Perdagangan internasional

3,800 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,800
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
10
Actions
Shares
0
Downloads
249
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perdagangan internasional

  1. 1. Perdagangan Internasional Neraca Hambatan Pembayaran Dan Cara Perdagangan Pembayaran InternasionalInternasional
  2. 2. MENU Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pre Test Pos Test Kesimpulan
  3. 3. Memahamiperekonomian terbuka
  4. 4. 4.3 Menjelaskan konseptarif, kuota, laranganekspor, laranganimpor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
  5. 5. Setelah pembelajaran diharapkan siswadapat dengan tepat :-Menjelaskan konsep tarif kuota,larangan ekspor, larangan impor, subsidi,premi, diskriminasi harga dan dumping.- Menjelaskan alat pembayaran luarnegeri dan devisa. l
  6. 6. tarif kuota
  7. 7. Larangan Ekspor
  8. 8. Larangan Impor
  9. 9. Subsidi
  10. 10. Premi
  11. 11. Diskriminasi harga
  12. 12. Dumping
  13. 13. Alat Pembayaran Luar Negeri
  14. 14. Devisa
  15. 15. Kesimpulan
  16. 16. 1. Tariff quota adalah gabunganantara tarif dan quota. Untuksejumlah tertentu barang diizinkanmasuk (impor) dengan tarif tertentu,tambahan impor masih diizinkantetapi dikenakan tarif yang lebihtinggi.
  17. 17. 2. Larangan ekspor berupalarangan memperdagangkanbarang produksi dalam negeri kesuatu negara, biasanya sebagaitindakan balas dendam ataualasan politik lainnya.
  18. 18. 3. Larangan impor berbentuk hambatanlangsung yang merupakan bentuk yangpaling ketat dari semua hambatan impordengan melakukan pelarangan imporuntuk kategori barang tertentu, misalnyauntuk barang mewah atau barangterlarang lainnya, seperti obat-obatanterlarang dan senjata api yang akanmembahayakan keamanan negara.
  19. 19. 4. Subsidi adalah bantuan yang diberikan pemerintah kepada produsen dalam negeri agar dapatmenjual barang lebih murah sehinggadapat bersaing dengan barang impor.
  20. 20. 5. Premi Adalah sejumlah uang yang diberikan oleh pemerintah kepadaprodusen agar dapat memproduksi barang dengan jumlah dan kualitas yang baik.Pemberian premi ini dilakukan agar barang- barang produksi dalam negeri dapat bersaing dengan barang-barang dari luar negeri.
  21. 21. 6. Diskriminasi harga adalah adalah penetapan harga yang berbeda dengan tujuan negara yang berbeda. Diskriminasi harga dapat terjadi karena adanya perang tarif. Dapat kita artikan juga sebagai berikut:adalah suatu tindakan dalam penetapan harga barang yang berbedauntuk suatu negara dengan negara lainnya.
  22. 22. 7. Dumping, yaitu menjual barang diluarnegri dengan harga yang lebih rendahdaripada didalam negri bahkan dibawahbiaya produksi. Dumping juga bisadidefinisikan sebagai berikut:Adalah kebijakan yang diambil olehpemerintah dengan menetapkan hargabarang eksport.lebih murah daripada hargadidalam negri.
  23. 23. 8. Alat pembayaran luar negeri adalah devisa, yaitu alat pembayaran yangberlaku secara International.
  24. 24. 9. Devisa adalah ayat pembayaran yangberlaku secara International.bentuk-bentuk devisa :1.Valuta asing ; nilai tukar mata uang suatunegara terhadap mata uang negara lain.2.Emas ; pembayaran sama dengan barangbiasa.3.Surat berharga ; berupa saham, obligasi.
  25. 25. Sekian

×