Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pertemuan 14

277 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pertemuan 14

  1. 1. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSARPengantar basis data
  2. 2. Model Data (model data logic)
  3. 3. 1. ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM ( ERD )Setiap entity (entitas) minimal memiliki satu relation ship
  4. 4. Entity Relationship Diagram merupakan jaringan yangmenggunakan susunan data yang disimpann darisystem secara abstrak. Diagram Entitiy Relationashipini ditemukan oleh Chen tahun 1976.
  5. 5. Tujuan dari Entity Relationship adalah untukmenunjukkan objek data dan relationship yang adapada objek tersebut. Disamping itu Model ER inimerupakan salah satu alat untuk perancangan dalambasis data.
  6. 6. Komponen ( Simbol ) ERD
  7. 7. 1. Entity Adalah suato objek yang dapat dibedakan atau dapat diidentifikasikan secara unik dengan objek lainnya, dimana semua informasi yang berkaitan dengannya dikumpulkan. Kumpulan dari entity yang sejenis dinamakan Entity Set. Simbol dari Entity :
  8. 8. 2. Relationship Adalah hubungan yang terjadi antara satu entity dengan entity lainnya. Relationship tidak mempunyai keberadaan fisik atau konseptual kecuali yang sejenis dinamakan dengan Relationsgip Diagram. Simbol dari Relationship adalah :
  9. 9. Contoh : KeteranganMemiliki adalah relationship set yang terbentuk antara entity Pegawai dengan entity Kendaraan.
  10. 10. 3. Atribut Adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationshiptersebut. Simbol dari Atribut adalah :
  11. 11. 2. CARDINALITY RASIO
  12. 12. Yaitu menjelaskan batasan pada jumlah entity yang berhubungan melalui suatu relationship.
  13. 13. Jenis-jenis Cardinality Rasio1. One To One ( 1 : 1)Yaitu perbandingan antara entity pertama dengan entity kedua berbandingsatu berbanding satu.2 One To Many ( 1 : M )Yaitu perbandingan antara entity pertama dengan entity kedua berbandingsatu berbanding banyak.
  14. 14. Lanjutan…
  15. 15.  Many To One ( M : 1 ) Yaitu perbandingan antara entity pertama dengan entit Many To Many ( M : M ) Yaitu perbandingan antara entity pertama dengan entity kedua berbanding banyak berbanding banyak. y kedua berbanding banyak berbanding satu.
  16. 16. LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT ERD1. Mengidentifikasikan dan menetapkan seluruh himpunan entitas yangakan terlibat.2. Menentukan atribut-atribut key dari masing-masing himpunan entitas.3. Mengidentifikasikan dan menetapkan seluruh himpunan relasi diantarahimpunan entitas yang ada beserta foreign key-nya.4. Menentukan derajat dan cardinality rasio relasi untuk setiap himpunanrelasi5. Melengkapi himpunan relasi dengan atribut-atribut yang bukan kunci(non-key).
  17. 17. 

×