Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

islam disiplin ilmu

3,946 views

Published on

semoga berguna

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

islam disiplin ilmu

  1. 1. A S S A L A M U A L A I K U M W A R A H M A T U L L A H I W A B A R A K A T U H
  2. 2. KELOMPOK 5Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah, dan Akhlakul Kharimah Nabilah Afrini (13020100383) St. Almadhina F (13020100384) A. Nurul Afiah (13020100386) Fitrah R (13020100387) Hermianti M (13020100396)
  3. 3. A. ILMU AMALIAH Pengertian knowledge lebih cenderung pada makna IlmuAmaliah – Amal Ilmiah, karena pada keduanya terliput hal-halyang berhubungan dengan fakta, informasi, pemahaman(understanding) dan keterampilan (skill) yang dimiliki seseorangmelalui pengalaman dan pendidikan. Keduanya bertanggung jawabatas penyebaran atau sharing pada yang lain, serta mutukualitas input dan output yang terlibat dan sebagaikonsekwensi dari penerapannya.
  4. 4. Ilmu merupakan pijakan dalam beramal, sebagai landasanberbuat dan mengarahkan perbuatan ke arah kebaikan. Dengan ilmukita mengetahui segalanya. Seorang bijak pernah berkata, "Ilmu tanpaamal; cacat. Dan, amal tanpa ilmu; buta.“ Atau, ada istilah bangsa Arab,"Al-ilmu bilaa amalin, kasy-syajari bilaa tsamar". Artinya : "Ilmu yangtidak diamalkan bagai pohon tak berbuah”. Singkatnya, ilmu harus aplikatif. Pengetahuan yang kitaperoleh harus aplikatif. Ilmu harus amaliah. Sebaliknya, amal harusilmiah, beribu-ribu amal yang kita lakukan tidak akan berbuah apa-apa melainkan kelelahan.
  5. 5. B. AMAL ILMIAH Amal merupakan konsekuensi dari ilmu. Untuk itu, setiapilmu harus aplikatif, dan setiap amal harus ilmiah. Ilmu harusprofesional, dan profesionalisme harus ilmiah. Sufyan Ats-Tsauriberkata : "Ilmu itu dipelajari agar dengannya seseorang bisa bertakwakepada Allah" (Al-Hilyah : 6/362). Maka tujuan dari mempelajari ilmuadalah untuk beramal dengannya dan bersungguh-sunggguh dalammenerapkannya. Abu Darda radhiyallohu anhu juga berkata :"Sesungguhnya hal pertama yang akan ditanyakan Robbku di hari kiamatyang paling aku takuti adalah tatkala Dia berkata : „Engkau telah berilmu,maka apa yang telah kamu amalkan dari ilmumu itu?".
  6. 6. Amal adalah pendorong untuk tetap menjaga danmemperkokoh ilmu dalam sanubari para penuntut ilmu, danketiadaan amal merupakan pendorong hilangnya ilmu danmewariskan kelupaan. Amal menjadi amal yang ilmiah, ilmu menjadi ilmu yangamaliah. Disitulah bisa ditemui hikmah dan kebajikan yang banyak.semakin banyak yang diketahui semakin sadar tentang kebodohankarena ilmu tiadalah bertepi. Ilmu sumbernya dari akal, imansumbernya dari hati. Iman menunjukan tujuan, ilmu menuntun danmengukuhkan langkah, mempercepat langkah kita kepada tujuan.
  7. 7. C. AKHLAKUL KHARIMAH Secara terminologi, akhlak adalah pola perilaku yangberdasarkan kepada dan memanifestasikan nilai-nilai Iman, Islamdan Ihsan. Menurut Imam Ghazali, akhlak yaitu suatu keadaan yangtertanam di dalam jiwa yang menampilkan perbuatan dengan senang tanpamemerlukan penelitian dan pemikiran. Sedangkan karimah berarti mulia, terpuji, baik. Apabilaperbuatan yang keluar atau yang dilakukan itu baik dan terpujimenurut syariat dan akal maka perbuatan itu dinamakan akhlakulkarimah.
  8. 8.  Akhlakul karimah yang patut kita puji dan tiru :1. Sifat yang wajib bagi rasul seperti siddiq, amanah, tabligh, danfahtanah: jujur, dapat dipercaya, menyampaikan apa adanya, dancerdas.2. Integritas.3. Kesamaan di depan hukum.4. Penerapan pola hubungan egaliter dan akrab.5. Kecakapan membaca kondisi dan merancang strategi.6. Tidak mengambil kesempatan dari kedudukan.7. Visioner futuristik.8. Menjadi prototipe bagi seluruh prinsip dan ajarannya.
  9. 9. SEKIAN PRESENTASI KELOMPOK 5….! DILANJUTKAN DENGAN SESI PERTANYAAN ……!

×