Kerja dalam kelompok 2

681 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
681
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kerja dalam kelompok 2

  1. 1. PRESENTASI LEADERSHIPAnggota Kelompok :1. Shafira elza2.Safira khairunnisa3.Diana lailatul fadhillah
  2. 2. LEADERSHIP adalah keterampilan keterampilan yang mempelajari ilmu mengenai kepemimpinan . Hadist mengatakan “setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan di minta pertanggung jawaban atas apa yang di pimpin nya .Tujuan kita mempelajari leadership adalah agar kita dapat menumbuhkembangkan fitrah manusia sebagai khalifah fil ardl yang rohmatan lil alamin dan dapat memiliki tiga keterampilan seorang pemimpin, yaitu :
  3. 3. a. Keterampilan memimpin diri sendirib. Keterampilan menjadi anggota kelompok yang efektifc. Keterampilan memimpin kelompok Leadership mempunyai 7 skills . Leadership skills adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pribadi manusia karena fitrah nya sebagai KHALIFATUL FIL ARDH.
  4. 4. 7 skills / keterampilan leadership1. Mengenal diri / understanding self2. Kumunikasi / communicating3. Menyatu dengan yang lain / getting along with others4. Belajar untuk belajar / learning to learn5. Membuat keputusan / decision making6. Mengatur / managing7. Belajar dalam kelompok / working with groups
  5. 5. Bekerja dalam kelompok / working with groupsBekerja dalam kelompok ( working with groups ) adalah suatu ilmu dan keterampilan bagaimana anggota kelompok dapat bekerja sama dalam kelompok nya sendiri ( intra group ) atau dengan kelompok kelompok lain nya untuk menghasilkan produk / hasil yang lebih dari penjumlahan kemampuan masing masing anggota kelompok atau kelompok kelompok .
  6. 6. optimalisasi dari kerja kelompok akandapat dicapai apabila terdapat kesamaan dalam beberapa hal yaitu, kesamaan keyakinan, kesamaan hati, kesamaan fikiran dan kesamaan tindakan.
  7. 7. bekerja dalam kelompok sangat penting dalam proyek kepemimpinan atau dalam organisasi, karena berhubungan dengan sesama manusia ciptaan ALLAH yang lain. Dalam bekerjasama dibutuhkan sumber daya tertentu agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan yang sudah direncanakan dalam sebuah organisasi .“ sesungguhnya ALLAH menyukai orang orang yang berperang di jalan – Nya dalam barisan yang teratur seakan – akan mereka seperti bangunan yang kokoh”( Q.S Ash-Ashaf 61: 4 )
  8. 8. - DINAMIKA KELOMPOK –Dalam suatu kelompok terdapat idealisme, kepercayaan, dan keyakinan ataupun tujuan bersama, juga pembagian tugas antar anggota. Di dalam kelompok, akan terjadi proses kelompok, artinya melalui pengalaman bersama atau dalam bekerja akan terbentuk hubungan antar anggota yang berpengaruh atas suasana keseluruhan kelompok. Bekerja sama tidak hanya sekedar membutuhkan penggabungan kekuatan masing masing anggota secara fisik
  9. 9. tetapi lebih jauh lagi : saling menerima, memahami, sabar dll. Sehingga akan lahir harmoni kelompok.“ orang mu‟min dengan mu‟min lainnya adalah ibarat satu bangunan yang saling kuat menguatkan “ ( mutaffaqun „alaihi ) bekerja sama adalah bekerja bersama sama mengerjakan sesuatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
  10. 10. “ dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran “ ( Q.S Al maidah, 5 : 2 )
  11. 11. sekian presentasi yang dapat kamisampaikan , semogabermanfaat, kurang lebihnya mohonmaaf. Wassalamualaikum.Wr.Wb

×