Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Biology (tahapan pembentukan urine)

13,190 views

Published on

  • Be the first to comment

Biology (tahapan pembentukan urine)

  1. 1. BIOLOGY(PEMBENTUKAN URINE)
  2. 2. Ginjal adalah salah satu alat ekskresidengan produk ekskresi yaitu urine.Urine terjadi di Nefron yang meliputibeberapa tahapan, yaitu ; Tahap penyaringan (filtrasi) Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi) Tahap pengeluaran zat (augmentasi)
  3. 3. Tahap penyaringan (filtrasi) Tahap ini terjadi di badan Malpighi yang didalamnya terdapat glomerulus yang dikelilingisangat dekat oleh kapsula Bowman . Hasil filtrasi dari glomerulus dan kapsulaBowman disebut filtrat glomerulus atau urineprimer. Urine primer ini mengandung: air,protein, glukosa, asam amino, urea dan ionanorganik. Glukosa, ion anorganik dan asamamino masih diperlukan tubuh.
  4. 4. Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi). Filtrat glomerulus atau urine primermengalami tahap reabsorpsi yang terjadi didalam tubulus kontortus proksimal, danlengkung Henle. Proses tahap ini dilakukanoleh sel-sel epitelium di seluruh tubulusginjal. Banyaknya zat yang direabsorpsitergantung kebutuhan tubuh saat itu. Zat-zatyang direabsorpsi antara lain adalah: glukosa,asam amino, ion-ion natrium,bikarbonat,kalium.
  5. 5.  Hasil tahap reabsorpsi ini dinamakan urinesekunder atau filtrat tubulus. Kandunganurine sekunder adalah air, garam, urea, danpigmen empedu yang berfungsi memberiwarna dan bau pada urine. Urine sekundermasuk ke dalam tubulus kontortus distal danterjadi lagi penyerapan zat-zat yang tidakdigunakan dan kelebihan air diserap sehinggaterbentuk urine.
  6. 6. Tahap Pengeluaran (Augmentasi). Urine sekunder dari tubulus kontortus distalakan turun menuju saluran pengumpul(tubulus kolektivas). Dari tubulus kolektivas,urine dibawa ke pelvis renalis, lalu ke uretermenuju kantung kemih (vesika urinaria).Urine ini mengandung protein.

×