintegrasi Laporan SPT juga bisa dibuat menjadi satu dengan memasukan data-data yang ingin dikoreksi dan dilaporkan kepada pemerintah.
  44. 44. »Bilingual ACCURATE bisa ditampilkan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. »Customize Report Dengan fitur ini satu jenis laporan yang sudah disediakan dapat dikustomisasi sendiri oleh kita menjadi puluhan bahkan ratusan jenis laporan yang sudah dimodifikasi, dapat dibentuk dan diset mulai dari lebar kolom, warna, jenis angka dan huruf, sesuai dengan pengelompokan dan tampilan yang kita inginkan.
  45. 45. 8. KELEBIHAN ACCURATE
  46. 46. KELEBIHAN ACCURATE 1. Bisa Online antara Pusat dengan Cabang/Pabrik/Gudang walaupun beda kota. 2. Sistem pencatatannya adalah meliputi untuk multi Currency, multi User, multi Departemen/Project, multi Gudang, dan multi Salesman. 3. Data sudah terintegrasi antara Kas/Bank, Buku Besar, Pembelian, Persediaan, Penjualan dan Aktiva Tetap. 4. Modul Penjualan terintegrasi dengan Faktur Pajak saat membuat Faktur Penjualan.
  47. 47. KELEBIHAN ACCURATE 5. Ada sistem Copy Transaksi, untuk transaksi berulang. 6. Membuka sumber data tinggal klik angka yg diinginkan, maka sumber data akan terbuka. 7. Formulir bisa di maksimalkan seperti bentuk yang diinginkan, bahkan dengan logo perusahaan. 8. Jurnal akan terbentuk otomatis dengan cukup menjalankan modul-modulnya. 9. Report bisa dikustomisasi menurut kebutuhan, jadi tidak perlu dilihat/print semua datanya.
  48. 48. KELEBIHAN ACCURATE 10. Ada User profile untuk membatasi otorisasi tiap user. 11. Ada sistem proteksi data. 12. Ada sistem backup otomatis, jadi bila data rusak bisa menggunakan data backup. 13. Ada sistem perbaikan data, bila datanya rusak. 14. Kegiatan user termonitor oleh Admin by daily. 15. Mudah untuk melakukan edit/perbaikan entry data.
  49. 49. KELEBIHAN ACCURATE 16. Mudah digunakan terbukti dengan sudah digunakan lebih 80.000 perusahaan dan lebih dari 15 Lab Akunting di beberapa Universitas. 17. Ada 2 pilihan bahasa Indonesia atau bhs Inggris. 18. Ada 370 laporan yang bisa dipilih mana yang cocok untuk digunakan. 19. Jurnal yang dibuat pasti balance. 20. Tidak ada sistem closing, semuanya real time selesai diinput maka hasilnya detik itu juga bisa langsung dilihat di Laporan. 21. Datanya ringan hanya sekitar 30Mb sd 150Mb. 22. Data dan Laporan bisa disimpan dalam berbagai bentuk file excel, jpeg, pdf dll.
  50. 50. 9. KELEMAHAN ACCURATE
  51. 51. KELEMAHAN ACCURATE 1. Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancar. 2. Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bisa berjalan. 3. ACCURATE tidak dapat digunakan multi cabang lagi 4. After Sales Servicenya lama
  52. 52. THANKS! Any questions?

×