Soal Lengkap

12,806 views

Published on

soal tes tertulis versi online seleksi calon pengurus baru UKI-JASHTIS AMIKOM 2009/1430 H

Published in: Technology, Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
12,806
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
250
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Soal Lengkap

  1. 1. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ‘JASHTIS’ STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2009 M / 1430 H (hanya untuk kalangan sendiri) TOTAL WAKTU TEST: 60 MENIT JUMLAH SESI : 5 sesi. Petunjuk pengerjaan soal tertulis untuk ujian versi online: - Baca bismillah dulu sebelum mengerjakan - Dilarang menanyakan jawaban kepada siapapun - Close book and open mind - Manfaatkan waktu dengan baik - Kami percaya dengan antum jadi kami mengharapkan kejujuran dari antum dalam pengerjaan soal ini. - Semoga berhasil Petunjuk pengumpulan ujian versi online - Jawaban dikumpulkan dalam format .doc paling lambat hari sabtu tanggal 14 Februari 2009 jam 00.00 WIB ke alamat email muliaok@gmail.com - Informasi hasil tes tulis akan diupload via blog / web JASHTIS di ukimedia.wordpress.com or jashtis.org hari ahad, 15 Februari 2009 mulai pukul 12.00 WIB - Apabila antum lolos tes tulis insya allah akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Teknis pelaksanaannya insya allah akan kami hubungi via email (chating) or via telpon.
  2. 2. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST DASAR KEISLAMAN (10 menit) 1. Tuliskan dua kalimat syahadat beserta artinya ! Jawaban : 2. Bagaimana antum memahami dua kalimat syahadat diatas, bagaimana pula konsekuensinya dalam kehidupan kita? Jawaban : 3. Apa yang antum pahami tentang ma'rifatullah, ma'rifatur-rasul, ma'rifatud-dinul-islam ? Jawaban : 4. Apa yang antum pahami tentang dakwah secara umum ? Jawaban : 5. Mengapa kita harus berdakwah? Jawaban : 6. Apa yang antum pahami tentang dakwah kampus ? Jawaban : 7. Bagaimana hubungan/kaitan antara dakwah secara umum dengan dakwah kampus ? Jawaban : 8. TULISKAN DALIL ALQUR'AN/HADITS (SATU SAJA) YANG ANTUM KETAHUI TENTANG KEUTAMAAN BERDAKWAH kepada Allah ? (dalam bhs arab & terjemahnya) Jawaban :
  3. 3. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST TENTANG JASHTIS (10 menit) 1. Tuliskan kepanjangan dari JASHTIS? Beserta artinya! Jawaban : 2. Sebutkan bidang-bidang yang ada dalam JASHTIS! Jawaban : 3. tuliskan secara singkat sejarah yang antum ketahui tentang LDK di AMIKOM? Jawaban : 4. Bagaiman kedudukan JASHTIS sendiri dalam struktur Lembaga Mahasiswa?(kalau perlu di gambar dengan bagan) Jawaban : 5. Tuliskan visi dan misi JASHTIS? Jawaban : 6. Apa motivasi antum ikut kepengurusan JASHTIS Jawaban : 7. Apa harapan antum setelah ikut JASHTIS Jawaban : 8. Jika antum diterima jadi pengurus JASHTIS antum ingin ditempatkan dimana? Jawaban :
  4. 4. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST KEORGANISASIAN SESI 3 waktu pengerjaan : 15 menit. jenis materi : pencocokan 1. Tulis kembali dan tempatkan jenis amanah yang ada di tabel STRUKTUR sebelah kiri pada bagan struktur organisasi yang sesuai di sebelah kanan ! STRUKTUR Ketua Sekretaris Dewan Syuro’ Bidang 1 Bendahara Anggota Biro 2 Bidang 3 Ketua Biro 2 Biro 1 Bidang 2 2. Tulis kembali dan tempatkan prosedur sistem kerja panitia kegiatan yang ada di table sebelah kiri sesuai urutan pelaksanaan pada alur kegiatan di sebelah kanan : Sistem Kerja Panitia Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Perencanaan Kegiatan Laporan Kegiatan Evaluasi Kegiatan Persiapan Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Perancangan Dana Pengontrolan 3. Tuliskan dan cocokkan nomor urut DESKRIPSI pada tabel sebelah kanan untuk mengisi NO URUT pada tabel sebelah kiri sesuai dengan Perangkat Organisasi yang ada disebelah kirinya! No No Perangkat Organisasi DESKIRPSI Urut Urut ANGGARAN DASAR 1 Al-Qur’an dan As-Sunnah memberikan arahan bagi gerak dakwah di ANGGARAN RUMAH 2 kampus yang dilakukan dalam satu periode TANGGA kepengurusan Definisi GBHK 3 aturan mendasar yang berkaitan dengan
  5. 5. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H keorganisasian UKI “JASHTIS” yang menjadi rujukan dan bersifat mengikat kepada semua anggota. Fungsi GBHK 4 [ bonus untuk test hari-1 ] aturan yang merinci Anggaran Dasar (AD) Landasan GBHK 5 dan berkaitan dengan keanggotaan, majelis musyawarah, dan pengurus. 4 pedoman yang menjadi landasan gerak dakwah UKI “JASHTIS” dalam bentuk garis- Ruang Lingkup GBHK 6 garis besar yang ditetapkan oleh Dewan Syuro’ UKI 4. Beri tanda centang  (bisa lebih dari satu) pada kotak sebelah kiri di bawah ini yang merupakan karakteristik sebuah organisasi/lembaga dakwah kampus (LDK) yg sehat !  Kerjasama untuk mencapai tujuan bersama  Ada dua orang atau lebih sebagai kelompok  Bekerja sendiri-sendiri  Proses pembagian kerja yang jelas  Tidak peduli dengan keadaan orang lain  Adanya ikatan ukhuwah  Memiliki tujuan yang hendak dicapai 5. Tuliskan dan cocokkan nomor urut tugas dan wewenang pada tabel sebelah kanan untuk mengisi kotak kosong pada tabel sebelah kiri sesuai dengan AMANAH yang ada di atasnya! No AMANAH Tugas dan Wewenang Urut Ketua Panitia 1 Menyediakan semua kebutuhan peralatan sie 2, 20, … 2 Mengontrol dan mengevaluasi kerja seluruh panitia Sekretaris 3 Menyusun anggaran dana operasional konsumsi 4 Membuat laporan hasil kegiatan Bendahara 5 Menyusun laporan keuangan 6 Melakukan komunikasi dengan pihak luar Sie Acara Menyusun anggaran dana proposal berdasarkan draft anggaran dana 7 seksi-seksi 8 Membuat dan menyediakan semua keperluan administrasi Sie Humas Melaporkan hasil/perkembangan secara berkala kepada 9 ketua/jajaran yang bersangkutan 10 Bertanggungjawab atas proposal dan surat menyurat Sie Pubdekdok&alat 11 Mensetting tempat kegiatan 12 Memimpin, menentukan, dan mengadakan syuro/rapat Sie Konsumsi 13 Pembuatan dan penyebaran publikasi kegiatan 14 Menyusun konsep acara Staf 15 Mendokumentasikan setiap kegiatan. Bertanggung jawab atas kelancaran distribusi surat 16 menyurat,proposal dan lpj 17 Mengambil pencairan dana di akademik Bertanggung jawab terhadap pengadaan konsumsi selama acara 18 berlangsung Bertanggung jawab terhadap keseluruhan prosesi acara berdasarkan 19 konsep yang telah dibuat 20 Bertanggungjawab atas keseluruhan kegiatan 21 Melaksanakan tugas sesuai instruksi Kepala Sie.
  6. 6. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H 6. Pertanyaan isian 1. Apa yang antum ketahui tentang organisasi? 2. Apa yang antum ketahui tentang manajemen dalam organisasi? 3. Apa yang antum ketahui tentang kepemimpinan dalam organisasi? 4. Apa perbedaan antara JASHTIS dengan UKM lain? 7. Beri tanda centang  pada kolom B (benar) atau S (salah) menurut penilaian antum. Untuk setiap jawaban benar centang pada salah satu kolom dengan skala nilai 1 untuk paling tinggi, 2 sedang, 3 paling rendah. A. PENGELOLAAN PENILAIAN B S 1. Pengurus a. Pengurus memberikan arahan kebijakan dan pengawasan secara menyeluruh. 1 2 3 b. Pengurus menjamin tanggung jawab dan kredibilitasnya. 1 2 3 c. Pengurus sanggup melaksanakan tugas utama seperti membuat kebijakan, 1 2 3 menggalang dana, humas dan melakukan lobi/advokasi d. Pengurus menggalang dana dan bentuk dukungan lainnya 1 2 3 e. Pengurus menghormati aturan yang berlaku mengenai masa tugas yang telah 1 2 3 ditetapkan f. Pengurus bekerja secara sukarela dan bersedia untuk tidak dibayar. 1 2 3 g. Pembagian tugas tidak adil, merata, tuntas dan jelas 1 2 3 2. Misi/Sasaran a. JASHTIS telah memaparkan misi, sasaran dan tujuannya dengan jelass 1 2 3 b. Misi JASHTIS dipahami baik oleh staf dan civitas akademika AMIKOM 1 2 3 c. Strategi perencanaan dibuat sesuai dengan misi, bersifat realistik dan berupa 1 2 3 pernyataan obyektif yang jelas mengenai bagaimana misi-misi tersebut dapat dicapai. d. Tujuan telah ditetapkan, namun tidak dirumuskan secara jelas dan rinci 1 2 3 e. Tujuan harus serealistis mungkin : sesuai dg kondisi organisasi 1 2 3 3. Unsur-Unsur Kampus (mahasiswa, dosen , karyawan) a. Ada dasar keterlibatan unsur-unsur kampus yang jelas. 1 2 3 b. Ada pengakuan bahwa unsur-unsur kampus dijadikan mitra oleh JASHTIS. 1 2 3 c. Ada survei berkala untuk mengetahui kebutuhan dan penemuan oleh unsur-unsur 1 2 3 kampus yang diintegrasikan ke dalam proses perencanaan. d. Unsur-unsur kampus dilibatkan secara teratur dalam tinjauan ulang misi dan 1 2 3 strategi JASHTIS.
  7. 7. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H B. PRAKTIK-PRAKTIK MANAJEMEN 1. Struktur Organisasi a. JASHTIS memiliki struktur organisasi dengan pembagian wewenang dan tanggung 1 2 3 jawab yang jelas. 2. Sistem Informasi a. Ada sistem untuk mengumpulkan, menganalisa dan menyebarkan data serta 1 2 3 informasi. 3. Prosedur-Prosedur Administratif a. Ada prosedur-prosedur administratif dan pedoman operasional yang diikuti dengan 1 2 3 seksama. b. Prosedur-prosedur dan pedoman operasional diperbarui secara berkala. 1 2 3 4. Perencanaan a. Rencana pengoperasian dikembangkan, ditinjau ulang, diperbarui dan mencerminkan 1 2 3 rencana yang strategis. b. Perencanaan dan pengalokasian sumber daya dilakukan dengan benar. 1 2 3 c. Masukan dari unsur-unsur kampus dimasukkan dalam perencanaan. 1 2 3 d. Staf turut dilibatkan dalam perencanaan. 1 2 3 5. Pengembangan Program a. Unsur-unsur kampus dan staf turut dilibatkan dalam rancangan program, 1 2 3 implementasi dan evaluasi. 6. Laporan Program a. JASHTIS melaporkan aktivitas dan hasil evaluasi program secara berkala. 1 2 3 b. JASHTIS mempublikasikan dan menyebarkan laporan mengenai program-programnya. 1 2 3 C. SUMBER DAYA MANUSIA 1. Pengembangan/Pelatihan Sumber Daya Manusia a. Ada perencanaan pengembangan Sumber Daya Manusia. 1 2 3 b. Ada rencana pelatihan staf yang didasari oleh kebutuhan kapasitas JASHTIS, sasaran- 1 2 3 sasaran strategis dan sasaran karir stafnya. c. Ada kesempatan-kesempatan untuk mengintegrasikan keahlian yang didapat dari 1 2 3 pelatihan ke dalam lingkungan kerja. 2. Peran Staf a. Uraian masing-masing pekerjaan terpeta dengan jelas, didokumenntasikan, dihargai 1 2 3 dan diperbarui secara berkala. b. Ada hubungan yang jelas antara kapasitas staf dengan misi JASHTIS. 1 2 3 c. Evaluasi kinerja dilakukan setiap tahun berdasarkan uraian pekerjaan 1 2 3
  8. 8. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H d. Ada stabilitas staf. 1 2 3 3. Pengaturan amanah a. Rapat bidang dijadwalkan secara teratur. 1 2 3 b. Staf turut berpartisipasi dalam setiap keputusan manajemen. 1 2 3 c. Ada himbauan untuk bekerjasama dalam tim. 1 2 3 d. Informasi dibagikan dengan bebas di antara semua anggota staf. 1 2 3 e. Staf dihimbau untuk mengambil insiatif dan untuk termotivasi dan terarah secara 1 2 3 mandiri. D. SUMBER DAYA KEUANGAN 1. Anggaran a. Proses pembuatan anggaran secara teratur dikembangkan dan diintegrasikan ke 1 2 3 dalam perencanaan program kerja. b. Staf bertanggung jawab atas persiapan, pengelolaan dan implementasi anggaran 1 2 3 bidang dalam program kerja. 2. Pengendalian Keuangan/Inventarisasi a. Ada pengendalian keuangan dan inventarisasi yang cukup baik dan diimplementasikan 1 2 3 dalam JASHTIS. b. Tinjauan ulang keuangan internal dilakukan secara teratur dan benar untuk menjamin 1 2 3 transparansi. c. Audit keuangan eksternal dilakukan secara teratur dan benar untuk menjamin 1 2 3 transparansi. d. Ada prosedur pengadaan yang cukup baik. 1 2 3 4. Laporan Keuangan a. Laporan keuangan diberikan secara akurat dan tepat pada waktunya. 1 2 3 b. Laporan digunakan untuk perencanaan. 1 2 3 c. JASHTIS memiliki sistem untuk melaporkan status keuangan. 1 2 3 E. HUBUNGAN EKSTERNAL 1. Hubungan dengan Unsur-Unsur Kampus a. JASHTIS dilihat sebagai sumber daya yang kredibel dan berharga bagi unsur-unsur 1 2 3 kampus. b. Hubungan JASHTIS dengan unsur-unsur kampus merupakan hubungan sebagai mitra 1 2 3 yang memiliki tujuan yang sama. 5. Hubungan Kampus
  9. 9. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H a. JASHTIS mengerti bagaimana harus bertindak dan berhadapan dengan publik. 1 2 3 b. Citra JASHTIS dinyatakan dengan jelas dan terbilang cukup dikenal oleh kampus. 1 2 3 c. Ada informasi dan mekanisme penyebaran informasi mengenai JASHTIS tersebut. 1 2 3 MATERI TEST SIMULASI POTRET DIRI (10 menit) PETUNJUK : 1. Simulasi ini dibuat untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan hidup secara obyektif dan kejujuran sehingga berguna untuk perbaikan diri dimasa datang. Bukan hasilnya yang menjadi perhatian tetapi yang terpenting adalah kesadaran kita untuk perbaikan diri sehingga sesuai dengan ajaran Islam. 2. Hasil apapun yang diperoleh hanya digunakan untuk kepentingan UKI quot;JASHTISquot;, tidak untuk dipublikasikan. 3. Hanya satu jawaban untuk setiap pertanyaan yang menurut antum paling sesuai.
  10. 10. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H 4. Isilah pertanyaan dengan obyektif dan jujur. 5. Berikan tanda checklist (√) pada kolom SL, ST, JL, JT, yang berarti: SL: Selalu meLakukan (tidak pernah meninggalkan) ST: Selalu me(T)ninggalkan (tidak pernah melakukan) JT: Jarang me(T)ninggalkan JL: Jarang meLakukan CONTOH : NO AKTIVITAS SL ST JT JL 1 Mandi √ √ 2 Kasar pada orangtua √ 3 Shaum Senin-Kamis 4 Membolos saat kuliah √ SOAL TEST SIMULASI POTRET DIRI S NO AKTIVITAS ST JT JL L SOAL 1 1 Shalat lima waktu setiap hari (termasuk shalat Jumat) 2 Puasa dibulan Ramadhan 3 Membayar hutang puasa Ramadhan 4 Membayar zakat harta ketika cukup nisab dan haulnya 5 Membayar zakat Fitrah 6 Menunaikan haji (bila mampu) 7 Menyuruh istri/saudara/anak/diri sendiri berjilbab 8 Berbapakaian menutup aurat 9 Memakan yang halal 10 Meminum yang halal 11 Meninggalkan yang haram 12 Menjaga dari najis 13 Mengkaji ajaran Islam 14 Mengkaji Al-Quran 15 Mempelajari bahasa Arab 16 Berdakwah 17 Berbicara dengan kata-kata yang baik kepada orang tua 18 Melindungi dan mendoakan orang tua 19 Hormat dan berterima kasih kepada orang tua 20 Mentaati perintah orang tua 21 Membantu pekerjaan orang tua 22 Menghormati taat dan berbakti kepada orang tua 23 Menjalin dan menjaga silaturahmi dengan keluarga 24 Menghubungkan silaturahmi/ukhuwah Islamiyah 25 Tolong menolong dalam kebaikan 26 Menepati janji 27 Mencegah orang berbuat mungkar 28 Bersabar dalam menghadapi cobaan 29 Menjawab salam 30 Mengetahui hukum Islam sebelum berbuat
  11. 11. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H 31 Bersuci setelah buang air kecil/besar 32 Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan 33 Melaksanakan Nazar 34 Bersyukur setiap menerima nikmat Allah 35 Melakukan taubat setelah melakukan dosa NO AKTIVITAS SL ST JT JL SOAL 2 36 Shalat Rawatib 37 Shalat Tahajud 38 Shalat Tarawih 39 Shalat Dhuha 40 Puasa Senin-Kamis 41 Puasa Arafah 42 Puasa Syawal 43 Ber-infaq 44 Membaca Al-Quran setiap hari 45 Berzikir selesai shalat 46 Berdoa 47 Bersilaturahmi 48 Memenuhi hak tetangga 49 Menjaga kebersihan 50 Mengucap salam 51 Berjabat bila bertemu (sesama muhrim nya) 52 Menjenguk orang sakit 53 Menghormati tamu 54 Ta'ziyah (melayat orang meninggal) 55 Gemar bermusyawarah 56 Menyantuni anak yatim 57 Menghafal ayat dan hadits 58 Ber-istighfar 59 Shalat berjamaah 60 Ber-qurban 61 Mendoakan orang yang bersin bila memuji Allah 62 Berdoa kepada Allah setelah menunaikan shalat 63 Membeli buku pelajaran Islam 64 Mendoakan kebaikan atas orang lain 65 Mengingat kematian 66 Berdoa ketika sakit 67 Menangis karena takut kepada Allah 68 Bersikap ramah 69 Membantu kegiatan Islam NO AKTIVITAS SL ST JT JL SOAL 3 70 Musyrik 71 Menyakiti hati/badan orang tua 72 Memandang aurat
  12. 12. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H 73 Membuka aurat 74 Menipu/berdusta 75 Menggunjing/ senang mendengar gunjingan 76 Memakan riba atau terlibat aktifitas riba 77 Memakan harta orang lain 78 Memakan daging babi atau makanan haram lain 79 Mendekati zina 80 Berzina 81 Tabaruj (bersolek) 82 Buruk sangka 83 Percaya pada ramalan 84 Berjudi 85 Minuman keras, ekstasi atau sejenisnya 86 Tajassus (mematai) 87 Mengadu domba (namimah) 88 Menyuap 89 Menerima suap 90 Membunuh tanpa hak 91 Riya dalam beramal 92 Khalwat (berduaan ditempat sepi dgn non- muhrimnya) 93 Pergi ke diskotik atau tempat maksiat lainnya 94 Tolong menolong dalam kejahatan 95 Melarang istri/saudara/anak berjilbab 96 Meninggalkan shalat 97 Tidak puasa dibulan Ramadhan 98 Mencuri 99 Memamerkan kekayaan kepada orang lain Sinis terhadap ajaran Islam 100 Tidak mau kenal dengan tetangga 101 Memberi pinjaman dengan bunga 102 Tidak mau memaafkan 103 Tidak mau membayar hutang 104 Tidak menepati janji 105 Merasa tidak senang jika orang mendapat kebahagiaan 106 Menceritakan aib orang lain 107 Menfitnah orang 108 Bersikap kasar 109 Melakukan santet (sendiri atau dengan perantara) 110 NO AKTIVITAS SL ST JT JL Makan/minum sambil berjalan 111 Merasa tidak bersalah selesai berboat dosa 112 Menuduh tanpa bukti 113 Bermusuhan yang berkepanjangan 114 Malas mengkaji Islam 115 Mengikuti tradisi yang bertentangan dengan agama 116 Mendoakan orang lain celaka 117 Membentak orang tua 118 Ragu terhadap ajaran Islam 119 Ikut merayakan natal 120 Gampang berbuat dosa 121 Berenang campur laki-laki dan perempuan 122
  13. 13. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H Pergi dukun agar cepat kaya 123 Menunjukkan/mengizinkan orang berbuat maksiat 124 Memandang rendah orang lain 125 Suka mamanggil dengan julukan yang jelek 126 Mengingat-ingat pemberiannya 127 Mengucapkan kata-kata kasar/kotor 128 Memakai perhiasan emas/sutra (laki-laki) 129 Marah atau mencemooh jika diajak beramal saleh 130 Suka melukis atau membuat patung makhluk hidup 131 Memajang lukisan atau patung makhluk hidup dirumah 132 Tidak setuju penerapan syariat Islam 133 Khianat 134 Tidak puas atas rizki Allah 135 Gengsi 136 Tidak rela atas takdir Allah 137 Percaya tahayul/jimat 138 Munafik 139 Suka menghasut 140 Bahagia atas penderitaan orang lain 141 Kikir karena cinta dunia 142 Berdoa ingin mati 143
  14. 14. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST MA’RIFATUN-NAFSI (Mengenal Diri Sendiri) (15 menit) PETUNJUK : Langkah pertama menuju sebuah tim yang sukses adalah mengungkapkan peran yang antum minati dan peran yang diminati anggota-anggota lain dalam tim. Inilah kunci untuk meningkatkan kepuasan kerjasama, dan mengidentifikasi identitas tim yang kelak menjadi dukungan antum pada saat terjadi tekanan Nanti antum melihat sejumlah kata awal dari sebuah pernyataan tentang kerjasama tim, yang kemudian diikuti dengan lima frasa alternatif sebagai pelengkap kata awal tadi. Bacalah sebuah frasa alternatifnya lalu urutkan sesuai dengan kecenderungan perasaan atau tindakan antum. Beri nilai lima (5) untuk frasa yang menurut antum paling sesuai, nilai empat (4) untuk frasa kedua paling baik, dan seterusnya sampai antum member nilai satu (1) untuk frasa yang tingkat kesesuaiannya paling rendah. Hanya ada dua peraturan yang harus antum ikuti: 1. Antum tidak boleh memberi nilai yang sama pada dua frasa yang berbeda. 2. Antum harus member nilai sampai 1 terhadap masing masing dari seluruh frasa yang diajukan dalam kelompok. CATATAN: Ingat : Beri nilai lima (5) untuk frasa yang paling dekat mewakili nilai minat antum, empat (4) untuk kedekatan dibawahnya, dan seterusnya. Masih sulit juga bagi antum memutuskan? Bagaimana kalau antum melakukannya terbalik dimulai dengan member nilai satu (1) pada frasa yang menurut antum paling tidak antum minati, lalu meningkat keatas? Hasil akhirnya akan tetap valid. Jangan member nilai sama untuk dua frasa yang berbeda dalam satu kelompok. Antum harus memberikan nilai kepada seluruh frasa kita harus tahu apa yang kita sukai dan apa yang tidak kita sukai. CONTOH : Berikut karakter pribadi saya mulai dari yang paling dekat sampai yang paling jauh : a. sabar 5 b. ramah 4 c. dermawan (suka berinfaq) 3 d. mudah putus asa 2 e. pemarah 1
  15. 15. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H MATERI TEST MA’RIFATUN-NAFSI (Mengenal Diri Sendiri) Saya mampu menjadi anggota yang berharga dalam kelompok apa pun karena………. 1) Saya mampu melihat berbagai peluang bagi pengembangan kelompok, dan mampu membagi tugas diantara para anggotanya tanpa terlalu mendominasi 2) Saya mampu mengerjakan analisis yang sistematis terhadap sasaran sasaran kelompok, dan mampu menyusun perencanaan untuk membantu kelompok mencapai sasaran itu. 3) Biasanya saya dapat memperoloeh sarana atau sumber daya dibutuhkan yang oleh kelompok untuk melaksanakan kegiatannya. 4) jika tugas yang diberikan kepada saya jelas, sayapasti mampu melaksanakan tugas tugasnya 5) saya jeli melihat munculnya permasalahan dan mampu mengarahkan kelompok agar kembali, menempuh jalur yang tepat Biasanya saya diajak untuk bergabung dengan suatu kelompok karana…….. 6) Saya cakap dalam memeriksa metode metode yang digunakan kelompok dan memastikan adanya prosedur prosedur yang mencakup kegiatan kegiatan untuma kelompok itu. 7) Saya dapat diandalkan untuk tetap kuat, dan mampu memberikan arah bagi tim anggota yang lain. 8) Saya dapat dengan cepat memperhitungkan sarana atau sumberdaya apa yang dibutuhkan tim dan berapa biaya yang harus dibutuhkan untuk itu. 9) Saya mampu dengan mudah dan cepat menangkap gagasan yang bagus, lalu menyapaikannya sedemikian rupa kepada anggota anggota yang lain sehingga mereka bergairah juga untuk membicarakannya 10) Saya cakap dalam menyampaikan petunjuk petunjuk pelaksanaan tugas harian sehingga arus kerja menjadi lancar dan pelaksanaannya pun mulus. Saya merasa palig puas ketika………. 11) Merangsang terciptanya kerja sama tim yang baik, dan membantu tim bekerja lebih baik lagi 12) Menganalisis bebbagai situasi secara cermat, menimbang kenyataan, dan membuat keputusan. 13) Terlibat dalam kerja yang menantang kretifitas serta memberi kesempatan penuh untuk menggunakan imajinasi saya. 14) Menerapkan uji coba berbagai metode demi menghasilkan prodouk yang baru. 15) Berunding dengan orang lain secara berhadapan langsung dengan orang orang yang boleh jadi punya sesuatau yang baru yang bisa ditawarkan. Ketika tim melaksanakan proyek khusus…… 16) Kemampuan saya dalam menyediakan sumber daya ditempat dan waktu yang tepat mencegah terjadinya penundaan. 17) Kamampuan saya yang selalu menjalankan instruksi dan menyelesaikan tugas akan memberi peluang bagi kelompok untuk terus memproduksi apa yang dibutuhkan. 18) Sifat saya yang selalu waspada membantu tim mengenali, dan dengan demikian, juga mengatasi kendala dalam mencapai hasil tertinggi. 19) Kemampuan saya menjaga agar tim tetap terfokus pada sasarannya menjamin
  16. 16. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H tim meraih apa yang diharapkan. 20) Kecermatan saya yan tinggi dalam menganalisis tujuan tujuan tim mencegah tim melakukan kesalahan dalam memilih kegiatan dan prosedur yang akan ditempuh Seandainya pada akhir proyek saya harus mengucapkan selamat kepada diri saya sendiri, itu paling mungkin karena … 21) Kemampuan saya untuk membuat anggapan proyek yang tepat telah menjamin penggunaan sumber daya secara efisien 22) Kemampuan saya untuk membangkitkan semangat dalam menangani proyek menyebabkan tim “peduli” akan hasil proyek 23) Kemampuan saya untuk mendesain pekerjaan dan mengorganisir aliran kerja membuat kelompok tetap memiliki produktivitas tinggi 24) Kemampuan saya untuk mengidentifikasi kemungkinan munculnya resiko terbesar telah memberi peluang tim untuk tetap bias meningkatkan kinerjanya 25) Kapasitas saya untuk membuat keputusan yang valid menjadikan tim memiliki seseorang yang bisa diandalkan untuk membuat keputusan-keputusan penting dan menunjukkan arah yang jelas Kontribusi utama saya terhadap kerja sama tim adalah… 26) Memiliki banyak ide bagus dan menemukan cara-cara baru untuk mengatasi berbagai permasalahan kelompok 27) Mengorganisir cara kerja yang paling baik sehingga meminimalkan dilakukannya kegiatan kerja yang percuma 28) Meyakinkan orang-orang untuk menyetujui tindakan-tindakan yang diperlukan, yang memuaskan semua orang 29) Dengan cepat menangkap gelagat ketika orang-orang merasa tegang atau tertekan, dan membantu mereka mengungkapkan permasalahannya 30) Memberi umpan balik kepada kelompok, informasi tentang sampai sejauh mana tujuan kelompok sedang atau sudah dicapai Jika ditanya bagian pekerjaan mana yang paling memuaskan saya, saya akan menjawab bahwa yang paling saya nikmati adalah … 31) Mengamati kelompok, menjaga kelompok tetap di jalur yang benar, dan tetap berprestasi baik. 32) Memutuskan cara yang akan ditempuh kelompok untuk mengembangkan diri memastikan keberhasilannya 33) Menganalisis tujuan, memperhitungkan segala resikonya, dan memilih jenis kegiatan yang terbaik 34) Memastikan bahwa kelompok memiliki bahan-bahan dan perlengkapan terbaik yang akan digunakan untuk memproduksi output. 35) Mengerjakan sesuatu yang tidak terlalu sulit tetapi juga tidak terlalu mudah, tetapi tetap membuat saya merasa telah mencapai sesuatu Secara umum saya menggambarkan diri saya sendiri sebagai seseorang yang …
  17. 17. TEST TULIS SELEKSI CALON PENGURUS UKI ”JASHTIS” STMIK AMIKOM TOGYAKARTA 2009 M / 1430 H 36 menikmati bekerja dengan kelompok untuk menemukan solusi-solusi yang dapat . diterapkan atas berbagai masalah operasional 37 menikmati pekerjaan yang memungkinkan saya memuaskan rasa ingin tahu dan . kecenderungan saya untuk melakukan penelitian 38 senang mengerahkan pengaruh yang kuat dalam pengambilan keputusan kelompok. . 39 menikmati kerja yang menuntut pendekatan sistematis dan menyeluruh. . 40 menikmati “menjual” ide-ide, jasa, atau produk. . Saya bisa diterima di dalam pertemuan untuk memecahkan persoalan kelompok karena saya mampu… 41 bersikap memberi dan menerima dalam setiap kesepakatan dengan para anggota lain . dalam tim, sekalipun saya selalu berusaha membujuk mereka untuk menerima pandangan saya. 42 menjaga suasana rapat sedemikian rupa sehingga smua anggota kelompok merasa . leluasa serta terbuka untuk melontarkan pandangan mereka 43 mempertanyakan efektivitas dan efisiensi dari setiap unsur kegiatan tim, sehingga . berbagai masalah utama beserta penyebab-penyebabbya dapat teridentifikasikan. 44 menerapkan kreativitas dan kecakapan memetakan masalah sehingga pemecahannya . lebih jelas terlihat 45 menyusun agenda dan jadwal kerja kelompok .

×