Pengertian norma

128,034 views

Published on

0 Comments
12 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
128,034
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
524
Comments
0
Likes
12
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengertian norma

  1. 1. Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan hubungan antarmanusia dalam arti luas.
  2. 2. Norma agama adalah kaidah atau ketentuan yang bersumber dari kitab suci, merupakan ciptaan dan petunjuk Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama berisi tentang perintah, larangan dan anjuran dari Tuhan Yang Maha Esa. Orang yang melanggar akan mendapat dosa sedangkan yang melaksanakan akan mendapat pahala.
  3. 3. FUNGSI NORMA AGAMA Fungsi norma agama bagi manusia adalah agar hidup manusia bahagia di dunia dan akhirat.
  4. 4. CONTOH NORMA AGAMA 1. Toleransi terhadap agama teman 2.Menghormati orangtua. 3.Jangan berbuat riba 4.Menjalankan ibadah sesuai agamanya
  5. 5. 2. NORMA KESOPANAN Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang timbul dari pergaulan manusia dalam masyarakat. Norma kesopanan diikuti dan ditaati sebagai pedoman untuk mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia lain yang ada disekitarnya,. Norma kesopanan tidak mempunyai lingkungan pengaruh yang luas jika dibandingkan dengan norma agama atau norma kesusilaan. Orang yang melanggar norma kesopanan akan mendapat sanksi pengucilan, diasingkan dan dicemooh dalam pergaulan hidup ditengah masyarakat.
  6. 6. Norma kesopanan bertujuan agar manusia bertingkah laku dengan baik dalam pergaulan hidupnya.
  7. 7. CONTOH NORMA KESOPANAN 1. Jangan meludah di sembarang tempat. 2. Orang muda harus menghormati orang yang lebih tua. 3. Minum dan makan tanpa mengeluarkan bunyi yang mengganggu.
  8. 8. Norma hukum adalah peraturan yang dibuat oleh penguasa negara yang berlaku dalam suatu negara tertentu. Norma hukum berisi peraturan yang mengikat dan memaksa bagi setiap warga negara. Oarang yang melanggar akan mendapat hukuman denda, kurungan ataupun penjara. Keistimewaan norma hukum terletak pada sifatnya yang memaksa.
  9. 9. Norma hukum bertujuan untuk mencapai kedamaian hidup bersama yang merupakan keserasian antara ketertiban dengan ketentraman.
  10. 10. CONTOH NORMA HUKUM 1. Tidak melanggar tata tertib lalu lintas. 2. Patuh terhadap tata tertib sekolah. 3. Tidak melakukan tindak kejahatan.
  11. 11. Norma kesusilaan adalah peraturan tentang perbuatan baik dan buruk yang bersumber dari hati nurani manusia. Norma kesusilaan berisi tentang tingkah laku yang berdasarkan keadilan dan kebenaran. Orang yang melangar akan mendapat sanksi bersalah dan rasa penyesalan.
  12. 12. Norma kesusilaan bertujuan agar manusia mempunyai atau memiliki hati nurani yang bersih
  13. 13. 1. BERTINDAK JUJUR 2. TIDAK INGKAR JANJI 3. BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA
  14. 14. A. CARA ( USAGE ) Usage menunjukkan suatu bentuk perbuatan. Norma ini mempunyai daya ikat yang sangat lemah dibandingkan dengan kebiasaan. Norma ini menunjuk di dalam hubungan antar individu. Jika terjadi penyimpangan terhadap usage, tidak akan menimbulkan hukuman berat tetapi hanya sekedar celaan.
  15. 15. B. KEBIASAAN (FOLKWAYS) folkways mempunyai kekuatan mengikat yang lebih tinggi daripada Usa ge. Norma ini merupakan kebiasaan yang berulang-ulang dalam bentuk yang sama karena banyak orang
  16. 16. C. TATA KELAKUAN (MORES) Mores adalah kebiasaan yang diterima sebagian norma pengatur dalam kehidupan masyarakat. Norma ini mencerminkan sifat yang hidup dari kelompok manusia yang dilaksakan sebagai alat pengemas secara sadar maupun tidak sabar oleh masyarakat terhadap anggotanya.
  17. 17. D. ADAT ISTIADAT (COSTUM) Costum mempunyai daya ikat, bagi yang melanggar akan mendapat sanksi yang berat. .
  18. 18. Norma memiliki arti penting,di antaranya sebagai berikut :  A. PERINTAH adalah keharusan bagi seseorang untuk berbuat sesuatu yang dipandang baik.  B. LARANGAN adalah keharusan bagi seseorang untuk tidak berbuat karena dipandang tidak baik.
  19. 19. ‘ DISUSUN OLEH : AVISKA AVITA SARI ( 5 ) FANNI WULANDARI ( 11 ) MARCHELLIA FITRI ANNISA ( 16 ) MARISKA PRITA HIDAYATI (17 ) UCAPAN TERIMA KASIH :

×