Manfaat internet dalam proses pembelajaran di sma

4,948 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Saya sangat tertarik dengan tulisan anda mengenai Manfaat Internet dalam proses pembelajaran. Sungguh sangat menginspirasi saya pembelajaran menggunakan internet ini. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai proses pembelajaran yang bisa anda kunjungi di
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,948
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Manfaat internet dalam proses pembelajaran di sma

  1. 1. Manfaat Internet dalam Proses Pembelajaran di SMA NUR ADILLA NOVIANA 2012/331314/PA/14585 STATISTIKA 2012
  2. 2. PENDAHULUAN I. LATAR BELAKANG Perkembangan teknologi informasi dari waktu ke waktu semakin terasa di kehidupan kita. Dapat kita rasakan bahwa pada masa sekarang ini, penggunaan teknologi semakin marak dan penting. Begitu pula dengan internet sebagai salah satu teknologi informasi yang amat kita rasakan dampaknya. Penggunaan internet semakin marak, hampir di setiap aktivitas kita, penggunaan internet menjadi media yang sangat membantu, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran akan membantu dunia pendidikan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta didiknya. Pemanfaatan internet memungkinkan peserta didik melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Saat ini pembelajaran melalui media internet atau e-learning menjadi trend baru dalam metode pembelajaran. ”E-learning secara harfiah merupakan akronim dari E & Learning. E = electronic sedang Learning = proses belajar, jadi gampangnya E-learning adalah sistem pembelajaran secara elektronik, menggunakan media elektronik, internet, komputer dan file multimedia (suara, gambar, animasi dan video)” Pola Pembelajaran e-Learning II. RUMUSAN MASALAH Bagaimana manfaat internet dalam proses pendidikan dan pembelajaran di SMA?III. TUJUAN PENULISAN Untuk mengetahui manfaat internet dalam proses pendidikan dan pembelajaran di SMA.
  3. 3. ISI Internet tidak hanya harus dikuasai oleh siswa, semua guru pun harus menguasaiinternet. Semua guru diberi sosialisasi ( latihan / pembelajaran ) tentang e-learning.Kemudian siswa diminta untuk membuat akun agar bisa terdaftar menjadi anggota padaweb e-learning sekolah. Namun karena kurangnya sosialisasi, banyak siswa yang belummendaftarkan diri sehingga pembelajaran yang khusus secara online ( diskusi,pengumpulan tugas, dan lain sebagainya ) belum bisa berjalan. Meskipun begitupemanfaatan internet untuk media pembelajaran di SMA sudah cukup maksimal. Siswadapat mendownload materi yang sudah tersedia di alamat web sekolah. Hal ini sangatmembantu bagi siswa dalam memperoleh materi karena berasal langsung dari gurunyasehingga sudah sesuai dengan yang diajarkan. Namun hanya sebagian guru yang sudahmenyediakan materi-materi pelajaran di web sekolah. Untuk mata pelajaran TeknologiInformasi dan Komunikasi, guru memberi tugas untuk siswa dan tugas dikirimkan kealamat e-mail guru. Pemanfaatan ini sangat praktis karena siswa tidak perlu menyetakhasil tugasnya. Dalam mata pelajaran lain, internet dimanfaatkan untuk mencari materi-materiyang belum tersedia di alamat web sekolah maupun yang belum ada di buku pelajaran.Saat kelas XII, salah seorang guru biologi banyak menggunakan video dalam prosespembelajaran. Tidak jarang juga siswa diberi tugas untuk mencari video tentang materiyang sedang diajarkan kemudian mempresentasikan bagaimana maksud video tersebut.Terkadang siswa belum bisa memahami isi dari video, disini peran internet sangatdibutuhkan. Siswa biasanya mencari penjelasan materi yang sesuai dengan judul video.Mencari arti istilah-istilah yang terdapat dalam video. Bagi siswa kelas XII, penggunaan internet diantaranya yaitu untuk tryout online.Jadi siswa tidak perlu datang ke lokasi tryout, bisa bertempat dimana saja asalkanterhubung dengan internet. Selain itu saat ini pendaftaran untuk SNMPTN baik yangundangan maupun tertulis juga secara online. Internet juga mempunyai banyak websiteyang menyediakan berbagai macam soal-soal untuk siswa SMA yang akan mengikutiujian. Para siswa bisa mendownload soal-soal tersebut sebagai salah satu bahan latihanuntuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir. Internet juga dilengkapi dengan jejaring sosial sehingga siswa bisa menjadianggota dalam jejaring sosial tersebut. Melalui jejaring sosial siswa bisa terhubungdengan siswa lain baik yang satu sekolah maupun yang beda sekolah. Jejaring sosialyang ada di internet dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi, bertukar pikiran, danmenambah wawasan antar siswa satu dengan siswa lainnya.
  4. 4. PENUTUPKESIMPULANInternet dengan dunia pendidikan memiliki hubungan yang erat. Internet sangat banyakdimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Melalui internet kita bisamemperoleh segala informasi yang ada di dunia. Internet merupakan perpustakaan dunia.Apapun yang ingin ketahui ada di internet. Dalam proses pembelajaran di SMA, manfaatinternet diantaranya : 1. Media informasi mengenai materi pelajaran. 2. Media komunikasi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa, dan guru dengan guru. 3. Media berdiskusi dalam proses pembelajaran. 4. Media penambah wawasan ( sumber ilmu ).
  5. 5. DAFTAR PUSTAKAhttp://umboh.nethttp://images.arrohwany.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/R0R3dgoKCr8AAEo1RJk1/Internet%20sebagai%20Alternatif%20Media%20Pembelajaran.doc?key=arrohwany:journal:2595&nmid=68908712

×