Definisi manajemen strategik

30,835 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
30,835
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
436
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Definisi manajemen strategik

  1. 1. DEFINISI MANAJEMEN STRATEGIKManajemen adalah meliputi perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalianatas keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan perusahaan yang berkaitan dengan strategi.Strategi adalah “ rencana main “ suatu perusahaan yang berorientasi kepada masa depan ntukberintraksi dengan lingkungan pesaingan guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.Manajemen strategic didefiniskan sebagai sekumpulan keputusan dan tindakan yangmenghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yangdirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan.TUGAS PENTING MANAJEMEN STRATEGIKAdapun tugas penting manajemen strategic antaralain : Merumuskan misi perusahaan, meliputi rumusan umum tentang maksud keberadaan (purpose), filosofi (philosophy), dan tujuan (goal). Mengembangkan profil perusahaan yang mencerminkan kondisi intern dan kapabilitasnya. Menilai lingkungan ekstern perusahaan, meliputi baik pesaing maupun factor-faktor kontekstual umum. Menganalisis opsi perusahaan dengan dengan mencocockkan sumberdayanya dengan lingkungan ekstern. Mengidentifikasi opsi yang paling dikehendaki dengan mengevaluasi setiap opsi yang ada berdasarkan misi perusahaan. Memilih seperangkat sasaran jangka panjang dan strategi umum (grand strategy) yang akan mencapai pilihan yang paling dikehendaki. Menggembanggkan sasaran tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan sasaran jangka panjang dan strategi umum yang dipilih.
  2. 2. Mengimplementasikan pilhan strategic dengan cara mengalokasikan sumber daya anggaran yang menekankan pada sesuaian antara tugas SDM, struktur, teknologi, dan system imbalan. Mengevaluasi keberasilan proses strategic sebagai masukan bagi pengambilan keputusan yang akan dating.TIGA TINGKAT STRATEGIHirarki pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan biasanya terdiri dari tiga tingkat : Hirarki puncak penganbilan keputusan terletak pada tingkat korporasi (perusahaan), utamanya terdiri dari dewan direksi, dan eksekutif kepala serta pejabat administratif. Mereka bertanggung jawab atas kinerja keuangan perusahaan dan atas pencapaian tujuan-tujuan bukan keuangan, seperti memperkuat citra perusahaan dan memenuhi tanggung jawab social perusahaan. Hirarki tengah pengambilan keputusan terletak pada tingkat bisnis, utamanya terdiri dari para manajer bisnis dan manajer perusahaan. Para manajer ini harus merumuskan arah dan keinginan yang dihasilakan di tingkat korporasi ke dalam sasaran dan strategi yang kongkrit untuk masing-masing divisi usaha. Hirarki bawah pengambilan keputusan terletak pada tingkat fungsional, utamanya terdiri dari manajer-manajer produk, wilayah, dan manajer fungsinal. Mereka menyusun sasaran tahunan dan strategi jangka pendek dibidang-bidang seperti produksi, operasi, riset dan pengembangan, keuangan akunting, pemasaran dan hubungan karyawan. tetapi tanggung jawab utama mereka adalah mengimplementasikan atau melaksanakan rencana strategic perusahaan.
  3. 3. GAMBAR ALTERNATIF MANAJEMEN STRATEGIKAlternative I perusahaan bisnis tunggal Tingkat Tingkat korporasi/bisnis korporasi/bisni s Strategi Strategi Strategi Strategi Tingkat fungsional produksi-oprasi keuangan pemasaran hubungan karyawanAlternative II perusahaan multi bisnis Strategi Tingkat korporasi korporasi Tingkat bisnis Bisnis I Bisnis II Bisnis III Tingkat fungsional Strategi Strategi Strategi Stra tegi produksi-operasi keuangan pemasaran hubungan karywan

×