Bentuk bentuk muka bumi

4,330 views

Published on

0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,330
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
478
Actions
Shares
0
Downloads
867
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bentuk bentuk muka bumi

  1. 1. WOEYYYY AYO KITA BELAJAR BIAR PINTER N BENER PUSING PUSING PUSING
  2. 2. Berbagai Relief Muka Bumi Akibat Tenaga Endogen
  3. 3. BENTUK MUKA BUMI
  4. 4. BENTUK MUKA BUMI
  5. 5. Relief Permukaan BumiRelief Permukaan Bumi 11 Bentuk muka bumi tidak sama, ada yangBentuk muka bumi tidak sama, ada yang rendah, datar dan tinggi. Penyebabrendah, datar dan tinggi. Penyebab perbedaan ini adalah karena adanyaperbedaan ini adalah karena adanya tenaga yang pengubah yang disebuttenaga yang pengubah yang disebut tenaga geologi.tenaga geologi. 22 Tenaga geologi terdiri dari tenagaTenaga geologi terdiri dari tenaga endogen dan tenaga eksogen.endogen dan tenaga eksogen. 33 Tenaga endogen adalah tenaga yangTenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yangberasal dari dalam bumi yang mengangkat dan menggerakan kulit bumimengangkat dan menggerakan kulit bumi (litosfer)(litosfer) Tenaga endogen bersifat membangunTenaga endogen bersifat membangun (kontruktif) permukaan bumi.(kontruktif) permukaan bumi.
  6. 6. TENAGA ENDOGEN
  7. 7. TENAGA ENDOGEN
  8. 8. 44 Tenaga eksogen adalah tenagaTenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenagayang berasal dari luar bumi. Tenaga ini bersifat merusak (destruktif)ini bersifat merusak (destruktif) permukaan bumi. Apa yangpermukaan bumi. Apa yang dibangun oleh tenaga endogendibangun oleh tenaga endogen akan dirubah, dirombak olehakan dirubah, dirombak oleh tenaga eksogen.tenaga eksogen. 55 Contoh tenaga eksogen adalahContoh tenaga eksogen adalah cuaca, air, angin dan organismecuaca, air, angin dan organisme (makhluk hidup)(makhluk hidup)
  9. 9. TENAGA EKSOGEN
  10. 10. Proses EndogenProses Endogen 1Tenaga endogen terdiri dari :1Tenaga endogen terdiri dari : a. Tektonismea. Tektonisme b. Vulkanismeb. Vulkanisme c. Gempa bumic. Gempa bumi 22 Tektonisme adalah perubahan,Tektonisme adalah perubahan, pergeseran kulit bumi akibat tenagapergeseran kulit bumi akibat tenaga dari dalam yang bergerak secaradari dalam yang bergerak secara vertikal maupun horisontal.vertikal maupun horisontal. 33 Tektonisme akan menghasilkanTektonisme akan menghasilkan berbagai bentuk permukaan bumiberbagai bentuk permukaan bumi melalu proses pengangkatan,melalu proses pengangkatan, pelipatan dan patahan.pelipatan dan patahan.
  11. 11. 44 Gerak tektonik dibedakan menjadiGerak tektonik dibedakan menjadi dua yaitu :dua yaitu : a. epirogenetika. epirogenetik b. orogenetik.b. orogenetik. 55 Epirogenetik adalah gerak padaEpirogenetik adalah gerak pada lapisan kulit bumi yanglapisan kulit bumi yang menyebabkan pengangkatan danmenyebabkan pengangkatan dan penurunan permukaan bumi yangpenurunan permukaan bumi yang berlangsung sangat lambat danberlangsung sangat lambat dan meliputi wilayah yang sangat luas.meliputi wilayah yang sangat luas. Akibat gerak epirogenetik, lempengAkibat gerak epirogenetik, lempeng bumi akan saling bergeser,bumi akan saling bergeser, bertubrukan dan saling menjauh.bertubrukan dan saling menjauh.
  12. 12. Perubahan permukaan bumi akibatPerubahan permukaan bumi akibat epirogenetikepirogenetik
  13. 13. GERAK OROGENETIKGERAK OROGENETIK
  14. 14. 66 Orogenetik adalah gerak pada lapisan kulitOrogenetik adalah gerak pada lapisan kulit bumi yang menyebabkan pengangkatanbumi yang menyebabkan pengangkatan dan penurunan permukaan bumi yangdan penurunan permukaan bumi yang berlangsung relatif cepat.berlangsung relatif cepat. 77 Gerak orogenetik menyebabkan terjadinyaGerak orogenetik menyebabkan terjadinya pelipatan, patahan dan retakan pada kulitpelipatan, patahan dan retakan pada kulit bumi.bumi. 88 Lipatan terjadi jika terdapat tekananLipatan terjadi jika terdapat tekanan horisontal dan vertikal pada kulit bumihorisontal dan vertikal pada kulit bumi yang bersifat elastis (liat). Akibatnya mukayang bersifat elastis (liat). Akibatnya muka bumi akan membentuk pegunungan.bumi akan membentuk pegunungan. 99 Puncak lipatan disebut antiklinal.Puncak lipatan disebut antiklinal. Sedangkan lembah lipatan disebutSedangkan lembah lipatan disebut sinklinal.sinklinal.
  15. 15. 1010 Patahan terjadi akibat tekananPatahan terjadi akibat tekanan horisontal dan vertikal pada kulithorisontal dan vertikal pada kulit bumibumi yang bersifat rapuh.yang bersifat rapuh. AkibatAkibat gayagaya gravitasi makagravitasi maka sebagiansebagian permukaanpermukaan akanakan mengalamimengalami penurunan/pemerosotanpenurunan/pemerosotan dandan membentuk lembah. Daerah yangmembentuk lembah. Daerah yang mengalami penurunan disebutmengalami penurunan disebut grabengraben (slenk), sedangkan daerah(slenk), sedangkan daerah yangyang membentuk puncakmembentuk puncak disebut horst.disebut horst.
  16. 16. PATAHAN
  17. 17. Horst dan Graben
  18. 18. VulkanismeVulkanisme 11 Vulkanisme adalah segala peristiwaVulkanisme adalah segala peristiwa yang menyebabkan magma naik keyang menyebabkan magma naik ke permukaan bumi dan berhubunganpermukaan bumi dan berhubungan dengan kegiatan gunung berapi.dengan kegiatan gunung berapi. Ilmu yang mempelajari kegiatanIlmu yang mempelajari kegiatan kegunung apian disebut vulkanologi.kegunung apian disebut vulkanologi. 22 Bahan-bahan yang yang dikeluarkanBahan-bahan yang yang dikeluarkan gunung api disebut lava. Apabila lavagunung api disebut lava. Apabila lava cair yang menuruni lereng gunungcair yang menuruni lereng gunung disebut lahar. Lahar dibedakandisebut lahar. Lahar dibedakan menjadi lahar panas dan lahar dingin.menjadi lahar panas dan lahar dingin.
  19. 19. Gempa Bumi (Seisme)Gempa Bumi (Seisme) 11 Gempa bumi adalah getaran padaGempa bumi adalah getaran pada kulit bumi yang disebabkan olehkulit bumi yang disebabkan oleh tenaga dari dalam bumi.tenaga dari dalam bumi. Alat untuk menghitung kekuatanAlat untuk menghitung kekuatan gempa dinamakan seismografgempa dinamakan seismograf 22 Berdasarkan terjadinya gempa bumiBerdasarkan terjadinya gempa bumi dibedakan menjadi tiga macam :dibedakan menjadi tiga macam : a. gempa vulkanika. gempa vulkanik b. gempa tektonikb. gempa tektonik c. gempa runtuhanc. gempa runtuhan
  20. 20. SEISMOGRAF HORISONTAL
  21. 21. SEISMOGRAF VERTIKAL
  22. 22. 33 Gempa vulkanik disebabkan olehGempa vulkanik disebabkan oleh kegiatan gunung berapi dan terjadikegiatan gunung berapi dan terjadi disekitar gunung api.disekitar gunung api. Gempa terjadi karena adanya tumbukanGempa terjadi karena adanya tumbukan magma dengan dinding gunung, tekananmagma dengan dinding gunung, tekanan gas pada saat letusan dan perpindahangas pada saat letusan dan perpindahan magma.magma. 44 Gempa tektonik terjadi akibat pergeseranGempa tektonik terjadi akibat pergeseran kulit bumi. Gempa tektonik disebut jugakulit bumi. Gempa tektonik disebut juga gempa dislokasi.gempa dislokasi. Ketika kulit bumi bergeser dan terjadiKetika kulit bumi bergeser dan terjadi tumbukan antar lempeng akantumbukan antar lempeng akan menimbulkan getaran. Getaran ini akanmenimbulkan getaran. Getaran ini akan merambat menuju permukaan bumi.merambat menuju permukaan bumi.
  23. 23. Ketika sampai dipermukaan bumi,Ketika sampai dipermukaan bumi, getaran gempa sering menimbulkangetaran gempa sering menimbulkan tsunami, yaitu gelombang pasangtsunami, yaitu gelombang pasang yang sangat besar.yang sangat besar. 55 Pusat gempa tektonik didalam bumiPusat gempa tektonik didalam bumi disebut hiposentrum dan daerahdisebut hiposentrum dan daerah yang tegak lurus diatas hiposentrumyang tegak lurus diatas hiposentrum disebut episentrum.disebut episentrum. 66 Kekuatan gempa diukurKekuatan gempa diukur menggunakan skala. Skala yangmenggunakan skala. Skala yang umum dipakai adalah skala reichter.umum dipakai adalah skala reichter.
  24. 24. 77 Gempa runtuhan adalah getaranGempa runtuhan adalah getaran dipermukan bumi yang disebabkandipermukan bumi yang disebabkan oleh longsoran atau runtuhnyaoleh longsoran atau runtuhnya lapisan tanah atau dinding gualapisan tanah atau dinding gua dalam tanah.dalam tanah. Gempa runtuhan sering terjadiGempa runtuhan sering terjadi didaerah pertambangan dan daerahdidaerah pertambangan dan daerah yang tanahnya labil.yang tanahnya labil.
  25. 25. TSUNAMITSUNAMI
  26. 26. Jenis-Jenis BatuanJenis-Jenis Batuan 11 Kulit bumi dilapisi oleh berbagai macam batuan.Kulit bumi dilapisi oleh berbagai macam batuan. Batuan yang menyusun kulit bumiBatuan yang menyusun kulit bumi dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu :dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu : a. batuan bekua. batuan beku b. batuan sedimenb. batuan sedimen c. batuan metamorfosa (malihan)c. batuan metamorfosa (malihan) 22 Batuan beku berasal dari magma danBatuan beku berasal dari magma dan mengalami pendinginan.mengalami pendinginan. 33 Berdasarkan terjadinya batuan beku dibedakanBerdasarkan terjadinya batuan beku dibedakan menjadi tiga :menjadi tiga : a. batuan beku dalam contohnya batu granit,a. batuan beku dalam contohnya batu granit, gabro, dangabro, dan batuan peridotit.batuan peridotit. b. batuan beku luar contohnya batuan batuanb. batuan beku luar contohnya batuan batuan andesitandesit c. batuan beku gang (korok) contohnya granitc. batuan beku gang (korok) contohnya granit porfir.porfir.
  27. 27. ERUPSI GUNUNG BERAPIERUPSI GUNUNG BERAPI
  28. 28. 44 Batuan sedimen atau batuan endapanBatuan sedimen atau batuan endapan terbentuk oleh kekuatan tenagaterbentuk oleh kekuatan tenaga eksogen. Batuan yang telah ada dieksogen. Batuan yang telah ada di dihancurkan oleh air, angin dan cuaca,dihancurkan oleh air, angin dan cuaca, kemudian diangkut dan diendapkankemudian diangkut dan diendapkan ditempat yang lebih rendah.ditempat yang lebih rendah. 55 Batuan sedimen dibedakan menjadiBatuan sedimen dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :tiga jenis yaitu : a.a. sedimen mekanis.sedimen mekanis. pasir berasal dari krikil dan krikilpasir berasal dari krikil dan krikil berasalberasal dari batu besar.dari batu besar. b.b. sedimen kimiawisedimen kimiawi, (batu gamping, (batu gamping dandan garam dapur.garam dapur. c.c. sedimen organiksedimen organik (batu karang)(batu karang)
  29. 29. 66 Batuan metamorfosa yaitu batuanBatuan metamorfosa yaitu batuan yang mengalami perubahan bentukyang mengalami perubahan bentuk karena danya tekanan dankarena danya tekanan dan pemanasan dengan temperaturpemanasan dengan temperatur yang sangat tinggi.yang sangat tinggi. Contohnya batu kapur berubahContohnya batu kapur berubah menjadi batu marmer (pualam).menjadi batu marmer (pualam).
  30. 30. Tipe-Tipe Gunung BerapiTipe-Tipe Gunung Berapi 11 Didalam bumi terdapat massa batuanDidalam bumi terdapat massa batuan yang disebut magma. Magma adalahyang disebut magma. Magma adalah batuan cair/liat yang sangat panas danbatuan cair/liat yang sangat panas dan berada dalam litosfer.berada dalam litosfer. 22 Magma sering keluar menuju permukaanMagma sering keluar menuju permukaan bumi melalui retakan-retakan. Magmabumi melalui retakan-retakan. Magma yang sampai di permukaan bumi akanyang sampai di permukaan bumi akan membentuk gunung berapi.membentuk gunung berapi. 33 Keluarnya magma ke permukaan bumiKeluarnya magma ke permukaan bumi sering disertai dengan ledakan.sering disertai dengan ledakan. Kadangkala hanya berupa lelehan.Kadangkala hanya berupa lelehan. 44 Peristiwa mengalirnya magma kePeristiwa mengalirnya magma ke permukaan bumi disebut erupsi.permukaan bumi disebut erupsi.
  31. 31. 55 Berdasarkan kekuatannya, erupsiBerdasarkan kekuatannya, erupsi gunung api dibedakan menjadi tiga jenisgunung api dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :yaitu : a.erupsi effusifa.erupsi effusif, magma keluar dan, magma keluar dan mejadimejadi lava cair, tanpa letusan danlava cair, tanpa letusan dan debu.debu. b.erupsi eksplosifb.erupsi eksplosif, magma keluar, magma keluar disertaidisertai dengan letusan kuat. Bahandengan letusan kuat. Bahan yangyang dikeluarkan berupa debu, batu,dikeluarkan berupa debu, batu, pasir,pasir, gasgas dan awan panas.dan awan panas. c.erupsi campuranc.erupsi campuran, magma keluar, magma keluar dengandengan letusan lemah danletusan lemah dan mengalirnya lava.mengalirnya lava.
  32. 32. Bentuk-Bentuk Gunung ApiBentuk-Bentuk Gunung Api 11 Menurut bentuknya, gunung apiMenurut bentuknya, gunung api dibedakan menjadi tiga tipe yaitu :dibedakan menjadi tiga tipe yaitu : a. gunung api perisai/prismaa. gunung api perisai/prisma b. gunung api stratob. gunung api strato c. gunung api maar.c. gunung api maar.
  33. 33. Keragaman Bentuk Muka BumiKeragaman Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga EksogenAkibat Tenaga Eksogen
  34. 34. Tenaga EksogenTenaga Eksogen 11 Tenaga eksogen adalah tenagaTenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenagayang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen bersifat merusak apa-apaeksogen bersifat merusak apa-apa yang telah dibangun oleh tenagayang telah dibangun oleh tenaga endogen.endogen. 22 Tenaga eksogen dapat berupaTenaga eksogen dapat berupa tenaga air, angin, cuaca dantenaga air, angin, cuaca dan organisme.organisme. 33 Tenaga eksogen dapatTenaga eksogen dapat menyebabkan terjadinyamenyebabkan terjadinya pelapukan, erosi, denudasi danpelapukan, erosi, denudasi dan
  35. 35. PelapukanPelapukan 44 Pelapukan adalah peristiwa hancurnya batuanPelapukan adalah peristiwa hancurnya batuan dari gumpalan menjadi butiran-butiran kecildari gumpalan menjadi butiran-butiran kecil (pasir, debu).(pasir, debu). Pelapukan dapat disebabkan oleh cuacaPelapukan dapat disebabkan oleh cuaca (kelembaban, suhu dan udara), air, organisme.(kelembaban, suhu dan udara), air, organisme. 55 Pelapukan dibedakan menjadi tiga :Pelapukan dibedakan menjadi tiga : a. pelapukan mekanis (fisis)a. pelapukan mekanis (fisis) b. pelapukan kimiawib. pelapukan kimiawi c. pelapukan biologis.c. pelapukan biologis. 66 Contoh :Contoh : a. Pelapukan mekanis :a. Pelapukan mekanis : Batuan di gurun pasir menjadi pasir atau debu.Batuan di gurun pasir menjadi pasir atau debu. Perbedaan suhu antara siang dan malamPerbedaan suhu antara siang dan malam menyebabkan batuan menjadi retak, hancurmenyebabkan batuan menjadi retak, hancur menjadi pasir dan debimenjadi pasir dan debi
  36. 36. b. Pelapukan kimiawi :b. Pelapukan kimiawi : Perkaratan pada besi. BanyakPerkaratan pada besi. Banyak terjaditerjadi didaerah hujan tropis karenadidaerah hujan tropis karena mengalamimengalami oksidasi dan hidrolisasi.oksidasi dan hidrolisasi. Oksidasi zatOksidasi zat pelapuknya adalahpelapuknya adalah oksigen, sedangkanoksigen, sedangkan hidrolisasi zathidrolisasi zat pelapuknya adalah air.pelapuknya adalah air. c. Pelapukan bioligis :c. Pelapukan bioligis : Disebabkan oleh kegiatan makhlukDisebabkan oleh kegiatan makhluk hidup. Misalnya pelapukan kayuhidup. Misalnya pelapukan kayu oleholeh rayap, semut dan jamur.rayap, semut dan jamur.
  37. 37. ErosiErosi 11 Erosi adalah proses pengikisan danErosi adalah proses pengikisan dan pengangkutan batuan dari satupengangkutan batuan dari satu tempat ke tempat lain oleh zattempat ke tempat lain oleh zat pengikis dan pengangkut.pengikis dan pengangkut. 22 Erosi dapat disebabkan oleh :Erosi dapat disebabkan oleh : a. air sungaia. air sungai b. anginb. angin c. gletser (erosi es)c. gletser (erosi es) d. air laut.d. air laut.
  38. 38. 33 Air yang mengalir dipermukaanAir yang mengalir dipermukaan maupun didalam tanah dapatmaupun didalam tanah dapat mengikis dasar dan dinding aliranmengikis dasar dan dinding aliran yang dilalui,kemudian bahan-bahanyang dilalui,kemudian bahan-bahan hasil pengikisan diangakut danhasil pengikisan diangakut dan diendapkannnya di bagian hilir ataudiendapkannnya di bagian hilir atau didaerah yang lebih rendah.didaerah yang lebih rendah. 44 Angin merupakan tenaga yang dapatAngin merupakan tenaga yang dapat mengangkat, membawa danmengangkat, membawa dan memindahkan material-materailmemindahkan material-materail seperti pasir dan debu. Kemudianseperti pasir dan debu. Kemudian material-material ini diendapkanmaterial-material ini diendapkan disuatu tempat.disuatu tempat. Erosi angin banyak terjadi didaerahErosi angin banyak terjadi didaerah
  39. 39. Erosi Permukaan Bumi oleh Air dan mengubah Bentuk Permukaan Bumi
  40. 40. 55 Erosi gletser adalah erosi yangErosi gletser adalah erosi yang disebabkan bongkahan-bongkahan esdisebabkan bongkahan-bongkahan es yang mencair. Bongkahan ini akanyang mencair. Bongkahan ini akan mengikis dasar dan dinding aliranmengikis dasar dan dinding aliran yang dilalui.yang dilalui. Material yang diangkut dan kemudianMaterial yang diangkut dan kemudian diendapkan disebut moraine.diendapkan disebut moraine. 66 Erosi air laut disebut juga abrasi.Erosi air laut disebut juga abrasi. Gelombang air laut akan menghantamGelombang air laut akan menghantam dinding-dinding pantai. Akibatnyadinding-dinding pantai. Akibatnya terbentuklan pantai yang sempit danterbentuklan pantai yang sempit dan curam (fyord), pantai yang curam dancuram (fyord), pantai yang curam dan terjal (cliff) serta gua laut (cave)terjal (cliff) serta gua laut (cave)
  41. 41. Abrasi Pantai oleh Air Laut
  42. 42. Abrasi Pantai oleh Air Laut
  43. 43. Sedimentasi (PengendapanSedimentasi (Pengendapan)) 11 Sedimentasi adalah prosesSedimentasi adalah proses pengendapan segala material yangpengendapan segala material yang diangkut akibat erosi air, angin,diangkut akibat erosi air, angin, gletser.gletser. 22 Air sungai akan membawa segalaAir sungai akan membawa segala material dan diendapkan didaerahmaterial dan diendapkan didaerah yang lebih rendah atau daerah hilir.yang lebih rendah atau daerah hilir. Maka terbentuklah daratan aluvial,Maka terbentuklah daratan aluvial, meander, delta.meander, delta. 33 Material akibat abrasi akanMaterial akibat abrasi akan diendapkan didasar laut dandiendapkan didasar laut dan disekitar pantai. Maka terbentuklahdisekitar pantai. Maka terbentuklah gosong-gosong pasir, nehrung,gosong-gosong pasir, nehrung,
  44. 44. 44 Material yang dibawa gletser akanMaterial yang dibawa gletser akan diendapkan diujung gletser. Makadiendapkan diujung gletser. Maka terbentuklah osar, kame, drumlinterbentuklah osar, kame, drumlin dan till plain.dan till plain. 55 Angin akan mengangkut material-Angin akan mengangkut material- material. Setelah kekuatannyamaterial. Setelah kekuatannya melemah, material-material akanmelemah, material-material akan diendapkan. Maka terbentuklahdiendapkan. Maka terbentuklah bukit pasirbukit pasir
  45. 45. Dampak Endogen dan EksogenDampak Endogen dan Eksogen 11 Dampak Positif EndogenDampak Positif Endogen :: membentuk relief permukaan bumi berupamembentuk relief permukaan bumi berupa dataran tinggi dan dataran rendah, pulau, delta,dataran tinggi dan dataran rendah, pulau, delta, pegunungan.pegunungan. 22 Dampak Negatif EndogenDampak Negatif Endogen Terjadinya bencana alam berupa gempa bumi,Terjadinya bencana alam berupa gempa bumi, gunung meletus, tsunami.gunung meletus, tsunami. 33 Dampak Positif Eksogen.Dampak Positif Eksogen. a. memperluas daratana. memperluas daratan b. memunculkan habitat barub. memunculkan habitat baru c. memperpendek jarang barang tambang dalamc. memperpendek jarang barang tambang dalam bumibumi 44 Dampak Negatif EksogenDampak Negatif Eksogen Terjadi banjir, longsor, pelapukan, abrasi, erosi,Terjadi banjir, longsor, pelapukan, abrasi, erosi, kesuburan tanah berkurang, pendangkalankesuburan tanah berkurang, pendangkalan
  46. 46. Good luck and God bless with you He he he

×