Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Qonaah dan tasamuh

12,759 views

Published on

Qonaah dan tasamuh

  1. 1. Qana’ah dan Tasamuh Disusun oleh: www.m-yunus.com
  2. 2. Qona’ah 1.Pengertian Qona’ah 2.Contoh Perilaku QONA’AH 3.Membiasakan Prilaku Qona’ah
  3. 3. 1.Pengertian qana’ah Menurut Istilah, qona’ah adalah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan/kekurangan.
  4. 4. Sedangkan menurut bahasa yang sederhana, Qona’ah adalah sifat menerima secara ikhlas apa adanya pemberian dari allah swt,merasa cukup serta tidak merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain.
  5. 5. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَس ولُ اهللَِّ -صلى الله انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ « - عليه وسلم وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْ قَكُمْ فَإِنههُ أَجْدَرُ أَنْ لاَ عَلَيْك مْ « قَالَ أ بُو مُعَاوِيَةَ .» تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اهللَِّ » Hadist qona’ah dari Sunan Ibnu Majah : Artinya: ”Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Lihatlah pada orang yang berada di bawah kalian dan janganlah perhatikan orang yang berada di atas kalian. Lebih pantas engkau berakhlak seperti itu sehingga engkau tidak meremahkan nikmat yang telah Allah anugerahkan -kata Abu Mu’awiyah- padamu.” (HR. Ibnu Majah no. 4138, shahih kata Syaikh Al Albani)
  6. 6. 2. Contoh prilaku Qana’ah 1. Pola Hidup Sederhana 2. Menerima dengan rela/ikhlas apa yang dimiliki 3. Menerima kondisi tubuh pemberian Allah apa adanya. 4. Dapat hidup sesuai kebutuhan 5. Tidak merasa iri atas keberhasilan orang lain 6. Tidak mudah putus asa 7. Giat bekerja dan berusaha untuk mencapai hasil terbaik 8.Bertawakal Kepada Allah 9. Tidak tergoda oleh tipu daya dunia. 10. Yakin bahwa yang didapatnya dan yang ada pada dirinya merupakan anugerah dari Allah swt
  7. 7. Ayat tentang contoh prilaku Qona’ah(Pola Sederhana) : وَالهذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْترُُوا وَكَانَ بَيْنَ ذََٰلِكَ قَوَا م ا ARTINYA: “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. ”
  8. 8. Nabi Muhammad SAW sangat memuji umatnya yang qana’ah seperti dalam sabdanya: قدافلح مناسلم ورزق كفافا وقنعه الله بمااتاه Artinya: beruntunglah orang yang masuk Islam, diberi rizki cukup dan qana’ah dengan apa yang dimilikinya (HR. Muslim)
  9. 9. 3.Membiasakan perilaku qona’ah Praktikanlah Perilaku Qona’ah dalam kehidupan sehari hari,Karna Banyak Manfaat yang Dapat diperoleh Antara lain sebagai berikut:
  10. 10. tasamuh 1.Pengertian TASAMUH 2.Contoh Perilaku TASAMUH 3.Membiasakan Prilaku TASAMUH
  11. 11. 1. Pengertian Tasamuh Tasamuh Menurut Istilah berasal Tasamuh dari bahasa adalah suatu Arab yang sikap berarti yang murah senantiasa hati,saling toleransi, tenggang rasa,atau saling menghormati antar sesama makhluk menghargai manusia.
  12. 12. DALIL TASAMUH : إِنَّ الدِِّينَ عِندَ اللََِّّ الإِسْلامُ وَ مَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ • أوُتوُاْ الْكِتَابَ إِلاَّ مِن بَعْدِ مَ ا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْ ي ا بَيْنَهُمْ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللََِّّ فَإِنَّ اللَََّّ سَرِ يعُ الْحِسَابِ Artinya : ("Sesungguhnya agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanya Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi AlKitab, kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian diantara mereka. barang siapa yang kufur terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya) ( Ali Imron 19)
  13. 13. 2. Contoh Prilaku Tasamuh 1. Toleransi 2. Meghormati pelaksanaan ibadah pemeluk agama lain 3. Tidak mencela atau memaki sesembahan pemeluk agama lain 4. Saling membantu dalam bidang kemasyarakatan 5. Lapang dada dalam menerima setiap perbedaan 6. tidak memaksaan kehendaknya sendiri
  14. 14. Ayat Tentang Perilaku tasamuh (TOLERANSI) : وَ تَعاوَنُوا عَلَى الْبِرِِّ وَ التَّقْوى وَ لا تَعاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَ الْعُدْوانِ وَ اتَّقُوا اللَََّّ إِنَّ اللَََّّ شَديدُ الْعِقابِ ARTINYA: Dan tolong- menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.( QS. Al-Maidah, 5 : Ayat 2)
  15. 15. 3. Membiasakan Prilaku Tasamuh Dalam Kehidupan sehari hari Dalam Mengamalkan Sikap Tasamuh kita dianjurkan agar melakukan Hal-hal sebagai berikut : 1. Berani Membela Kebenaran dan Keadilan. 2. Menjungjung tinggi Nilai Kemanusian 3. Tidak Semena-mena terhadap orang lain 4. Mengakui Semua Persamaan Manusia 5. Membiasakan Sikap Tenggang Rasa
  16. 16. Ayat Allah Tentang Mengakui semua persamaan Allah يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأنُْثَى وَجَع لْنَاكُمْ شُعُوب ا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ 13 اللََِّّ : أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَََّّ عَلِيمٌ خَبِيرٌ الحجرات ARTINYA: “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (al-Hujurat: ayat 13)
  17. 17. 4. Fungsi Tasamuh
  18. 18. SEKIAN PRESENTASI DARI KAMI TERIMA KASIH

×