Kehidupan lembah sungai nil

1,308 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,308
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kehidupan lembah sungai nil

  1. 1. KEHIDUPAN LEMBAH SUNGAI NILSungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitumencapai 6650 kilometer. Sungai Nil bersumber darimata air di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro diAfrika Timur.Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utarabermuara ke Laut Tengah. Ada empat negara yangdilewati sungai Nil yaitu Uganda, Sudan, EthiopiadanMesir.Setiap tahun sungai Nil selalu banjir. Luapanbanjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai,sehingga menjadi lembah yang subur selebar antara 15sampai 50 kilometer. Di sekeliling lembah sungai adalahgurun. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi LautMerah. Batas selatan terdapat gurun Nubia diSudan,batas barat adalah gurun Libia. Kemudian batasutara Mesir adalah Laut Tengah.
  2. 2. 1. Letak geografisMesir terletak di benua Afrika. Secarageografis sebelah baratnya berbatasan denganLibia, sebelah timur berbatasan dengan LautMerah, sebelah utara berbatasan dengan LautTengah, dan sebelah selatan berbatasan denganSudan. Di antara Laut Tengah dan Laut Merahterdapat Terusan Suez yang menghubungkanpelayaran Eropa dan Asia.
  3. 3. 3. MitosMenurut mitos, air sungai yang mengalirterus tersebut adalah air mata Dewi Isis yangselalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Niluntuk mencari jenazah puteranya yang gugurdalam pertempuran. Namun secara ilmiah, airtersebut berasal dari gletsyer yang mencair daripegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil.
  4. 4. 4. Sistem kepercayaanSistem KepercayaanBangsa Mesir mengenal banyak dewa (politheisme), jugamengenal kepercayaan bahwa roh orang mati tidak akanmeninggal. Malah mereka mengenal hewan-hewan suci yangdianggap sakral, seperti terlihat dalam beberapa lukisan danpatung hewan berkepala manusia dan manusia berkepalahewan. Dewa-dewa yang dipuja bangsa Mesir antara lain:a) Dewa Osiris sebagai dewa tertinggi.b) Dewa Ra sebagai dewa matahari.c) Dewa Thot sebagai dewa pengetahuan.d) Dewa Horus, anak Dewa Osiris.e) Dewa Amon sebagai dewa bulanSebagai penguasa kehidupan politik dan keagamaandipegang oleh firaun, Firaun (Pharaoh) ini diistimewakankarena dianggap Dewa Horus, perantara manusia dengan dewadan pemelihara Sungai Nil.
  5. 5. 5. Masa pemerintahanSepanjang Lembah Sungai Nil terbagi dalam dua wilayahyaitu Sungai Nil Hulu dan Sungai Nil Hilir, pada masing-masingdaerah terbentuk kelompok yang terpisah. Kedua wilayah inidapat dipersatukan oleh Menes dengan bentuk kerajaan danberibukota Memphis pada tahun 3000 SM. Menes inilah yangmenjadi raja Mesir Kuno.a. Mesir TuaRaja-raja Mesir diberi gelar Firaun atau Pharaoh. Firaunmemiliki hak yang tidak terbatas dengan tujuan memberikedamaian dan kemakmuran bagi bangsanya. Kerajaan MesirTua beribukota Memphis. Pada zaman Mesir Tua, sudahdibangun makam-makam raja dalam bentuk piramid danpatung dari batu. Piramid ini dibuat oleh rakyat karenakepercayaan bahwa raja Mesir adalah titisan dewa. Raja-rajayang termasyhur pada zaman ini di antaranya Khufu, Kefre,dan Menkaure. Setelah raja-raja tersebut meninggal, kondisikeamanan di Mesir menjadi lemah, hal ini disebabkan olehadanya perubahan kepercayaan rakyat bahwa raja adalahketurunan dewa dan timbulnya kerajaan-kerajaan kecil.
  6. 6. b. Mesir PertengahanSetelah terjadi perpecahan, Mesir kembalidisatukan oleh raja Sesotris III dari Thebe. BahkanSesotris III mengembangkan wilayahnya denganmenguasai Nubia dan Palestina. Pada masapemerintahan Amenemhet III terjadi penambanganemas di Gurun Sinai dan mendirikan kelompokbesar istana yang dinamakan labyrinth. Setelahkematian Amenemhet III, muncul serangan daribangsa Hykos yang berasal dari Palestina danmereka dapat menguasai Mesir. Kedatangan bangsaHykos memperkenalkan teknologi peralatan dariperunggu, seperti peralatan pertanian, senjata danalat rumah tangga. Bangsa Hykos menetapkan KotaAwaris sebagai ibukota Mesir yang baru.
  7. 7. c. Mesir BaruBangsa Mesir dapat merebut kembali kekuasaannya dari bangsaHykos. Raja yang paling berjasa dalam perebutan kekuasaan daribangsa Hykos adalah Firaun Ahmosis karena ia sendiri yang memimpinserangan. Kekuasaan Mesir sempat meluas ke Babylonia, Assyria,Cicillia, Cyprus pada saat kekuasaan Tutmosis II. Antara tahun 1367-1350 SM pada masa pemerintahanAmenhotep IV atau Akhenaton dan Nefertiti mengajarkanmonotheisme kepada bangsa Mesir dengan menganggap DewaMatahari sebagai satu-satunya dewa. Akibat adanya pertentangandengan para pendeta agama Amon, Amenhotep IV memindahkanibukota dari Thebe ke Al Amama. Setelah Amenhotep IV meninggal,perselisihan tentang agama tidak terjadi lagi dan pendeta menunjukTut-Aankh-Amon atau Tutankhamon sebagai firaun dan diharuskantunduk kepada pendeta agama Amon. Kekuasaan Mesir akhirnya selaludigantikan oleh negara lain yang menjatuhkannya. Ini terjadi sejakpemerintahan Raja Ramses III (1198-1167 SM) berakhir.
  8. 8. • Hieroglyph• Astronomi• Sistem pengawetan• Arsitektur
  9. 9. • Hieroglyph adalah nama huruf kebudayaan MesirKuno. Bentuk hurufnya dalah piktograf dimana setiapgambar mewakili satu huruf. Hieroglyph ini ditulispada sebuah media kertas dari papirus, tumbuhan,atau dipahat.• Contoh pada Batu Roseta yaitu batu bertulis yangditemukan di tepi Sungai Roseta. Dalam batu initerdapat tulisan Hieroglyp dan tulisan Yunani Kuno.
  10. 10. • Kehidupan agraris banga Mesir memengaruhiterhadap pengetahuannya yang tinggi. Untukmengetahui waktu bercocok tanam, panen atauberdagang dilihat dari siklus musim yang datangsetiap tahunnya. Yaitu dengan mengamati siklusbintang Sirius atau Sothis yang bertepatandengan pasang naiknya air Sungai Nil. Hasilnya :mereka sudah mengenal kalenderyaitu setahun terdiri dari 12 bulan, setiap bulan30 hari, jadi setahun ada 360 hari, kemudiandirevisi menjadui 365 hari
  11. 11. Sistem pengawetan• Kepercayaan bahwa roh yang meninggalmasih tetap berada pada jasadnya apabilatidak rusak. Dari kepercayaan ini timbul usahauntuk mengawetkan orang yang sudahmeninggal dengan menggunakan rempah-rempah atau ramuan lainnya supaya tidaktercium bau busuk
  12. 12. Arsitektur• Peninggalan-peninggalan Mesir berupapatung dan bangunan yang besarmenunjukkan adanya teknologipembuatannya, apalagi semua ukuran patungdan bangunan tersebut berukuran besar,seperti piramid (makam para firaun), sphinx(singa berkepala manusia sebagai lambangkekuatan dan kebijaksanaan) dan obelisk (tugubatu untuk memuja Dewa Amon Ra).
  13. 13. SEKIAN

×