PENGERTIAN DASAR DAN SISTEM KOMUNIKASI DATA
DOSEN : NAHOT FRASTIAN, M.Kom
DISUSUN OLEH : 1. MUHAMAD FAILASUF 2013 4350 145...
LATAR BELAKANG
 Pertama kali komputer ditemukan, ia belum bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Pada saat
itu komputer mas...
• Apabila demikian bagaimana dengan data yang akan dioleh berasal dari cabang-cabang yang
tersebar di beberapa tempat yang...
KOMUNIKASI DATA
1. Pengertian komunikasi data dengan pembahasan-pembahasan,
sbb:
a. Jenis-jenis media dalam komunikai data...
TUJUAN
Penelitian ini pada intinya bertujuan
untuk mengetahui apa itu komunikasi data
dan bagaimana cara kerja data untuk
...
Hakikat Komunikasi Data
Pada dasarnya, komunikasi data merupakan proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer
ya...
PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan
penerimaan data/informasi dari dua atau lebih
devi...
Sistem Komunikasi Data
Sistem komunikasi data adalah jarigan fisik dan
fungsi yang dapat mengakses komputer untuk
mendapat...
Konsep Dasar Komunikasi Data
komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari
dua atau lebih de...
TUJUAN KOMUNIKASI DATA
• Memunkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien,
tanpa kesalahan dan ekomis dari suatu tem...
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri
atas beberapa komputer yang didesain sedemikian
rupa...
JARINGAN DISTRIBUSI JARINGAN TERSENTRALISASI
 Jaringan terdistribusi
adalah jaringan komputer
yang cara kerjanya
dilakuka...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTERResource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-
sama. Misalnya seorang pengg...
PROTOKOL KOMUNIKASI DATA
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan,
ko...
MACAM MACAM PROTOKOL YANG MENANGANI MASALAH
KOMUNIKASI ANTAR KOMPUTER
1. Protokol lapisan aplikasi : bertanggung jawab unt...
STANDAR KOMUNIKASI DATA
1. Standar IEEE 802.2
2. Standar IEEE 802.3 ( ethernet )
3. Standar IEEE 802.4 ( token bus )
4. St...
SISTEM KOMUNIKASI OFFLINE
System komunikasi offline adalah proses pengiriman
data dengan menggunakan telekomunikasi ke pus...
SISTEM KOMUNIKASI ONLINE
Data yang dikirim melalui terminal computer bisa
langsung diperoleh dan diproses oleh computer.
S...
MANFAAT KOMUNIKASI DATA
Data Sharing
Dengan adanya fasilitas ini, setiap komputer dapat menggunakan data pada komputer lai...
APLIKASI KOMUNIKASI DATA
1. Surat Elektronik (E-Mail)
Email adalah aplikasiyang memungkinkan para pengguna internet untuk ...
APLIKASI KOMUNIKASI DATA
4. Hotel Reservation System
Yang berarti Sistem Informasi Reservasi Perhotelan merupakan salah sa...
PARAMETER KOMUNIKASI DATA
1. TRIB (Transfer Rate of Information Bits)
Jumlah bit yang diterima di penerima dibagi dengan t...
KESIMPULAN
Komunikasi data adalah transmisi atau proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih
device (sumber)...
Komunikasi data sld
Komunikasi data sld
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Komunikasi data sld

2,755 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,755
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
81
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Komunikasi data sld

  1. 1. PENGERTIAN DASAR DAN SISTEM KOMUNIKASI DATA DOSEN : NAHOT FRASTIAN, M.Kom DISUSUN OLEH : 1. MUHAMAD FAILASUF 2013 4350 1455 2. NANANG PUSPITA 2013 4350 0144 ( KELOMPOK 1 )
  2. 2. LATAR BELAKANG  Pertama kali komputer ditemukan, ia belum bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Pada saat itu komputer masih sangat sederhana. Berkat kemajuan teknologi di bidang elektronika, komputer mulai berkembang pesat dan semakin dirasakan manfaatnya dalam kehidupan kita. Saat ini komputer sudah menjamur di mana-mana. Komputer tidak hanya dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan, universitas-univeristas, atau lembaga-lembaga lainnya, tetapi sekarang komputer sudah dapat dimiliki secara pribadi seperti layaknya kita memiliki radio.  Pada mulanya, sebuah komputer hanya dapat dipergunakan secara individual (stand alone) Namun perkembangan teknologi digital telah memungkinkan sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Secara sederhana, dengan menggunakan sebuah kabel dan port komunikasi, dua buah komputer atau lebih dapat dihubungkan dan saling bekerjasama. Jika dua buah komputer (A dan B) saling dihubungkan, maka hal-hal yang dapat dilakukan antara lain: Komputer A dapat mengakses file-file yang ada di Komputer B, Komputer A dapat mengakses disk drive dari Komputer B, Komputer A dapat mengirimkan data ke Komputer B, dan lain sebagainya  Mayoritas pemakai komputer terdapat di perusahaan-perusahaan atau kantor-kantor. Suatu perusahaan yang besar seringkali memiliki kantor-kantor cabang. Apabila suatu perusahaan yang mempunyai cabang di beberapa tempat adalah tidak efisien apabila setiap kali dilakukan pengolahan datanya harus dikirim ke pusat komputernya dengan cara manual. Perlu diperhatikan bahwa berfungsinya suatu komputer untuk menghasilkan informasi yang benar- benar handal, maka sedapat mungkin data yang dimasukkan benar-benar asli dari tangan pertama pencatat datanya, dan belum mengalami pengolahan dari tangan ke tangan.
  3. 3. • Apabila demikian bagaimana dengan data yang akan dioleh berasal dari cabang-cabang yang tersebar di beberapa tempat yang jauh letaknya dari pusat komputer • Di sini pentingnya dibangun suatu sistem komputerisasi, terutama untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengolahan data. Tetapi kenyataannya, dalam sirkulasi suatu sistem pengolahan data, pengolahan itu sendiri hanya suatu bagian. Secara garis besar suatu sistem sirkulasi pengolahan data terdiri dari pengumpulan data, pemrosesan, dan distribusi. Dari sirkulasi ini masalah yang banyak dijumpai dari perusahaan-perusahaan justru dalam hal pengumpulan data dan distribusi data dan informasi untuk beberapa lokasi. • Dengan prinsip di atas, maka dapat dikembangkan suatu jaringan komputer dimana di dalamnya terhubung lebih dari satu buah komputer sehingga antar komputer tersebut dapat saling tukar menukar fasilitas data dan informasi.. Untuk dapat membuat beberapa komputer terhubung dengan jaringan dan saling bekerjasama, dibutuhkan jalur transmisi baik dengan menggunakan kabel (terstrial) maupun tanpa kabel (melalui satelit) Kabel transmisi digital (misalnya jenis UTP); dan Perangkat lunak sistem operasi dan aplikasi yang memiliki fitur jaringan dan diinstalasi pada masing-masing komputer. Komunikasi data antara computer memungkinkan bagi user untuk mengirim dan menerima data dari dan ke computer lain. Hal tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh suatu perusahaan untuk mengomunikasikan data baik kepada perusahaan lain sebagai pemakai informasi external maupun kepada karyawan sebagai pemakai internal. Prinsip-prinsip dan cara pengkomunikasian data selanjutnya akan dibahas dalam bab selanjutnya dari makalah ini.
  4. 4. KOMUNIKASI DATA 1. Pengertian komunikasi data dengan pembahasan-pembahasan, sbb: a. Jenis-jenis media dalam komunikai data b. Konsep dasar komunikasi data c. Jaringan komputer d. Protokol komunikasi data e. Standar komunikasi data 2. System komunikasi data dengan pembahasan-pembahasan, sbb: a. Manfaaat komunikasi data b. Aplikasi komunikasi data c. Parameter komunikasi data
  5. 5. TUJUAN Penelitian ini pada intinya bertujuan untuk mengetahui apa itu komunikasi data dan bagaimana cara kerja data untuk berpindah dari satu user ke user lainnya serta media apa yang digunakan untuk melakukan proses komunikasi data tersebut.
  6. 6. Hakikat Komunikasi Data Pada dasarnya, komunikasi data merupakan proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk dapat mengirimkan data, pada komputer harus ditambahkan alat khusus, yang dikenal sebagai network interface (antar muka jaringan). Jenis interface jaringan ini bermacam-macam, bergantung pada media fisik yang digunakan untuk mentransfer data tersebut. Dalam proses pengiriman data ini terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan. Pertama data harus dapat dikirimkan ke komputer yang tepat, sesuai tujuannya. Hal ini akan menjadi rumit jika komputer tujuan transfer data ini tidak berada pada jaringan lokal, melainkan di tempat yang jauh. Jika lokasi komputer yang saling berkomunikasi “jauh” (secara jaringan) maka terdapat kemungkinan data rusak atau hilang. Karenanya perlu ada mekanisme yang mencegah rusaknya data ini. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah, pada komputer tujuan transfer data mungkin terdapat lebih dari satu aplikasi yang menunggu datangnya data. Data yang dikirim harus sampai ke aplikasi yang tepat, pada komputer yang tepat tanpa kesalahan. Untuk setiap problem komunikasi data, diciptakan solusi khusus berupa aturan-aturan untuk menangani problem tersebut. Untuk menangani semua masalah komunikasi data, keseluruhan aturan ini harus bekerja sama satu dengan lainnya. Sekumpulan aturan untuk mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data. Protokol ini diimplementasikan dalam bentuk program komputer (software) yang terdapat pada komputer dan peralatan komunikasi data lainnya. TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada WAN. TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Berkat prinsip ini, tugas masing-masing protokol menjadi jelas dan sederhana. Protocol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protocol yang lain, sepanjang ia masih bisa saling mengirim dan menerima data.
  7. 7. PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer / laptop / printer / dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Pemindahan data dan informasi diantara dua atau lebih device tersebut dilakukan dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data yang berupa kabel koaksial, fiber optic, microwave,dsb.
  8. 8. Sistem Komunikasi Data Sistem komunikasi data adalah jarigan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
  9. 9. Konsep Dasar Komunikasi Data komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel coaksial, fiber optic (serat optic), microware dan sebagainya. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Komunikasi data merupakan gabungan dari beberapa teknik pengolahan data. Dimana telekomunikasi dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu titik ke titik lain. Sedangkan pengolahan data adalah segala kegiatan yag berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi yang berguna bagi user. Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari data tersebut.
  10. 10. TUJUAN KOMUNIKASI DATA • Memunkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan dan ekomis dari suatu tempat ketempat yang lain. • Memungkinkan penggunaan sIstem komputer dan perlatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use). • Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu sentralisasi. • Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai mcam sistem komputer. • Mengurangi waktu untuk pengelolaan data. • Mendapatkan dan langsung dari sumbernya. • Mempercepat penyebarluasan informasi.
  11. 11. JARINGAN KOMPUTER Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain sedemikian rupa sebagaimana tujuan utamanya yakni untuk dapat berbagi sumber daya (CPU, printer), berkomunikasi (pesan instan, surel), dan dapat mengakses informasi (situs web). Sementara menurut pembagiannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.
  12. 12. JARINGAN DISTRIBUSI JARINGAN TERSENTRALISASI  Jaringan terdistribusi adalah jaringan komputer yang cara kerjanya dilakukan oleh semua perangkat komputer di dalamnya. Ini berarti tidak ada perbedaan antara server dengan client.  jaringan tersentralisasi adalah jaringan komputer yang cara kerjanya berbeda baik itu server maupun client. Pemusatan jaringan komputer tersentralisasi adalah pada komputer server.
  13. 13. MANFAAT JARINGAN KOMPUTERResource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama- sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak. Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan. Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.
  14. 14. PROTOKOL KOMUNIKASI DATA Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
  15. 15. MACAM MACAM PROTOKOL YANG MENANGANI MASALAH KOMUNIKASI ANTAR KOMPUTER 1. Protokol lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. 2. Protokol lapisan antar-host : berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless 3. Protokol lapisan internetwork : bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket- paket IP. 4. Protokol lapisan antarmuka jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. 5. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). 6. Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks. 7. DLL
  16. 16. STANDAR KOMUNIKASI DATA 1. Standar IEEE 802.2 2. Standar IEEE 802.3 ( ethernet ) 3. Standar IEEE 802.4 ( token bus ) 4. Standar IEEE 802.5 ( token ring) 5. Standar IEEE 802.6 6. Standar IEEE 802.9 7. Standar IEEE 802.11 8. Standar IEEE 802.12
  17. 17. SISTEM KOMUNIKASI OFFLINE System komunikasi offline adalah proses pengiriman data dengan menggunakan telekomunikasi ke pusat pengolahan data tetapi akan diproses dulu oleh terminal kemudian dengan menggunakan modem dikirim melalui telekomunikasi dan langsung diproses oleh CPU data disimpan pada disket, magnetik tape dn lain-lain.
  18. 18. SISTEM KOMUNIKASI ONLINE Data yang dikirim melalui terminal computer bisa langsung diperoleh dan diproses oleh computer. Sitem komunikasi on line ini memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat computer, diproses satu pusat computer. Perusahaan yang pertama mempelopori yaitu American Airlines berlaku komunikasi dua arah. Merupakan komunikasi data degan kecepatan tinggi. Sistm ini memerlukan suatu teknik dalam hal system disain dan pemrograman karena pusat computer dibutuhkan suatu bank data atau database.
  19. 19. MANFAAT KOMUNIKASI DATA Data Sharing Dengan adanya fasilitas ini, setiap komputer dapat menggunakan data pada komputer lain sehingga akan menghemat waktu dan memudahkan suatu pekerjaan, terlebih lagi jika jarak antarkomputer berjauhan. Program Sharing Aplikasi-aplikasi tertentu bisa dijalankan dari computer lain di jaringan. Biasanya file-file aplikasi pokok disimpan diserver dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringancomputer. Hal ini membuat proses instalasi sebuah software di jaringan makin mudah. Hal ini juga membuat proses upgrade dan maintenance aplikasi di seluruh jaringan akan terasa gampang. Device Sharing User bisa membagi piranti-piranti dikomputernya dalam jaringan. Misalnya piranti-piranti seperti printer, CD-ROM, dan hard disk. Ketika dipasangkan dalam jaringan computer bisa menshare piranti di computer mereka yang memungkinkan pengguna computer lain mengakses piranti tersebut seolah berada dikomputer mereka sendiri. Dengan ini, penggunaan sebuah piranti akan lebih efisien misalnya satu buah printer bisa dipakai oleh banyak pengguna computer yang terhubung ke jaringan. Hubungan Antara Perangkat Yang Berbeda Memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan berbagai media, seperti email dan konferensi video. Hal ini memungkinkan karena teks, suara, gambar, dan video dapat ditrnsmisikan di sepanjang jaringan komputer sebagai data. Komunikasi tersebut dapat dilakukan di jaringankomputer local maupun internet. Paperless Adanya penghematan karena berkurangnya penggunaan kertas dalam berkomunikasi.
  20. 20. APLIKASI KOMUNIKASI DATA 1. Surat Elektronik (E-Mail) Email adalah aplikasiyang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. 2. Bank Teller Terminal (ATM) ATM (Automatic teller machine merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau membayar tagihan-tagihan. 3. Credit Checking System (Kartu Kredit) Cara Kerja Kartu Kredit : Setelah bank menyetujui kartu kredit yang di ajukan, bank akan memberikan PIN sama seperti anda menerima kartu ATM dari bank. Saat anda berbelanja di toko, mall, dan lain- lain- yang di akui oleh bank penerbit sebagai rekanan (merchant), kartu tersebut sudah bisa digunakan.Pemegang kartu memasukan PIN yang diterima dari bank penerbit, transaksi berjalan dan anda tinggal menunggu tagihan dari bank penerbit kartu.
  21. 21. APLIKASI KOMUNIKASI DATA 4. Hotel Reservation System Yang berarti Sistem Informasi Reservasi Perhotelan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal pendataan administrasi pada Reservasi perhotelan yang sangat memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisir agar data dapat terkemas dan terjaga keamanannya dengan baik dalam bentuk database. Database tersebut dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan tingkat kesalahan yang dapat diminimalisasi. 5. Traffic Control System Atau Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan adalah pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota. Pengaturan lalu lintas melalui sistem ini memerlukan parameter jumlah kendaraan dan waktu tempuh kendaraan. 6. Airline Seat Reservation System Berasal dari arti Sistem Reservasi Airline adalah bagian dari apa yang disebut Passenger Service Systems (PSS), yang mendukung aplikasi kontak langsung dengan penumpang. Sistem Reservasi Airline (ARS) adalah salah satu perubahan paling awal untuk meningkatkan efisiensi. ARS akhirnya berkembang ke dalam Sistem Reservasi Komputer (CRS). digunakan untuk reservasi maskapai penerbangan tertentu dan mendukung agen-agen perjalanan atau saluran distribusi yang lain dalam membuat pemesanan untuk sebagian besar maskapai penerbangan utama dalam satu sistem. Sistem Reservasi Airline berisi jadwal penerbangan, tarif tarif, penumpang reservasi dan tiket catatan. Sebuah maskapai penerbangan distribusi langsung bekerja dalam sistem reservasi mereka sendiri. jenis saluran distribusi langsung adalah konsumen yang menggunakan internet atau aplikasi mobile untuk membuat reservasi mereka sendiri.
  22. 22. PARAMETER KOMUNIKASI DATA 1. TRIB (Transfer Rate of Information Bits) Jumlah bit yang diterima di penerima dibagi dengan total waktu transmisi. Hal ini digunakan untuk mengukur jumlah informasi yang diterima di tempat tujuan 2. BER (Bit Error Rate) Adalah persentase bit yang telah melakukan kesalahan relatif terhadap jumlah bit yang diterima dalam transmisi, Channel ThroughputJumlah data yang berhasil dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam periode waktu tertentu melalui saluran komunikasi tunggal 3. Reliabilitas adalah ukuran untuk menilai cuaca perangkat (Pemancar, penerima atau transmission channel). transmisi saluran dapat beroperasi dengan baik pada periode waktu tertentu untuk tingkat tertentu pemakaian. 4. Availabilitas Ketersediaan mengukur yang untuk menilai perangkat tersedia atau siap untuk melayani saat dibutuhkan 5. Channel Transfer Delay Waktu yang diperlukan oleh sinyal (Baik itu dalam bentuk elektronik saat ini di kawat, cahaya dalam medium serat optik atau gelombang elektromagnetik) untuk menyebarkan (bergerak) dari titik transmisi pemancar ke receiver (penerima) 6. Trunaround time Waktu berlalu antara akhir penyelidikan atau permintaan pada sistem komputer misalnya, lamanya waktu antara indikasi akhir penyelidikan dan tampilan yang pertama. 7. Channel Establishment Time Channel Establishment Time adalah total waktu yang dibutuhkan oleh media transmisi (PT Telkom PSTN dalam jaringan telepon umum, atau antara modem pribadi Anda dan modem ISP)
  23. 23. KESIMPULAN Komunikasi data adalah transmisi atau proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih device (sumber), melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optic (serat optic) , microware dan sebagainya. Komunikasi Data merupakan bagian dari Teknologi Informasi, dimana komputer melakukan pengiriman data berupa informasi yang disajikan oleh isyarat digital biner terhadap komputer yang lain atau juga pengiriman data terhadap terminal. Pengertian Komunikasi data berhubungan erat dengan pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik satu terminal komputer ke terminal komputer lain. Data yang dimaksud disini adalah sinyal-sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data yang dapat ditangkap dan dikirimkan ke terminal-terminal penerima. Yang dimaksud terminal adalah peralatan untuk terminal suatu data seperti disk drive, printer, monitor, papan ketik, scanner, plotter dan lain sebagainya Komunikasi data juga terbagi kedalam beberapa jenis, yaitu komunikasi data ananlog dan juga komunikasi data digital. Adpaun jenis berdasarkan medianya ada komunikasi data terreistrial yaitu komunikasi data dengan menggunakan media kabel tembaga dan nirkabel, sementara jenis lainnya yaitu komunikasi data melalui satelit, contohnya komunikasi data dalam dengan media wifi, internet,dll. Media komunikasi data yang banyak dimanfaatkan diantaranya ada media kabel tembaga, microwave, wireless, dan yang terbaru yaitu media fiber optic (serat kaca). Dari sekian banyak media yang ada, media yang memiliki beberapa kemampuan yang menonjol dimiliki oleh media fiber optic. Proses komunikasi data sangat kompleks dan sering terjadi dalam keseharian kita, namun yang perlu digarisbawahi komunikasi data bukan komunikasi informasi, karena pada dasarnya dua hal tersebut sangat berlainan. Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat guna proses pembelajaran khususnya bidang studi Pengantar Ilmu komputer. Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami mohon maaf, karena kami masih dalam proses pembelajaran. Terimakasih.

×