Mengenal diri, understanding self

2,081 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,081
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenal diri, understanding self

  1. 1. MENGENAL DIRI( UNDERSTANDING SELF)
  2. 2. A. Pengertian Mengenal Diri Adalah ilmu dan keterampilan yang mempelajari bagaimana mengetahui mengenal dan memahami pencipta dan ciptaan-Nya.
  3. 3. B. Landasan Hukum “Seseorang yang sempurna akalnya ialahorang yang mengintropeksi atau mengenal dirinya dan beramal untuk bekal hidup setelah mati” ( HR. Turmuzi )
  4. 4. C. Ruang Lingkup Mengenal Manusia sebagai khalifah fil ardh secara garis besarnya harus mengenal Allah sang pencipta dan makhluk ciptaan-Nya
  5. 5. 1. Mengenal Pencipta Mengenal pencipta hanya bisa didapatkan melalui ciptann-Nya dan ini hanya bisa didapat kalau kita mau berfikir.
  6. 6. 2. Mengenal Ciptaan-NyaAda tiga kelompok ciptaan-Nya yang kita kenal :
  7. 7. a. Mahluk Jasad 1. Nabati/Botani Yaitu jenis tumbuh-tumbuhan dari yang paling kecil sampai yang terbesar di hutan 2.Hewan/ZoologiBerjuta macam jenisnya, ada yang melata, hidup di air, di udara, di darat, dll.
  8. 8. b. Mahluk ruh/GaibUntuk ciptaan Allah yang dinamakan mahluk ruh/gaib ini kita harus meyakininya dan harus percaya tentang keberadaannya
  9. 9. c. Ciptaan Allah Yang Lainnya Yaitu alam semesta. Bagaimana kita (manusia) sebagai makhluk ciptaan Allah memilikin moral/akhlaq terhadap alam, yaitu dengan menunjukkan kepedulian (caring)
  10. 10. Adapun yang harus di kenal dari diri sendiri adalah:
  11. 11. 1. Fisik/Tubuh/Jasmani
  12. 12. Terdiri dari :Panca indera, pengelihatan, pendengaran, penciuman, perasa, peraba Motorik termasuk otot, tulang, sendi, dagingOrgan tubuh (vital) termasuk jantung, paru-paru, ginjal, saraf, otak dsb Naluri jasad ( instink) Daya ingat (memory) Bentuk fisik (perfomance)
  13. 13. 2. Akal atau fakir yang terdiri dari :
  14. 14. Rasa ingin tahu (yang di tunjang kemampuan membuat pernyataan apa, siapa, dimana,bagaimana, bilamana, mengapa, dan bagaimana serta berapa waktu dan biaya) Nilai ( benar- salah) Iilmu,tegnologi, menajemen, hukumBerfikir logis analitik dan sistematis, termasuk menggunakan seluruh perangkat lunak yang di milikinya
  15. 15. 3. Kalbu/hati Perasaan, nilai, motif, niat, sifat, tujuan, kebutuhan, naluri hati, hobi,sebab stress. Semua ini banyak sekalihubungannya dengan moral/akhlaq.
  16. 16. 4. Iman/spritual/keyakinan Yang banyak berhubungan dengan agama

×