Peri porsi

641 views

Published on

Entry for BG Award Citra Pariwara 2011

Published in: Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
641
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peri porsi

  1. 1. Separuh porsi untuksepenuhnya kebaikan Muhammad Yustan & Derry Safrabbani Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  2. 2. FACT FINDINGIbu rumah tangga memiliki otoritas penuh atas urusan domestik rumah tangga termasuk urusan “ritual” makan - Pada dasarnya semua ibu ingin keluarga mereka memiliki tubuh ideal dan sehat
  3. 3. PROBLEMIbu cenderung menyajikan makan dengan porsibesar dengan harapan semua anggota keluarga makan hingga puas. -Tidak semua ibu rumah tangga mengerti bahwamakan tidak harus sampai kenyang karena dapat menyebabkan kegemukan yang berpotensi mendatangkan berbagai penyakit - Masih banyak ibu rumah beranggapan bahwa gemuk tanda kemakmuran
  4. 4. SOLUTIONMembuat kampanye yang mengajak ibu rumah tangga indonesia untuk mengedukasi keluarga mereka agar makan dengan cara yang baik dan benar.
  5. 5. Separuh Porsi Untuk Kebaikan Sepenuhnya
  6. 6. SOLUTION PERI PORSIAdalah sebuah kampanye yang menggerakkan ibu-ibu rumah tangga Indonesia untuk mengarahkan anggota keluarga mereka agar makan dengan porsi secukupnya.
  7. 7. OBJECTIVEKeluarga Indonesia mengubah cara mereka menyantapmakanan dengan mengurangi porsi agar terhindar dari dampak buruk makan dengan porsi berlebihan (food coma, kegemukan, diabetes, dll.)
  8. 8. Target Audience•  Demografis: –  Ibu rumah tangga –  28 s/d 50 tahun –  SES A dan B•  Psikografis: –  Suka memasak –  Peduli akan kesehatan keluarga –  Mudah dipengaruhi oleh peer group –  Open minded
  9. 9. Messagemengurangi porsi makan merupakan gaya hidup sehat. Dengan gaya hidup lebih sehat hidup kita lebih produktif dan menyenangkan.
  10. 10. How this campaign works?
  11. 11. kalenderFacebookfan page TVC Special Printpackaging Ad Cerita Peri
  12. 12. Cerita PeriCerita Peri merupakan aktifitas utama dari keseluruhankampanye Peri Porsi.•  Bentuk aktifitas : –  Target audience diberi tantangan yang terdapat pada kemasan RASSA edisi spesial. Tantangannya adalah ibu-ibu rumah tangga Indonesia diajak untuk menjadi Peri Porsi dengan tugas dalam 30 hari untuk mengajak anggota keluarga lain untuk memangkas porsi makan menjadi setengah dari biasanya. –  Tidak sekedar memangkas porsi makan, peri porsi juga diberikan kesempatan untuk menerapkan cara makan apapun agar anggota keluarga dapat makan dengan porsi setengah dari biasanya (ex. Mengunyah lebih banyak, makan diselingi dengan minum air hangat, makan buah 10 menit sebelum makan pokok) –  Keselurauhan aktifitas tersebut kemudian diceritakan semenarik mungkin kemudian dikirimkan kepada panitia yang kemudian akan dikompetisikan dan di share di Fan Page “Peri Porsi” –  Pemenang dari kompetisi ini akan diajak berlibur sekeluarga ke Disney Land Hong Kong
  13. 13. Para Peri Porsi yang telahmengirimkan Cerita Peri,akan mendapatkan kalender“Peri Porsi”.dalam kalender ini terdapatinformasi mengenai caramakan yang menyehatkan.Seperti, menyantap saladatau buah 10 menit sebelummakan, berhenti sebelumkenyang, jangan selingimakan dengan minum, dll.
  14. 14. Facebook Fan Page Merupakan wadah bagi para Peri Porsi untuk berbagi infotentang bagaimana mensiasati agar anggota keluarga dapat makan dengan porsi setengah dari biasanya namun nutrisi masih dapat tercukupi. - Fan Page juga berfungsi sebagai wadah komunikasi antara RASSA dengan para Peri Porsi. - Fan Page juga berfungsi sebagai tempat pemilihan “cerita peri” favorit audience, dengan cara me-Like.
  15. 15. TVCTVC disini memiliki dua fungsi•  Sebagai teaser “peri porsi”. Cerita yang ditampilkan tvc pada tahap ini berupa adegan yang menggambarkan dampak dari makan dengan porsi kebanyakan/berlebihan (ex. Anak yg mengantuk dikelas padahal masih pagi, bapak yang kesulitan gerak setelah makan hingga kenyang) Kemudian diakhir tiap tvc ada tagline yang berbunyi “saatnya peri bertugas”•  Fungsi kedua tvc adalah menampilkan cerita dari pemenang “cerita peri” yg dibintangi sendiri oleh pemenang tersebut.
  16. 16. Print AdSeperti TVC, Print Ad juga memiliki dua fungsi1.  Sebagai teaser “peri porsi”. Print ad akan menampilkan gambar seorang anak tidur dikelas, seseorang dengan badan tambun kesulitan melewati ruangan sempit dll. Copy berbunyi “saatnya peri bertugas”2.  Print ad juga berfungsi sebagai media yang menampilkan wajah pemenang “Cerita Peri” yang akan ditempel di pasar-pasar tradisional, baliho dan majalah wanita (Femina, Nova, Kartini dll)
  17. 17. Facebook Fan Page Merupakan wadah bagi para Peri Porsi untuk berbagi infotentang bagaimana mensiasati agar anggota keluarga dapat makan dengan porsi setengah dari biasanya namun nutrisi masih dapat tercukupi. - Fan Page juga berfungsi sebagai wadah komunikasi antara RASSA dengan para Peri Porsi. - Fan Page juga berfungsi sebagai tempat pemilihan “cerita peri” favorit audience, dengan cara me-Like.
  18. 18. Special Packaging Special packaging Rassa ini dibuat untuk menyesuaikandengan kampanye “Peri Porsi” yaitu berbentuk botol “fairy dust”. pada kemasan spesial ini juga terdapat undangan untuk mengikuti tantangan “cerita peri”
  19. 19. The Good Value kampanye ini memang bertolak belakang dengan tujuan rasionalpemasaran produk yaitu “makan sebanyak dan senikmat mungkin” dengan harapan produk Rassa dapat laris terjual.Namun, dengan mengkampanyekan “kurangi porsi makan agar hidup lebih sehat” diharapakan masyarakat dapat hidup lebih sehat dan menjadi lebih produktif. Dan Rassa menjadi bagian dari hal tersebut.
  20. 20. Matur Nuwun

×